Pembelajaran di zaman sekarang harus dapat menggunakan teknologi pembelajaran agar tidak ketinggalan zaman dan dapat beradaptasi dengan kemajuan yang ada. Salah satu pembelajaran dengan praktek tersebut adalah pendekatan pembelajaran TPACK.
TPACK adalah singkatan dari Technological Pedagogic Content Knowledge. Pendekatan ini adalah suatu pembelajaran yang memadukan pedagogik dan teknologi menjadi suatu alternatif yang dapat membantu mengembangkan pendidikan dengan lebih baik.
Hal ini demi mengimbangi perkembangan teknologi di dunia sehingga pendidikan di Indonesia bisa terus berkembang dan bisa bersaing dengan masyarakat global.
Tanpa adanya kemampuan beradaptasi dan berpikir sesuai dengan perubahan, pendidikan di Indonesia bisa tertinggal lebih jauh dengan negara lain.
Untuk itu penting untuk menerapkan teknologi dalam pendidikan. Berikut ini adalah beberapa informasi tentang pendekatan TPACK dan juga unsur-unsur pentingnya.
Pengertian Pendekatan Pembelajaran TPACK
TPACK adalah integrasi dari pengetahuan dan keterampilan materi serta pedagogik yang tergabung dalam kemajuan teknologi.
TPACK adalah suatu model alternatif yang berguna untuk merancang pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan di masa revolusi industri 4.0.
Pendekatan dengan TPACK akan memberikan manfaat dengan memperkenalkan pengetahuan teknologi dalam pembelajaran di kelas yang efektif.
Guru akan berkolaborasi dengan teknologi yang ada, serta penggunaan materi dalam pembelajaran di kelas. Dengan begitu guru bisa menciptakan lingkungan kelas yang berpusat pada peserta didik.
Unsur Pendekatan Pembelajaran TPACK
Pendekatan TPACK memiliki beberapa unsur penting yang menjadi komponen di dalam pembelajaran di kelas. Beberapa unsur-unsur ini akan menentukan pembelajaran yang terlaksana agar tetap sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Berikut ini adalah beberapa informasi tentang unsur TPACK tersebut.
1. Content Knowledge
Unsur pertama dari TPACK adalah content knowledge. Content knowledge adalah pemahaman mengenai isi kurikulum yang akan guru ajarkan di dalam proses pembelajaran.
Tiap jenjang pendidikan memiliki barian materi yang berbeda.
Pendidik harus bisa memahami materi sesuai dengan jenjang pendidikan dengan benar. Kemampuan ini sangat penting karena dapat mempengaruhi pendekatan yang nantinya akan guru gunakan dalam proses pengajaran.
2. Pedagogy Knowledge
Unsur selanjutnya yaitu ada pedagogy knowledge, yaitu berupa pemahaman mengenai tujuan umum dalam proses pengajaran di kelas.
Seorang pendidik harus mahir dalam pengelolaan kelas dan penyusunan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien untuk kelas yang mereka ajar.
Pengetahuan pedagogi ini mencakup teori pembelajaran, strategi, metode pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan lain sebagainya.
3. Technology Knowledge
Unsur selanjutnya yaitu ada technology knowledge. Pengetahuan teknologi ini meliputi pemahaman tentang berbagai jenis teknologi yang sederhana hingga yang paling canggih dalam era modern ini.
Penggunaan teknologi pada pembelajaran harus sesuai dengan perkembangan zaman dan harus terus mengalami perubahan. Pengetahuan tentang teknologi ini mencakup pemahaman serta penguasaan penggunaan perangkat lunak dan keras.
4. Pedagogy Content Knowledge
Unsur yang tak kalah penting yaitu pedagogy content knowledge. Unsur ini berkaitan dengan konsep yang berhubungan dengan proses pembelajaran untuk membantu menyampaikan materi pembelajaran yang ada di kurikulum yang berlaku.
Dalam unsur ini mencakup proses pembelajaran, penilaian, dan usaha untuk menciptakan pembelajaran yang efektif.
Unsur pedagogy content knowledge ini juga memberikan penekanan pada pendekatan pembelajaran yang berbeda dan memahami pengaturan materi untuk menciptakan pembelajaran yang efektif.
5. Technology Content Knowledge
Selanjutnya ada unsur technology content knowledge. Dalam unsur ini menjelaskan hubungan antara materi pembelajaran dengan teknologi yang dapat memberikan pengaruh pada komponen lain.
Secara lebih sederhana, unsur ini menjelaskan bagaimana penggunaan teknologi bisa mempengaruhi cara suatu materi tersampaikan ke peserta didik.
6. Technology Pedagogy Knowledge
Unsur yang cukup penting selanjutnya yaitu technology pedagogy knowledge. Unsur ini adalah tentang pemahaman mengenai bagaimana menggunakan teknologi untuk mendukung proses belajar mengajar secara lebih aktif dan efektif.
Technology pedagogy knowledge berhubungan dengan pedagogi dan teknologi yang memungkinkan guru untuk memilih media yang tepat agar sesuai dengan pedagogi yang ada.
7. Technology Pedagogy Content Knowledge
Unsur ini berupa pemahaman tentang pembelajaran yang berkaitan dengan teknologi sebagai salah satu bagian dari komponen belajar lain seperti materi pembelajaran dan pedagogi.
Para guru harus bisa mengembangkan pembelajaran serta kurikulum yang relevan namun sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada.
Aspek Utama Pendekatan TPACK
Dalam pendekatan pembelajaran TPACK, ada beberapa aspek utama yang penting untuk para guru pelajari. Aspek ini akan menjadi penentu dalam pelaksanaan pembelajaran.
Aspek utama yang bisa ditemukan dalam TPACK yaitu pemahaman para guru dalam pemahaman teknologi, pedagogi, dan juga pemahaman materi pelajaran. Pemahaman teknologi sendiri tidak hanya tentang keterampilan dan akses dalam penggunaannya.
Guru juga harus dapat mempertimbangkan bagaimana teknologi bisa menjadi solusi dalam perencanaan pembelajaran.
Ini artinya para guru harus bisa membuat keputusan dalam pemilihan dan penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan pedagogi, materi pembelajaran dan teknologi.
Hal ini akan membantu para peserta didik dalam mendapatkan pemberitahuan yang lebih efektif dan berpusat pada peserta didik.
Dengan begitu, peserta didik akan senantiasa berpartisipasi dalam setiap kegiatan pembelajaran di kelas secara aktif. Hal ini tentu bisa membantu peserta didik memahami pembelajaran dengan lebih baik.
Para guru harus bisa memilih teknologi yang sesuai dengan zaman modern serta relevan dalam penggunaannya dengan materi pembelajaran yang ada. Tidak lupa juga memuat pedagogi yang tepat.
Contoh Pendekatan TPACK
Setelah mengetahui apa itu pendekatan TPACK dan juga unsur-unsur di dalamnya, berikut ini adalah beberapa contoh dari pendekatan pembelajaran TPACK tersebut:
TPACK dalam penerapan pembelajaran di sekolah dasar dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam.
- Aspek PK: Guru menggunakan pembelajaran tentang binatang dan ekosistemnya dengan metode virtual.
- Aspek CK: Guru meminta para peserta didik untuk bisa mengidentifikasi jenis ekosistem pada tiap gambar atau video.
- Aspek TK: Guru memutar video tentang binatang dan alamnya.
TPACK dalam penerapan pembelajaran di sekolah menengah pertama dalam mata pelajaran Bahasa Inggris.
- Aspek PK: Guru menggunakan metode pembelajaran tanya jawab.
- Aspek CK: Guru meminta peserta didik untuk mengidentifikasi isi percakapan Bahasa Inggris dengan sesi tanya jawab.
- Aspek TK: Guru memutar percakapan Bahasa Inggris dengan durasi pendek.
TPACK dalam penerapannya di sekolah menengah atas dalam mata pelajaran Biologi Alat Pencernaan.
- Aspek PK: Guru melakukan presentasi di depan kelas lalu membagi peserta didik dalam kelompok kecil.
- Aspek CK: Guru memberikan penugasan untuk melakukan identifikasi organ pencernaan dan fungsinya.
- Aspek TK: Guru meminta peserta didik untuk melaksanakan presentasi dengan laptop yang terhubung dengan layar di depan kelas.
Itulah dia informasi terkait pendekatan pembelajaran TPACK yang harus guru ketahui. Dengan informasi ini, para guru akan dapat memahami apa itu pendekatan pembelajaran ini dan dapat melakukan penerapan sesuatu dengan unsur dan aspek utama pembelajaran ini.
Asesmen Awal Pembelajaran, Bagaimana Teknik Pembelajarannya?