Pelaksanaan PPG Daljab 2024, Simak Info Lengkapnya!

Untuk mendapatkan sertifikat pendidik, guru bisa menjalankan beberapa program yang pemerintah tetapkan. Salah satunya yaitu dengan menjalani program PPG Prajabatan atau PPG Dalam Jabatan (PPG Daljab). 

PPG Prajabatan telah memulai pendaftarannya di tahun ini, namun bagaimana dengan pelaksanaan PPG Daljab 2024? 

Program PPG sendiri adalah suatu program yang pemerintah buat untuk mengorganisir pemerataan kompetensi guru di seluruh Indonesia. 

Kegiatan ini bisa diikuti oleh para guru atau lulusan pendidikan maupun non pendidikan yang memiliki minat menjadi guru. 

Dengan mengikuti program ini, peserta akan mendapatkan kesempatan untuk belajar ilmu baru serta mendapatkan sertifikat pendidik di akhir pembelajaran. 

Adanya sertifikat ini membuat peserta bisa memiliki kesempatan besar untuk menjadi pegawai PPPK di sekolah negeri di Indonesia. 

Untuk itulah, program ini memiliki banyak peminat. Di dalam artikel ini adalah beberapa informasi penting tentang PPG Dalam Jabatan yang bisa guru ikuti. 

Maka dari itu, baca informasi berikut ini dengan seksama karena bisa saja berguna untuk membantu pendaftaran. 

Apa itu PPG Daljab dan Tujuannya? 

Program PPG Dalam Jabatan adalah program pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi guru yang sudah aktif mengajar sehingga bisa meningkatkan kompetensi dan menjadi guru profesional. 

Dalam program ini para guru akan turut memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dan mempelajari strategi pembelajaran yang efektif dalam kelas. 

Tidak hanya itu, program PPG Daljab juga memberikan ilmu dalam kepemimpinan dan manajemen sekolah. 

Tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan menggunakan peningkatan kompetensi dan kualifikasi para guru di sekolah. 

Dengan adanya program ini, para guru diharapkan untuk bisa menerapkan metode pengajaran yang inovatif, bisa mendorong kreativitas peserta didik, dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. 

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme para guru serta memberikan pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab guru dengan lebih mendalam. 

Para guru yang sudah mengajar tapi belum memiliki sertifikat pendidik bisa mengikuti pelatihan ini. 

Namun, ada syarat lain yang harus terpenuhi agar bisa masuk seleksi program PPG ini, contohnya yaitu:

  • Guru telah mengajar di sekolah formal selama minimal 2 tahun lamanya. 
  • Guru telah mengisi formulir pendaftaran yang tersedia. 
  • Guru melampirkan fotokopi ijazah pendidikan terakhir. 
  • Guru melampirkan surat keterangan bekerja dari kepala sekolah. 
  • Guru melampirkan surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan di wilayah terkait. 
  • Umumnya proses seleksi akan terlaksana di website resmi PPG Kemendikbud. Persiapkan data tersebut dalam bentuk file agar bisa langsung mendaftar ketika PPG Daljab mulai dibuka. 

Seleksi pertama adalah seleksi administrasi. Dalam hal ini pastikan data sudah sesuai dengan syarat yang ada dan tidak ada file yang tidak terbaca. 

File yang tidak terbaca bisa menyebabkan tidak lolos seleksi administrasi, untuk itu pastikan data sudah benar. 

Selain itu para guru juga harus memastikan untuk mengisi data pendaftaran dengan benar sebelum tenggat waktu berakhir agar bisa masuk seleksi. 

Setelah seleksi administrasi, umumnya akan ada seleksi lain seperti tes dan wawancara. Maka dari itu, guru sebaiknya mempersiapkan diri dengan matang sebelum pelaksanaan tes sehingga bisa memberikan hasil akhir yang memuaskan. 

Pelaksanaan PPG Daljab 2024

Terselenggaranya pelaksanaan PPG Daljab 2024 sudah sangat ditunggu oleh banyak guru di wilayah Indonesia. 

Sebab, pelaksanaan PPG saat ini masih fokus pada PPG Prajabatan untuk para lulusan akademik dan non akademik yang memiliki niat menjadi guru. 

Kabar terbaru tentang pelaksanaan PPG Daljab ini disampaikan oleh Nunuk Suryani yang menjadi Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. 

Dalam acara Ngopi Bareng Bu Nunuk di akun Instagramnya, Nunuk menyampaikan poin penting dalam pelaksanaan PPG Daljab di tahun 2024. 

Kabarnya, pelaksanaan PPG Daljab 2024 ini akan terlaksana empat hingga lima bulan ke depan. Selain itu ada beberapa poin informasi yang Nunuk berikan dalam acara tersebut. 

Informasi tersebut yaitu bahwa telah terbit Permendikbud Ristek Nomor 19 Tahun 2024 tentang Pendidikan Profesi Guru dan terdapat kategori guru tertentu yang bisa ikut dan mendaftar PPG Daljab. 

Kategori guru tersebut yaitu:

  • Guru Penggerak yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan serta belum memiliki sertifikat pendidik. 
  • Guru yang telah menyelesaikan pendidikan atau pelatihan profesi guru tapi belum memiliki sertifikat pendidik. 
  • Guru yang telah terdaftar pada Dapodik dengan status aktif mengajar pada tahun ajaran 2023/2024 setta belum memiliki sertifikat pendidik. Kriteria guru ini juga tidak termasuk dalam dua kriteria sebelumnya. 
  • Guru tersebut berasal dari peralihan jabatan fungsional lain yang tidak memiliki sertifikat pendidik. 
  • Guru yang telah memiliki sertifikat pendidik tapi ingin menambah sertifikat pendidik yang berbeda. 

Manfaat Mengikuti PPG Daljab 

Pelaksanaan PPG Daljab 2024 ini bertujuan untuk bisa meningkatkan kualitas dan kompetensi guru. 

Namun, ada beberapa manfaat lain yang bisa guru dapatkan ketika mendaftar program ini, contohnya yaitu:

1. Mendapatkan Pemahaman Mendalam Tentang Tugas dan Tanggung Jawab Guru

Manfaat pertama dari melaksanakan pelatihan ini yaitu bisa mendapatkan pemahaman secara mendalam tentang tugas dan tanggung jawab guru di sekolah. 

Pemahaman ini sangat penting karena bisa mengingatkan guru lagi tentang apa saja yang seharusnya guru perhatikan ketika mengajar. 

Hal ini akan membantu pelaksanaan pembelajaran di kelas karena guru bisa lebih fokus pada tugas dan tanggung jawab yang mereka emban. 

2. Mendapatkan Sertifikat Pendidik 

Manfaat lain dari mengikuti pelatihan ini yaitu bisa mendapatkan sertifikat pendidik. Sertifikat pendidik merupakan dokumen penting yang harus guru miliki sehingga bisa membuktikan kredibilitas mereka. 

Dengan dokumen ini guru telah membuktikan diri bahwa telah memiliki kualitas dan kompetensi yang sesuai untuk mengajar. 

Hal ini juga akan berpengaruh dalam kesejahteraan guru karena tenaga pengajar bisa mendapat insentif jika memiliki sertifikat pendidik.

3. Mendapatkan Relasi Baru

Manfaat selanjutnya dari pelatihan ini yaitu guru bisa mendapatkan relasi baru. Dalam pelatihan ini guru akan bertemu dengan peserta lain dari berbagai tempat. 

Dengan begitu, guru bisa berkomunikasi dengan orang-orang baru dan mendapatkan koneksi. Hal ini akan berguna untuk karir keguruan di masa depan. 

4. Meningkatkan Kompetensi Sebagai Guru

Manfaat utama dari pelaksanaan pelatihan ini yaitu bisa meningkatkan kompetensi sebagai seorang guru. 

Seorang guru harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar yang ada untuk bisa mengajar di sekolah. 

Dengan meningkatkan kompetensi, guru telah berkesempatan untuk meningkatkan kemampuan diri sehingga pantas mengajar di suatu instansi pendidikan. Hal ini akan berpengaruh besar pada karir dan keilmuan. 

5. Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan Guru

Manfaat selanjutnya yaitu pelatihan ini bisa meningkatkan kemampuan kepemimpinan guru. 

Dalam pelatihan ini, guru tidak hanya mendapatkan ilmu tentang tugas dan tanggung jawab guru saja tetapi juga tentang kepemimpinan guru. 

Ilmu ini akan meningkatkan keterampilan guru sehingga bisa menjadi sosok penting dalam satuan pendidikan yang bisa menggerakkan rekan sesama guru menuju kemajuan. 

6. Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia 

Manfaat yang penting dari program ini yaitu bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. 

Dengan mengikuti pelatihan ini guru akan meningkatkan kemampuan diri dan keterampilan memimpin yang pasti berguna untuk meningkatkan kinerja di sekolah. 

Hal ini secara langsung akan berpengaruh pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Ini karena kualitas guru yang meningkat akan berimbang dengan kualitas pendidikan yang meningkat. 

Itulah dia informasi tentang pelaksanaan PPG Daljab 2024 yang kemungkinan akan segera terlaksana. Untuk para guru yang menunggu kesempatan mengikuti program ini, bisa bersiap-siap terlebih dahulu. Dengan begitu, ketika program terlaksana akan siap sedia untuk mengikuti tiap kegiatan.

UKIN PPG untuk Guru, Bagaimana Cara Mendaftarnya?

Transformasi PPG Prajabatan, Jadi Pegawai Negeri dengan Mudah

Apa Saja Perbedaan PPG Prajabatan dan PPG dalam Jabatan? Simak Infonya!

Artikel ini ditulis oleh:

Share the Post: