KKTP Kurikulum Merdeka, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Hal yang tidak kalah penting dari proses pembelajaran itu sendiri yaitu penilaian. Dengan penilaian yang tepat, guru akan dapat memiliki gambaran tentang tingkat pemahaman peserta didik.

KKTP Kurikulum Merdeka atau Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran adalah suatu unsur tepat dalam mendapatkan gambaran tersebut. 

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran ini adalah suatu rangkaian kriteria atau indikator yang menjadi tolok ukur dalam melihat tingkat pemahaman peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Dengan kriteria ini, guru akan dapat memahami apakah peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran yang ada atau masih perlu peningkatan. 

Selain itu, dengan kriteria ini, guru dan peserta didik bisa bersama-sama membangun kompetensi dan pemahaman sehingga bisa mencapai tujuan yang ada.

Berikut ini adalah informasi tentang KKTP secara lengkap. 

Pengertian KKTP Kurikulum Merdeka

KKTP adalah singkatan dari Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Salah satu unsur dalam Kurikulum Merdeka inj adalah suatu rangkaian kriteria atau indikator yang dapat memberikan petunjuk mengenai tingkat pemahaman dan kemampuan peserta didik dalam pencapaian kompetensi pada tujuan pembelajaran yang menjadi ketetapan.

KKTP ini akan membantu para guru agar dapat mendapatkan gambaran proses kegiatan di dalam kelas sehingga bisa menganalisa tingkat penguasaan kompetensi pada peserta didik. 

Gambaran ini bisa menjadi suatu kunci yang bisa guru gunakan untuk melakukan perbaikan pada proses pembelajaran di kelas dan memberikan tindakan yang sesuai dengan kompetensi dan karakteristik peserta didik tersebut. 

KKTP Kurikulum Merdeka sering terkait dengan KKM pada Kurikulum 2013. Padahal keduanya memiliki unsur yang cukup berbeda. 

KKM sendiri adalah indikator ketuntasan yang peserta didik miliki setelah mengikuti proses pembelajaran di kelas. KKM sendiri umumnya berbentuk batas nilai yang harus peserta didik capai. 

Dalam KKM, nilai peserta didik tidak terinci secara jelas. KKM untuk tiap mata pelajaran di satuan pendidikan bisa saja berbeda. 

Hal ini berbeda dengan KKTP Kurikulum Merdeka yang memiliki deskripsi yang jelas. KKTP memiliki deskripsi yang konkret mengenai kompetensi dan keterampilan yang perlu peserta didik kuasai.

Dalam penerapan KKTP ini, hasilnya akan menjadi bukti dari pencapaian peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. 

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran ini juga berguna sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk penyusunan instrumen asesmen. Dengan KKTP, pelaksanaan asesmen pada peserta didik akan terlaksana dengan lebih sesuai dengan tujuan pembelajaran. 

Dalam penentuan kriteria ini, guru tidak menggunakan angka mutlak. Guru disarankan untuk menggunakan rentang nilai seperti 71 – 80 atau 81 – 90  dalam proses pembelajarannya. Penentuan kriteria ini harus disertai dengan deskripsi dan penjelasan tentang nilai tersebut. 

Fungsi KKTP Kurikulum Merdeka

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran atau KKTP secara umum memiliki fungsi sebagai suatu refleksi atau gambaran tentang tingkat pemahaman dan kompetensi peserta didik pada pembelajaran.

Dengan adanya kriteria ini, guru akan mendapatkan informasi tentang pemahaman peserta didik tentang proses pembelajaran di kelas. 

Selain itu, ada fungsi lain dari KKTP yang tak kalah penting. Berikut ini adalah fungsi dari Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran tersebut:

1. Menjadi Gambaran Tingkat Penguasaan Peserta Didik

Fungsi utama dari KKTP ini yaitu sebagai suatu refleksi atau gambaran dari tingkat penguasaan pembelajaran oleh peserta didik. Peserta didik yang telah mendapatkan pembelajaran akan mendapatkan uji kompetensi dengan kriteria atau indikator ketercapaian yang telah ditentukan. 

Peserta didik masing-masing akan mendapatkan gambaran tingkat pemahaman yang mereka miliki dari rentang nilai yang mereka terima. Hal ini bisa menjadi suatu gambaran apakah peserta didik masih membutuhkan pemahaman secara mendalam atau sudah bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. 

2. Membantu Guru Dalam Perbaikan Pembelajaran

Fungsi selanjutnya dari Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran ini yaitu membantu guru dalam usaha perbaikan pembelajaran. Dengan melihat kriteria yang muncul, guru akan mendapatkan pemahaman apakah peserta didik sudah memahami konsep dengan baik atau belum. 

Dengan melihat indikator ini, guru bisa melakukan perbaikan dalam pembelajaran yang mereka berikan. Hal ini bisa membantu agar peserta didik bisa lebih memahami konsep dan materi dengan lebih baik. 

3. Membantu Guru Menentukan Tindak Lanjut Sesuai Kompetensi Peserta Didik 

Fungsi lain dari KKTP ini yaitu dapat guru gunakan untuk menentukan tindak lanjut yang sesuai dengan kriteria dan kompetensi peserta didik. Tiap peserta didik pasti akan mendapatkan hasil KKTP yang berbeda yang sesuai dengan penguasaan mereka dalam materi. 

Berdasarkan hasil ini, guru bisa menentukan tindak lanjut yang sesuai dengan kompetensi serta karakteristik tersebut sehingga bisa memberikan pembelajaran yang lebih baik. Hal ini bisa membantu agar peserta didik bisa mendapatkan hasil pembelajaran yang lebih baik lagi. 

4. Membantu Penyusunan Instrumen Asesmen

Fungsi yang penting dalam KKTP ini yaitu dapat membantu penyusunan instrumen asesmen. Dengan melihat hasil dari KKTP ini guru akan bisa melakukan tindak lanjut yang sesuai dengan hasil peserta didik. 

Selain itu, guru juga bisa menggunakan indikator ini sebagai pedoman penyusunan instrumen asesmen selanjutnya. Hal ini akan membantu dalam proses asesmen sehingga bisa lebih tepat dan akurat. 

Cara Menentukan KKTP Kurikulum Merdeka 

Guru harus bisa menentukan KKTP secara tepat sehingga bisa menjadi patokan dan dapat menggambarkan kondisi pemahaman peserta didik dengan baik. Berikut ini adalah cara menentukan KKTP secara tepat:

1. Menggunakan Deskripsi Kriteria

Dalam penentuan indikator KKTP, guru bisa menggunakan deskripsi kriteria. Dengan pendekatan ini, guru akan menetapkan suatu rangkaian kriteria ketuntasan yang berhubungan dengan tugas yang terukur. 

Guru akan mengisi bagian pada kriteria yang menjadi tanda bahwa peserta didik telah memenuhi tujuan pembelajaran. Ketika peserta didik tidak memenuhi kriteria maka guru bisa mengisi bagian yang menunjukkan bahwa peserta didik belum memenuhi tujuan pembelajaran. 

2. Menggunakan Pendekatan Rubrik

Selanjutnya yaitu dengan menggunakan pendekatan rubrik. Dengan pendekatan ini guru akan melakukan proses telaah mengenai tingkat kemampuan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Deskripsi serta pendekatan pada rubrik ini lebih komprehensif. 

Guru dapat mencantumkan kesimpulan di akhir Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran ini. Bagian kesimpulan ini akan menjadi penentu apakah peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran atau belum. 

3. Menggunakan Skala atau Interval Nilai

Selanjutnya yaitu dengan menggunakan skala atau interval nilai. Dengan pendekatan ini guru akan menggunakan skala atau interval nilai untuk menentukan kriteria ketercapaian. 

Ketika membuat kriteria nilai tersebut, guru harus melengkapinya dengan deskripsi sehingga peserta didik bisa mengetahui alasan mereka mendapatkan nilai tersebut. 

Pembuatan interval nilai ini contohnya yaitu nilai rentang 71 – 80 dengan penjelasan apakah peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran atau belum serta keterangan apakah mereka harus mengikuti remedial atau tidak.

Untuk yang sudah tuntas bisa melanjutkan ke kegiatan pengayaan atau tantangan untuk peningkatan kemampuan sehingga tidak perlu melakukan remedial. 

Itulah informasi tentang KKTP Kurikulum Merdeka yang penting untuk kelangsungan pendidikan di satuan pendidikan. Para guru harus bisa menentukan KKTP yang tepat sehingga bisa merefleksikan tingkat pemahaman peserta didik pada pembelajaran. 

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran dan Cara Penentuannya

Supervisi Akademik Kurikulum Merdeka, Bantu Pengembangan Guru

Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka, Apa Saja Komponennya?

Artikel ini ditulis oleh:

Share the Post: