Pembelajaran Picture and Picture, Bagaimana Karakteristiknya?

Hasil evaluasi belajar dari peserta didik sangat erat kaitannya dengan penggunaan metode pembelajaran di kelas. 

Terdapat beberapa jenis metode belajar yang bisa guru manfaatkan di kelas, contohnya yaitu pembelajaran picture and picture.

Pembelajaran ini termasuk dalam jenis metode belajar yang cukup populer. Dalam proses belajar menggunakan metode ini, peserta didik akan mendapatkan tantangan untuk bekerja sama untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang medianya menggunakan media gambar.

Dalam pembelajaran ini, peserta didik akan mempelajari banyak hal yang akan berguna untuk peningkatan kemampuan akademik mereka. 

Hal ini berguna agar peserta didik dapat meningkatkan kemampuan mereka dengan baik sehingga mencetak prestasi gemilang.

Definisi Pembelajaran Picture and Picture

Pembelajaran picture and picture adalah metode pembelajaran kooperatif yang memfokuskan pada kerja sama dengan menggunakan media gambar. 

Media gambar ini nantinya akan diurutkan dan berpasangan menjadi urutan yang logis.

Model pembelajaran ini adalah metode belajar yang dapat membantu agar para peserta didik bisa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. 

Selain itu, peserta didik juga akan dapat lebih terlatih dalam berpikir inovatif.

Karakteristik Pembelajaran Picture and Picture

Apa saja karakteristik pembelajaran picture and picture? Berikut ini adalah beberapa karakteristik yang bisa para guru pelajari dari jenis pembelajaran ini.

1. Aktif

Karakteristik pertama dari pembelajaran ini yaitu aktif. Pembelajaran ini akan membantu peserta didik agar jadi lebih aktif saat kegiatan di kelas. 

Ini karena guru akan menggunakan media belajar berupa gambar yang akan menarik minat belajar peserta didik.

Media gambar ini akan tersusun secara acak sehingga peserta didik harus aktif untuk menyelesaikan gambar tersebut. 

Dengan pembelajaran ini peserta didik akan jadi lebih tertarik dan penasaran dengan gambar tersebut. 

Keingintahuan ini yang akan membantu peserta didik agar jadi lebih aktif mengikuti pembelajaran di kelas.

2. Inovatif

Karakteristik yang selanjutnya yaitu inovatif. Dengan mengadakan pembelajaran ini, peserta didik akan dapat melatih kemampuan berinovasi mereka. 

Ini karena metode belajar picture and picture membutuhkan daya cipta yang tinggi dari sisi peserta didik atau sisi guru. 

Guru harus dapat menyiapkan dan memberikan gambar yang memiliki hubungan namun tersusun dengan acak. 

Hal ini demi menarik minat dan rasa penasaran peserta didik. Peserta didik sendiri harus ikut andil dalam menebak urutan gambar yang logis.

Kegiatan ini akan melatih kemampuan inovasi peserta didik dan guru. Hal ini lah yang menjadi karakteristik dari pembelajaran ini.

3. Kreatif

Karakteristik selanjutnya dari model pembelajaran in yaitu kreatif. Karakteristik ini bisa dilihat dari kegiatan di dalamnya yang senantiasa melatih kemampuan kreasi peserta didik hingga guru. 

Peserta didik akan jadi terlatih sisi kreativitasnya dengan berusaha menebak urutan gambar yang ada. 

Guru juga harus menggunakan sisi kreatif mereka agar bisa menggunakan gambar yang tepat dan dapat menstimulasi otak peserta didik.

4. Menyenangkan

Karakteristik selanjutnya dari metode pembelajaran picture and picture adalah kegiatannya yang menyenangkan. 

Metode pembelajaran ini akan menggunakan media gambar yang tentunya akan lebih menarik jika dibandingkan dengan menggunakan buku saja.

Media gambar yang menarik juga akan menarik minat peserta didik sehingga bisa membuat mereka merasakan kelas yang menyenangkan. 

Hal ini akan membantu agar peserta didik dapat dengan mudah menangkap maksud materi dan mendalami konsep.

Manfaat Pembelajaran Picture and Picture 

Secara umum pembelajaran ini akan memberikan banyak manfaat yaitu meningkatkan akademik peserta didik. Namun pembelajaran picture and picture tidak hanya bermanfaat untuk peserta didik atau murid, tapi juga untuk guru.

Berikut ini adalah beberapa manfaat pembelajaran picture and picture:

1. Membantu guru memahami kemampuan peserta didik

Manfaat yang pertama yang dapat guru dapatkan dengan menggunakan metode belajar ini yaitu bisa membantu guru agar dapat memahami kemampuan peserta didik yang mereka ajar. 

Kemampuan peserta didik dalam suatu pembelajaran memang berbeda.

Ada peserta didik yang lebih unggul dalam satu hal, dan ada peserta didik lain yang kurang dalam suatu tema. 

Dengan menggunakan pembelajaran ini, guru akan tahu apakah peserta didik yang mereka ajar memiliki kemampuan dalam sisi kreatif dan inovatif.

Apalagi melihat bahwa kemampuan kreatif dan inovatif adalah salah satu fokus dalam pembelajaran ini. 

Guru akan segera tahu siapa saja yang masih membutuhkan bantuan untuk mengembangkan kemampuan ini.

Dengan pengetahuan ini, guru akan dapat membantu peserta didik tersebut untuk meningkatkan kemampuan mereka dengan menggunakan metode atau strategi belajar yang lebih fokus.

2. Melatih peserta didik berpikir kreatif dan inovatif

Manfaat selanjutnya dari metode belajar ini yaitu dapat melatih peserta didik untuk menggunakan sisi kreatif dan inovatif mereka. 

Dalam pembelajaran ini peserta didik harus menggunakan kemampuan mereka dalam menyelesaikan gambar dan menyusun gambar secara benar.

Kegiatan ini akan menggunakan kemampuan kreativitas dan inovasi mereka sebagai fokus. 

Dengan melaksanakan kegiatan ini, peserta didik akan berlatih berpikir kritis untuk menyelesaikan gambar yang tersedia.

3. Membantu peserta didik berpikir logis dan sistematis

Manfaat selanjutnya dari metode belajar ini yaitu bisa membantu peserta didik agar dapat berpikir secara logis dan sistematis. 

Dalam metode ini, peserta didik akan mendapatkan gambar-gambar yang harus mereka cari urutannya. 

Peserta didik harus memahami urutan yang benar dan harus berpikir secara logis untuk menentukan jawaban yang tepat. 

Kegiatan ini bisa membantu peserta didik agar dapat melatih kemampuan mereka dalam berpikir secara logis dan menggunakan konsep sistematis.

Kemampuan ini akan membantu peserta didik dalam menyelesaikan masalah dalam soal dan menemukan jawaban tepat dari suatu permasalahan. 

4. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik

Manfaat selanjutnya yang tak kalah penting yaitu metode ini bisa membantu meningkatkan motivasi belajar peserta didik. 

Tidak jarang bahwa peserta didik akan merasakan bosan dan tidak berminat pada pembelajaran biasa di kelas.

Hal ini bisa menyebabkan penurunan prestasi dan menyebabkan kondisi kelas jadi kurang kondusif. 

Dengan menggunakan metode belajar ini, peserta didik akan jadi lebih tertarik dalam belajar karena menggunakan media gambar yang menarik rasa penasaran.

Dengan begitu, peserta didik akan jadi lebih bersemangat dalam melaksanakan pembelajaran bersama-sama. 

Apalagi peserta didik juga akan mendapatkan dorongan untuk aktif dalam kegiatan ini.

5. Meningkatkan keaktifan peserta didik

Manfaat selanjutnya dari penggunaan metode belajar ini yaitu bisa membantu agar peserta didik bisa meningkat keaktifannya. 

Dalam pembelajaran biasa, akan ada peserta didik yang tidak aktif dalam belajar.

Hal ini bisa guru hadapi dengan menggunakan pembelajaran picture and picture ini.

Dengan pembelajaran menggunakan gambar ini, peserta didik akan mendapatkan dorongan agar ikut dalam kegiatan di kelas.

Mereka akan mendapatkan motivasi untuk aktif sehingga bisa mendapatkan hasil belajar yang baik. 

Peserta didik juga akan lebih aktif karena pembelajaran yang lebih menyenangkan dan tidak monoton seperti metode pembelajaran yang lain.

Itulah dia informasi penting tentang pembelajaran picture and picture yang pastinya berguna untuk pengelolaan kelas. Dengan informasi ini, guru akan dapat melaksanakan pembelajaran dengan lebih menarik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ada.

Pendekatan Deduktif dalam Pembelajaran dan Karakteristiknya

Pendekatan Induktif dalam Pembelajaran: Langkah dan Karakteristik

Pembelajaran Kolaboratif Kurikulum Merdeka dan Penerapannya

Artikel ini ditulis oleh:

Share the Post: