Pemerintah telah menyiapkan Pelatihan Mandiri untuk para guru. Dalam pelatihan ini terdapat bagian aksi nyata merdeka belajar yang menjadi aktivitas terakhir dalam menyelesaikan topik pelatihan.
Aksi nyata ini adalah suatu praktik pemahaman para guru pada topik yang telah dipelajari sebelumnya. Dengan adanya kegiatan aksi nyata ini, para guru akan dapat mengimplementasikan teori atau ilmu yang sudah mereka pelajari dan mendemonstrasikannya.
Dengan begitu, pemahaman akan jadi lebih teraplikasi dengan baik sehingga memperkuat ilmu yang sudah diterima.
Adanya aksi nyata ini juga akan melatih para guru agar dapat meningkatkan kompetensi diri sehingga bisa mencapai standar kualitas pendidik yang sudah ada.
Apalagi dengan adanya perkembangan zaman, para guru juga harus bisa beradaptasi dengan lingkungan dan teknologi baru yang tentunya akan lebih maju dari sebelumnya.
Berikut ini adalah beberapa informasi terkait aksi nyata dalam merdeka belajar yang perlu para guru ketahui.
Pengertian Aksi Nyata Merdeka Belajar
Marilah memahami apa itu Aksi Nyata Merdeka Belajar.
Aksi nyata adalah bagian dari Pelatihan Mandiri untuk guru pada Platform Merdeka Mengajar.
Ketika guru sudah menyelesaikan suatu topik dalam pelatihan mandiri ini, guru tersebut harus bisa mengunggah Aksi Nyata yang mereka pilih.
Aksi Nyata ini akan guru implementasikan sehingga bisa menguatkan pemahaman dan mendemonstrasikan ilmu yang mereka terima.
Namun, kegiatan ini hanya bisa para guru lakukan setelah rampung mempelajari topik dalam pelatihan mandiri.
Kegiatan pelatihan mandiri ini termasuk juga post test. Namun, tidak semua topik dalam Aksi Nyata harus guru kerjakan.
Pengerjaan aksi nyata akan mengikuti alur yang sudah menjadi ketentuan. Para guru yang ingin mengerjakan aksi nyata ini harus mengikuti urutan yang ada, yaitu:
- Menyelesaikan modul dan post test topik pada pelatihan mandiri.
- Memilih salah satu aksi nyata yang sudah ada untuk menentukan kegiatan selanjutnya.
- Melaksanakan aksi nyata sesuai ketentuan dan teori yang ada.
- Merumuskan hasil aksi nyata dengan dokumen tertulis dan mengunggahnya di platform.
Cara Membuat Aksi Nyata Merdeka Belajar
- Klik Pilih Aksi Nyata pada Platform Merdeka Mengajar.
- Pilih salah satu topik yang muncul.
- Jika sudah lalu klik Selanjutnya.
- Siapkan dokumen tertulis dalam bentuk PDF dengan maksimal 10 MB.
- Jika sudah ada dokumen, klik Mulai Lengkapi di Kolom Aksi Nyata Merdeka Mengajar.
- Pilih Ya Lanjut.
- Isi Lembar Aksi Nyata dengan klik Pilih File.
- Isi Judul Aksi Nyata.
- Klik Kumpulkan.
Ketika mengumpulkan Aksi Nyata sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini:
- Pastikan Aksi Nyata sesuai dengan panduan yang di di tiap Topik.
- Pastikan aktivitas sesuai dengan topik yang sudah terpilih.
- Lampirkan dokumentasi ketika mengadakan Aksi Nyata.
- Pastikan dokumen bebas dari unsur plagiarisme.
- Memuat paling sedikit sejumlah satu umpan balik dari objek Aksi Nyata.
Contoh Aksi Nyata Merdeka Belajar
Dalam aksi nyata Merdeka Belajar ada beberapa topik yang bisa guru pilih untuk pelaksanaannya. Salah satunya yaitu seperti di bawah ini.
1. Topik 1 Aksi Nyata Merdeka Belajar
Merdeka memiliki arti bebas yang tidak terikat dan bisa berdiri sendiri secara mandiri. Merdeka belajar sendiri memiliki konsep belajar mandiri dengan tidak mendapatkan perintah dari guru atau orang tua.
Peserta didik akan belajar secara mandiri karena memiliki pemahaman bahwa belajar adalah kebutuhan masing-masing.
Kurikulum merdeka adalah suatu kurikulum dengan menggunakan pembelajaran intrakurikuler yang beragam.
Dalam pelaksanaannya peserta didik akan memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan memperkuat kompetensi.
Guru pun memiliki kebebasan untuk memilih berbagai perangkat ajar yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi peserta didik dan instansi pendidikan.
Hal ini terlaksana agar pelaksanaan pembelajaran bisa sesuai dengan minat dan gaya belajar peserta didik sehingga bisa memberikan hasil belajar yang lebih baik.
2. Modul 1 Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik
- Mengenali Diri dan Peran Sebagai Pendidik: Apa itu pendidikan dan apa itu peran sebagai pendidik di sekolah. Memahami peran pendidik pada peserta didik yang seharusnya.
- Apa Peran Sebagai Guru: Peran sebagai seorang guru yang menjadi pendidik di sekolah serta bertanggung jawab pada perkembangan peserta didik di sekolah dan masyarakat.
- Ingin Menjadi Guru Seperti Apa: sosok seperti apa yang menjadi ideal dari seorang guru. Suatu impian dan cita-cita dari pendidik.
3. Modul 2 Mendidik dan Mengajar
- Mendidik Menyeluruh: Mendidik memberikan pengajaran pada peserta didik serta memberikan pengembangan kecerdasan batin sehingga bisa berkembang seluas-luasnya.
- Pendidikan Selama Satu Abad: Perlunya sistem pendidikan yang memelihara kedamaian dunia dan humanis.
- Menjadi Manusia Utuh: Guru mendidik peserta didik agar mencapai keseimbangan dalam kehidupan di dunia.
4. Modul 3 Mendampingi Murid dengan Utuh dan juga Menyeluruh
- Kodrat Murid: Terdapat tiga kodrat murid yaitu Kodrat Keadaan, Kodrat Zaman, dan Kodrat Alam.
- Asas Trikon (Kontinyu, Konvergen, konsentris): Pendidikan adalah suatu proses yang dinamis dan terus berubah sesuai dengan kondisi zaman dan peserta didik.
5. Modul 4 Mendidik Serta Melatih Kecerdasan Budi Pekerti
- Budi Pekerti: Yaitu hasil bersatunya perasaan, gerakan pikiran, dan kehendak sehingga menimbulkan tenaga.
- Teori Konvergensi dan Pengaruh Pendidikan: Kodrat anak adalah seperti kertas kosong yang bisa guru isi dan tulis dengan pengetahuan dan wawasan.
6. Modul 5 Pendidikan yang Mengantarkan Peserta Didik Pada Keselamatan dan Kebahagiaan
- Mengantarkan Murid Selamat dan Bahagia: Mengantarkan peserta didik hingga bisa bermasyarakat dengan baik agar mencapai kesuksesan.
- Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Terbaik Murid: Menciptakan lingkungan yang tepat untuk membentuk peserta didik.
Poin Penting dalam Aksi Nyata Merdeka Belajar
Dalam program aksi nyata merdeka belajar ada beberapa poin penting yang harus guru perhatikan. Berikut ini adalah beberapa informasinya:
1. Mengapa perlu melakukan aksi nyata?
Guru yang melakukan aksi nyata akan dapat mengimplementasikan ilmu yang telah mereka pelajari dalam Pelatihan Mandiri di platform sebelumnya.
Para guru bisa melakukan demonstrasi tentang pemahaman materi ketika menyelesaikan topik.
Hal ini bisa membantu agar pemahaman jadi semakin lama bertahan dan memastikan bahwa guru memang sudah benar-benar memahami materi tersebut.
2. Apa yang perlu menjadi perhatian dalam pelaksanaan aksi nyata?
Para guru bisa memilih jenis aksi nyata yang sudah benar-benar mereka pahami. Hal ini bisa memastikan bahwa pelaksanaan akan lebih maksimal dengan pengetahuan guru tersebut.
Para guru bisa mempraktekkan aksi nyata dengan instruksi yang ada. Para guru juga bisa melakukan modifikasi instruksi sehingga sesuai dengan kebutuhan.
3. Apakah ada batas waktu ketika melakukan aksi nyata?
Pelaksanaan aksi nyata sejauh ini masih belum ada batas waktu. Para guru bisa bebas mengaplikasikan ilmu ke kegiatan aksi nyata dengan waktu yang mereka miliki.
Itulah dia beberapa informasi tentang aksi nyata merdeka belajar seperti contoh, pengertian serta poin penting pelaksanaannya. Dengan begitu guru bisa melaksanakan aksi nyata ini dengan lebih tepat dan sesuai dengan tujuan.
Strategi Penerapan Merdeka Belajar Pada Pelaksanaan Pembelajaran
Ketahui Berbagai Strategi Penerapan Merdeka Belajar di Sekolah!