Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the wordpress-seo domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/duniaguru/htdocs/duniaguru.id/wp-includes/functions.php on line 6114
Pembelajaran Archives - Laman 3 dari 11 - Dunia Guru

Proses Kolaboratif Guru dan Siswa, Apa Tujuannya?

Kemampuan kolaborasi adalah suatu keterampilan yang penting dalam kehidupan masa kini.  Pembelajaran dengan proses kolaborasi guru dan siswa ini akan memberikan banyak keuntungan dalam pribadi dan akademik.  Dalam kepribadian sendiri, peserta didik bisa menumbuhkan sikap kerja sama dan ketergantungan secara positif, meningkatkan tanggung jawab dan membantu memperkuat kemampuan komunikasi.  Melihat secuil dari beberapa manfaat pembelajaran […]

Komponen Pembelajaran Berdiferensiasi, Ketahui Jenisnya!

Untuk mengoptimalkan penerapan konsep berdiferensiasi di sekolah, perlu memperhatikan adanya komponen pembelajaran berdiferensiasi.  Hal ini sangat penting agar bisa meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan konsep berdiferensiasi.  Pembelajaran berdiferensiasi sendiri adalah suatu metode dalam pendidikan yang mempercayai bahwa tiap peserta didik memiliki keunikan tersendiri dalam proses memahami materi.  Dengan penggunaan metode berdiferensiasi ini, para guru bisa […]

Kegiatan Apersepsi oleh Guru, Bagaimana Penerapannya?

Apa itu kegiatan apersepsi oleh guru? Kegiatan apersepsi ini adalah sesuatu yang umumnya banyak guru lewatkan dalam pelaksanaan pembelajaran.  Padahal kegiatan ini adalah suatu kunci keberhasilan dalam menyampaikan materi pada peserta didik.  Apersepsi sendiri adalah kegiatan yang guru lakukan sebelum materi untuk bisa meningkatkan minat dan semangat peserta didik dalam mempelajari ilmu di dalam kelas.  […]

Karakteristik Siswa dengan Perilaku Bernalar Kritis

Pembelajaran perlu memperhatikan perkembangan peserta didik dalam hal karakter dan kepribadian.  Pelaksanaan pendidikan harus bisa menghasilkan peserta didik dengan perilaku bernalar kritis yang akan berguna untuk kegiatan di sekolah dan juga di kehidupan sehari-hari.  Perilaku kritis ini akan menjadi suatu kunci peningkatan kemampuan akademik peserta didik sehingga bisa memahami pembelajaran dengan lebih baik.  Jika diarahkan […]

Pembelajaran Berpusat pada Siswa: Kelebihan dan Kekurangan

Peningkatan kualitas pendidikan adalah hal yang menjadi tujuan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.  Hal ini demi terlaksananya pendidikan yang memiliki kualitas tinggi dan memberikan hasil lulusan terbaik. Untuk itu, banyak guru yang menerapkan pembelajaran berpusat pada siswa.  Memilih jenis pembelajaran adalah hal yang penting dalam pelaksanaan kegiatan di sekolah.  Dengan metode pembelajaran yang tepat, guru […]

Pendekatan Pembelajaran Heutagogi untuk Peningkatan Kompetensi

Pendekatan pembelajaran heutagogi memiliki banyak keuntungan ketika diterapkan di kelas. Pembelajaran ini fokus pada peserta didik yang memiliki kendali utama dalam proses pembelajaran.  Karena di masa ini, peserta didik tidak bisa terus menjadi objek dalam pengajaran di kelas. Peserta didik harus bisa mengambil kendali dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan dalam diri mereka sendiri sehingga bisa […]

Pembelajaran Pendekatan Induktif: Kelebihan dan Kekurangannya

Pembelajaran pendekatan induktif adalah salah satu model pembelajaran yang menjadi pilihan para guru.  Model pembelajaran ini memungkinkan para peserta didik untuk belajar dengan menggunakan pengalaman secara langsung dan melakukan refleksi akan pengalaman tersebut.  Dengan pendekatan pembelajaran ini, peserta didik bisa melatih kemampuan berpikir kritis dan nalar dengan lebih baik.  Dengan model pembelajaran ini, peserta didik […]

Pembelajaran Pendekatan Deduktif dan Penerapannya

Metode tradisional dalam belajar umumnya fokus pada pemberian materi oleh guru lalu berlanjut pada contoh soal. Praktek ini masuk dalam konsep pembelajaran pendekatan deduktif.  Pembelajaran jenis ini adalah model pengajaran yang fokus pada pemberian materi yang nantinya dilanjutkan dengan contoh soal atau contoh penerapan materi.  Metode ini umum terlaksana pada kelas-kelas yang fokus pada guru […]

Media Pembelajaran Interaktif dalam Pelaksanaan Kurikulum di Kelas

Perkembangan teknologi saat ini sangat mempengaruhi banyak sektor kehidupan di Indonesia hingga dunia.  Salah satu dampaknya pada sektor pendidikan yaitu penggunaan media pembelajaran interaktif yang bisa menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah.  Penggunaan media pembelajaran memang umum dilaksanakan karena bisa membantu pemahaman peserta didik pada materi ajar.  Media pembelajaran yang interaktif bisa membantu dalam pemahaman materi […]

Fungsi Asesmen Awal Pembelajaran untuk Peserta Didik

Penting sekali untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik sebelum melaksanakan pembelajaran.  Maka dari itu banyak yang telah melaksanakan asesmen awal pembelajaran pada peserta didik yang mereka ajar.  Namun, secara umum banyak guru yang tidak melaksanakan asesmen ini. Alhasil banyak yang tidak bisa mengukur kemampuan peserta didik dengan baik sehingga tujuan pembelajaran belum bisa tercapai.  Hal […]