Model Pembelajaran PAIKEM, Bagaimana Karakteristiknya?

Apa itu model pembelajaran PAIKEM? Model pembelajaran ini berasal dari konsep yang menyatakan bahwa kegiatan belajar mengajar harus berpusat pada peserta didik. 

Pembelajaran ini harus terlaksana dengan menyenangkan, sehingga bisa memberikan motivasi bagi para peserta didik untuk mengikuti pengajaran di kelas. 

Pengajaran yang menyenangkan tentunya akan menjadi kunci keberhasilan dalam penyampaian materi pelajaran dari guru ke peserta didik. 

Terdapat beberapa karakteristik dan prinsip yang harus ada terkait dengan model pembelajaran ini. Berikut ini adalah informasi penting terkait pembelajaran jenis PAIKEM. 

Pengertian Model Pembelajaran PAIKEM

Hal pertama yang harus diketahui dari model pembelajaran PAIKEM adalah pengertian itu sendiri. 

Pertama-tama, PAIKEM merupakan singkatan dari Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan.

Istilah aktif dalam pembelajaran ini maksudnya adalah dalam proses pembelajaran, guru harus bisa menciptakan suasana belajar yang kondusif. 

Suasana belajar kondusif ini memungkinkan peserta didik untuk turut serta dalam proses pembelajaran sehingga bisa ikut mengajukan ide, memberikan pendapat, serta berdiskusi bersama. 

Pembelajaran aktif dalam PAIKEM berarti melibatkan peserta didik secara langsung dalam pelaksanaan pengajaran di kelas. Peserta didik menjadi bagian yang dominan dalam pembelajaran di kelas. 

Inovatif berarti proses pembelajaran akan memberikan stimulasi pada peserta didik sehingga bisa memunculkan ide-ide baru yang lebih baik. 

Pembelajaran juga terlaksana dengan sedemikian rupa sehingga bisa mendukung kemajuan pembelajaran peserta didik. 

Kreatif dalam PAIKEM berarti mendukung kegiatan peserta didik yang bisa menunjukkan sisi kreatif peserta didik dalam menciptakan atau memberikan ide. 

Efektif, berarti pembelajaran di kelas harus bisa memberikan hasil yang efektif sehingga bisa menunjukkan hasil yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. 

Pembelajaran harus maksimal sehingga peserta didik bisa mencapai prestasi yang gemilang. 

Menyenangkan, berarti suasana pembelajaran haruslah terlaksana dengan menyenangkan sehingga bisa memotivasi peserta didik dalam menuntut ilmu di sekolah. 

Dengan begitu, peserta didik bisa lebih bersemangat dalam memahami materi pembelajaran di kelas. 

Kombinasi dari poin-poin tersebut akan memberikan manfaat pada pembelajaran di kelas jika terlaksana dengan baik. Pembelajaran akan jadi lebih bermakna sehingga tujuan pendidikan bisa tercapai. 

Karakteristik Model Pembelajaran PAIKEM

Model pembelajaran PAIKEM ini memiliki karakteristik unik yang bisa para guru perhatikan. 

Berikut ini adalah beberapa karakteristik yang bisa para guru baca agar memahami model pembelajaran ini dengan lebih baik. 

  • Memiliki sumber belajar yang beraneka ragam dan tidak hanya mengandalkan buku sebagai sumber belajar. 
  • Menggunakan sumber belajar tersebut yang didesain dengan berbagai bentuk kegiatan. 
  • Kegiatan belajar mengajar memiliki variasi. 
  • Mengembangkan kreativitas dalam tugas pembelajaran secara maksimal. 
  • Pelaksanaan kegiatan yang beragam sehingga bisa memunculkan antusias peserta didik. 
  • Peserta didik melakukan refleksi diri dengan menyampaikan kesan yang mereka terima di pembelajaran. 

Prinsip Model Pembelajaran PAIKEM

Model pembelajaran PAIKEM memiliki prinsip yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan. 

Berikut ini adalah beberapa prinsip yang harus diikuti jika ingin melaksanakan pembelajaran dengan model PAIKEM. 

1. Mengalami

Peserta didik terlibat secara aktif dalam hal fisik, mental atau emosional. Dengan pengalaman langsung ini peserta didik akan mendapatkan makna yang lebih baik jika dibandingkan dengan proses pembelajaran dengan mendengarkan saja. 

2. Komunikasi

Kegiatan pembelajaran akan terwujud dengan baik ketika ada komunikasi antara guru dan peserta didik. Proses komunikasi ini akan memberikan pengalaman belajar yang lebih baik. 

3. Interaksi

Dalam kegiatan belajar di kelas, harus ada interaksi antara peserta didik dan guru. Interaksi ini juga terjadi antara peserta didik dengan peserta didik lain dan juga lingkungan sekitar. 

4. Refleksi

Proses refleksi adalah proses yang penting dalam pelaksanaan pembelajaran ini. Proses ini akan menunjukkan sejauh mana pencapaian peserta didik dalam pembelajaran. 

Itulah dia informasi terkait model pembelajaran PAIKEM yang bisa para guru pelajari. Dengan informasi ini, guru bisa memahami karakteristik dan prinsip dari model pembelajaran tersebut sehingga pelaksanaannya tidak melenceng dari tujuan model pembelajaran.

Pembelajaran Berbasis Masalah, Bagaimana Konsep Pelaksanaanya?

Alur Tujuan Pembelajaran, Bagaimana Langkah Pelaksanaannya?

Penerapan Strategi Pembelajaran yang Tepat untuk Pendidik

Artikel ini ditulis oleh:

Share the Post: