Tips Lulus Pendidikan Profesi Guru Tanpa Mengulang

Tips Lulus Pendidikan Profesi Guru Tanpa Mengulang

Pendidikan profesi guru atau PPG adalah suatu program yang telah pemerintah buat untuk membantu memenuhi kebutuhan guru di Indonesia yang sesuai dengan kompetensi. Ketika sudah terdaftar dan mengikuti program ini, Anda akan berhadapan dengan berbagai materi yang berhubungan dengan pendidikan. Ketahui beberapa tips lulus pendidikan profesi guru yang tepat agar Anda tidak perlu mengulang. 

Dengan mengetahui tips lulus ini, Anda akan dapat secara maksimal belajar dan nantinya akan memberikan hasil berupa sertifikat pendidik dari institusi terkait. Sertifikat ini akan membantu dalam membangun karir keguruan yang baik dan sesuai standar. 

Program pemerintah ini dapat dimanfaatkan oleh para lulusan S1 atau D4 jurusan kependidikan atau non-kependidikan. Selain itu, calon peserta yang sudah beberapa tahun menjadi guru juga bisa memanfaatkan program ini. Namun, calon peserta tentu saja harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu. 

Tips Lulus Pendidikan Profesi Guru

Untuk lulus dalam seleksi program pendidikan profesi guru atau ppg, Anda harus bisa memaksimalkan proses persiapan belajar. Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar langsung lulus dalam program profesi guru ini. Ini dia beberapa informasinya. 

1. Berkomunikasi dengan Rekan Calon PPG

Setelah terdaftar dalam program ini, Anda bisa mulai bersosialisasi dengan rekan satu program lainnya untuk mengikuti seleksi. Ada baiknya untuk terus menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan rekan tersebut. Hal ini juga bisa membantu kelulusan dari program ini. 

Cobalah untuk meminta nomor kontak atau masuk pada grup dalam satu angkatan. Dengan begitu Anda tidak akan ketinggalan informasi terbaru mengenai materi, jadwal hingga informasi lainnya. 

Apalagi jika lolos, Anda dan rekan tersebut akan bersama dalam beberapa bulan hingga satu tahun. Dengan menjalin komunikasi, Anda akan dapat lebih mudah dalam menghadapi ujian dan kegiatan lainnya. 

2. Persiapkan Diri dengan Baik

Tips satu ini memang cukup sederhana. Namun, hal ini bisa menjadi penentu apakah Anda bisa lulus dalam program ini atau tidak. Tips tersebut yaitu dengan persiapan dengan baik. 

Untuk persiapan ini, Anda akan berhadapan dengan beberapa ujian tertulis hingga wawancara. Untuk ujian tertulis, cobalah untuk melatih diri dan mencari materi yang sesuai. Coba tanyakan materi di tahun sebelumnya pada retaker atau rekan lain. Hal ini akan membantu agar Anda lulus dan masuk ke program pendidikan profesi ini. 

Jangan lupa juga mempersiapkan dokumen serta sertifikasi yang dibutuhkan. Walau tidak wajib, sertifikasi dan seminar bisa menjadi nilai tambah dalam seleksi. 

3. Kerjakan Soal Latihan dengan Baik

Program ini akan berjalan bagaikan perkuliahan seperti biasa. Akan ada tugas kelompok dan tugas individu yang pengajar berikan pada peserta. Tugas ini juga menjadi suatu standar penilaian untuk membantu kelulusan. 

Cobalah untuk selalu mengumpulkan tugas dengan tepat waktu dan juga dengan hasil yang baik. Hal ini akan membantu agar materi terserap dengan baik. 

Mengerjakan tugas dengan tepat waktu dan baik akan membantu juga dalam manajemen waktu Anda. Jadi Anda bisa mengatur waktu tanpa harus mengorbankan satu atau hal lainnya. Hal ini sangat penting jika Anda terjun ke dunia pendidikan nantinya. 

4. Cari Waktu untuk Belajar

Untuk pendaftar PPG Dalam Jabatan, Anda masih harus mengikuti ujian sembari mengajar di sekolah. Jika tidak bisa membagi waktu dengan baik, bisa-bisa Anda gagal dalam tes PPG nantinya. 

Cobalah luangkan waktu di sela-sela kesibukan untuk belajar. Kalau bisa, berkumpullah dengan beberapa rekan PPG lainnya dan mulai belajar bersama. Dengan begini, Anda akan lebih mudah memahami materi dan bisa mendapatkan pencerahan jika menemukan kesulitan. 

Manfaatkan teknologi seperti konferensi online untuk belajar bersama. Jadi Anda bisa belajar tanpa harus bertatap muka secara langsung. 

5. Pahami Materi

Tips lulus pendidikan profesi guru yang lainnya yaitu dengan memahami materi dengan baik. Pahami materi yang diberikan oleh pengajar. Tambah pemahaman Anda dengan membaca modul yang telah diberikan. 

Coba lakukan metode belajar yang sesuai dengan diri Anda agar dapat memahaminya dengan baik. Pemahaman yang baik bisa juga Anda bangun dengan membaca. Sering-seringlah membaca materi yang ada agar cepat paham. Cobalah baca materi sebelum perkuliahan dimulai agar bisa mengerti pelajaran dengan lebih baik. Melakukan cara ini secara teratur akan dapat membantu Anda agar lolos tes PPG. 

6. Bertanya Pada yang Lain

Ketika menemukan suatu materi yang sulit, cobalah untuk mencari pemahaman lain. Jika masih belum paham, Anda bisa mencoba bertanya pada teman satu angkatan. 

Tidak bertanya ketika menemui kesulitan justru akan menjadi bumerang untuk Anda sendiri. Jika pengajar memberikan kesempatan untuk bertanya, beranikan diri untuk mengacungkan jari. 

7. Ketahui Standar Kelulusan

Untuk lulus dalam program ujian pendidikan profesi guru, akan ada beberapa ujian dan standar yang berlaku. Perhatikan beberapa standar tersebut agar Anda bisa bersiap-siap dalam ujian Ukin dan UP. 

Dengan mengetahui standar itu, Anda bisa mempersiapkan diri dengan lebih matang ketika menghadapi ujian yang berlaku. Jangan sampai Anda harus mengikuti retaker PPG karena salah informasi atau tidak tahu apa yang diujikan. 

8. Mencari Informasi

Selain mengetahui standar kompetensi, Anda juga bisa mencari informasi tentang ujian Ukin dan UP melalui orang lain yang sudah mengambil ujian tersebut. Cobalah cari tahu informasi ini melalui sosial media atau kontak secara langsung dengan angkatan sebelumnya. 

Hal ini bisa meminimalisir kesalahan yang fatal ketika ujian. Tanyakan dengan detail agar Anda tidak mengikuti retaker PPG ya. 

9. Persiapkan Mental

Hal lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mempersiapkan mental Anda. Ketika menghadapi ujian, Anda pasti akan merasakan tegang dan gugup. Hal ini wajar adanya. 

Namun, Anda bisa menenangkan diri jauh-jauh hari dan mempersiapkan mental. Cobalah untuk tetap percaya diri namun dibarengi dengan persiapan yang matang. Hal ini akan membantu agar tidak memberikan hasil yang buruk di akhir nanti. 

10. Belajar Wawancara 

Setelah ujian, Anda juga akna berhadapan dengan ujian wawancara. Ujian ini juga sama pentingnya dengan ujian tertulis. Ujian wawancara ini justru mungkin akan lebih sulit karena Anda harus berhadapan langsung dengan penguji. 

Cobalah untuk belajar wawancara sendiri di rumah. Latihlah wawancara dengan perkenalan diri, dan juga beberapa pertanyaan umum lainnya. Anda juga bisa berlatih dengan teman atau orang lain agar bisa mendapatkan suasana yang sama dengan proses wawancara yang asli. 

Jadi Anda tidak akan terlalu gugup ketika menghadapi situasi yang sebenarnya. Belajarlah mengungkapkan pendapat dengan runtut dengan suara yang jelas. 

Penutup

Itulah dia beberapa tips lulus pendidikan profesi guru yang bisa Anda ikuti. Tips ini akan membantu agar Anda bisa lulus dan tidak perlu mengulang lagi sehingga bisa maksimal dalam manajemen waktu. Terus belajar dan meningkatkan mutu pendidikan untuk Indonesia sejahtera. 

Share the Post:

Related Posts