Kenaikan Gaji Guru PNS yang Terbaru, Simak Informasinya!

Mengajar adalah tugas yang tidak mudah. Kegiatan ini membutuhkan strategi dan juga kualifikasi yang tepat. Maka dari itu tidak salah jika para pengajar mendapatkan kenaikan gaji guru PNS. 

Kenaikan gaji untuk guru ini akan membantu kesejahteraan para pendidik di Indonesia. Hal ini tentu saja nantinya akan menjadi suatu hal yang akan membantu kinerja para guru. 

Dengan kesejahteraan yang meningkat maka kinerja juga akan meningkat. Berikut ini adalah beberapa informasi terbaru tentang kenaikan gaji untuk guru. 

Kenaikan Gaji Guru PNS

Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, akan ada prioritas untuk penganggaran pada pelaksanaan program unggulan dari Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming yang terpilih di 2024. 

Salah satu dari prioritas tersebut adalah adanya kenaikan gaji untuk Aparatur Sipil Negara atau ASN yang akan terlaksana dengan bertahap. 

Dalam informasi terkait, Suharso Monoarfa menjelaskan bahwa pemerintah akan memberikan prioritas pada peningkatan kesejahteraan ASN. 

Lebih khusus yaitu untuk para ASN pengajar, tenaga kesehatan atau nakes, penyuluh, dan juga anggota TNI serta POLRI. 

Penjelasan ini terungkap pada konferensi pers di Jumat 16 Agustus 2024 lalu di Kantor Direktorat Jenderal Pajak. Untuk kenaikan gaji ASN TNI dan POLRI sendiri memang merupakan salah satu program kerja dari Presiden dan Wakil Presiden terpilih. 

Menurut Prabowo Subianto dan wakilnya, gaji pelayan publik perlu mendapatkan peningkatan secara layak. 

Ini karena mereka berada di sektor penting yang akan memberikan dampak secara langsung di masyarakat. 

Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, juga menyatakan kenaikan gaji PNS pada tahun 2025 tersebut. 

Menteri Keuangan Indonesia ini, menyebutkan bahwa kenaikan gaji tersebut tertulis pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara APBN 2025. 

Hal ini merupakan sebuah kesepakatan antara presiden saat ini dengan presiden terpilih Prabowo Subianto. 

Hal ini juga dikonfirmasi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto. Rencana tersebut sudah tercantum pada dokumen kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal KEM-PPKF 2024 Edisi Pemutakhiran. 

Itulah dia informasi tentang kenaikan gaji guru PNS yang bisa membantu kesejahteraan para guru di Indonesia. Semoga dengan adanya lu kenaikan ini kinerja para guru bisa meningkat dengan signifikan.

Kenaikan Gaji Guru PPPK 2024, Cek Besarannya

Jumlah TPP Guru: Faktor yang Pengaruhi Besarannya

Info Penting! Perluasan Tunjangan Khusus Guru Terbaru

Artikel ini ditulis oleh:

Share the Post: