Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka, Apa Saja Komponennya?

Dalam Kurikulum Merdeka terdapat CP atau Capaian Pembelajaran yang merupakan kompetensi pembelajaran bagi tiap peserta didik. Kompetensi pembelajaran ini harus diselesaikan oleh peserta didik di tiap fase. Capaian pembelajaran kurikulum merdeka menjadi bagian penting dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.  Capaian pembelajaran ini menjadi kompetensi minimum yang harus peserta didik capai di tiap fase perkembangan. Pada […]

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran dan Cara Penentuannya

Pengukuran hasil pembelajaran siswa dengan Kurikulum Merdeka harus menggunakan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang tepat. Kriteria ini harus guru rancang di awal pembelajaran untuk membantu proses pembelajaran.  Kriteria ketercapaian yang juga disebut dengan KKTP ini harus guru rumuskan sejak awal penyusunan program pembelajaran di kelas agar bisa membantu pelaksanaan penilaian setiap Tujuan Pembelajaran dalam Capaian […]

Asesmen Literasi Merdeka Belajar, Apa Pentingnya?

Dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di sekolah, tenaga pendidik seperti guru memiliki keleluasaan dalam memilih bentuk asesmen. Asesmen literasi numerasi adalah bagian penting dalam penyusunan asesmen yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Asesmen literasi merdeka belajar dan asesmen numerasi merupakan komponen inti dari penilaian dan program.  Walaupun suatu mata pelajaran umumnya akan lebih fokus pada literasi saja, […]

Strategi Pembelajaran di Kelas: Bagaimana Cara Menentukannya?

Bagaimana cara menentukan strategi pembelajaran untuk memaksimalkan potensi peserta didik? Hal ini adalah sesuatu yang cukup banyak menjadi pertanyaan bagi para guru. Karena strategi belajar yang tidak tepat justru bisa membuat minat belajar jadi menurun.  Strategi dalam proses pembelajaran adalah suatu rangkaian teknik, komponen dan perencanaan yang tersusun untuk membantu meningkatkan kualitas dan keterampilan peserta […]

Asesmen Numerasi Merdeka Belajar: Pengertian dan Fungsi Pentingnya

Di pelaksanaan kurikulum darurat atau Kurikulum Merdeka, guru memiliki kebebasan dalam proses pemilihan bentuk asesmen. Asesmen numerasi merdeka belajar dan asesmen literasi merdeka belajar adalah suatu bagian penting dari penyusunan asesmen ini. Asesmen literasi dan numerasi adalah komponen penting dari suatu penilaian program Merdeka Belajar. Dalam mata pelajaran, umumnya akan lebih fokus pada satu asesmen […]

Refleksi Pembelajaran: Manfaat dan Cara Penulisan yang Tepat

Dalam profesi guru ada yang disebut dengan refleksi pembelajaran. Refleksi dalam pembelajaran ini adalah suatu proses berpikir ulang dan review ulang tentang pembelajaran yang telah terjadi di kelas. Penulisan jenis dokumen ini sangat penting untuk mencatat perkembangan pembelajaran siswa di kelas.  Penulisan refleksi dalam pembelajaran sendiri bisa membantu guru agar lebih produktif dan bisa mencapai […]

Bentuk Kolaborasi Guru dan Siswa, Apa Saja Jenisnya?

Kolaborasi adalah suatu bentuk kerja sama yang dapat memberikan banyak keuntungan, apalagi untuk guru dan siswa. Ada beberapa bentuk kolaborasi guru dan siswa yang bisa Anda pilih agar bisa mendapatkan banyak manfaat.  Kolaborasi umumnya adalah suatu kebutuhan bagi kedua pihak, karena sejatinya manusia perlu bersosialisasi dengan orang lain. Dengan melakukan kolaborasi, maka manusia akan dapat […]

Dimensi P5 Kurikulum Merdeka: Pengertian dan Tujuannya

Dalam Kurikulum Merdeka, ada istilah P5. P5 adalah singkatan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah yang memiliki dimensi P5 dalam Kurikulum Merdeka. Apa itu dimensi P5? Kualitas pendidikan adalah sesuatu yang penting dan terus menjadi perhatian pemerintah Indonesia. Berbagai perubahan dan juga adaptasi telah terjadi pada kurikulum dan sistem pendidikan agar generasi muda […]

Menulis Bahan Ajar: Tahapan Hingga Teknik Penyusunannya

Menulis bahan ajar yang tepat dan sesuai dengan kurikulum adalah sesuatu yang penting. Ini karena bahan ajar adalah salah satu komponen pembelajaran penting di kelas. Maka dari itu, mengetahui langkah pembuatan bahan ajar secara tepat adalah keharusan. Pembuatan bahan ajar yang tepat juga bisa memengaruhi penyampaian materi di dalam kurikulum yang ada. Apakah materi sudah […]

12 Metode Pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk Belajar Mengajar di Kelas

Metode pembelajaran kurikulum merdeka tercipta dengan niat untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia yang semakin menurun. Kondisi penurunan kualitas pendidikan ini terjadi karena beberapa faktor, salah satunya yaitu terjadinya pandemi beberapa tahun lalu.  Dengan adanya kurikulum merdeka, peserta didik diharapkan bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik dan semakin aktif dalam belajar. Peserta didik akan mendapatkan […]