Ketahui Kompetensi Profesional Guru yang Wajib Pengajar Miliki

Kompetensi adalah suatu kualitas dalam tindakan yang menjadi penilaian dalam pelaksanaan tugas tertentu. Dalam karir guru, ada juga kompetensi serupa, yaitu kompetensi profesional guru di sekolah. 

Guru yang profesional akan memiliki kemampuan dan kualitas yang tepat sehingga bisa membantu kinerjanya di kelas ketika mengajar. Kompetensi ini juga akan membantu guru dalam pelaksanaan tugas guru lain sehingga bisa membantu mencetak peserta didik yang berprestasi dan berakhlak mulia. 

Kompetensi guru profesional adalah sesuatu yang wajib guru punya agar dapat mewujudkan tujuan pendidikan. Maka dari itu, sebagai guru memahami apa itu kompetensi guru profesional adalah hal yang penting. Simak penjelasannya di sini sehingga bisa mendapatkan ilmu yang berguna. 

Pengertian Kompetensi Profesional Guru

Kompetensi secara umum sendiri adalah suatu seperangkat tindakan yang cerdas dan juga penuh tanggung jawab sehingga menjadi suatu pengukuran akan kemampuan dalam melakukan tugas-tugas tertentu di masyarakat. 

Kompetensi profesional pada guru sendiri adalah kemampuan guru untuk melaksanakan kewajiban kerjanya secara layak dan bertanggung jawab. Guru yang profesional harus memiliki kemampuan dan keahlian pada bidang mengajar sehingga bisa melaksanakan tugas dan fungsi guru dengan baik. 

Guru memiliki beberapa tugas terkait profesi mereka sebagai seorang pengajar. Tugas-tugas ini sangat terkait dengan kompetensi profesional mereka. Hal ini menjadi tuntutan yang semakin meningkat di zaman sekarang. 

Apalagi dengan adanya peningkatan teknologi dan informasi, kompetensi guru juga harus berkembang sehingga guru tidak mengalami kemunduran atau ketertinggalan dengan kondisi yang ada di masyarakat. 

Dengan kompetensi tersebut, guru akan dapat melakukan kewajiban kinerjanya dengan lebih baik sehingga bisa menciptakan hasil kinerja yang terbaik. Guru yang berkompetensi tentunya akan memiliki ilmu yang tepat dalam memberikan pengajaran yang efektif dan efisien bagi peserta didik. 

Guru yang kompeten adalah guru yang profesional. Hal ini menjadi suatu hal yang wajib ada pada guru demi menjalankan tugas mengajar mereka dengan baik. 

Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru adalah suatu kemampuan dan kewenangan seorang guru ketika melaksanakan tugas keguruan dengan kemampuan yang tinggi. Dengan adanya profesionalisme tersebut, seorang guru akan dapat mewujudkan kelas dengan dasar pengertian, pemahaman pembelajaran, kurikulum dan metode belajar yang tepat. 

Guru yang profesional harus memiliki kompetensi yang menjadi kunci keberhasilan mengajar. Salah satu kompetensi tersebut yaitu kompetensi pribadi, kompetensi sosial dan kompetensi profesional mengajar. 

Untuk mewujudkan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan di Indonesia, guru harus memegang dan menerapkan prinsip mengajar. Prinsip tersebut salah satunya adalah:

  • Guru harus bisa memicu ketertarikan perhatikan peserta didik pada materi pembelajaran yang ada dan juga menggunakan beberapa media dan sumber pembelajaran yang beragam. 
  • Guru harus bisa meningkatkan minat peserta didik agar dapat aktif dalam berpikir kritis sehingga bisa mencari dan menemukan pengetahuan secara mandiri yang mereka butuhkan. 
  • Guru harus bisa membuat rangkaian urutan yang tepat dalam pemberian pembelajaran dan menyesuaikannya dengan usia serta tahap perkembangan masing-masing peserta didik. 
  • Guru perlu menghubungkan pembelajaran yang akan mereka berikan dengan ilmu yang telah peserta didik pelajar agar memudahkan pembelajaran. 
  • Guru harus bisa menjelaskan pembelajaran secara berulang hingga peserta didik memahami dengan baik. 
  • Guru wajib dalam memperhatikan dan memikirkan hubungan antara mata pelajaran dan prakteknya dalam kehidupan sehari-hari. 
  • Guru harus bisa menjaga konsentrasi belajar peserta didik dengan memberikan pengalaman langsung seperti mengamati hingga menyimpulkan ilmu yang mereka punya dengan kondisi kehidupan yang ada. 

Kompetensi Profesional yang Wajib Dimiliki

Guru yang memiliki kompetensi profesional harus menguasai beberapa ilmu yang berguna dalam karir keguruan. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Pengetahuan Ilmu yang Menjadi Sumber Bahan Pembelajaran

Seorang guru yang profesional harus memiliki ilmu pengetahuan yang menyeluruh sehingga bisa memberikan pengajaran yang tepat pada peserta didik. Guru harus mencari sumber pembelajaran yang tepat dan relevan sehingga peserta didik bisa memahami materi dengan baik. 

2. Pengetahuan Karakteristik Peserta Didik

Guru dengan kompetensi profesional harus mengerti dan memahami karakteristik dari peserta didik yang mereka ajar. Hal ini akan membantu dalam pengajaran sehingga bisa lebih efektif dan efisien karena tiap siswa memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda yang harus guru akomodasi dengan baik. 

3. Penguasaan Metode Pembelajaran

Seorang guru juga harus dapat menerapkan metode pembelajaran yang tepat untuk peserta didik. Tiap peserta didik mungkin saja membutuhkan metode yang berbeda. Di situlah tugas seorang guru berada agar bisa memberikan hasil kinerja yang terbaik dan bisa mencetak peserta didik yang berprestasi dan berakhlak mulia. 

4. Penguasaan Prinsip Teknologi Pembelajaran

Seorang guru profesional juga harus bisa menguasai prinsip teknologi pembelajaran dengan baik. Saat ini, pembelajaran tidak terbatas pada buku saja. Maka dari itu guru harus dapat mengakomodir beragam teknologi pembelajaran yang tepat bagi peserta didik sehingga bisa memahami materi dengan lebih baik. 

5. Pengetahuan Tentang Evaluasi Siswa

Seorang guru profesional harus memiliki kompetensi tepat dalam mengevaluasi peserta didik mereka. Hal ini berguna agar hasil evaluasi bisa mencerminkan kondisi dari tiap peserta didik secara relevan dan nyata. Hasil evaluasi ini akan menjadi kunci perkembangan peserta didik nantinya. 

6. Kemampuan Perencanaan Proses Pembelajaran

Guru yang profesional harus bisa merencanakan proses pembelajaran dengan baik. Hal ini demi pelaksanaan pembelajaran di kelas secara lancar dan kondusif sehingga materi pembelajaran bisa terserap dengan baik oleh peserta didik. 

Pentingnya Kompetensi Profesional Guru

Kompetensi profesional bagi guru adalah suatu kemampuan dan keterampilan yang guru perlukan dalam melaksanakan tugas mereka di sekolah. Kompetensi ini akan membantu guru dalam pelaksanaan tugas sehingga bisa memberikan hasil kinerja yang lebih baik. 

Ada beberapa manfaat pentingnya kompetensi ini bagi guru. Berikut ini beberapa informasinya:

1. Membantu Proses Pembelajaran

Guru yang menguasai kompetensi profesional akan dapat memberikan pengajaran yang efektif dan efisien sehingga bisa melancarkan proses pembelajaran. Guru akan dapat mengatur pembelajaran yang sesuai dengan tingkatan siswa sehingga bisa menyesuaikan dengan baik. 

2. Membantu Perencanaan Proses Pembelajaran di Kelas

Guru yang memiliki kompetensi profesional akan dapat merencanakan proses pembelajaran dengan baik sehingga bisa mengatur jalannya kegiatan di kelas dengan teratur dan sistematis. Hal ini akan memberikan efek baik pada penerimaan materi di kelas. 

3. Dapat Memberikan Pemahaman Pengetahuan dengan Lebih Baik

Guru yang memiliki kompetensi profesional akan memiliki pengetahuan yang tepat untuk pembelajaran. Guru akan menguasai materi pembelajaran secara menyeluruh sehingga bisa memberikan materi pembelajaran yang tepat di kelas. 

4. Membantu Penilaian Peserta Didik dengan Lebih Obyektif

Guru dengan kompetensi profesional akan memahami penilaian peserta didik dengan baik sehingga bisa memberikan hasil yang objektif dan tidak terpengaruh oleh pendapat subyektif. Hal ini sangat berguna dalam menjalankan kelas yang kondusif. 

Kompetensi Profesional Guru Memengaruhi Karir Mengajar

Itulah dia informasi tentang kompetensi profesional guru yang akan membantu dalam karir mengajar. Dengan informasi ini, Anda akan dapat meningkatkan kualitas diri dan kinerja di kelas.

Asesmen Kompetensi Guru: Tujuan, Manfaat, dan Contoh Soal Asesmen

Jenis Kompetensi Guru di Sekolah dan Standarnya

Manfaat Diklat Guru dan Cara Mengikuti Kegiatan Diklat

Share the Post:

Related Posts