Apa itu ATP dan bagaimana penyusunan ATP kurikulum merdeka yang tepat?
ATP adalah singkatan dari Alur Tujuan Pembelajaran yang berkaitan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah yaitu Kurikulum Merdeka.
Pembuatan ATP ini terlaksana untuk mendapatkan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis sehingga bisa mendukung kebutuhan peserta didik.
Dengan penggunaan ATP, peserta didik bisa terbantu dalam upaya mendapatkan capaian pembelajaran yang lebih tepat di akhir fase.
Penggunaan ATP ini akan secara langsung meningkatkan kualitas pendidikan karena mempermudah proses pembelajaran di kelas.
Untuk pemahaman lebih lanjut tentang ATP ini, bisa langsung membaca artikel berikut.
Definisi ATP Kurikulum Merdeka
Alur Tujuan Pembelajaran adalah kepanjangan dari ATP dalam Kurikulum Merdeka. ATP ini menjadi kebutuhan dalam penerapan kurikulum merdeka di sekolah.
Pembuatan ATP ini memiliki tujuan untuk mendapatkan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis sehingga bisa menyentuh kebutuhan peserta didik.
Adanya ATP ini bisa membantu menjadi panduan peserta didik untuk mendapatkan capaian pembelajaran yang tepat dalam fase kurikulum merdeka.
ATP ini tersusun secara kronologis dan sesuai dengan pembelajaran dan ditentukan juga oleh konteks kebutuhan peserta didik dalam kelas.
Pemerintah umumnya telah memberikan banyak contoh untuk penyusunan ATP yang sesuai dengan acuan.
Dengan menggunakan contoh acuan ini, guru dapat menyesuaikan bagian yang sesuai dengan perangkat ajar.
ATP bisa diakses oleh guru di platform Merdeka Mengajar yang pemerintah buat. Maka dari itu para guru bisa membuat ATP yang sesuai dengan ketentuan sehingga bisa menunjang pembelajaran dengan kurikulum sehingga sesuai dengan perangkat pembelajaran.
Langkah Penyusunan ATP Kurikulum Merdeka
Setelah memahami apa itu ATP dalam kurikulum merdeka, sebaiknya lanjutkan dengan pemahaman tentang langkah-langkah penyusunan ATP yang bisa menjadi petunjuk di masa depan.
Berikut ini beberapa langkah penyusunan yang bisa para guru ikuti:
1. Pemahaman Prinsip
Penyusunan ATP bisa guru mulai dengan membuat tujuan atau perumusan tujuan dari pembelajaran.
Hal-hal yang masuk dalam prinsip ATP ini yaitu:
- Harus tersusun secara logis dari yang sederhana ke hal yang rumit.
- Penyusunan harus sesuai dengan karakteristik mata pelajaran tersebut sehingga bisa menyesuaikan dengan pendekatan yang bisa guru terapkan.
- ATP harus sesuai dengan karakteristik dan kompetensi dalam setiap mata pelajaran.
- ATP tersusun sesuai dengan rentang waktu dan tidak boleh terpotong di tengah jalan.
2. Persiapan Pembuatan Alur Tujuan Pembelajaran
Lakukan identifikasi terlebih dahulu pada Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan kompetensi yang menjadi tujuan.
Ketika menyusun ATP, para guru bisa merujuk pada kompetensi yang sebelumnya tercantum di capaian pembelajaran.
Hal ini menghindari perubahan dan perbedaan yang bisa menyebabkan ketidaksinambungan.
3. Ketahui Aturan Penyusunan ATP
Dalam penyusunan ATP tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Maka dari itu, ada aturan-aturan yang harus diikuti oleh guru dalam penyusunan ATP.
Berikut ini ada beberapa urutan yang harus guru patuhi untuk mendapatkan hasil yang terbaik:
- Urutkan beberapa aspek yang sifatnya masih abstrak menjadi sesuatu yang konkret sehingga bisa memudahkan pemahaman dan tetap konsisten ketika dibaca. Hal ini bisa memberikan kemudahan ketika proses eksekusi di pembelajaran.
- Lakukan proses pengurutan dengan cara deduktif yaitu dari hal yang umum lalu ke yang lebih spesifik.
- Urutkan dari hal-hal yang mudah lalu ke topik yang lebih sulit.
- Urutkan sesuai dengan tingkat pemahaman yang ada dan pastikan tidak terbalik.
- Pastikan sesuai dengan kebutuhan urutan sehingga bisa menyelesaikan satu tahap sebelum ke tahap lain.
Itulah dia beberapa informasi tentang penyusunan ATP kurikulum merdeka yang bisa para guru ikuti. Dengan memahami informasi ini, penyusunan ATP akan dapat sesuai dengan tujuan kurikulum dan dapat berguna dalam pelaksanaannya di lapangan. Hal ini demi mendapatkan hasil kinerja terbaik yang menguntungkan pendidikan Indonesia.
Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka dan Penerapannya
Refleksi Kurikulum Merdeka, Apa Saja Manfaatnya pada Pembelajaran?