Pembukaan Formasi PPPK Guru 2024, Cek Jadwalnya!

Menjadi seorang pegawai pemerintahan adalah impian banyak orang. Untungnya pemerintah telah membuka kesempatan untuk warga masyarakat agar bisa menjadi bagian dari pemerintahan, contohnya yaitu dengan adanya pembukaan formasi PPPK guru 2024.

Pembukaan formasi PPPK guru ini akan membantu kesejahteraan para guru di Indonesia sehingga bisa mengajar dengan lebih baik dan memberikan kinerja maksimal. Tidak hanya untuk guru, pembukaan formasi PPPK ini juga terbuka untuk berbagai posisi lainnya. Berikut ini adalah informasi selengkapnya.

Jadwal Pembukaan Formasi PPPK Guru 2024

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah membuka kebijakan formasi khusus untuk pengadaan tenaga pendidikan dan kesehatan di seleksi PPPK dan CPNS di tahun 2024.

Abdullah Azwar Anas sebagai menteri Pan RB mengungkapkan bahwa kebutuhan CPNS dan PPPK di tahun 2024 sebanyak 2 juta formasi, sekitar 22 persen merupakan formasi yang tersedia untuk tenaga pendidikan di daerah.

Jumlah tersebut jika dilakukan perhitungan yaitu bisa mencapai lebih dari 400 ribu formasi tenaga pendidikan di daerah. Berita ini menjadi kabar gembira bagi para guru di luar sana.

Anas juga mengungkapkan bahwa usulan formasi telah selesai pada akhir Januari lalu. Untuk saat ini, Anas telah mendapatkan usulan dari 478 instansi daerah untuk posisi guru. 

Pada 169 instansi daerah, ada usulan 22.142 ribu guru CPNS. Untuk usulan lainnya sebanyak 155.151 yaitu untuk posisi guru PPPK oleh 467 instansi daerah. 

Aba Subagja sebagai Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, mengungkapkan bahwa Kementerian PANRB membuka usulan ruang lebih untuk posisi guru. Untuk instansi daerah di regional 2 masih dapat melakukan pengusulan dengan metode e-formasi hingga Maret 2024. 

Pembukaan seleksi ini akan segera ditetapkan setelah data kebutuhan sudah lengkap. Untuk yang ingin mengikuti seleksi ini, sebaiknya terus memperhatikan website seleksi PPPK dan CPNS dengan seksama. 

Informasi Seleksi 2024

Untuk seleksi PPPK kali ini, sistem perekrutan serta gaji akan menjadi tanggungan pemerintah pusat. Hal ini karena terdapat masalah pada lulusan PPPK lalu. Namun, hal ini menjadi suatu keuntungan bagi PPPK. 

Dengan adanya sistem ini, maka sistem gaji PPPK mirip dengan sistem CPNS. Apalagi, pegawai PPPK sekarang juga sudah mendapatkan banyak tunjangan yang hampir sama dengan CPNS. 

Namun, keduanya masih tetap berbeda. CPNS tidak memiliki kontrak atau batas masa kerja sehingga bisa bekerja hingga waktu pensiun. Hal ini berbeda dengan PPPK yang memiliki masa kontrak kerja mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun. 

Berikut ini adalah beberapa informasi terkait dengan seleksi PPPK di tahun 2024 secara lebih lengkap. 

1. Pembukaan Guru Agama

Pengumuman tentang formasi PPPK dan CPNS di tahun 2024 masih belum menyebutkan adanya pembukaan formasi guru agama. Menurut Kepala BKN, diskusi mengenai formasi tersebut sudah terjadi namun masih belum diketahui hasilnya hingga saat ini.

Namun, BKN menyebutkan bahwa formasi ini masih memiliki kemungkinan untuk diadakan. Hal ini tentu saja sesuai dengan formasi yang telah diajukan oleh instansi di daerah dan pusat. 

2. Kontrak PPPK

Sistem kontrak PPPK banyak menjadi suatu pembeda dengan posisi PNS. Ini karena adanya sistem kontrak tersebut, pegawai akan was-was jika kontrak tidak berlanjut di kemudian hari. Namun, kontrak PPPK ini tidak sama dengan kontrak biasa. 

PPPK cenderung lebih efektif untuk proses rekrutmen dan juga seleksi kebutuhan di suatu posisi. PPPK juga memberikan hak yang cukup sama dengan PNS lainnya. 

Bahkan untuk PPPK guru, perpanjangan jabatan dapat terjadi secara otomatis jika guru tersebut memenuhi persyaratan yang ada.

Terlebih, pendaftaran untuk PPPK tidak sama dengan CPNS yang memiliki maksimal umur 35 tahun pada saat pendaftaran. Untuk PPPK, pendaftaran bisa masyarakat lakukan hingga maksimal umur 59 tahun. 

Pembukaan Formasi PPPK Guru 2024 Jadi Informasi Penting

Itulah dia informasi mengenai pembukaan formasi PPPK guru dan juga serba-serbi informasi tentang seleksi penerimaan. Semoga dengan informasi ini, Anda akan dapat mengikuti seleksi dengan persiapan yang matang.

Syarat Guru PPPK Menjadi Kepala Sekolah di Satuan Pendidikan

Penting! Akan Ada Perpanjangan Otomatis Kontrak Kerja PPPK Guru

Sudah Disahkan, Guru Honorer Diangkat Jadi PPPK di Tahun 2024

Share the Post:

Related Posts