Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the wordpress-seo domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/duniaguru/htdocs/duniaguru.id/wp-includes/functions.php on line 6114
Pengajaran Peer Teaching: Kekurangan dan Kelebihannya - Dunia Guru

Pengajaran Peer Teaching: Kekurangan dan Kelebihannya

Mencari metode pembelajaran yang pas untuk peserta didik adalah suatu tantangan tersendiri. Inilah tempat di mana kreativitas dan inisiatif guru teruji. 

Untuk pelaksanaan pembelajaran, guru bisa menggunakan pengajaran peer teaching. 

Metode peer teaching adalah model pembelajaran yang berguna untuk peserta didik dan guru. 

Metode ini terlaksana dengan menggunakan keaktifan peserta didik sebagai pemberi pengetahuan pada peserta didik lain. 

Secara umum, dalam metode ini peserta didik akan saling bertukar pengetahuan satu sama lain. Mereka akan saling memberikan ilmu untuk teman satu kelas. 

Pelaksanaan peer teaching ini bisa memberikan oemaha secara mendalam pada peserta didik dan bisa memberikan perspektif baru dalam pemahaman ilmu. 

Untuk informasi lebih lanjut tentang metode ini, bisa membaca informasinya di bawah ini. 

Definisi Metode Pengajaran Peer Teaching

Metode mengajar peer teaching adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan semua peserta didik saling memberikan ilmu pengetahuan yang mereka miliki pada peserta didik lainnya. 

Kegiatan pembelajaran ini adalah kegiatan di mana sesama peserta didik saling mengajarkan apa yang sudah mereka pahami. 

Ini karena ketika seseorang sudah memahami suatu materi maka mereka akan lebih mudah untuk menjelaskan materi tersebut. 

Jadi ketika peserta didik tidak bisa menjelaskan apa yang mereka pahami ini bisa menunjukkan bahwa peserta didik tersebut memang belum paham atau hanya mengetahui sekilas saja. 

Dengan mengajari temannya, peserta didik akan dapat memperkuat pemahaman yang mereka miliki sehingga bisa mencapai tujuan pembelajaran. 

Peserta didik yang mereka ajarkan juga akan mendapatkan pemahaman dari perspektif yang berbeda dari guru. Hal ini akan memungkinkan pertukaran ilmu yang bermanfaat. 

Kegiatan pembelajaran ini akan memusatkan pembelajaran pada peserta didik. Namun, guru juga harus bisa melaksanakan tugas sebagai fasilitator dan pembimbing. 

Tujuan Metode Pengajaran Peer Teaching

Tujuan utama pelaksanaan pembelajaran menggunakan teknik pengajaran peer teaching umumnya untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan peserta didik. 

Namun, ada beberapa tujuan lain dari model pembelajaran ini yaitu:

  • Metode peer teaching ini akan membantu memahami peningkatan hasil belajar setelah penerapannya. Dengan pengajaran ini pars guru bisa jadi lebih memahami sejauh mana peserta didik paham akan suatu materi yang mereka dapatkan. 
  • Metode pembelajaran ini akan memungkinkan hasil pembelajaran tersebut untuk bisa langsung terlihat dan dapat langsung guru evaluasi. 
  • Peserta didik akan memiliki keterampilan untuk mengolah bahan materi yang mereka dapatkan dalam bentuk informasi padat namun tetap sederhana. Hal ini berguna agar materi tersebut bisa dengan mudah peserta didik cerna. 
  • Dengan metode pembelajaran ini peserta didik bisa membantu temannya yang lain dalam memahami pembelajaran dengan konsep yang sulit. 

Manfaat Metode Pengajaran Peer Teaching

Penggunaan metode pengajaran peer teaching akan mengajarkan banyak hal pada peserta didik. 

Salah satunya yaitu membantu pemahaman mereka dan juga meningkatkan kemampuan kerja sama.

Namun, ada juga beberapa manfaat lain yang bisa peserta didik dapatkan ketika mempraktekkan metode pembelajaran ini, salah satunya yaitu:

  • Pembelajaran ini akan membantu meningkatkan lingkungan belajar di kelas sehingga bisa lebih produktif. Ini karena tiap peserta didik akan mengambil peran dalam membantu memberikan pemahaman materi di kelas. 
  • Metode pembelajaran ini akan membantu mengurangi ketergantungan pada peran guru. Hal ini bisa membantu peserta didik agar bisa lebih mandiri dalam mencari pemahaman dan bahan pembelajaran. 
  • Metode ajar ini akan memungkinkan peserta didik agar dapat berpikir dengan lebih kritis sehingga ketika mengajarkan materi ke teman sebayanya. Ini karena ketika belajar untuk diri sendiri, peserta didik mungkin saja tidak akan memahami materi secara mendalam. Namun, ketika sudah mengajarkan teman sebayanya mereka akan memahami pembelajaran dengan lebih baik. 
  • Metode pembelajaran ini akan dapat membantu peserta didik untuk bisa mengembangkan rasa percaya diri mereka sehingga bisa menjelaskan materi yang mereka pahami di depan teman-temannya. 
  • Peserta didik bisa mendapatkan pembelajaran yang lebih aktif tentang materi dan juga informasi yang mereka miliki sehingga bisa berguna dalam pelaksanaan pembelajaran. 
  • Peserta didik meningkatkan keaktifan mereka dalam pembelajaran di kelas sehingga bisa membantu pemahaman dan pelaksanaan pembelajaran. 
  • Metode ini akan mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berbicara di depan kelas. Hal ini akan membantu peserta didik agar bisa meningkatkan keberanian mereka dalam berkomunikasi dan melatih cara bicara yang tepat agar bisa dimengerti oleh teman-temannya. 

Kekurangan Metode Pengajaran Peer Teaching

Pelaksanaan metode pembelajaran dengan pengajaran peer teaching ini bisa memberikan banyak manfaat untuk guru dan peserta didik. 

Namun, ada beberapa kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan ini yang bisa menjadi hambatan, contohnya adalah:

  • Peserta didik yang terbantu dalam belajar umumnya akan kurang serius karena hanya berhadapan dengan temannya sendiri. 
  • Akan ada beberapa peserta didik yang akan merasa malu atau malas untuk bertanya karena takut dengan pandangan temannya. 
  • Pelaksanaannya akan sulit karena beberapa peserta didik mungkin tidak memahami materi dengan baik sehingga tidak bisa memberikan pengajaran pada temannya. 

Kelebihan Metode Pengajaran Peer Teaching

Pelaksanaan peer teaching tentunya memiliki beberapa keuntungan yang bisa guru dan peserta didik rasakan. Dengan memaksimalkan kelebihan ini, pelaksanaan pembelajaran akan jadi lebih tepat sasaran dan efektif. 

  • Hasil pembelajaran jadi lebih baik untuk beberapa peserta didik. 
  • Untuk peserta didik yang membantu memberikan penjelasan akan dapat memperkuat konsep pemahaman mereka akan pembelajaran. 
  • Peserta didik bisa melatih diri untuk memegang tanggung jawab dalam melaksanakan tugas dalam pengajaran teman sebayanya. 
  • Dapat mempererat hubungan antara peserta didik lainnya. 

Langkah Pelaksanaan Peer Teaching 

Pengajaran peer teaching adalah suatu konsep pembelajaran yang akan membantu peserta didik memahami materi dengan bantuan teman sebayanya. 

Dengan konsep pembelajaran ini, peserta didik akan bisa memahami materi dengan metode yang berbeda sehingga bisa mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. 

Ada beberapa langkah yang bisa guru lakukan untuk menerapkan peer teaching ini. 

Umumnya akan terlaksana dalam bentuk kelompok sehingga memudahkan dalam pembelajaran. 

Berikut ini beberapa langkah yang bisa guru lakukan untuk pelaksanaan peer teaching:

  • Pilih materi yang memungkinkan peserta didik agar dapat belajar secara mandiri sehingga bisa memudahkan pelaksanaannya. 
  • Pilih beberapa peserta didik yang memiliki kompeten dalam bidang tersebut. Peserta didik ini yang akan menjadi sumber pemahaman dan akan mengajarkan peserta didik lain. 
  • Bagi peserta didik menjadi kelompok-kelompok kecil yang berbeda latar belakang. Peserta didik yang cukup berkompeten ini akan tersebar dalam tiap kelompok dan bersikap sebagai penanggung jawab. 
  • Masing-masing kelompok akan mendapatkan tugas dalam mempelajari suatu materi. Setiap individu akan mendapatkan panduan dari peserta didik yang berkompeten tadi. 
  • Beri waktu untuk diskusi dan menyelesaikan materi yang ada.

Itulah dia informasi penting tentang model pengajaran peer teaching yang bisa membantu pelaksanaan pembelajaran di kelas. Dengan menggunakan berbagai model pembelajaran, guru bisa meningkatkan kemampuan peserta didik sehingga sesuai dengan tujuan dan kebutuhan mereka.

Aspek Kompetensi Pedagogi, Tingkatkan Kemampuan Pengajaran Guru

Kesulitan Mengerjakan Modul PPG Daljab? Cek Caranya di Sini!

Kompetensi Sosial Guru, Apa Saja Indikatornya?

Artikel ini ditulis oleh:

Share the Post: