Ketahui Jenis Pelatihan Guru Melalui PMM, Penting untuk Karir!

Pelatihan guru melalui PMM adalah suatu usaha untuk meningkatkan keterampilan para pendidik dalam melakukan pengajaran di kelas. 

PMM sendiri adalah singkatan dari Platform Merdeka Mengajar yang merupakan aplikasi pembelajaran elektronik dari pemerintah untuk para guru di Indonesia. 

Aplikasi PMM ini dirancang oleh pemerintah untuk membantu meningkatkan pengetahuan para guru serta tenaga kependidikan secara mandiri. Dalam aplikasi ini, ada tiga fitur utama yaitu pelatihan mandiri, bukti karya dan perangkat ajar. 

Fitur tersebut berisi konten yang tersedia untuk guru agar bisa memahami dan mengaplikasikan Kurikulum Merdeka di pembelajaran. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah informasi tentang pelatihan mandiri tersebut yang bisa menjadi jembatan karir guru di masa depan. 

Tujuan Pelatihan Guru Melalui PMM

Pelatihan guru ini memiliki tujuan secara spesifik yang berguna untuk membantu pendidikan di Indonesia. Untuk informasi lebih jelasnya, bisa melanjutkan ke bab berikut ini. 

1. Memberi Kesempatan yang Setara untuk Guru dalam Mengembangkan Kompetensi 

Tujuan adanya pelatihan ini yaitu untuk bisa memberikan kesempatan bagi para guru dalam mengembangkan kompetensi yang mereka miliki secara setara. Pelatihan PMM ini bisa guru akses di seluruh Indonesia dengan menggunakan koneksi internet. 

Hal ini akan memudahkan proses pelatihan sehingga tidak memerlukan transportasi atau akomodasi yang bisa membebani guru dalam melakukan pelatihan. 

Hasilnya, hal ini akan membuka kesempatan untuk seluruh guru di Indonesia agar bisa berkembang secara optimal sehingga bisa memberikan pembelajaran yang sesuai kurikulum dan standar yang telah pemerintah tentukan. 

2. Membantu Guru Mengembangkan Kompetensi Secara Mandiri 

Tujuan yang selanjutnya yaitu untuk membantu guru mengembangkan kompetensi secara mandiri. Mengembangkan kompetensi dan kemampuan diri adalah hal yang harus terus guru lakukan. 

Apalagi dengan adanya perubahan dalam bidang teknologi hingga perubahan kurikulum pembelajaran, terus belajar adalah cara terbaik untuk memberikan hasil pengajaran yang tepat untuk para peserta didik. 

Hal ini demi terlaksananya pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan standar sehingga bisa mencapai tujuan pendidikan yang telah menjadi cita-cita bangsa. 

3. Memberi Ruang Kolaborasi dengan Guru Seluruh Indonesia 

Tujuan yang selanjutnya yaitu dapat memberikan ruang untuk berkolaborasi dengan guru di seluruh Indonesia. Dengan menggunakan platform ini, guru juga bisa berkomunikasi dan berhubungan dengan guru di seluruh Indonesia.

Dengan begitu, guru bisa bekerja sama hingga bertukar ilmu dengan seluruh guru di Indonesia. Hal ini akan memberikan keuntungan bagi guru karena bisa mendapatkan ilmu baru. 

Selain itu, guru juga bisa mendapatkan relasi baru yang dapat berguna dalam karir profesi ini. Hal ini tentu akan berguna bagi pendidikan di Indonesia. 

4. Melaksanakan Pembelajaran Sesuai dengan Tujuan Pendidikan 

Tujuan selanjutnya dari pelatihan ini yaitu untuk membantu melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan. 

Pelaksanaan pembelajaran harus sesuai dengan kurikulum dan standar yang telah pemerintah buat. 

Guru harus memahami kurikulum dengan baik sehingga bisa mengimplementasikannya ke pembelajaran di kelas. Untuk membantu hal ini, guru bisa menggunakan pelatihan yang ada di PMM. 

Pelatihan ini bisa membantu guru untuk memahami dan mengaplikasikan ilmu pada pembelajaran di kelas. Hal ini terlaksana agar pembelajaran tidak melenceng dari tujuan pendidikan yang ada. 

  • Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah 

Tujuan PMM yang selanjutnya yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. 

Dengan pemahaman guru yang mendalam tentang kurikulum dan materi pembelajarannya, guru bisa membantu memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kualitas dan standar yang telah pemerintah tetapkan. 

Nantinya, hal ini bisa membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan di Indonesia secara lebih luas. Hal ini tentu merupakan hasil yang menjadi cita-cita pendidikan di Indonesia. 

Jenis Pelatihan Guru Melalui PMM

Pelatihan guru melalui PMM terdiri dari beberapa jenis yang bisa guru pelajari. Dengan mempelajari hal ini, para guru akan tahu apa saja yang bisa mereka ikuti untuk membantu meningkatkan performa pengajaran. 

1. Tujuan 1 atau Memahami Konsep Serta Struktur dari Kurikulum Merdeka

Dalam topik ini para guru akan mempelajari konsep dan struktur dalam Kurikulum Merdeka yang berguna dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Guru bisa langsung mengakses materi dengan melalui halaman Topik Pelatihan Mandiri. 

2. Tujuan 2 atau Mengenal Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, Serta Modul Ajar

Guru akan mempelajari bagaimana merencanakan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka. 

Ada juga modul tentang Kurikulum Satuan Pendidikan atau KSP yang menyangkut:

  • Perencanaan Pembelajaran PAUD 
  • Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A
  • Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B 
  • Perencanaan Pembelajaran SMA/SMK/Paket C

3. Tujuan 3 atau Menciptakan Kelas Merdeka Belajar Menggunakan Pembelajaran yang Berdiferensiasi 

Guru bisa mempelajari bagaimana melakukan pengembangan pembelajaran dengan menyesuaikan kebutuhan para peserta didik. Di antaranya yaitu:

  • Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan serta Karakteristik peserta didik di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. 
  • Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik peserta didik jenjang SD atau Paket A
  • Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid peserta didik jenjang SMP hingga SMA atau PAket B dan C. 

4. Tujuan 4 atau Menyiapkan dan Menggunakan Hasil Asesmen dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka

Para guru akan mempelajari beragam asessmen dan cara penerapannya untuk membantu pembelajaran di kelas. Di antaranya yaitu asesmen untuk PAUD, asesmen untuk SD atau Paket A, asesmen untuk SMP hingga SMA/SMK/Paket B dan C. 

Selain itu ada juga topik lain yaitu 

  • Merdeka Belajar 
  • Profil Pelajar Pancasila
  • Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Tahapan Melakukan Pelatihan Guru Melalui PMM

Untuk melaksanakan pelatihan di PMM ada langkah yang harus para guru lakukan. Berikut ini adalah tahapan dari pelaksanaan pelatihan guru yang bisa menjadi referensi. 

1. Pelajari Semua Modul 

Tahap pertama yaitu dengan mempelajari semua modul yang ada di topik terkait. Guru dapat memilih beberapa topik yang ada dalam PMM.

Dalam modul topik ada materi dan aktivitas post test yang perlu para guru kerjakan serta pelajari. Pastikan untuk mempelajari semuanya sehingga bisa memahami isi materi. 

2. Laksanakan Aksi Nyata

Tahapan selanjutnya yaitu aksi nyata. Dalam tahap ini guru akan melakukan demonstrasi pemahaman tentang isi modul yang dipelajari di topik tersebut. 

3. Tulis Aksi Nyata 

Setelah itu, guru bisa menuangkan Aksi Nyata tersebut dalam dokumen tertulis dalam format PDF. 

Ukuran maksimal dari dokumen ini adalah 10 MB. Jika sudah sesuai, maka para guru bisa mengunggah dokumen tersebut di Platform Merdeka Mengajar. 

Manfaat Pelatihan Guru Melalui PMM

Kegiatan ini tentu memiliki banyak manfaat yang bisa guru petik.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa guru dapatkan ketika melaksanakan pelatihan PMM:

  • Menambah Inspirasi Mengajar, ini karena guru bisa memahami dan mempelajari ilmu daru di platform tersebut sehingga bisa menambah inspirasi untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka. 
  • Meningkatkan Kompetensi Guru, karena dengan belajar di platform ini guru akan meningkatkan pengetahuan tentang kurikulum dan juga pembelajaran yang berlaku. Hal ini bisa membantu meningkatkan kompetensi secara nyata. 
  • Memudahkan Pembelajaran, karena dengan pelatihan di dalamnya guru akan lebih mudah dalam melaksanakan oembe sehingga beban lebih ringan. 
  • Menambah Motivasi Mengajar, karena dengan adanya platform tersebut guru akan belajar bersama dengan guru lain di seluruh Indonesia sehingga bisa memberikan motivasi mengajar yang lebih tinggi. 

Itulah dia informasi tentang pelatihan guru melalui PMM yang bisa dipelajari. Dengan informasi ini, Anda akan dapat memahami tujuan dari PMM serta manfaat program ini sehingga bisa menunjang kegiatan pembelajaran di kelas.

Pengertian PMM Kurikulum Merdeka dan Manfaatnya untuk Guru

Penilaian Rencana Hasil Kerja, Bagaimana Fungsi dan Prosesnya?

Penting! Ketahui Pembaruan Permendikbud Tahun 2024

Artikel ini ditulis oleh:

Share the Post: