Manfaat Diklat Guru dan Cara Mengikuti Kegiatan Diklat

Pelatihan atau diklat adalah suatu kegiatan yang guru atau tenaga pendidik lakukan untuk berusaha menjadi lebih profesional dan berkompetensi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Ada beberapa manfaat diklat untuk guru yang bisa didapatkan selain mengembangkan keilmuan. 

Manfaat-manfaat ini umumnya akan mengasah keterampilan dan kemampuan diri di masyarakat secara umum. Selain itu, diklat juga berguna untuk beberapa hal lain seperti menunjang keterampilan dalam penggunaan teknologi dan juga membantu kenaikan pangkat. 

Pelatihan untuk guru umumnya berupa latihan dalam merencanakan pengajaran atau meningkatkan kualitas pengajaran dengan lebih baik. Kegiatan diklat guru ini umumnya masuk dalam bagian manajemen bidang ketenagakerjaan sekolah sebagai usaha untuk mengembangkan mutu dan pengetahuan guru. 

Dengan adanya diklat ini, guru bisa bekerja dengan lebih produktif sehingga kualitas kinerjanya pun meningkat. Hal ini pun bisa berpengaruh pada pendidikan di Indonesia. 

Manfaat Diklat Guru

Diklat guru memiliki fungsi dan manfaat yang berguna bagi keberlangsungan kegiatan di kelas. Dengan adanya diklat, guru akan mendapatkan manfaat yang baik untuk karir. 

Berikut ini adalah beberapa informasi tentang manfaat dari pelatihan atau diklat guru. Simak selengkapnya di sini:

1. Mengembalikan Semangat Mengajar

Ketika melakukan diklat, guru akan mendapatkan ilmu dan pengarahan yang berguna dalam mengajar. Pengarahan ini akan menjadi suatu pengingat kembali akan tujuan dan peran utama dari seorang guru di sekolah. 

Dengan adanya pelatihan ini maka guru akan dapat meningkatkan kembali semangat mereka dalam mengajar di tengah gempuran masalah internal atau eksternal. Guru akan mendapatkan kembali antusiasme yang mereka miliki ketika awal mengajar. 

Hal ini tentu akan jadi suatu keuntungan bagi guru karena dapat meningkatkan kinerja mereka di kelas dengan lebih baik. Apalagi ada banyak sekali hal-hal baru yang harus guru ketahui demi mengajar generasi muda saat ini dan di masa depan. 

2. Meningkatkan Produktivitas Guru

Manfaat diklat guru yang lainnya yaitu dapat membantu meningkatkan produktivitas guru ketika di sekolah. Program diklat pada umumnya akan memberikan keterampilan dan juga wawasan untuk para guru yang menjadi peserta. 

Wawasan baru ini bisa berupa metode pembelajaran yang bisa guru terapkan di kelas atau suatu ilmu yang membantu kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Dengan mengikuti diklat, guru akan mendapatkan pengetahuan ini sehingga bisa menerapkannya di kelas. 

Dengan mengikuti diklat, guru akan dapat menambah ilmu baru yang nantinya meningkatkan produktivitas kerja mereka. Hal ini akan menguntungkan untuk guru dan juga murid yang mereka ajar. 

3. Meningkatkan Fleksibilitas Diri

Manfaat lainnya yaitu membantu dalam meningkatkan fleksibilitas diri. Guru yang mengikuti banyak diklat atau pelatihan akan mendapatkan materi baru dan juga pengetahuan baru. 

Hal ini akan membuka wawasan guru dalam menangani suatu permasalahan di kelas sehingga bisa mencari solusi dengan lebih baik dan fleksibel. 

Guru akan dapat menemukan solusi dan keputusan yang tepat ketika mengatasi masalah yang ada. Hal ini akan membantu dalam efisiensi kerja dan penanganan masalah. 

4. Menambah Relasi

Manfaat lain dari pelatihan untuk guru yaitu dapat menambah relasi atau koneksi. Program diklat umumnya akan diikuti oleh berbagai guru di beberapa sekolah secara bersamaan. 

Bertemu dengan beberapa orang dengan latar belakang yang berbeda akan membuka mata pada banyaknya ilmu dan wawasan dalam karir ini. Dengan begitu, guru akan dapat menambah ilmu serta relasi bersama-sama dengan guru lainnya. 

Banyaknya relasi tentu akan menjadi manfaat yang baik bagi guru sehingga bisa bertukar pikiran satu sama lain atau bertukar informasi yang berguna. Guru bisa memanfaatkan hal ini di masa depan.

5. Menambah Pengetahuan dan Ilmu Baru

Manfaat lain dari pelatihan untuk guru yaitu menambah pengetahuan dan ilmu baru. Di dunia ini ada banyak sekali ilmu yang masih bisa digali. Apalagi dengan berkembangnya teknologi, ilmu-ilmu baru pun mulai bermunculan. 

Sebagai seorang guru, terus berlatih dan mengembangkan diri adalah suatu hal yang wajib. Hal ini demi meningkatkan kualitas pendidikan yang ada.

Dengan mengikuti diklat, para guru akan dapat menambah ilmu baru yang berguna di sekolah. Guru juga bisa menerapkan ilmu tersebut dengan teknologi yang ada di masa sekarang. 

6. Menambah Efisiensi Kerja 

Dengan mengetahui metode baru dan juga ilmu baru, guru akan dapat meningkatkan efisiensi kerja mereka. Guru akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan lebih baik sehingga bisa sangat bermanfaat. 

Dengan efisiensi kerja yang meningkat, kinerja guru juga akan jadi lebih baik. Hal ini akan membantu karir di sekolah. Guru juga akan mendapatkan pengakuan dari rekan-rekan lainnya karena peningkatan kinerja yang signifikan. 

Hal ini bisa menjadi batu loncatan bagi guru agar bisa meraih posisi yang mereka inginkan dalam jabatan fungsional guru. 

Langkah Mengikuti Diklat Guru

Agar pelatihan untuk guru bisa memberikan banyak manfaat bagi sekolah hingga para guru itu sendiri, maka perlu ada langkah-langkah tepat yang harus dilakukan. 

Ada empat tahap pendekatan sistematis dalam pelatihan. Hal ini berdasarkan pada gagasan Alan Cowling & Phillips James (1996:110). Tahap-tahap tersebut yaitu:

Mengenal kebutuhan-kebutuhan yang harus dapat terpenuhi. 

  • Merencanakan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan tersebut. 
  • Melaksanakan diklat dengan baik
  • Melaksanakan evaluasi. 

Gagasan di atas cukup berbeda dengan Siagian (1997:185-203). Menurut Siagian, ada 7 langkah khusus yang harus terpenuhi di dalam kegiatan pelatihan.

Langkah tersebut yaitu:

  • Menentukan kebutuhan-kebutuhan. 
  • Menentukan sasaran dan juga penetapan program. 
  • Menentukan isi program. 
  • Mengidentifikasi prinsip dalam belajar. 
  • Melakukan program diklat atau pelatihan. 
  • Melaksanakan identifikasi manfaat program. 
  • Melaksanakan penilaian pada pelaksanaan program pelatihan. 

Dari gagasan di atas, ada kesimpulan yang bisa didapatkan dalam langkah penentuan diklat, yaitu:

1. Menentukan Kebutuhan

Langkah ini berupa analisis kebutuhan agar benar-benar yakin bahwa pelatihan tersebut memang menjadi kebutuhan bagi banyak guru sehingga menghindari pelatihan yang tidak memiliki tujuan penting. 

2. Menentukan Sasaran

Langkah selanjutnya yaitu dengan menentukan sasaran sebagai tolak ukur keberhasilan program pelatihan. Hal ini juga akan berguna sebagai persiapan untuk memperoleh manfaat besar dari diklat. 

3. Menentukan Program

Setelah itu, langkah selanjutnya yaitu menentukan program dengan melihat beberapa aspek yaitu kemampuan yang ingin dicapai, materi diklat, waktu pelaksanaan, tempat pelaksanaan, biaya pelaksanaan, dan lain sebagainya. 

4. Penerapan Prinsip Belajar

Setelah itu ada penerapan prinsip belajar. Langkah ini berusaha memperhatikan dan menerapkan prinsip belajar pada pelatihan. 

5. Penilaian Program

Setelah itu ada penilaian pelaksanaan program. Hal ini berguna untuk evaluasi keberhasilan program sehingga bisa terjadi pembenahan pada diklat di masa mendatang. Evaluasi ini sangat penting agar guru bisa mendapatkan pengalaman terbaik dalam diklat tersebut. 

Diklat Memberikan Berbagai Manfaat untuk Guru 

Itulah dia beberapa informasi tentang manfaat diklat guru dan cara mengikuti diklat tersebut. Dengan mengetahui informasi ini, Anda akan dapat mengetahui kegunaan dari adanya diklat apalagi untuk karir seorang guru.

Ini Dia! Perbedaan Diklat Fungsional dan Diklat Teknis Guru

Durasi Diklat Fungsional Guru untuk Mendapatkan Angka Kredit

Jenis Pelatihan Guru, Ketahui Fungsi dan Cara Mengikuti Program Ini!

Share the Post:

Related Posts