Dalam pembelajaran, ada beberapa hal yang penting selain materi pelajaran dan metode pembelajaran, hal ini adalah manajemen kelas.
Dengan adanya manajemen kelas, proses pembelajaran akan terhindar dari kendala dan bisa mencapai tujuan dengan maksimal.
Secara umum manajemen dalam kelas adalah suatu usaha untuk memudahkan situasi pembelajaran agar terlaksana secara optimal serta efektif.
Adanya manajemen dalam pengelolaan kelas ini akan membantu para guru dalam mengelola proses pembelajaran sehingga bisa terlaksana dengan mudah.
Guru yang menerapkan manajemen pengelolaan kelas ini akan dapat memproses pembelajaran dengan perencanaan yang matang sehingga hasil belajar peserta didik bisa lebih baik.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa informasi tentang manajemen di dalam kelas.
Manfaat Guru Menguasai Manajemen Kelas
Penguasaan manajemen kelas oleh guru akan memberikan banyak manfaat untuk proses pembelajaran.
Hal ini bisa membantu para guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan maksimal.
1. Mewujudkan Kondisi Kelas yang Baik
Manfaat yang pertama dari guru yang menggunakan konsep manajemen kelas yaitu dapat membantu mewujudkan situasi dan kondisi kelas yang baik.
Hasilnya maka akan memungkinkan peserta didik dalam mengembangkan kemampuan mereka secara optimal.
Pengelolaan kelas yang baik dan sesuai dengan aturan akan membantu agar suasana kelas jadi ideal untuk proses pembelajaran.
Proses pembelajaran membutuhkan banyak faktor pendukung agar terjadi kegiatan belajar yang sukses.
Salah satunya yaitu faktor lingkungan. Lingkungan yang tidak mendukung akan menyebabkan proses perpindahan ilmu jadi tidak optimal.
Sebaliknya, lingkungan yang optimal dan mendukung akan dapat memberikan banyak manfaat bagi peserta didik.
Peserta didik akan lebih bersemangat dalam menimba ilmu serta bisa bersaing dengan baik bersama teman-temannya yang lain.
2. Menghilangkan Hambatan dalam Pembelajaran
Tidak bisa dipungkiri bahwa proses pembelajaran tidak akan terus berjalan lancar. Berbagai hambatan bisa aja muncul dari dalam maupun luar kelas.
Namun dengan adanya manajemen kelas, hambatan ini akan dapat guru hindari sehingga bisa memberikan pembelajaran yang tepat bagi peserta didik.
Hambatan yang tidak segera ditangani akan menyebabkan proses pembelajaran jadi terdistraksi.
Pembelajaran yang terdistraksi akan menyebabkan peserta didik jadi kurang memahami pembelajaran dan tidak fokus lagi.
Dengan pengelolaan kelas yang tepat, hambatan ini bisa teratasi dengan baik.
3. Dapat Menyediakan Fasilitas yang Mendukung Peserta Didik
Manfaat lainnya dari penggunaan manajemen kelas adalah dapat menyediakan fasilitas yang mendukung untuk pembelajaran.
Fasilitas yang mendukung untuk kegiatan belajar adalah salah satu faktor yang bisa mempengaruhi hasil belajar peserta didik.
Kelengkapan fasilitas dan sarana prasarana bisa menjadi kunci pemahaman dan peningkatan kemampuan peserta didik.
Dengan fasilitas yang lengkap, peserta didik akan dapat mempelajari suatu materi dengan lebih baik tanpa perlu khawatir akan kekurangan fasilitas.
Dengan adanya manajemen kelas, guru akan dapat memberikan fasilitas yang lengkap karena sudah mempersiapkan sebelumnya.
Persiapan ini terlaksana demi menjalankan tugas sebagai guru secara maksimal sehingga bisa melatih generasi muda jadi lulusan terbaik.
4. Mendukung Peserta Didik Sesuai dengan Kebutuhan Mereka
Peserta didik di sekolah tentunya tidak memiliki latar belakang, keadaan sosial, kondisi emosional, dan sifat yang sama.
Tiap peserta didik memiliki keunikan mereka tersendiri yang tidak bisa guru samakan satu sama lain.
Perbedaan ini juga ada pada kebutuhan mereka dalam pembelajaran. Terdapat beberapa peserta didik yang pastinya memiliki kemampuan dan cara belajar yang berbeda dengan teman-temannya.
Perbedaan ini seharusnya bisa guru akomodir dengan baik dengan melakukan manajemen kelas.
Dengan manajemen kelas, guru akan dapat mempersiapkan segala kebutuhan belajar untuk peserta didik yang sesuai dengan minat dan bakat.
Selain itu, dengan pengelolaan ini maka peserta didik tidak akan merasa tertinggal atau terkucilkan karena perbedaan mereka.
Hal ini bisa memotivasi mereka untuk terus meningkatkan kompetensi dalam belajar.
Konsep Dasar Manajemen Kelas
Manajemen kelas adalah ketentuan yang guru perlukan untuk menciptakan dan memelihara lingkungan dalam kelas selama kegiatan pembelajaran sedang berlangsung.
Manajemen kelas juga dapat berarti suatu perangkat perilaku dan kegiatan guru yang mengarahkan dan menarik peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran.
Manajemen kelas ini membantu meminimalisir adanya gangguan dalam pembelajaran peserta didik.
Berikut ini adalah beberapa konsep manajemen kelas menurut para ahli:
- Arikunto menjelaskan bahwa manajemen kelas adalah suatu upaya yang guru atau penanggung jawab lakukan dengan tujuan untuk mencapai kondisi optimal di kegiatan pembelajaran sehingga dapat terlaksana kegiatan pembelajaran yang sesuai harapan.
- Djamarah memberi pendapat bahwa manajemen kelas adalah suatu usaha menggunakan potensi kelas yang ada secara optimal mungkin. Hal ini demi mendukung proses interaksi edukatif agar dapat mencapai tujuan pembelajaran.
- Menurut Suhardan dkk, manajemen kelas adalah segala upaya yang terjadi untuk mewujudkan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan. Usaha ini juga agar dapat memotivasi peserta didik untuk belajar dengan baik sesuai kemampuan yang mereka miliki.
- Manajemen kelas merupakan usaha yang terlaksana secara sadar untuk mengatur kegiatan proses belajar yang terjadi secara sistematis.
Komponen Manajemen Kelas
Dalam konsep manajemen kelas terdapat beberapa komponen yang penting. Komponen ini akan membantu proses manajemen kelas jadi lebih tepat sasaran dan bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik.
- Komponen perencanaan: komponen ini berisi tujuan pembelajaran, pemilihan metode pengajaran, serta persiapan bahan ajar.
- Komponen Pengorganisasian: Komponen ini berupa kegiatan mengatur ruang kelas, mengatur alokasi waktu, serta sumber daya sarana prasarana.
- Komponen pelaksanaan: Dalam komponen ini berisi pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan rencana yang ada.
- Evaluasi: Yaitu penilaian hasil belajar peserta didik dan pemberian umpan balik.
Dalam manajemen kelas, terdapat beberapa prinsip yang harus ditaati. Berikut ini beberapa prinsip tersebut:
- Hangat serta antusias: proses belajar membutuhkan kehangatan dan semangat. Maka dari itu guru harus bisa menunjukkan sifat hangat dan ramah pada peserta didik serta tak lupa untuk menunjukkan semangat dalam pengelolaan kelas.
- Tantangan: prinsip selanjutnya yaitu tantangan. Penggunaan kata-kata, metode, tindakan atau materi yang menantang akan dapat meningkatkan motivasi peserta didik sehingga menghindari perilaku menyimpang atau malas.
- Variasi: guru bisa menggunakan media, alat, gaya mengajar dan pola interaksi yang beragam untuk meningkatkan perhatian dan minat dalam belajar di kelas. Hal ini juga bisa menghindarkan dari rasa jenuh karena belajar.
- Ketangkasan: Ketangkasan dalam perilaku guru dalam penggunaan strategi belajar bisa membantu agar bisa menghilangkan hambatan pada pembelajaran di kelas. Selain itu, fleksibilitas juga perlu untuk mencegah hambatan lainnya.
- Penekanan Positif: dalam mengajar para guru harus bisa menekankan pada hal yang positif dan tidak fokus pada yang negatif. Penekanan ini bisa membantu agar peserta didik lebih fokus pada yang positif sehingga bisa menunjukkan hasil belajar yang lebih baik.
Itulah dia informasi penting tentang manajemen kelas dan juga manfaatnya dalam pembelajaran. Semoga dengan informasi ini, para guru bisa melaksanakan manajemen kelas dengan baik sehingga bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Media Pembelajaran Interaktif: Seluk Beluk Pembelajaran di Kelas
Jurnal Kelas, Apa Saja Manfaat dan Komponennya?
Media Pembelajaran Interaktif dalam Pelaksanaan Kurikulum di Kelas