Dalam dunia pendidikan, terdapat banyak pemikiran yang menyatakan bahwa seorang guru harus menjadi guru produktif. Lalu apa itu guru yang produktif?
Guru yang produktif adalah guru yang tidak hanya sekedar mengajar atau memantau keberhasilan akademik peserta didik yang mereka ajar.
Seorang guru yang produktif adalah sosok yang dapat merancang suatu pembelajaran yang dapat memberikan inspirasi, mengikutsertakan peserta didik, dan memberikan dampak yang baik untuk perkembangan peserta didik yang mereka ajar.
Guru yang produktif tidak hanya mengerjakan tugas hanya untuk melepaskan tanggung jawab mereka saja.
Guru yang memiliki produktivitas tinggi akan memberikan kemampuan terbaik mereka untuk melaksanakan tugas di kelas.
Guru tersebut adalah sosok yang memahami tugas dan pentingnya peran guru di sekolah.
Lalu bagaimana strategi menjadi guru yang produktif? Ini dia beberapa informasi yang bisa guru gunakan.
Pengertian Guru Produktif
Seorang guru seharusnya melaksanakan tugasnya bukan karena ingin menyelesaikan tanggung jawab saja.
Seorang guru juga harus memiliki pemikiran yang berkembang sehingga bisa memberikan kinerja terbaik di lingkup kerja mereka.
Guru yang memiliki produktivitas baik tidak hanya menjadi sosok pengajar tetapi juga sosok yang mampu membuat rancangan pembelajaran yang menginspirasi dan memberikan dampak positif bagi perkembangan peserta didik yang mereka ajar.
Guru yang produktif akan fokus untuk meningkatkan kualitas diri sehingga bisa memberikan pengajaran terbaik. Mengapa seorang guru harus memiliki pemikiran seperti ini?
Pemikiran growth mindset, adalah suatu konsep yang Carol Dweck berikan.
Konsep ini memberikan gambaran akan pandangan bahwa kemampuan dan kualitas bukanlah suatu hal yang terap.
Kemampuan dan kualitas bisa meningkatkan kualitas dengan usaha, ketekunan dan pembelajaran.
Seorang guru yang memiliki mindset ini artinya memiliki keterbukaan aman perubahan dan pengembangan diri mereka.
Guru dengan growth mindset akan melihat suatu tantangan sebagai suatu peluang dan bukannya hambatan.
Guru dengan pemikiran ini akan dapat mencari cara untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi dan terus melakukan inovasi untuk membuat strategi pembelajaran yang terbaik.
Seorang guru yang produktif tentunya akan memiliki pemikiran tersebut sehingga bisa memberikan hasil belajar terbaik untuk peserta didik.
Guru tersebut akan terus berkembang dan bertumbuh sehingga bisa menjadi sosok terbaik yang bisa menginspirasi.
Guru yang produktif juga umumnya akan memiliki daya adaptasi yang tinggi. Ini karena mereka dapat beradaptasi dengan kondisi yang sulit dan menggunakan situasi serta kesempatan dengan baik.
Strategi Pengembangan Guru Produktif
Untuk menjadi guru yang produktif, dibutuhkan banyak usaha dan langkah tepat.
Jika Anda adalah salah satu yang ingin menjadi guru yang produktif di sekolah, bisa membaca informasi berikut ini.
1. Mengubah Pola Pikir
Untuk menjadi guru yang produktif, sebaiknya langkah atau strategi yang tepat untuk berkembang yaitu dengan mula-mula mengubah pola pikir. Pola pikir adalah sesuatu yang krusial untuk perkembangan diri.
Dengan pola pikir yang tepat, seseorang akan dapat mengubah pandangan akan suatu hal dan bisa berkembang menjadi pribadi lebih baik.
Untuk menjadi guru yang produktif, guru tersebut harus bisa mengubah pola pikir dari pemikiran yang tetap ke growth mindset.
Growth mindset adalah suatu pemikiran bahwa suatu kualitas dan kemampuan dapat tercapai dengan usaha dan langkah yang kongkrit.
Seorang guru yang memiliki pemikiran ini maka akan dapat mengubah kebiasaan menjadi lebih baik.
Dengan menggunakan pemikiran ini, para guru akan sadar bahwa kemampuan diri mereka dapat dilatih menjadi lebih baik. Hal ini menjadi kunci dalam produktivitas kerja.
2. Memaksimalkan Media dan Alat Pembelajaran
Strategi selanjutnya yaitu dengan memaksimalkan media dan juga alat pembelajaran. Untuk menjadi guru yang produktif, Anda harus dapat menggunakan media yang ada sehingga bisa memaksimalkan kinerja.
Guru bisa memaksimalkan produktivitas dengan baik menggunakan bantuan teknologi, metode, atau alat tertentu.
Dengan penggunaan alat pembelajaran secara maksimal, guru akan dapat memaksimalkan kinerja dengan lebih optimal.
Hal ini tentu akan berdampak pada hasil akhir. Guru nantinya akan dapat melaksanakan pembelajaran di kelas dengan penggunaan metode dan alat yang efektif dan efisien.
3. Latih Kemampuan Komunikasi
Strategi terbaik untuk menjadi guru yang memiliki produktivitas tinggi yaitu dengan melatih diri dalam bidang komunikasi.
Komunikasi adalah suatu alat penting dalam menjalankan tugas, apalagi untuk seorang guru.
Seorang guru harus dapat berkomunikasi dengan baik karena pekerjaan yang menuntut mereka menjadi agen pembelajaran di kelas.
Guru yang memiliki komunikasi baik akan dapat melaksanakan pembelajaran dengan efisien dan efektif.
Guru tersebut akan dapat memberikan pemahaman secara lebih jelas sehingga bisa membantu peserta didik dalam mencapai target pembelajaran.
Dengan begitu, guru tersebut bisa meningkatkan kinerja dengan lebih tepat.
Kemampuan komunikasi ini bisa guru gunakan juga dalam memberikan motivasi dan inspirasi untuk peserta didik sehingga mereka bisa meningkatkan karakter diri serta akademik mereka.
4. Pelajari Pengelolaan Kelas dengan Baik
Seorang guru yang produktif juga harus dapat mengelola kelas yang mereka ajar dengan baik.
Pengelolaan kelas yang efektif akan membantu para guru dalam melaksanakan pembelajaran yang kondusif dan membangun lingkungan belajar yang baik untuk belajar.
Lingkungan yang baik untuk belajar adalah suatu kebutuhan yang penting untuk membangun pemahaman mendalam bagi peserta didik.
Maka dari itu, guru harus dapat belajar cara mengelola kelas dengan efisien.
Rancang suatu strategi dalam pengelolaan kelas yang efisien sehingga bisa membantu dalam peningkatan produktivitas diri. Hal ini demi mendapatkan hasil belajar terbaik dari peserta didik.
5. Terus Belajar
Strategi utama untuk terus menjadi guru yang produktif yaitu dengan terus belajar. Belajar adalah suatu kegiatan yang sangat diperlukan jika ingin berkembang dan bertumbuh.
Untuk memiliki kemampuan dan keterampilan, seseorang harus terus belajar dan berlatih sehingga bisa mencapai tujuan yang mereka inginkan.
Guru yang ingin produktif harus terus belajar sehingga bisa mencapai tujuan yang mereka inginkan sebagai guru produktif.
Peran guru produktif
Ada beberapa peran guru produktif yang penting untuk pelaksanaan pembelajaran di sekolah, salah satunya yaitu:
- Menjadi contoh baik untuk peserta didik: Dengan menjadi guru yang produktif, guru tersebut telah menjadi suatu contoh baik untuk peserta didik yang mereka ajar sehingga bisa menunjukkan bagaimana seharusnya suatu tanggung jawab harus dilaksanakan.
- Membantu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah: Guru yang produktif akan dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah karena mereka bisa dengan luwes mengatur pembelajaran dengan baik dan efisien.
- Merancang pembelajaran yang menginspirasi: Guru yang produktif akan dapat memaksimalkan kinerja mereka sehingga bisa membuat suatu perencanaan pembelajaran yang dapat menginspirasi dan tepat untuk peserta didik.
- Menjadi contoh untuk rekan guru lain: Guru yang produktif juga akan memberikan banyak manfaat untuk sekitarnya. Yaitu dengan menjadi contoh baik untuk guru-guru lain sehingga bisa menjadi sosok menginspirasi.
Itulah dia informasi terkait guru produktif dan juga strategi yang bisa dilakukan untuk menjadi sosok produktif. Dengan informasi ini, para guru bisa memahami apa saja hal yang bisa mereka lakukan untuk meningkatkan produktivitas di sekolah dengan lebih baik.
Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Penerapannya dalam Pendidikan
Strategi Penerapan Merdeka Belajar Pada Pelaksanaan Pembelajaran
Ketahui Berbagai Strategi Penerapan Merdeka Belajar di Sekolah!