Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the wordpress-seo domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/duniaguru/htdocs/duniaguru.id/wp-includes/functions.php on line 6114
Penerapan Strategi Pembelajaran yang Tepat untuk Pendidik - Dunia Guru

Penerapan Strategi Pembelajaran yang Tepat untuk Pendidik

Belajar bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dengan penerapan strategi pembelajaran yang tepat. Penerapan pembelajaran yang cocok dengan peserta didik akan membantu pelaksanaan pengajaran jadi lebih kondusif dan efektif. 

Para peserta didik jadi lebih fokus dan bisa memahami pembelajaran dengan lebih mudah. Pembelajaran yang menyenangkan dan cocok dengan karakteristik peserta didik juga bisa memotivasi mereka dalam mengerjakan tugas dan memahami materi pelajaran di kelas. 

Untuk itulah para guru harus bisa mengakomodasi berbagai strategi yang cocok untuk para peserta didik. 

Hal ini akan menjadi kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran di kelas. 

Penerapan Strategi Pembelajaran yang Efektif

Strategi pembelajaran adalah perencanaan yang berisi rangkaian kegiatan yang terbentuk dalam suatu tindakan atau rangkaian kegiatan yang terencana. Hal ini demi meraih tujuan pendidikan yang telah menjadi ketentuan. 

Strategi pembelajaran merupakan rangkaian aktivitas yang terencana dalam penyampaian materi pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran ini dilaksanakan oleh peserta didik dan guru. 

Selain itu, strategi pembelajaran juga suatu pengaturan materi yang akan guru sampaikan ke peserta didik. 

Penerapan strategi pembelajaran ini akan membantu dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas sehingga peserta didik bisa mencapai target akademik yang telah ada. 

Penerapan strategi pembelajaran di kelas bisa menggunakan referensi berikut ini yang sesuai dengan rangkuman di e-book repository.uinsu.ac.id dari Haidir dan Salim: 

  • Peserta didik menulis hasil kesimpulan dalam sebuah ringkasan. 
  • Peserta didik melakukan proses pemaduan pada semua materi pembelajaran. 
  • Peserta didik turut melakukan kegiatan diskusi di dalam kelas. 
  • Peserta didik melakukan pengamatan, analisis dan menerangkan suatu konsep. 
  • Peserta didik membentuk kelompok dan melaksanakan tugas kelompok. Pengadaan kuis. 
  • Menggunakan prinsip peserta didik yang belajar secara aktif. 
  • Melaksanakan program pengayaan. 
  • Melaksanakan kegiatan belajar dengan praktik. 
  • Adanya kegiatan korektif pada peserta didik.

Cara Menentukan Penerapan Strategi Pembelajaran yang Tepat

Ada beberapa hal yang bisa para guru perhatikan sebelum menerapkan strategi pembelajaran. Berikut ini adalah cara menentukan strategi pembelajaran yang tepat sehingga bisa mengoptimalkan potensi peserta didik. 

1. Identifikasi Tujuan Pembelajaran 

Cara yang pertama yaitu dengan menentukan atau mempertimbangkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. 

Penentuan tujuan ini akan menjadi penentu dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran sehingga bisa sesuai dengan hasil akhir nanti. 

Tujuan pembelajaran juga akan membantu menentukan jenis strategi yang tepat sehingga bisa mencapai tujuan. Hal ini sangat penting dalam pelaksanaan nantinya. 

2. Mengenal Karakteristik Peserta Didik 

Selanjutnya, para guru bisa mencoba mengenali karakteristik peserta didik. Setiap peserta didik pasti memiliki karakteristik dan juga kebutuhan yang berbeda. Mengenal karakter tiap anak akan sangat penting untuk menentukan strategi pembelajaran. 

Hal ini demi menentukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakter dan cocok dengan kemampuan peserta didik. 

3. Memilih Strategi Pembelajaran 

Selanjutnya, para guru bisa memilih strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Ada berbagai jenis strategi pembelajaran yang ada. 

Tiap strategi memiliki tujuan dan fokus yang berbeda. Pilihlah jenis strategi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik peserta didik. 

4. Menyusun Rencana Belajar 

Setelah itu, lakukan penyusunan pada rencana pembelajaran. Menyusun rencana pembelajaran ini meliputi adanya kateri pembelajaran, metode pembelajaran, penilaian hasil belajar dan jadwal pembelajaran. 

5. Evaluasi Hasil

Setelah itu lakukan proses evaluasi ketika proses pembelajaran sudah selesai terlaksana. Evaluasi pembelajaran ini akan sangat penting untuk mengetahui efektivitas dari strategi. Pelaksanaan evaluasi bisa dengan cara melaksanakan penilaian dan juga refleksi. 

Macam-macam Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran ada banyak macamnya. Tiap strategi pembelajaran memiliki karakteristik dan keunggulan yang dapat menjadi referensi dalams pelaksanaan pembelajaran. Berikut ini beberapa macam strategi yang bisa para guru pilih. 

1. Strategi Pembelajaran Inkuiri 

Pembelajaran jenis ini terlaksana dengan cara memberikan peserta didik kesempatan untuk ikut mengembangkan kemampuan dalam berpikir kritis dan kreatif. 

Strategi ini mengajak peserta didik untuk menjelajahi konsep dengan pengamatan, tanya jawab dan percobaan. 

Tujuan pembelajaran ini untuk membantu peserta didik mengembangkan keterampilan dalam pemecahan masalah. Hal ini aman berguna dalam mengambil keputusan yang baik. 

2. Strategi SPBM

Strategi selanjutnya yaitu strategi SPBM. Jenis strategi pembelajaran ini menggabungkan beberapa kegiatan pembelajaran yang fokus dalam proses pemecahan masalah ilmiah. 

Pembelajaran ini akan membantu peserta didik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik sehingga mampu memahami masalah ilmiah dengan baik. 

3. Strategi Cooperative Script

Strategi pembelajaran ini adalah salah satu metode pembelajaran yang terlaksana dengan memberikan naskah yang harus peserta didik ikuti dalam kelompok. 

Dalam strategi ini, peserta didik memiliki peran berbeda namun tetap harus bekerja sama untuk menyelesaikan skenario yang ada. 

4. Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek 

Selanjutnya ada strategi pembelajaran yang berbasis proyek. Strategi ini terlaksana dengan cara memberikan peserta didik suatu tugas atau proyek yang harus mereka selesaikan dalam jangka waktu tertentu. 

Strategi ini mengajak peserta didik untuk mampu mengembangkan keterampilan dalam berpikir dan menyelesaikan masalah. Pembelajaran ini akan membantu peserta didik untuk mengembangkan keterampilan dalam mengambil keputusan di suatu permasalahan. 

5. Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah 

Strategi pembelajaran ini terlaksana dengan cara memberikan suatu masalah pada peserta didik untuk mereka pecahkan. Dalam strategi ini, peserta didik akan mampu berpikir kritis dan kreatif untuk menemukan solusi permasalahan. 

Tujuan dari strategi ini adalah untuk membantu peserta didik memahami konsep permasalahan secara nyata dan relevan di kehidupan sehari-hari mereka. 

Tujuan Penerapan Strategi Pembelajaran

Menerapkan strategi pembelajaran yang tepat akan memberikan banyak manfaat bagi peserta didik. Manfaat ini bisa muncul jika pelaksanaan strategi sesuai dengan tujuan penerapan dalam strategi pembelajaran. 

1. Meningkatkan Kualitas Belajar 

Menerapkan strategi pembelajaran yang efektif akan membantu proses pembelajaran jadi lebih baik sehingga bisa meningkatkan pemahaman peserta didik. Strategi pembelajaran yang tepat akan mampu membuat kualitas pembelajaran di kelas jadi lebih baik. 

Kualitas belajar yang baik akan membantu memotivasi peserta didik agar mau belajar dengan lebih baik.  

2. Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik 

Strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik akan mampu meningkatkan pemahaman peserta didik akan suatu konsep ilmu. 

Pemahaman yang sesuai dengan konsep akan memberikan informasi lebih tepat dan mendalam sehingga konsep keilmuan bisa terjelaskan dengan baik. 

Peningkatan pemahaman oleh peserta didik yang meningkat juga bisa menjadi kunci keberhasilan dalam capaian pembelajaran di kelas. Hal ini berkaitan langsung dengan hasil evaluasi peserta didik. 

3. Membantu Mewujudkan Tujuan Pembelajaran 

Strategi pembelajaran yang efektif seharusnya mampu untuk mewujudkan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya. 

Dengan strategi yang tepat, guru akan mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih efisien. 

Tujuan pembelajaran yang tercapai akan menjadi kunci keberhasilan pendidikan yang telah menjadi gol dalam pelaksanaan pendidikan. Ini menjadi hal yang krusial dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. 

4. Meningkatkan Kemampuan Akademik 

Strategi pembelajaran yang tepat juga akan mampu meningkatkan kemampuan akademik peserta didik. 

Kemampuan akademik ini akan meningkat dengan sendirinya jika motivasi belajar dan pemahaman peserta didik terus naik. 

Peningkatan kemampuan akademik akan menjadi hal yang penting demi mewujudkan masyarakat Indonesia yang berprestasi dan berakhlak. 

Itulah dia informasi mengenai penerapan strategi pembelajaran yang bisa menjadi referensi dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Para guru harus dapat menerapkan strategi belajar yang tepat dan sesuai dengan karakteristik peserta didik agar bisa mengeluarkan potensi akademik di sekolah.

Pembelajaran Berbasis Proyek, Apa Saja Langkah Pelaksanannya?

Ketahui Detail Pembelajaran Inkuiri: Jenis dan Langkah Pelaksanaannya

Pembelajaran Role Playing, Apa Saja Jenis dan Langkah Pelaksanaannya?

Artikel ini ditulis oleh:

Share the Post: