Di masa sekarang para guru harus dapat beradaptasi dengan teknologi sehingga bisa memudahkan pekerjaan di sekolah. Salah satu contohnya yaitu menggunakan generatif AI dalam membuat RPP & materi ajar di sekolah. Langkah penggunaan kecerdasan buatan dalam lingkup kerja tersebut merupakan suatu langkah praktis dan efektif untuk meningkatkan kinerja.
Generatif artificial intelligence sendiri merupakan salah satu cabang dari kecerdasan buatan yang berguna untuk menciptakan suatu konten baru. Konten-konten ini berupa teks, gambar, audio hingga video yang dapat terselesaikan dalam waktu yang cukup singkat.
Dalam penggunaannya, para guru tinggal menuliskan prompt yang tepat sehingga generatif artificial intelligence bisa membuat hasil akhir yang diinginkan. Teknologi ini akan dapat menghasilkan data dan juga hasil ide kreatif yang relevan serta sesuai konteks.
Teknologi ini cukup berbeda dengan kecerdasan buatan umum yang beroperasi menggunakan data yang sudah ada serta aturan yang menjadi ketentuan. Para guru bisa menggunakan konten-konten hasil dari generatif AI pada pembelajaran di kelas.
Proses perencanaan yang umumnya memakan waktu lama dan cukup berulang dapat terselesaikan dengan baik jika menggunakan teknologi terbaru ini. Hal ini akan memudahkan kinerja sehingga para guru dapat fokus dalam proses pengajaran dan juga pembentukan strategi belajar untuk peserta didik.
Namun ada beberapa hal yang harus guru perhatikan seperti etika penggunaan artificial intelligence pada bidang profesional. Di bawah ini merupakan beberapa informasi mengenai penggunaan generatif artificial intelligence untuk membentuk RPP dan materi ajar.
Terdapat informasi mengenai cara membuat RPP dengan generatif AI serta manfaat-manfaatnya. Semoga informasi ini bisa membantu para guru dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses perencanaan pembelajaran.
Baca Juga: Berbagai Contoh Bahan Ajar Kurikulum Merdeka, Apa Fungsinya?
Definisi generatif AI
Artificial intelligence secara umum merupakan suatu teknologi yang fokus dalam penciptaan mesin yang memiliki kemampuan berpikir seperti manusia. Artificial intelligence akan menggabungkan desain algoritma serta sistem yang dapat menyelesaikan permasalahan, mengenali suara, menerjemahkan hingga membuat keputusan.
Teknologi artificial intelligence akan dapat berguna dalam berbagai bidang industri. Tugas-tugas yang membutuhkan analisis data juga pemahaman pola akan dapat terselesaikan dengan baik menggunakan teknologi ini.
Teknologi kecerdasan buatan ini sudah banyak terintegrasi pada berbagai sektor di masyarakat umum. Teknologi artificial intelligence umumnya berbeda dengan generatif artificial intelligence.
Generatif artificial intelligence sendiri merupakan cabang dari artificial intelligence yang dapat menciptakan suatu konten baru dalam waktu yang singkat. Konten-konten yang dapat tercipta yaitu berupa teks, gambar, audio ataupun video.
Saat ini konten-konten yang tercipta dari generatif artificial intelligence sudah sangat berkembang sehingga seringkali sangat sulit dibedakan dengan buatan manusia.
Kalau artificial intelligence akan membantu dalam menganalisis data dan juga pola dari informasi, generatif artificial intelligence akan dapat membuat data baru berdasarkan informasi yang telah manusia berikan. Teknologi generatif AI ini juga bisa mempelajari pola-pola kompleks dan juga menghasilkan konten baru.
Dalam bidang pendidikan sendiri generatif artificial intelligence akan membantu dalam proses pembelajaran. Contohnya yaitu dapat menciptakan video pembelajaran interaktif yang dapat terselesaikan dalam waktu yang cepat.
Para guru juga bisa menggunakan generatif artificial intelligence sendiri dalam menciptakan materi pembelajaran yang cocok untuk peserta didik. Pembuatan konten-konten pembelajaran jadi lebih mudah menggunakan teknologi ini.
Walaupun begitu banyak juga yang menyalahgunakan teknologi ini untuk membuat konten-konten yang menyesatkan ataupun tidak sesuai dengan fakta. Apalagi dengan teknologinya yang sudah canggih, sulit sekali untuk membedakan apakah konten tersebut hasil generatif artificial intelligence atau bukan. Maka dari itu penggunaannya harus sesuai dengan etika dan juga tidak melanggar dengan ketentuan.
Manfaat Generatif AI dalam membuat RPP & materi ajar bagi guru
Artificial intelligence merupakan suatu teknologi yang tercipta untuk membantu manusia menyelesaikan pekerjaan secara cepat dan tepat. Pekerjaan yang berulang dapat terotomatisasi sehingga dapat mempercepat kinerja serta meningkatkan hasil akhir.
Selain itu ada beberapa manfaat penggunaan generatif artificial intelligence dalam bidang pendidikan. Salah satunya yaitu membuat materi ajar dan juga rencana pembelajaran. Otomatisasi pembuatan materi ajar dan RPP di sekolah bisa memberikan manfaat bagi guru, contohnya yaitu:
Baca Juga: Metode Pembelajaran Scaffolding, Ketahui Teknik Pengajarannya!
Hemat waktu
Keunggulan dalam menggunakan artificial intelligence dalam merancang RPP atau materi pembelajaran yaitu dapat hemat waktu. Penggunaan teknologi secara umum akan membantu manusia dalam menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cepat.
Hal ini terlaksana juga dalam penggunaan artificial intelligence. Teknologi terbaru ini bisa memudahkan tugas-tugas guru yang bersifat berulang sehingga bisa meringankan beban kerja. Para guru bisa menyelesaikan tugas secara cepat dan tepat menggunakan teknologi tersebut.
Guru-guru pun bisa menghemat waktu agar bisa mengelola beberapa hal lain dalam pembelajaran yang lebih krusial. Proses pekerjaan berulang seperti administrasi dapat terlaksana dengan cepat menggunakan teknologi ini.
Efektif dan efisien
Keunggulan yang dapat guru capai ketika menggunakan generatif artificial intelligence yang selanjutnya yaitu penggunaannya yang efektif serta efisien dalam menyelesaikan pekerjaan. Umumnya suatu pekerjaan akan memiliki beberapa langkah step untuk dapat terselesaikan dengan baik.
Namun dengan penggunaan generatif artificial intelligence ini, para guru bisa mengurangi step tersebut sehingga bisa lebih efektif serta efisien.
Pekerjaan guru seperti perencanaan hingga proses evaluasi dapat terlaksana dengan lebih efisien serta efektif jika menggunakan bantuan generatif AI. Ini bisa memberikan efek pada hasil kinerja para guru di sekolah.
Punya banyak fungsi
Generatif artificial intelligence ini tidak hanya dapat membantu merancang suatu teks saja tetapi juga memiliki beberapa fungsi yang tentu saja berguna dalam pembelajaran. Para guru bisa merencanakan pembelajaran hingga membuat materi ajar berupa teks ataupun video dengan mudah.
Para guru tinggal memasukkan perintah pada platform artificial intelligence saja, nantinya hasil teknologi ini akan langsung dapat guru nikmati. Kegunaannya yang beragam ini akan membantu proses pembelajaran agar bisa lebih efektif serta meningkatkan pembelajaran yang interaktif.
Meningkatkan kinerja guru
Pada akhirnya penggunaan generatif artificial intelligence ini akan berpengaruh langsung pada kinerja guru. Para guru akan dapat menyelesaikan tugas secara cepat dan tepat menggunakan teknologi tersebut.
Guru-guru juga bisa melaksanakan tugas secara efektif dengan bantuan artificial intelligence sehingga mampu meningkatkan kinerja mereka lebih dari sebelumnya.
Langkah membuat RPP dengan AI
Artificial intelligence memiliki beberapa keunggulan dalam membantu proses-proses pekerjaan yang berulang sifatnya. Contohnya yaitu dalam membuat rencana pembelajaran di kelas.
Untuk mempermudah dan mempersingkat waktu para guru bisa menggunakan teknologi artificial intelligence untuk membangun rencana pembelajaran yang tepat. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa guru gunakan dalam membuat RPP di aplikasi generatif artificial intelligence.
Gunakan perintah yang jelas
Untuk membuat RPP dengan generatif artificial intelligence para guru harus memperhatikan perintah yang dimasukkan pada platform. Pastikan bahwa perintah teks yang guru masukkan sudah jelas sehingga dapat memuat tujuan pembelajaran hingga informasi lainnya secara rinci.
Berikan perintah yang mendetail sehingga generatif artificial intelligence bisa memberikan hasil yang tepat sesuai keinginan. Jika masih belum sesuai, para guru juga bisa melakukan editing di dalam platform tersebut hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.
Sesuaikan hasil dengan ketentuan
Dalam membuat rencana pembelajaran para guru harus dapat memastikan bahwa hasil dari generatif artificial intelligence tersebut sudah sesuai dengan ketentuan dari pemerintah. Ketika hasil generatif artificial intelligence sudah keluar, pastikan untuk mengecek nya dengan teliti.
Bandingkan dengan ketentuan yang ada sehingga bisa menyeleksi atau memperbaiki hasil generatif artificial intelligence tersebut. Hal ini demi membantu guru agar tidak memberikan kesalahan dalam pembuatan RPP.
Pastikan tidak ada kebocoran data
Dalam membuat RPP menggunakan generatif artificial intelligence sebaiknya perhatikan privasi data dan keamanan. Pastikan bahwa data yang guru masukkan tidak akan bocor atau mengalami penyalahgunaan di masa depan.
Caranya yaitu dengan memahami proses pengolahan data pada generatif artificial intelligence dan bagaimana data nanti akan tersimpan. Sebaiknya tidak memberikan data yang krusial pada artificial intelligence sehingga tidak mengalami permasalahan lebih lanjut.
Edit jika perlu
Pada saat hasil generatif artificial intelligence sudah keluar, para guru bisa melakukan pengeditan lebih lanjut sehingga bisa memperbaiki hal-hal mana saja yang masih belum sesuai. Pengeditan ini juga menghindari kesalahan ketika penggunaan nantinya.
Sebaiknya tidak menggunakan artificial intelligence secara penuh sehingga tidak melanggar etika penggunaan. Para guru tidak boleh bergantung pada artificial intelligence untuk merancang pembelajaran pada peserta didik. Gunakan artificial intelligence sebagai referensi yang dapat membantu pembelajaran saja.
Rekomendasi tools AI
Ada beberapa rekomendasi tools generatif AI dalam membuat RPP & materi ajar yang berguna bagi para guru. Pemilihan aplikasi generatif artificial intelligence yang tepat akan mampu membantu guru menyelesaikan tugas dengan baik dan juga terhindar dari penyalahgunaan data.
Di bawah ini merupakan beberapa rekomendasi aplikasi artificial intelligence yang dapat membantu mencetak materi ajar serta membuat RPP yang tepat untuk guru.
ChatGPT
Teknologi generatif artificial intelligence yang umum menjadi pilihan yaitu ChatGPT. Teknologi ini akan membantu para guru dalam menyusun materi pembelajaran ataupun kerangka rencana pembelajaran sesuai dengan standar kurikulum yang ada.
Para guru bisa menyusun dari pembelajaran yang tepat menggunakan teknologi ini. Penggunaannya akan sangat cocok untuk pembuatan materi ajar berdasarkan teks ataupun bentuk lainnya.
Platform ini dapat digunakan dengan mudah dengan hanya memberikan topik-topik serta tujuan pembelajaran. Jangan lupa untuk menyeleksi informasi tersebut dan juga memeriksa apakah terdapat informasi yang salah.
Lumen5
Platform generatif artificial intelligence yang satu ini akan membantu guru dalam menciptakan materi pembelajaran secara cepat hanya dengan perintah teks saja. Materi pembelajaran yang dapat guru buat menggunakan platform ini yaitu video pembelajaran.
Materi pembelajaran berupa video akan mampu memberikan pemahaman secara menyeluruh menggunakan visual serta audio yang menarik. Para guru bisa membuat materi pembelajaran dalam waktu cepat menggunakan platform generatif artificial intelligence ini.
TeachMate AI
Generatif artificial intelligence satu ini dapat digunakan untuk merancang RPP dengan menggunakan pendekatan belajar berbasis proyek, berbasis masalah ataupun tematik. Parfum ini memiliki keunggulan yaitu dapat memberikan rekomendasi susunan pembelajaran yang relevan dengan konteks belajar.
Selain itu platform ini juga bisa membantu memberikan langkah-langkah pembelajaran yang inovatif untuk kegiatan kelas. Manfaatkan platform ini dengan baik sehingga bisa membantu pembelajaran di kelas.
Quillionz
Platform generatif artificial intelligence yang dapat membantu guru selanjutnya yaitu Quillionz. Generatif artificial intelligence ini akan membantu guru dalam membuat serta menyusun pertanyaan berbasis teks untuk proses evaluasi belajar.
Penggunaan platform ini cukup mudah yaitu bisa memasukkan materi atau teh pembelajaran pada platform, nantinya akan muncul hasil dari generatif artificial intelligence tersebut.
Para guru bisa menyusun pertanyaan untuk evaluasi berupa pilihan ganda ataupun uraian yang relevan dengan tujuan pembelajaran. Pastikan bahwa hasil generatif tersebut sudah sesuai dengan informasi dan fakta yang ada. Platform generatif artificial intelligence ini memiliki beberapa keunggulan yaitu membantu merancang penilaian formatif serta mendukung penyusunan asesmen yang sesuai kompetensi.
Etika & keterbatasan penggunaan Generatif AI dalam membuat RPP & materi ajar
Dalam menggunakan generatif artificial intelligence ketika membuat materi ajar dan juga RPP, terdapat beberapa poin penting yang harus menjadi perhatian. Salah satunya yaitu etika penggunaan artificial intelligence di dalam lingkup profesional.
Berikut ini merupakan informasi mengenai etika penggunaan generatif artificial intelligence dalam membantu guru membuat RPP serta materi ajar.
Perhatikan integritas akademik
Penggunaan generatif artificial intelligence akan mampu mendukung pembuatan motor pembelajaran dan juga dokumen yang dapat membantu proses belajar. Kecerdasan buatan ini tidak akan dapat menggantikan tugas manusia secara keseluruhan.
Para guru yang ingin menggunakan teknologi tersebut untuk menyusun RPP atau materi pembelajaran harus memahami bahwa mereka juga harus menggunakan pengetahuan untuk menyelesaikan pekerjaan. Para guru tidak boleh bergantung sepenuhnya menggunakan teknologi ini dalam pekerjaan.
Sesuaikan hasil
Ketika membuat konten pembelajaran di kelas para guru juga harus memperhatikan apakah konten buatan generatif artificial intelligence ini sudah sesuai dengan kurikulum dan juga ketentuan yang berlaku. Perhatikan apakah terdapat kesalahan atau informasi yang kurang tepat.
Para guru harus dapat mengecek konten-konten tersebut sehingga selaras dengan ketentuan yang ada. Apalagi sebaik-baiknya teknologi masih terdapat beberapa kekurangan yang bisa menyesatkan.
Ini karena terdapat beberapa kasus bahwa generatif artificial intelligence memberikan hasil yang tidak sesuai dengan keinginan. Hindari hal ini dengan pengecekan secara menyeluruh.
Perhatikan privasi data dan keamanan
Penggunaan teknologi menggunakan artificial intelligence tidak bisa terlaksana secara sembarangan. Para guru harus dapat menjaga data dan privasi sehingga tidak terjadi penyalahgunaan pada pihak artificial intelligence itu sendiri.
Penggunaan teknologi generatif ini memang suatu hal yang memudahkan karena bisa menyelesaikan tugas secara cepat sesuai dengan tujuan. Namun di dalamnya masih terdapat beberapa resiko tinggi dalam hal privasi data serta keamanan.
Para guru yang menggunakan teknologi ini untuk memproses data-data peserta didik harus dapat mengetahui bagaimana data tersebut diolah sehingga tidak menyebabkan permasalahan. Penggunaan data-data pada artificial intelligence dapat menyebabkan penyalahgunaan seperti kebocoran hingga penggunaan data yang tidak sesuai.
Transparansi penggunaan
Penggunaan generatif artificial intelligence harus mengikuti pemahaman keterbukaan serta akuntabilitas. Penggunaannya harus secara terbuka dan jujur sehingga tidak mengklaim hasil dari orang lain sebagai milik sendiri.
Para guru bisa mencantumkan sumber-sumber referensi pada pembuatan materi ajar sehingga bisa memberikan pemahaman akan penggunaan generatif artificial intelligence. Para guru harus juga mempertanggungjawabkan hasil generatif artificial intelligence yang mereka buat.
Penutup
Generatif AI dalam membuat RPP & materi ajar adalah suatu solusi yang efektif untuk membantu para guru dalam menyelesaikan pekerjaan mereka secara tepat dan cepat. Namun dalam pelaksanaannya, para guru harus memperhatikan beberapa poin penting seperti etika dalam penggunaannya secara profesional sehingga bisa terhindar dari penyalahgunaan.





