Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok: Prinsip dan Konsep Belajar

Beragam metode pembelajaran bisa para guru siapkan sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. 

Salah satu metode yang bisa guru gunakan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok yang sangat bermanfaat. 

Metode ini menggunakan pendekatan dengan fokus pada peserta didik sehingga mereka bisa lebih aktif dan ikut mengambil inisiatif dalam pembelajaran di kelas. 

Dengan kegiatan ini, peserta didik akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan mereka sehingga bisa mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan. 

Penggunaan metode ini bisa para guru gunakan dengan menggunakan prinsip yang ada. 

Berikut ini adalah beberapa informasi tentang prinsip dan konsep dari metode diskusi kelompok yang bisa menjadi referensi. 

Mengenal Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok

Metode pembelajaran diskusi kelompok yaitu metode mengajar yang memberikan peserta didik suatu permasalahan untuk mereka selesaikan dengan proses diskusi dengan teman satu kelompok. 

Metode ini cukup berbeda dengan metode konvensional seperti ceramah. 

Pelaksanaan metode diskusi berusaha memfokuskan pembelajaran pada peserta didik sehingga mereka bisa aktif dalam proses pembelajaran, sehingga tidak fokus pada hapalan atau mendengarkan saja. 

Proses diskusi ini bisa terjalin dengan adanya pembagian kelas menjadi kelompok kecil. 

Setelah itu, di akhir diskusi peserta didik akan menjelaskan kesimpulan yang mereka dapatkan dari proses berunding dengan teman satu kelompok. 

Ada beberapa pendapat ahli mengenai definisi metode diskusi ini, contohnya yaitu:

  • Killen: Metode pembelajaran ini memberikan suatu permasalahan pada peserta didik. 
  • Syaiful Sagala: Metode ini berupa suatu percakapan yang bersifat ilmiah dan responsif yang berisi pendapat atau ide dari beberapa orang untuk memecahkan suatu permasalahan. 
  • Zuhairini: Pembelajaran terjadi dengan diskusi yang bisa memunculkan pengertian dan perubahan tingkah laku para peserta didik.
  • Gulo: Metode pembelajaran ini sesuai untuk meningkatkan kualitas interaksi antar sesama peserta didik. 
  • Maidar dan Mukti: Metode ini berbentuk tukar pikiran dalam kelompok kecil atau kelompok besar untuk mendapatkan pengetahuan, kesepakatan, atau keputusan dari masalah yang ada. 

Prinsip Pembelajaran Diskusi Kelompok 

Dalam pelaksanaan metode pembelajaran diskusi kelompok, ada beberapa prinsip yang perlu para guru perhatikan. 

Prinsip ini akan menjamin jalannya pembelajaran jadi lebih tepat dan sesuai dengan konsep diskusi kelompok yang ada, contoh prinsip tersebut yaitu:

  • Menghindari adanya perselisihan pendapat dalam diskusi tanpa alasan yang jelas. Debat harus memiliki landasan alasan yang jelas sehingga pelaksanaan diskusi terarah dan bisa menentukan tujuan. 
  • Ketika menyanggah atau menolak suatu pendapat harus disertai argumentasi yang kuat dan meyakinkan. 
  • Dalam diskusi, tiap peserta harus bisa aktif dalam menyampaikan pendapat mereka. Tiap peserta juga harus menghargai pendapat orang lain dan tidak menyela ketika orang lain menyampaikan pendapat. 
  • Dalam forum diskusi, tidak ada pemenang. Tujuan dari diskusi yaitu untuk mencapai mufakat atau kesepakatan bersama dari berbagai pendapat yang ada. 

Konsep Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok 

Bagaimana konsep dalam metode pembelajaran diskusi kelompok?

Pada metode ini, diskusi dari aspek bahasa yaitu kegiatan tukar pikiran antara dua orang atau lebih yang terlaksana untuk menyelesaikan suatu permasalahan. 

Diskusi sendiri dari Bahasa Latin “discussus” yang berarti untuk memeriksa atau menyelidiki. 

Secara umum, diskusi adalah suatu proses yang melibatkan dua orang atau lebih yang saling berintegrasi secara verbal serta berhadapan untuk mempertahankan pendapat atau memecahkan masalah. 

Diskusi sendiri bisa terlaksana dengan beberapa langkah yaitu:

  • Persiapan: Dalam langkah ini para guru bisa menentukan tujuan pembelajaran, menyusun jenis diskusi, melakukan identifikasi masalah serta menyiapkan peralatan agar diskusi bisa terlaksana dengan lancar. 
  • Pelaksanaan: Dalam langkah ini pars guru bisa mengarahkan peserta didik agar mengikuti aturan diskusi yang ada. Setelah itu ada kegiatan sesi tanya jawab dan presentasi hasil diskusi. 
  • Penutup: Dalam langkah ini, para guru dan peserta didik bisa menyimpulkan hasil kegiatan serta memberikan masukan yang tepat untuk pembelajaran. Guru bisa memberikan evaluasi tentang jalannya diskusi sehingga pelaksanaan kegiatan diskusi selanjutnya bisa lebih lancar. 

Manfaat Pembelajaran Diskusi Kelompok Bagi Peserta Didik 

Ada berbagai manfaat yang bisa dirasakan dari metode pembelajaran diskusi kelompok.

Dengan menggunakan metode ini peserta didik akan mendapatkan banyak manfaat untuk perkembangan akademik mereka, contoh manfaatnya yaitu:

1. Peserta Didik Jadi Lebih Aktif 

Manfaat adanya pembelajaran dengan metode diskusi yaitu bisa membantu agar peserta didik jadi lebih aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. 

Pembelajaran di kelas bisa terlaksana dengan baik kalau peserta didik ikut andil dalam proses pembelajaran secara aktif. 

Dengan menggunakan metode ini, peserta didik akan jadi lebih termotivasi untuk ikut menyuarakan pendapat bersama teman serta memberikan argumentasi pada pendapat orang lain.Hasilnya, peserta didik akan menjadi fokus dalam pembelajaran. 

Hal ini bisa membantu agar peserta didik tidak menjadi pasif dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan begitu, ilmu yang mereka dapatkan jadi lebih terserap dengan baik. 

2. Suasana Kelas Lebih Menyenangkan 

Manfaat yang lainnya dari pelaksanaan metode diskusi ini yaitu membantu agar suasana kelas jadi lebih hidup dan menyenangkan. 

Suasana kelas yang membosankan akan menurunkan motivasi belajar peserta didik sehingga bisa menyebabkan proses pembelajaran jadi terhambat. 

Hal ini bisa dicegah dengan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan aktif. 

Salah satunya yaitu dengan diskusi. Melalui diskusi, peserta didik akan bisa memahami berbagai sudut pandang dan pendapat teman sebaya mereka. 

Hal ini akan membuka mata mereka agar bisa memahami peserta didik lain dengan lebih baik. 

Selain itu dengan metode ini, peserta didik akan mendapatkan banyak kesempatan untuk berperan aktif dalam kelas sehingga pembelajaran tidak membosankan. 

3. Peserta Didik Terlatih Dalam Berpikir Kritis 

Manfaat yang penting untuk para peserta didik yaitu bisa melatih mereka untuk berpikir kritis, sebab saat ini pembelajaran tidak boleh hanya menghapal saja. 

Pembelajaran harus terlaksana dengan baik dan kondusif dengan memperhatikan proses belajar peserta didik. Dengan adanya metode pembelajaran diskusi, peserta didik akan berproses untuk berpikir secara kritis. 

Berpikir secara kritis adalah kemampuan penting yang berguna untuk pemecahan masalah. 

Dengan melatih berpikir kritis, peserta didik akan dapat memahami suatu permasalahan dan memberikan pemecahan yang tepat serta memahami berbagai sudut pandang permasalahan dengan baik. 

4. Peserta Didik Terlatih dalam Kegiatan Musyawarah 

Manfaat dari metode diskusi yang selanjutnya yaitu bisa melatih peserta didik dalam kegiatan musyawarah. 

Kegiatan musyawarah adalah sesuatu yang erat kaitannya dengan kehidupan sosial di masyarakat. 

Dengan melatih diri dalam kegiatan ini, peserta didik akan dapat mempersiapkan diri sehingga bisa bersosialisasi dengan baik serta dapat menerapkan musyawarah pada permasalahan di masyarakat lingkungan sekitar. 

Pada akhirnya, peserta didik bisa beradaptasi dengan kehidupan bermasyarakat sehingga bisa menjadi anggota masyarakat yang aktif dan sosial. 

5. Peserta Didik Bisa Menangkap Ilmu Lebih Baik

Manfaat dari metode diskusi yang selanjutnya yaitu bisa membantu peserta didik agar memahami konsep ilmu pengetahuan dengan lebih baik. 

Terkadang suatu konsep ilmu membutuhkan berbagai sudut pandang agar bisa terjalin pemahaman yang tepat. 

Dengan mengadakan diskusi, peserta didik akan dapat menangkap konsep ilmu dengan lebih mendalam dan luas. Ketika sudah begini, ilmu tersebut akan lebih cepat masuk. 

Hal ini tentu akan mempermudah pembelajaran di kelas sehingga bisa membuat pengajaran jadi lebih efisien dan efektif. 

Itulah dia informasi tentang metode pembelajaran diskusi kelompok yang bisa menjadi pilihan para guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Gunakan referensi ilmu di artikel ini untuk pengajaran di kelas sehingga para peserta didik biss menyerap ilmu dengan baik.

12 Metode Pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk Belajar Mengajar di Kelas

Pembelajaran Discovery Learning, Bagaimana Langkah Pelaksanaannya?

Metode Quantum Teaching dan Manfaatnya Bagi Peserta Didik

Artikel ini ditulis oleh:

Share the Post: