Jurnal Kelas, Apa Saja Manfaat dan Komponennya?

Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru harus bisa mempersiapkan perangkat ajar sehingga bisa membantu proses pengajaran dengan lebih baik. Salah satu perangkat ajar ini yaitu jurnal kelas. 

Jurnal untuk kelas ini adalah suatu jurnal harian dalam mengajar yang guru gunakan untuk mencatat pertemuan dalam kelas sehingga bisa mendukung pembelajaran dengan lebih maksimal.

Para guru wajib mengisi jurnal ini sebagai suatu bukti telah melaksanakan tugasnya dalam memberikan kegiatan pembelajaran di kelas selama satu semester. 

Jurnal harian kelas juga bisa menjadi panduan para guru agar bisa melaksanakan pembelajaran sehari-hari sehingga bisa mengoptimalkan pembelajaran dengan menggunakan strategi yang tepat. 

Dengan jurnal kelas, proses pembelajaran akan jadi lebih mudah dan efektif bagi guru dan juga peserta didik. 

Berikut ini adalah poin penting tentang jurnal harian kelas yang akan membantu penggunaan dan pembuatan jurnal saat mengajar. 

Pengertian Jurnal Kelas

Pembelajaran di kelas yang terlaksana harus tercatat pada jurnal harian kelas. Guru wajib mengisi jurnal ini selama satu semester. 

Jurnal kelas akan menjadi panduan para guru untuk melaksanakan pembelajaran sehari-hari. Jurnal adalah suatu catatan para guru dalam kegiatan belajar mengajar. 

Ada dua jenis jurnal yang bisa menjadi acuan, salah satunya yaitu jurnal kelas untuk guru dan jurnal kelas untuk para peserta didik. 

Jurnal untuk guru akan menjadi acuan dalam pembelajaran kelas. Sedangkan jurnal untuk peserta didik akan menjadi informasi tentang absensi selama pembelajaran. Jurnal ini bisa menjadi sumber referensi dan membantu jalannya pembelajaran di kelas. 

Selain itu, jurnal harian ini umumnya dibuat oleh para staf tata usaha sekolah. Namun, ketika tidak ada banyak tenaga kependidikan di sekolah tersebut, jurnal biasanya akan para guru buat masing-masing. 

Tujuan Guru Membuat Jurnal Kelas

Penggunaan jurnal untuk pelaksanaan pembelajaran bertujuan untuk mempermudah pembelajaran dan memberikan data yang tepat untuk kemajuan belajar peserta didik. 

Namun, ada beberapa tujuan spesifik yang menjadi alasan penggunaan alat pembelajaran ini, yaitu:

1. Membantu agar Tujuan Pembelajaran Tersampaikan dengan Baik

Tujuan dari adanya jurnal harian untuk kelas adalah agar terlaksananya tujuan pembelajaran yang menjadi ketentuan sehingga bisa tersampaikan dengan baik. 

Adanya jurnal akan membantu para guru agar bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar sehingga bisa lancar dalam pelaksanaannya. 

Pembelajaran yang tersampaikan dengan baik akan membantu agar tujuan yang bisa tercapai. 

Hal ini demi peserta didik sehingga mereka bisa meningkatkan kemampuan akademik dengan lebih baik. 

2. Mencatat Kehadiran Peserta Didik 

Tujuan adanya jurnal yang lainnya yaitu untuk membantu mencatat kehadiran peserta didik dalam kelas. 

Kehadiran peserta didik pada pembelajaran adalah hal yang krusial karena mempengaruhi apakah tujuan pembelajaran bisa tercapai pada tiap peserta didik atau tidak. 

Adanya catatan kehadiran peserta didik juga bisa membantu mengetahui apakah terdapat masalah pada tiap peserta didik untuk mengikuti pembelajaran. 

Hal ini akan membantu menentukan tindakan apa yang bisa guru dan sekolah lakukan. 

3. Membantu Memahami Proses Pembelajaran Peserta Didik 

Tujuan lainnya dari adanya jurnal harian kelas adalah bisa membantu memahami proses pembelajaran peserta didik di kelas. 

Pemahaman akan proses pembelajaran di kelas akan menjadi suatu sumber perbantuan yang bisa membantu pelaksanaan pembelajaran di masa depan. 

Dengan melihat catatan pada jurnal, para guru bisa memahami bagaimana proses pembelajaran yang telah terlaksana sebelumnya. 

Adanya catatan ini juga akan membantu para guru agar bisa meneruskan pembelajaran dengan lebih baik karena terdapat catatan tersebut. 

4. Memperlancar Administrasi Sekolah

Tujuan lain adanya jurnal harian kelas yaitu agar memperlancar proses administrasi sekolah. Adanya jurnal akan menjadi catatan akan kinerja guru dalam kelas tersebut. 

Dengan adanya jurnal ini maka para guru akan dapat memenuhi kebutuhan administrasi dalam pelaksanaan pembelajaran yang menjadi beban kerja mereka. 

Hal ini berguna nantinya ketika ada evaluasi kinerja guru yang tentunya akan menggunakan data dari jurnal sebagai sumber. 

Manfaat jurnal bagi guru

Penggunaan jurnal di dalam kelas akan memberikan banyak manfaat untuk pelaksanaan pembelajaran yang terdokumentasi dengan baik. Ada juga beberapa manfaat lain yang bisa guru temukan ketika menggunakan alat pembelajaran ini, contohnya yaitu:

1. Mendokumentasikan Proses Kegiatan Belajar Mengajar 

Manfaat dari jurnal yang pertama yaitu untuk menjadi sumber dokumentasi proses kegiatan belajar mengajar di kelas. 

Adanya sumber dokumentasi ini akan membantu dalam jalannya pembelajaran karena berisi informasi tentang materi apa saja yang telah guru sampaikan sebelumnya. 

Adanya data ini bisa menjadi suatu dasar dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar sehingga bisa mengajar dengan efektif dan efisien. 

Hal ini demi memperlancar pembelajaran sehingga bisa mencapai target belajar yang menjadi ketentuan. 

2. Mencatat Hambatan Pada Proses Pembelajaran 

Manfaat dari jurnal harian yang selanjutnya yaitu bisa menjadi catatan tentang hambatan atau masalah apa saja yang terjadi di kelas. 

Tiap hambatan ini memang seharusnya selalu tercatat pada jurnal karena bisa menjadi sumber evaluasi dan perbaikan yang bisa terlaksana di kemudian hari. 

Hal ini bisa membantu para guru agar bisa memperbaiki masalah atau menyikapi hambatan tersebut dengan baik di kemudian hari. 

Dengan penyelesaian hambatan ini peserta didik akan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dengan lebih maksimal. 

3. Mengetahui Proses Pencapaian Peserta Didik 

Manfaat lain dari adanya jurnal di kelas yaitu bisa menjadi sumber informasi untuk memahami proses pencapaian peserta didik dalam pembelajaran. 

Adanya data di jurnal bisa membantu mengetahui apakah peserta didik sudah bisa melanjutkan ke materi pelajaran yang selanjutnya atau tidak. 

Dengan mengetahui hal ini, para guru bisa memberikan langkah tepat dalam pemberian materi atau tugas ke depannya. 

Hal ini tentu akan menjadi langkah yang perlu dalam mencapai tujuan pembelajaran yang menjadi ketentuan. 

4. Media untuk Refleksi atau Evaluasi Guru 

Manfaat selanjutnya yaitu bisa menjadi sumber media untuk refleksi guru dan evaluasi di masa depan. 

Jurnal ini akan membantu dalam pelaksanaan evaluasi demi mendapatkan pemahaman akan kinerja para guru di sekolah. 

Pemahaman ini bisa membantu para guru dalam meningkatkan kemampuan diri serta memberikan pemahaman tentang langkah-langkah apa yang harus guru tempuh untuk meningkatkan pembelajaran di kelas. 

Komponen pembuatan jurnal kelas

Membuat jurnal untuk kelas akan memberikan banyak manfaat untuk perkembangan pendidikan di kelas tersebut. 

Maka dari itu, para guru harus tahu komponen apa saja dalam jurnal yang harus ada sehingga tidak melewatkan satu poin penting yang berguna untuk meningkatkan kualitas pendidikan peserta didik. 

  • Judul jurnal kelas: yaitu judul dari jurnal tersebut. Bisa berisi jurnal mengajar atau jurnal absen. 
  • Identitas kelas dan semester siswa yang diajar: berisi identitas tiap kelas tersebut sehingga bisa membedakan dengan kelas lain ketika penggunaan. 
  • Hari, tanggal: berisi waktu pengisian tiap jurnal tersebut. Jurnal ini harus guru isi tiap pembelajaran mulai. 
  • Mata pelajaran/bab/sub bab: berisi tentang keterangan mata pelajaran yang guru ampu dan penjelasan bab dan materi pelajaran. 
  • Pembelajaran: berisi keterangan jumlah pembelajaran ke berapa pada kelas tersebut guru lakukan. 
  • Kompetensi Dasar: berisi keterangan tentang kompetensi dasar yang menjadi tujuan pembelajaran di kelas. 
  • Materi pokok: berisi penjelasan tentang materi pokok yang guru akar pada kelas. 
  • Kegiatan Pembelajaran: berisi kegiatan pembelajaran yang guru lakukan di kelas. 
  • Penilaian Pembelajaran: berisi keterangan tentang penilaian pembelajaran kelas. 
  • Kehadiran Peserta Didik: berisi penjelasan tentang siapa saja yang tidak masuk dan alasannya. 
  • Catatan/Keterangan: berisi keterangan tambahan tentang pembelajaran di tiap hari.

Itulah dia informasi tentang jurnal kelas mulai dari manfaat hingga komponen yang ada di dalamnya. Semoga dengan memahami informasi ini para guru bisa menyusun dan melaksanakan pembelajaran dengan lebih baik dengan menggunakan alat pembelajaran jurnal untuk kelas ini.

Media Pembelajaran Interaktif dalam Pelaksanaan Kurikulum di Kelas

Penelitian Tindakan Kelas, Apa Saja Manfaatnya?

Strategi Pembelajaran di Kelas: Bagaimana Cara Menentukannya?

Artikel ini ditulis oleh:

Share the Post: