Pembelajaran menggunakan teknologi adalah suatu yang lumrah terlaksana di zaman ini. Ada beberapa teknologi yang bisa menjadi pilihan para guru. Teknologi augmented reality (AR) murah untuk pembelajaran bisa menjadi solusi kegiatan belajar mengajar interaktif yang terjangkau namun tetap menyenangkan di kelas.
Teknologi augmented reality untuk pembelajaran merupakan suatu sistem yang dapat memberikan pembelajaran menggunakan pengalaman video interaktif di dalam kelas. Video pembelajaran augmented reality ini akan mampu mengajak peserta didik merasakan pengalaman yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya.
Teknologi augmented reality ini merupakan teknologi belajar secara virtual yang tentu saja menyenangkan dan berbeda dari pembelajaran konvensional. Di dalam pelaksanaannya, peserta didik tidak perlu mendengarkan ceramah seperti pembelajaran konvensional lain.
Pembelajaran menggunakan augmented reality akan membantu peserta didik mengamati juga mempelajari ilmu pengetahuan dengan video virtual yang terasa nyata. Teknologi ini sudah sangat berkembang dari sebelumnya sehingga penerapannya saat ini sudah tidak memerlukan biaya terlalu tinggi.
Penggunaan teknologi ini akan menyelesaikan masalah guru tentang meningkatkan fokus belajar peserta didik pada suatu materi. Dengan menggunakan teknologi ini, para guru akan dapat menarik minat peserta didik dengan lebih efektif serta membantu mereka memahami mata pelajaran dengan cara yang menyenangkan.
Pelaksanaannya juga akan mampu memberikan pengalaman baru serta pemahaman menyeluruh pada suatu materi yang sulit guru jelaskan di pembelajaran konvensional. Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai pembelajaran menggunakan teknologi augmented reality yang bisa menjadi referensi para guru.
Apa itu AR dalam pembelajaran
Di zaman sekarang sudah banyak berkembang beberapa teknologi yang dapat memudahkan proses pendidikan. Salah satunya yaitu argumentasi reality yang dapat memberikan warna baru dan juga wawasan berharga dalam penyerapan pembelajaran.
Teknologi augmented reality merupakan suatu revolusi terbaru yang dapat memberikan pengalaman berbeda dalam menikmati suatu konten. Aku minta reality adalah teknologi yang dapat mengajak peserta didik ke dalam visual dunia virtual yang terlihat di dunia nyata menggunakan alat-alat khusus.
Alat-alat khusus ini berupa kamera, komputer ataupun webcam. Untuk pengalaman yang lebih menyenangkan peserta didik juga bisa menggunakan kacamata khusus reality sehingga bisa mengajak mereka ke dalam dunia virtual yang menyenangkan.
Para peserta didik akan mendapatkan persepsi berbeda pada saat penggunaannya karena dapat melihat secara langsung dan jelas suatu objek di dalam teknologi tersebut.
Pembelajaran menggunakan teknologi ini akan membantu dalam proses kegiatan belajar yang membutuhkan pemahaman secara menyeluruh. Para guru juga bisa membangun lingkungan virtual yang bisa menggambarkan konsep keadaan dahulu.
Teknologi-teknologi ini akan memberikan pengalaman yang berbeda dan juga mendalam untuk peserta didik sehingga mereka memahami materi dengan lebih jelas.
Baca Juga: Media Pembelajaran Interaktif, Bagaimana Manfaatnya?
Aplikasi Teknologi augmented reality (AR) murah untuk pembelajaran
Untuk melaksanakan pembelajaran menggunakan augmented reality, para guru bisa menggunakan beberapa aplikasi yang sudah beredar di masyarakat. Aplikasi tersebut akan membantu proses pelaksanaan pembelajaran sehingga jadi lebih menarik serta interaktif.
Berikut ini beberapa referensi mengenai aplikasi teknologi augmented reality yang tepat untuk pembelajaran.
Photomath
Aplikasi ini dapat digunakan untuk memberikan pembelajaran matematika yang komprehensif pada peserta didik. Aplikasi ini akan membantu memberikan penjelasan tentang sesuatu permasalahan matematika di semua jenjang pendidikan.
Para peserta didik bisa mendapatkan solusi langkah-langkah penyelesaian matematika yang dapat membantu pekerjaan rumah mereka atau persiapan dalam ujian. Konten-konten ini telah tersusun secara sistematis oleh para pengajar yang berkompetensi.
World Brush
Aplikasi ini dapat membantu para peserta didik untuk dapat melatih kemampuan artistik mereka secara digital. Para peserta didik bisa menggunakannya untuk menggambar dan juga melukis pemandangan dunia nyata menggunakan kuas virtual.
Teknologi di dalamnya memungkinkan para pengguna untuk berinteraksi dan juga saling melihat hasil karya mereka masing-masing. Peserta didik akan dapat menyalurkan bakat seni mereka dengan tepat pada aplikasi ini.
3DBear
Selanjutnya para guru juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk menciptakan dunia cerita berbentuk tiga dimensi yang menyenangkan untuk peserta didik. Aplikasi tersebut memiliki model dimensi jika Avatar yang membantu pembelajaran.
Penggunaannya dapat membantu mengasah kreativitas dan juga memberikan pengalaman baru pada kegiatan belajar mengajar.
WWF Free River
Aplikasi ini dapat berguna untuk membantu peserta didik memahami kondisi lingkungan di sekitar mereka. Peserta didik juga akan dapat berlatih menanamkan sikap menjaga lingkungan sehingga mampu menjadi manusia yang berguna.
Aplikasi ini akan dapat menunjukkan betapa besar dampak dari sistem sungai yang ada pada peradaban. Selain itu kegiatan di dalamnya akan memberikan pemahaman bahwa kerusakan dan juga kelestarian pada alam ini sangat bergantung pada aktivitas manusia.
Contoh penerapan AR sederhana
Penerapan teknologi augmented reality pada pembelajaran akan mampu meningkatkan motivasi belajar dan juga menarik fokus belajar peserta didik pada materi. Dengan penerapan yang tepat para guru juga akan dapat memberikan pemahaman konsep kompleks yang lebih mendalam.
Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan teknologi augmented reality sederhana yang bisa menjadi referensi para guru.
Pembelajaran biologi
Para guru bisa menerapkan pembelajaran biologi menggunakan augmented reality. Di dalam pembelajaran ini para peserta didik akan dapat mempelajari bentuk anatomi berbagai makhluk hidup menggunakan teknologi tersebut sehingga bisa melihat secara detail anatomi di dalamnya.
Para peserta didik akan dapat memahami anatomi secara menyeluruh tanpa harus melakukan kegiatan pembedahan secara langsung. Para peserta didik yang menggunakan teknologi ini akan dapat memahami pembelajaran dan juga mengingatnya dalam waktu yang lama.
Ini karena pengalaman belajar menggunakan augmented reality akan memberikan pengalaman berbeda daripada pembelajaran secara umum yang hanya menggunakan teks buku saja. Pengalaman ini akan terpatri pada pemikiran peserta didik sehingga membuat mereka mengingatnya lebih lama.
Pembelajaran geografi
Pelajaran yang cocok menggunakan teknologi augmented reality yang selanjutnya yaitu geografi. Di dalam pembelajaran geografi para peserta didik bisa masuk ke lingkungan baru ataupun pada tempat baru yang belum pernah mereka datangi sebelumnya.
Mereka akan dapat mempelajari geografi alam di dunia ini tanpa perlu datang ke tempat yang asli. Pembelajaran ini sangat praktis karena dapat membantu peserta didik memahami teori dan ilmu pengetahuan dengan cara yang mudah tanpa perlu mendatangi tempat secara langsung.
Pemahaman akan pembelajaran nantinya menjadi lebih mendalam dan juga membekas di pemikiran mereka. Ini akan membantu dalam pemahaman yang lebih lama.
Mempelajari sejarah
Selanjutnya para guru juga bisa mempraktekkan penggunaan teknologi augmented reality pada pembelajaran sejarah. Di dalam pembelajaran sejarah para guru dapat mengajak peserta didik pada tempat-tempat bersejarah yang belum pernah mereka datangi sebelumnya.
Peserta didik akan dapat mempelajari kejadian bersejarah pada tempat tersebut dan juga mengulang kondisi pada zaman dahulu. Pengalaman ini akan membantu mereka memahami urutan kejadian bersejarah yang terjadi di dunia sehingga dapat mengingatnya dengan lebih lama.
Peserta didik akan mampu memahami nilai dari tempat bersejarah tersebut karena telah mempelajarinya menggunakan teknologi augmented reality.
Cara membuat konten AR sendiri
Membuat konten augmented reality sendiri mungkin saja bisa menjadi alternatif teknologi augmented reality (AR) murah untuk pembelajaran. Para guru bisa mencoba membuat konten sendiri sehingga tidak perlu memakan biaya tinggi.
Walaupun begitu para guru akan menggunakan tenaga dan juga pikiran sebagai ganti dari biaya tersebut. Berikut ini adalah cara membuat konten augmentasi reality secara mandiri.
- Tentukan topik pembelajaran yang dapat menggunakan augmented reality. Contohnya yaitu pembelajaran biologi tentang anatomi tubuh, geografi tentang letak geografis, atau fisika mengenai simulasi pembelajaran.
- Setelah itu para guru bisa mempersiapkan konten visual. Visual ini dapat grup buat menggunakan aplikasi Blender untuk model 3 dimensi atau Canva untuk desain visual.
- Untuk membuat konten augmented reality yang sederhana, para grup bisa menggunakan aplikasi Assembler studio.
- Lakukan login atau sign up pada situs https://studio.assemblrworld.com untuk dapat menggunakan fitur di dalamnya.
- Setelah sukses login, klik tombol + untuk membuat proyek baru.
- Setelah itu pilih objek yang ingin guru gunakan, lalu letakkan pada marker area.
- Buatlah judul dan juga anotasi. Anotasi di fitur ini ada dua yaitu anotasi garis serta anotasi lingkaran.
- Setelah itu masukkan aset berupa tiga dimensi atau dua dimensi pada marker tersebut.
- Gunakan juga teks agar augmented reality jadi lebih menarik.
- Setelah itu untuk menambahkan gerak ikuti menu add interactivity.
- Gerakannya yang bisa guru gunakan yaitu mulai dari efek memperbesar, memperkecil, melompat atau berpindah berputar dan lain sebagainya.
Dampak AR terhadap peserta didik
Menggunakan teknologi augmented reality (AR) murah untuk pembelajaran ataupun yang memakan biaya akan memberikan dampak pada hasil belajar peserta didik. Tidak hanya hasil belajar, penggunaan teknologi ini juga akan memberikan dampak pada keterampilan mereka.
Berikut ini adalah informasi mengenai dampak teknologi augmented reality pada peserta didik.
Meningkatkan semangat belajar peserta didik
Penggunaan teknologi augmented reality pada pembelajaran di sekolah akan memberikan dampak besar terhadap semangat belajar peserta didik. Peserta didik yang menggunakan teknologi ini dan pembelajaran akan dapat lebih bersemangat dalam menjalani kegiatan di kelas.
Ini karena mereka dapat menggunakan teknologi terbaru yang memberikan pengalaman belajar berbeda dari sebelumnya. Umumnya pembelajaran akan terfokus pada penggunaan media pembelajaran buku teks ataupun video belajar.
Pembelajaran ini tidaklah terlalu menyenangkan dan bisa saja menyebabkan kegiatan jadi lebih monoton. Namun dengan penggunaan augmented reality, peserta didik akan mendapatkan jenis pengalaman belajar yang berbeda dari sebelumnya.
Di mana mereka akan masuk ke dalam dunia virtual yang dapat memberikan gambaran 3 dimensi mengenai berbagai materi pembelajaran. Pengalaman belajar ini akan menjadikan kegiatan di kelas yang tidak menyenangkan sehingga semangat mereka lebih terdorong.
Memberikan pembelajaran yang mendalam
Dampak penggunaan teknologi augmented reality pada pembelajaran yang selanjutnya yaitu memberikan pemahaman yang mendalam. Pembelajaran menggunakan buku teks saja, memang dapat memberikan penjelasan yang detail.
Namun penjelasan ini tidak akan cukup untuk memberikan gambaran pengetahuan secara nyata pada peserta didik. Apalagi untuk beberapa konsep ilmu pengetahuan yang lebih kompleks dan juga abstrak.
Para peserta didik membutuhkan pembelajaran yang lebih komprehensif sehingga mampu memberikan pemahaman yang mendalam untuk mereka. Maka dari itu penggunaan teknologi augmented reality sangat disarankan.
Penggunaan teknologi ini akan mengubah pemahaman ke dalam dunia virtual sehingga peserta didik bisa masuk di dalamnya dan berinteraksi dengan aktif. Pengalaman ini akan mampu membantu pemahaman suatu materi pembelajaran yang kompleks dan membutuhkan praktek langsung.
Baca Juga: Teori Belajar Kognitif: Jenis hingga Contoh Penerapannya
Memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan
Dampak dari penggunaan pembelajaran berteknologi augmented reality yaitu bisa memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan untuk peserta didik. Pembelajaran yang menyenangkan akan memberikan banyak manfaat dalam perkembangan belajar peserta didik.
Ketika pembelajaran terasa menyenangkan, peserta didik akan dapat bersemangat dalam mengikuti kelas sehingga lebih fokus dalam memahami materi. Hal ini akan dapat berpengaruh besar pada peningkatan kompetensi mereka pada mata pelajaran.
Untuk membangun pembelajaran yang menyenangkan, para guru bisa menggunakan teknologi augmented reality yang bisa memberikan pengalaman belajar berbeda untuk peserta didik.
Mereka akan belajar dengan menggunakan teknologi interaktif sehingga mampu menangkap informasi namun dengan cara yang menyenangkan. Ini nantinya akan membantu mereka memahami materi secara lebih mendalam.
Penutup
Itulah dia informasi mengenai teknologi augmented reality (AR) murah untuk pembelajaran yang bisa menjadi referensi para guru yang ingin menciptakan pembelajaran interaktif tanpa biaya yang tinggi. Semoga informasi ini bisa membantu para guru membangun pembelajaran di kelas yang efektif dan menarik sehingga meningkatkan motivasi belajar peserta didik.





