Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the wordpress-seo domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/duniaguru/htdocs/duniaguru.id/wp-includes/functions.php on line 6114
Media Pembelajaran Digital: Bentuk dan Penerapannya - Dunia Guru

Media Pembelajaran Digital: Bentuk dan Penerapannya

Mendukung pembelajaran yang efektif bisa terlaksana dengan penggunaan media pembelajaran digital. 

Media pembelajaran ini akan memberikan efisiensi dalam proses pengajaran dan membantu dalam pemahaman konsep dengan lebih dalam.

Media pembelajaran dalam kelas bisa guru gunakan untuk membantu jalannya kegiatan belajar. 

Ada beberapa jenis media pembelajaran yang bisa guru gunakan, salah satunya yaitu media digital yang penggunaannya sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini.

Penggunaan media ini akan membantu para guru dalam melaksanakan kegiatan pengajaran dengan lebih kreatif dan inovatif. 

Dengan begitu, guru bisa merangsang keaktifan peserta didik sehingga bisa mengoptimalkan potensi mereka.

Untuk pemahaman tentang contoh media digital dan juga penerapannya, para guru bisa membaca informasi berikut ini.

Berbagai Bentuk Media Pembelajaran Digital

Media adalah suatu perantara yang digunakan untuk menyampaikan suatu proses atau ilmu dalam mengajar. 

Berbagai media pengajaran ini akan guru gunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran dengan menyediakan pemahaman dengan bentuk digital atau non digital.

Dalam proses belajar guru bisa saja menemukan kesulitan atau tantangan dalam menyampaikan suatu informasi secara lebih tepat sehingga peserta didik bisa memahami materi tersebut dengan baik. 

Untuk menjawab kesulitan ini, guru bisa menggunakan media digital yang memiliki berbagai jenis.

Dengan menggunakan media digital ini, guru juga akan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan inovatif pada peserta didik. 

Selain itu, dengan pembelajaran yang menarik, peserta didik akan bisa lebih mudah menangkap ilmu yang guru ajarkan. 

Hal ini tentunya bisa meningkatkan efisiensi proses pembelajaran di kelas. 

Penggunaan media digital ini terlaksana sejalan dengan berkembangnya teknologi dan internet. 

Media digital ini umumnya berupa media visual, audio, atau animasi yang dibuat sedemikian rupa sehingga bisa menyampaikan materi dengan baik. 

1. Multimedia

Bentuk media digital yang pertama yaitu multimedia, yaitu suatu kombinasi berbagai media seperti gambar, teks, video, dan animasi. 

Kombinasi ini membentuk suatu media ajar yang bisa guru gunakan untuk menyampaikan konsep dengan lebih tepat dan efektif. 

Contoh dari multimedia dalam pembelajaran yaitu website pembelajaran, aplikasi pembelajaran, game edukasi, atau aplikasi konferensi yang menggabungkan banyak media sehingga bisa membuat pembelajaran jadi lebih menarik dan interaktif.

2. Video Digital dan Animasi

Bentuk media digital lain yang bisa guru gunakan yaitu digital video dan animasi. 

Animasi adalah gambar bergerak dengan kombinasi efek suara yang dikemas secara menarik sehingga materi bisa tersampaikan dengan baik.

Penggunaan video atau animasi akan efektif dalam pembelajaran karena bisa menarik perhatian peserta didik, mempermudah konsep pembelajaran, memiliki tampilan yang menarik, dan bisa mempermudah susunan pembelajaran. 

Video ini umumnya berbentuk, video tutorial, animasi, video presentasi, video screencast, microvideo, dan lain sebagainya.

3. Audio 

Bentuk media digital yang selanjutnya yaitu audio. Umumnya media digital dalam bentuk ini bisa berupa podcast atau audiobook. 

Media audio ini berupa alat penyampaian materi dalam bentuk suara yang telah direkam sebelumnya.

Walaupun tidak menggunakan gabungan beberapa elemen lain, media audio masih bisa memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi peserta didik. 

Apalagi audio ini bisa peserta didik akses di mana saja dan kapan saja. 

Penggunaan audio juga bisa membantu peserta didik agar bisa fokus dengan materi dan tidak terdistraksi dengan gambar atau elemen lain sehingga materi bisa lebih mudah mereka pahami.

4. Permainan Edukasi

Bentuk media digital yang selanjutnya yaitu permainan edukasi. 

Sekarang ini sudah banyak sekali permainan edukasi yang tersedia secara online atau offline. 

Peserta didik bisa mengunduh permainan ini pada ponsel pintar mereka atau mengakses website permainan tersebut.

Permainan edukasi ini bisa membantu peserta didik dalam menghafal atau memahami konsep dengan lebih baik. 

Peserta didik akan mengingat materi dengan lebih baik dengan menggunakan permainan yang telah mereka gunakan sebelumnya.

5. Augmented dan Virtual Reality 

Augmented reality adalah suatu teknologi yang bisa menggabungkan benda maya dalam dua dimensi atau tiga dimensi pada suatu lingkungan nyata lalu memproyeksikannya. 

Teknologi ini akan membantu peserta didik dalam pemahaman akan sesuatu yang tidak bisa mereka alami sendiri.

Hal ini akan membantu penalaran dengan lebih baik selain itu kelas akan jadi lebih menarik dengan penggunaan teknologi ini. 

Virtual reality sendiri adalah suatu perpaduan dari gambar, grafik, multimedia dalam suatu teknologi. 

Dengan teknologi ini, peserta didik bisa merasakan pengalaman pembelajaran dengan lebih menarik dan tidak monoton. 

Kedua teknologi ini bisa membantu peserta didik dalam mengalami sendiri suatu kejadian atau proses. 

Penerapan Media Pembelajaran Digital

Dalam penerapannya, media digital ini tentu memiliki segudang manfaat. 

Manfaat ini bisa guru dan peserta didik dapatkan dengan penggunaan media digital yang tepat. 

Namun, para guru juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengimplementasikan media pembelajaran ini ke dalam kelas.

Beberapa pertimbangan ini umumnya berhubungan dengan perangkat dan ketersediaan media. 

Salah satunya yaitu ketersediaan perangkat elektronik pada peserta didik. Pastikan bahwa peserta didik atau sekolah sudah memberi fasilitas yang memadai atau belum dalam penggunaan media digital ini.

Beberapa sekolah mungkin tidak memiliki alat yang tepat untuk penggunaan media digital tertentu. 

Pihak peserta didik juga bisa saja tidak memiliki perangkat yang mendukung dalam pembelajaran dengan media digital.

Selain itu, para guru juga harus memahami adanya ketersediaan jaringan. Beberapa penggunaan media perlu menggunakan jaringan internet untuk akses. 

Perhatikan bahwa peserta didik telah memiliki jaringan internet yang memadai untuk mengakses media pembelajaran.

Sebelum penggunaan media, para guru juga harus memastikan bahwa peserta didik sudah paham dengan cara penggunaan media tersebut. 

Jika peserta didik belum memahaminya, pastikna untuk melakukan sesi tutorial sehingga bisa memberikan pemahaman yang benar tentang cara penggunaannya.

Contoh Media Pembelajaran Digital

Apa saja media pembelajaran digital yang bisa guru gunakan di sekolah? Berikut ini adalah beberapa contoh media digital yang bisa guru gunakan dalam kelas:

  • Ebook
  • Video Pembelajaran
  • Webinar
  • Game Edukasi
  • Podcast
  • Audiobook
  • Animasi video

Kekurangan dan Kelebihan Penggunaan Media Pembelajaran Digital

Dalam pelaksanaannya, penggunaan media digital tentu akan memberikan banyak manfaat dalam kelas. 

Namun, penggunaan media belajar ini juga memiliki kekurangan yang harus guru perhatikan.

1. Kekurangan Media Digital:

  • Membutuhkan akses internet padahal beberapa peserta didik di lokasi tertentu mungkin memiliki kesulitan dalam hal ini.
  • Membutuhkan modal dalam pembuatannya sehingga beberapa media digital mungkin tidak bisa guru dan peserta didik akses karena keterbatasan.
  • Membutuhkan keterampilan dalam penggunaan sehingga guru dan peserta didik perlu penyesuaian dengan penggunaannya. 
  • Memiliki resiko membuat peserta didik jadi terlalu banyak menggunakan gadget sehingga bisa membuat aktivitas belajar terganggu.

2. Kelebihan Media Digital:

  • Meningkatkan pemahaman karena suatu konsep bisa dijelaskan dengan lebih mudah.
  • Membuat pembelajaran jadi lebih menarik sehingga bisa memotivasi peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran.
  • Membantu guru dan peserta didik dalam berkreasi dan berinovasi.
  • Membantu guru dan peserta didik sehingga beradaptasi dengan perkembangan teknologi karena bisa mengimplementasikan teknologi ke dalam pembelajaran sehari-hari.
  • Pembelajaran bisa peserta didik akses dengan mudah kapan saja dan di mana saja.

Itulah dia beberapa informasi tentang media pembelajaran digital, contoh dan penerapannya dalam pembelajaran. Dengan informasi ini, para guru akan memahami penggunaan media digital dengan lebih baik sehingga bisa memanfaatkannya di proses belajar mengajar.

Media Pembelajaran Interaktif: Seluk Beluk Pembelajaran di Kelas

Media Pembelajaran Interaktif dalam Pelaksanaan Kurikulum di Kelas

Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa

Artikel ini ditulis oleh:

Share the Post: