Menjadikan peserta didik bersemangat ketika menerima pembelajaran adalah suatu hal yang menjadi tantangan bagi para guru.
Untuk menaklukkan tantangan ini, para guru bisa bereksperimen dengan berbagai metode pembelajaran, salah satunya yaitu metode belajar diskusi.
Metode diskusi adalah suatu jenis pembelajaran yang peserta didik lakukan untuk memecahkan suatu permasalahan yang ada dengan jalan diskusi atau musyawarah bersama dalam satu kelompok.
Kegiatan diskusi ini akan memberikan banyak manfaat untuk peserta didik dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis.
Pelaksanaan metode ini umumnya akan terjadi dengan pembagian kelompok kecil antara peserta didik.
Dalam kelompok ini, peserta didik akan dapat menuangkan ide dan pendapat mereka dalam memecahkan suatu masalah.
Kegiatan ini menjadi suatu metode tepat untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dan membuat mereka ikut terlibat di kelas.
Berikut ini beberapa informasi tentang metode diskusi dari kelebihan hingga kekurangan pelaksanaan pembelajaran ini.
Apa itu Metode Belajar Diskusi?
Kegiatan pembelajaran di kelas seharusnya bisa menempatkan peserta didik sehingga bisa lebih aktif dalam proses pengajaran.
Dengan peserta didik yang ikut andil dalam pelaksanaan pembelajaran, proses pemahaman materi akan jadi lebih mudah dan efektif.
Hal ini bisa terlaksana dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran yang ada, salah satunya yaitu dengan metode diskusi.
Metode diskusi adalah suatu model pembelajaran yang terlaksana untuk memecahkan suatu permasalahan dengan cara musyawarah atau diskusi bersama.
Metode ini umumnya terlaksana dengan pembentukan kelompok kecil dengan beberapa anggota.
Metode ini juga bisa menjadi suatu implementasi dalam pembelajaran dengan basis pemecahan masalah.
Dalam metode ini, guru akan memberikan suatu materi pelajaran yang harus peserta didik selesaikan bersama.
Dengan metode ini, peserta didik akan dapat memahami suatu konsep dan materi dengan lebih baik.
Peserta didik juga akan dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam bekerja sama dengan teman sebayanya.
Hal ini akan melahirkan beberapa kemampuan yang nantinya berguna di masyarakat. Salah satunya yaitu kemampuan bersosialisasi, berpikir kritis dan kreatif.
Kemampuan ini tentunya akan menjadi suatu kekuatan untuk peserta didik dalam menghadapi perubahan di dunia dalam hal informasi dan teknologi sehingga bisa mencapai prestasi yang gemilang.
Perbedaan Metode Belajar Diskusi dengan Metode Belajar Lain
Metode belajar diskusi memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Dalam pelaksanaannya, metode ini cukup berbeda dengan metode belajar lain.
Perbedaan antara metode diskusi dengan metode lain bisa para guru temukan di sini:
1. Metode Ceramah
Metode ceramah dalam proses pembelajaran dengan cara penyampaian berbentuk lisan kepada peserta didik dari guru.
Metode ini akan cocok untuk pelaksanaan pembelajaran dengan pendengar yang cukup banyak.
Metode ini bisa guru aplikasikan untuk menjelaskan materi karena mudah dalam pelaksanaannya.
Dalam metode ini, guru akan memiliki keleluasaan dalam mengelola kelas karena guru adalah subyek dalam pembelajaran.
Suasana dalam proses pembelajaran ini juga akan lebih efektif karena pengelolaan yang mudah.
Namun dalam metode ini, peserta didik akan jadi lebih pasif karena secara umum hanya ikut mendengarkan saja. Hal ini bisa menurunkan motivasi pembelajaran peserta didik di kelas.
2. Metode Tanya Jawab
Selanjutnya ada metode tanya jawab, suatu proses penyampaian materi dengan adanya interaksi antara guru dan peserta didik.
Metode ini adalah suatu cara untuk menyampaikan materi dengan memberikan pertanyaan pada peserta didik.
Metode tanya jawab ini berguna untuk melihat seberapa jauh pemahaman peserta didik pada materi yang guru sampaikan.
Dalam metode ini, guru dan peserta didik harus sama-sama aktif dalam pembelajaran.
Dengan metode ini, peserta didik akan dapat termotivasi untuk ikut serta dalam kegiatan tanya jawab sehingga bisa melahirkan diskusi.
Namun, proses pembelajaran ini juga bisa melahirkan perdebatan karena ketidaksamaan pendapat.
3. Metode Demonstrasi
Metode ini adalah proses pembelajaran yang terlaksana dengan menggunakan benda atau alat untuk memberikan gambaran informasi atau konsep.
Metode ini guru lakukan untuk membantu memperjelas informasi yang ada sehingga peserta didik bisa menangkap maksud dan konsep pembelajaran dengan lebih baik.
Metode ini bisa menarik minat peserta didik karena memudahkan pemahaman. Apalagi peserta didik bisa melihat langsung suatu proses demonstrasi yang sesungguhnya dan bukan dari gambar atau buku.
Namun, pelaksanaan metode ini membutuhkan alat dan bahan yang mungkin tidak tersedia untuk beberapa satuan pendidikan.
Selain itu, pelaksanaan demonstrasi dengan alat yang terlalu kecil juga bisa menghambat pemahaman peserta didik.
Kelebihan Metode Belajar Diskusi
Setelah memahami perbedaan metode diskusi dengan metode pembelajaran yang lain.
Para guru sebaiknya memahami lebih lanjut tentang kelebihan metode diskusi yang tidak ada di metode pembelajaran lain, salah satunya yaitu:
- Merangsang Peserta Didik Dalam Memberikan Ide dan Pendapat: Peserta didik akan dapat memberikan gagasan atau idenya dengan adanya diskusi ini. Ini karena peserta didik akan ikut aktif dalam kelompok kecil untuk menyelesaikan permasalahan yang ada sehingga bisa memberikan pendapat yang relevan.
- Melatih Kemampuan Mengungkapkan Pendapat: Keunggulan lain dari metode ini yaitu bisa membantu peserta didik agar berlatih mengungkapkan pendapat mereka. Dalam diskusi peserta didik harus ikut berpartisipasi dalam musyawarah untuk bisa memecahkan masalah. Hal ini akan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengungkapkan pendapat di depan orang lain.
- Melatih Kerja Sama: Keunggulan lain dari metode pembelajaran ini yaitu bisa membantu peserta didik agar bisa melatih kemampuan mereka dalam bekerja sama. Ini karena peserta didik akan ikut andil dalam suatu kelompok kecil sehingga harus ikut berkontribusi dalam penyelesaian masalah.
- Melatih Kemampuan Kepemimpinan: Keunggulan lain dari metode pembelajaran ini yaitu dapat melatih kemampuan kepemimpinan peserta didik. Kemampuan ini adalah sesuatu yang penting untuk kehidupan bermasyarakat. Dengan kemampuan ini peserta didik akan dapat meningkatkan nilai diri sehingga bisa mencapai tujuan yang mereka inginkan.
- Melatih Kemampuan Berpikir Kritis: Keunggulan lain dari adanya ini yaitu bisa meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis. Berpikir kritis akan peserta didik perlukan ketika dalam proses penyelesaian masalah. Hal ini bisa membantu meningkatkan kualitas diri sehingga bisa berkompetisi dengan peserta didik lain.
Kekurangan Metode Belajar Diskusi
Metode diskusi juga memiliki kekurangan dalam pelaksanaannya, salah satu kekurangan tersebut yaitu:
- Resiko Hanya Beberapa Peserta Didik yang Aktif: Kekurangan dari metode ini yaitu bisa saja menyebabkan beberapa peserta didik saja yang aktif. Dalam hal ini guru harus ikut memotivasi peserta didik untuk ikut dalam diskusi.
- Membutuhkan Waktu Banyak: Pelaksanaan dari metode ini akan memakan banyak waktu karena ada proses pertukaran ide dari satu orang ke orang lainnya.
- Menimbulkan Dampak Emosional: Kekurangan selanjutnya yaitu bisa saja menimbulkan dampak emosional. Ini karena tidak semua orang akan setuju dengan suatu gagasan sehingga bisa menimbulkan dampak emosional.
Itulah dia beberapa informasi penting tentang metode belajar diskusi, mulai dari kelebihan hingga kekurangannya. Tiap metode pembelajaran bisa memberikan banyak hasil akhir yang akan membantu peningkatan kompetensi dan keterampilan peserta didik. Sebagai guru seharusnya bisa memilih metode pembelajaran yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan.
Metode Pembelajaran STAD dan Manfaatnya dalam Kelas
Metode Pembelajaran Demonstrasi: Prinsip, Konsep, Hingga Manfaat
Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok: Prinsip dan Konsep Belajar