Platform Rapor Pendidikan, Apa Saja Manfaatnya?

Apakah para guru tahu apa itu platform rapor pendidikan? Rapor pendidikan ini adalah suatu platform yang turut menyediakan data tentang laporan hasil evaluasi sistem pendidikan yang menjadi penyempurna mutu rapor yang sudah ada sebelumnya. 

Platform ini akan menjadi bahan acuan untuk pelaksanaan proses perencanaan dengan basis data. Caranya yaitu dengan melakukan identifikasi, refleksi, pembenahan perencanaan, dan pembenahan implementasi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan sistem yang terintegrasi. 

Berikut ini adalah beberapa informasi tentang platform ini dan cara login hingga beberapa manfaatnya. Simak hingga akhir sehingga para guru bisa menggunakan platform ini dengan baik. 

Apa Itu Platform Rapor Pendidikan?

Platform rapor pendidikan merupakan media yang menyediakan data berisi laporan hasil ujian atau evaluasi sistem pendidikan. Rapor ini menjadi penyempurna rapor pendidikan sebelumnya. 

Platform ini menjadi acuan untuk melakukan proses Perencanaan Berbasis Data. Proses ini yaitu dengan melakukan identifikasi, refleksi, pembenahan rencana, dan pembenahan pelaksanaan sehingga bisa meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia secara terintegrasi. 

Isi dari platform ini akan menjadi sumber informasi dari pelaksanaan, tindak lanjut hingga perencanaan pelaksanaan pendidikan di Indonesia. 

Platform ini umumnya hanya tersedia untuk warga sekolah dan beberapa pihak di pemerintahan yang berhubungan dengan pendidikan di Indonesia. 

Isi dari rapor ini akan menjadi tolok ukur penting dalam penilaian pendidikan di tanah air. Penilaian ini akan menjadi kunci analisis dan pelaksanaan pembelajaran yang lebih baik ke depannya. 

Manfaat Platform Rapor Pendidikan 

Platform rapor pendidikan ini memiliki beberapa manfaat yang penting dalam pelaksanaan pembelajaran. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari rapor pendidikan yang harus guru ketahui:

1. Referensi untuk Analisis, Perencanaan, dan Tindak Lanjut dalam Meningkatkan Pendidikan 

Platform ini akan menunjukkan hasil evaluasi asesmen peserta didik sehingga bisa menjadi bahan referensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di masa depan. Proses perencanaan, hingga tindak lanjut dari hasil evaluasi bisa didapatkan dengan memperhatikan platform rapor pendidikan ini. 

2. Platform untuk Memantau Hasil Asesmen Nasional 

Platform ini juga bisa memiliki fungsi untuk memantau hasil asesmen nasional. Dengan memantau hasil asesmen ini bisa membantu mengetahui apa saja yang harus diperbaiki ke depannya. 

3. Alat Pengukuran untuk Mengevaluasi Sistem Pendidikan 

Platform ini juga bisa menjadi alat pengukuran untuk mengevaluasi sistem pendidikan di Indonesia. Hal ini bisa didapatkan dengan melihat hasil asesmen apakah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ada atau tidak. 

4. Platform Terpusat yang Bisa Memudahkan Pemantauan Hasil Evaluasi 

Manfaat lain dari platform ini yaitu sistemnya yang terpusat sehingga tidak perlu menggunakan berbagai macam aplikasi atau website. Hal ini bisa memudahkan pelaksanaan dan perencanaan pendidikan. 

Cara Menggunakan Platform Rapor Pendidikan 

Bagaimana cara menggunakan rapor pendidikan ini? Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa para guru ikuti:

  • Untuk login, para guru bisa masuk ke website raporpendidikan.kemdikbud.go.id di handphone atau desktop. Namun, untuk pengalaman lebih baik, sebaiknya menghindari desktop. 
  • Klik tombol Masuk Sebagai Satuan/Dinas Pendidikan. 
  • Lalu, pilih akun Google dengan alamat email yang berakhiran @dinas.belajar.id atau @admin.jenjang.belajar.id. Hindari menggunakan akun email pribadi. 
  • Setelah itu, Anda sudah bisa masuk ke halaman website dan menggunakan platform tersebut. 

Jika saat login terjadi masalah berupa halaman error, hal ini bisa terjadi karena:

  • Tidak menggunakan akun dengan akhiran @dinas.belajar.id atau @admin.jenjang.belajar.id. 
  • Tidak memiliki kewenangan dalam mengakses rapor tersebut.
  • Belum memiliki akun belajar.id, untuk itu perlu melakukan registrasi awal. 

Siapa yang Bisa Mengakses Platform Ini?

Penggunaan platform rapor pendidikan ini secara khusus hanya untuk beberapa tenaga pendidik saja. 

Berikut ini beberapa tenaga pendidik yang bisa mengakses rapor pendidikan ini. 

  • Kepala sekolah
  • Tenaga pendidik 
  • Operator sekolah 
  • Plt Kepala Satuan Pendidikan 
  • Jajaran Dinas Pendidikan 
  • Pemerintah Daerah
  • Kementerian Dalam Negeri 
  • Kementerian Keuangan 
  • Pengawas Sekolah 

Itulah informasi penting tentang platform rapor pendidikan yang bisa para guru gunakan dalam pelaksanaan pembelajaran. Hal ini bisa membantu dalam proses pengajaran sehingga bisa mendapatkan hasil kinerja yang baik dan sesuai tujuan.

Prinsip Evaluasi Pembelajaran, Penting untuk Guru

Model Pembelajaran Kolaboratif, Ketahui Berbagai Manfaatnya!

Guru Wajib Tahu, Contoh Penilaian Kognitif dan Manfaatnya

Artikel ini ditulis oleh:

Share the Post: