Jenis Pelatihan Guru, Ketahui Fungsi dan Cara Mengikuti Program Ini!

Potensi guru seharusnya bisa tergali dengan lebih baik. Namun dengan kesibukan mengajar di kelas, banyak guru tidak bisa mengembangkan potensinya. Untuk itulah diadakan beberapa jenis pelatihan guru yang ada di Indonesia. 

Pelatihan-pelatihan ini berusaha mengakomodir kemampuan guru dan meningkatkannya dengan lebih baik. Pelatihan khusus untuk guru ini juga berusaha menggali potensi guru agar bisa berkembang dan berguna dalam dunia pendidikan di Indonesia. 

Dengan begitu, para guru bisa dengan maksimal mendidik dan mengajar para peserta didik di satuan pendidikannya sehingga terjadi perkembangan yang signifikan pada prestasi peserta didik. 

Hal ini sangat penting karena guru yang memiliki kualitas dan kemampuan yang mumpuni akan dapat menghasilkan peserta didik yang tentunya berkualitas. Siswa yang berkualitas akan mampu menjadi tonggak dalam perubahan dan perkembangan Negara Indonesia. 

Untuk itulah, pelatihan untuk guru harus direalisasikan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa informasi tentang pelatihan untuk para guru tersebut. 

Jenis Pelatihan Guru

Ada beberapa jenis pelatihan yang cocok untuk guru. Beberapa pelatihan ini akan membantu meningkatkan kemampuan dalam melakukan tugas sebagai guru di sekolah. 

Berikut ini adalah beberapa pelatihan yang bisa Anda temui:

1. Pelatihan untuk Guru Dalam Bidang Kepemimpinan

Jenis pelatihan guru yang pertama yaitu pelatihan guru untuk melatih kepemimpinan. Pelatihan ini fokus pada pengembangan kualitas diri guru dalam bidang kepemimpinan. 

Kepemimpinan adalah suatu aspek penting dalam bermasyarakat baik dalam dunia pendidikan maupun dalam dunia kerja. Guru yang memiliki aspek kepemimpinan yang baik akan mampu menjadi suri tauladan bagi peserta didik yang mereka ajar. 

Dalam pelatihan ini, guru akan dapat menerapkan sistem student-centered learning yang menggabungkan aspek kepemimpinan di sekolah. Di pelatihan ini juga, guru akan dapat menerapkan ilmu yang sudah mereka dapat dengan baik di sekolah maupun bersama rekan-rekan kerja lainnya. 

2. Pelatihan untuk Guru Dalam Pengembangan e-Modul

Selanjutnya ada pelatihan untuk pengembangan e-modul. Pelatihan ini mencoba mengambangkan kreativitas guru dalam membuat modul pembelajaran dalam bentuk elektronik. 

Hal ini penting karena modul ini menjadi suatu sumber pembelajaran untuk siswa yang dapat mereka akses secara mandiri. Modul elektronik ini bisa siswa gunakan dengan mudah di berbagai perangkat yang mereka miliki seperti di handphone, laptop, tablet dan komputer. 

Dengan adanya modul elektronik ini, siswa bisa belajar dengan mudah di mana saja dan kapan saja. 

3. Pelatihan untuk Guru di Bidang Public Speaking

Pelatihan yang penting bagi guru yaitu pelatihan di bidang public speaking. Public speaking adalah suatu kemampuan dalam berkomunikasi yang berguna dalam banyak hal. 

Kemampuan ini sangat berguna bagi guru yang terus menerus melakukan komunikasi dengan banyak siswa di kelasnya. Dengan kemampuan public speaking, guru dapat meningkatkan fokus dan perhatian para siswanya dengan lebih baik. 

Guru bisa menggunakan kemampuan ini untuk membuat kelas jadi lebih menarik dan juga efektif. Kelas yang cenderung menarik, tentunya akan meningkatkan minat siswa dalam belajar di kelas. 

Dengan minat yang tinggi, siswa akan dapat belajar dengan lebih baik dari sebelumnya. Hal ini akan membantu peningkatan kemampuan akademis siswa tersebut. 

4. Pelatihan untuk Guru di Bidang Pengembangan Kurikulum

Jenis pelatihan guru yang selanjutnya yaitu dalam bidang pengembangan kurikulum. 

Bidang pengembangan kurikulum termasuk jenis pelatihan khusus guru yang berisikan proses-proses penyusunan serta perancangan kurikulum di sekolah atau rangkaian kegiatan yang akan guru pakai sebagai bahan pengajaran di kelas.

Kurikulum juga bisa menjadi acuan dalam dalam pelaksanaan tujuan pendidikan. Untuk itulah, guru harus dapat memiliki kemampuan dalam mengembangkan kurikulum ini. 

Dengan mengikuti pelatihan ini, guru akan dapat merencanakan proses pembelajaran di kelas dengan lebih baik. Hal ini sangat berpengaruh dalam perkembangan siswa di sekolah nantinya. 

5. Pelatihan untuk Guru di Bidang Pembuatan Media Pembelajaran

Proses pembelajaran di kelas akan menjadi terlalu monoton jika dengan pembelajaran biasa. Guru harus dapat mengembangkan pembelajaran di kelas agar jadi lebih menarik dan efektif. 

Terutama untuk para siswa di PAUD dan juga TK. Pembelajaran yang menarik minat tentunya akan dapat memberikan manfaat pada para siswa. 

Siswa bisa memahami materi pembelajaran dengan lebih baik dan juga lebih cepat. Media pembelajaran ini bisa saja dalam bentuk buku, patung peraga, dan lain sebagainya. 

Guru harus tahu apa bagaimana membuat media pembelajaran yang menarik minat tetapi juga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ada.

Fungsi Pelatihan Guru

Pelatihan-pelatihan ini dibuat dengan memperhatikan fungsinya. Beberapa fungsi tersebut bisa Anda temukan di sini:

1. Guru Mendapatkan Relasi Baru

Pelatihan ini akan berfungsi untuk membantu guru memperdalam ilmu yang akan mereka gunakan di sekolah. Selain itu, guru juga akan mendapatkan relasi dan koneksi baru dengan mengikuti pelatihan. 

Hal ini tentu akan menguntungkan bagi guru karena dapat bersosialisasi dengan rekan guru lainnya. Koneksi ini akan menjadi hubungan positif antara para guru di masa depan. 

2. Guru Bisa Memperdalam Ilmu

Walaupun sudah menempuh pendidikan selama beberapa tahun, namun ilmu tidak akan habis. Dengan mengikuti pelatihan guru ini, maka para guru akan dapat mendapatkan banyak ilmu yang berguna untuk ke depannya. 

Ilmu baru tersebut akan menjadi perbantuan bagi guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar di sekolah. Untuk itu, pelatihan sangatlah penting untuk guru. 

3. Guru Bisa Lebih Bersemangat dalam Mengembangkan Diri

Ketika mengikuti pelatihan, guru akan bertemu dengan orang baru yang sama-sama ingin mengembangkan diri dengan lebih baik. Hal ini bisa menjadi pemicu dalam melakukan kegiatan pengembangan diri ini.

Guru akan jadi lebih bersemangat dalam menyambut ilmu bersama rekan lainnya. Hal ini akan menjadi motivasi yang baik dalam mengikuti pelatihan. 

Tujuan Pelatihan Guru

Pelatihan guru memiliki tujuan yang tentunya penting untuk keberlangsungan dunia pendidikan. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari adanya pelatihan guru:

1. Meningkatkan Kualitas Tenaga Pendidik

Tujuan pelaksanaan pelatihan guru yang utama yaitu untuk meningkatkan kompetensi guru agar jadi lebih baik. Guru yang memiliki kompetensi dan kualitas yang mumpuni tentu akan menjadi pendorong dalam mencapai tujuan pembelajaran di sekolah. 

Untuk itulah pelatihan khusus guru banyak digalakkan. Guru akan menjadi sosok yang lebih profesional dan juga berkualitas. 

2. Meningkatkan Keterampilan yang Berguna di Sekolah

Guru yang memiliki kemampuan dan kualitas tinggi akan mampu menggunakan kemampuan tersebut di sekolah tempat mereka bekerja. Kemampuan tersebut tentunya akan dapat memajukan dan meningkatkan kualitas siswa yang mereka ajar. 

Hal ini akan membantu dalam pengembangan kualitas pendidikan di Indonesia. Maka dari itulah pelatihan ini sangatlah penting bagi guru. 

3. Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia 

Guru yang memiliki mutu tinggi tentu akan dapat mencetak siswa dengan mutu yang tinggi juga. Dengan begitu, kualitas pendidikan di Indonesia akan jadi lebih maju dan berkembang. 

Hal ini akan menjadi kunci Indonesia yang maju di masa depan. Untuk itulah peran guru sangatlah penting. 

Cara Mengikuti Pelatihan

Beberapa instansi pemerintah memberikan informasi dan fasilitas pelatihan yang gratis maupun berbayar. Anda juga bisa mengikuti pelatihan yang terselenggara oleh pihak lain. 

Sebagai guru, Anda juga bisa mengikuti pelatihan mandiri yang telah tersedia dari pemerintah. Beberapa pelatihan ini diselenggarakan oleh instansi pendidikan terkait. 

Anda bisa melihat website resmi pemerintah untuk mengetahui waktu dan cara mendaftar pelatihan tersebut. Selain itu, para guru juga dapat mengikuti pelatihan mandiri yang pemerintah adakan. Pelatihan ini ada pada Platform Merdeka Mengajar. 

Di platform tersebut guru bisa memilih pelatihan yang mereka inginkan. Setelah itu, Anda tinggal mendapatkan manfaat dan ilmu yang ada. 

Di dalam Platform Merdeka Mengajar ini Anda akan menemukan berbagai modul pembelajaran yang akan berguna di kegiatan belajar mengajar. Anda bisa masuk pada aplikasi dengan menggunakan akun belajar.id atau akun madrasah. 

Setelah login Anda bisa memilih modul dan melakukan pelatihan mandiri dengan mudah. 

Berbagai Jenis Pelatihan Guru Penting untuk Pengembangan Karir

Itulah dia informasi tentang beberapa jenis pelatihan guru dan juga informasi lainnya. Jika Anda ingin memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni sebagai seorang guru, jangan anggap remeh pelatihan ini.

Jenis Kompetensi Guru di Sekolah dan Standarnya

Durasi Diklat Fungsional Guru untuk Mendapatkan Angka Kredit

Best Practice dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Profesi Guru

Share the Post:

Related Posts