Jenis-Jenis Perangkat Pembelajaran K13

Perangkat Pembelajaran K13

Untuk seorang guru, adanya perangkat pembelajaran tentunya bukan hal yang asing lagi. Komponen pembelajaran satu ini memang menjadi salah satu hal yang penting dan wajib untuk guru persiapkan sebelum mengajar. Terlebih lagi, ada beberapa perbedaan di perangkat pembelajaran k13 yang mungkin harus guru persiapkan. 

Di dalam kurikulum 2013 atau k13, ada beberapa perangkat pembelajaran yang harus guru siapkan di awal tahun pembelajaran. Perangkat pembelajaran ini akan menjadi komponen yang membantu agar tujuan belajar dan mengajar jadi lebih mudah. Perangkat pembelajaran ini juga memiliki beberapa manfaat lain yang mungkin tidak para guru sadari. 

Lalu, apa sajakah perangkat pembelajaran itu? Kalau Anda penasaran, silahkan membaca informasi berikut ini. 

Apa itu Perangkat Pembelajaran K13?

Sebelum mengetahui apa saja jenis perangkat pembelajaran dalam kurikulum 2013, Anda harus mengetahui apa pengertian dari perangkat pembelajaran itu sendiri. Perangkat pembelajaran atau perangkat ajar adalah suatu pedoman yang terdiri dari beberapa materi pembelajaran yang dapat membantu dan mendukung kegiatan guru dalam kelas. 

Sedangkan perangkat ajar untuk kurikulum 2013 sendiri memiliki arti yaitu sebuah pedoman untuk guru dalam kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Perangkat pembelajaran ini akan guru persiapkan sendiri di awal tahun ajaran. Penggunaan perangkat ajar ini berfungsi untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar agar lebih efektif dan efisien sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai. 

Perangkat pembelajaran sendiri bisa terdiri dari program tahunan atau prota, silabus, media pembelajaran, program semester dan lain sebagainya. Ada beberapa komponen pembelajaran yang harus ada di kurikulum ini. 

Jenis-Jenis Perangkat Pembelajaran K13

Perangkat pembelajaran untuk k13 memiliki beberapa jenis. Perangkat pembelajaran ini sangat perlu untuk guru persiapkan sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Jika ingin mengetahui apa saja perangkat pembelajaran tersebut, ini dia beberapa informasinya. 

1. Silabus

Silabus adalah suatu rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran di sekolah. Silabus ini terdiri dari kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu dan juga sumber atau alat belajar yang dikembangkan di instansi pendidikan. 

Silabus tidak bisa dibuat sembarangan. Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, silabus harus mengandung beberapa komponen. Contohnya yaitu identitas mata pelajaran, identitas sekolah, kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan juga sumber belajar. 

2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Perangkat pembelajaran yang selanjutnya yaitu RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah sebuah rencana pembelajaran yang guru kembangkan dari silabus untuk dapat mencapai suatu kompetensi dasar yang telah menjadi standar. 

Ada beberapa komponen RPP yang harus ada. Contohnya yaitu:

  • Alokasi waktu
  • Identitas sekolah
  • Identitas mata pelajaran
  • Media pembelajaran
  • Sumber belajar
  • Kelas/semester
  • Materi pokok
  • Tujuan pembelajaran
  • Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
  • Materi pembelajaran
  • Pendekatan, metode dan model pembelajaran
  • Kegiatan/langkah-langkah pembelajaran
  • Penilaian hasil pembelajaran

3. Kalender Akademik

Perangkat pembelajaran k13 juga harus memuat kalender akademik. Kalender akademik adalah suatu jadwal kegiatan akademik dalam satu tahun pelajaran. Kalender akademik ini terdiri dari dua macam yaitu untuk semester ganjil dan juga genap. 

Kalender akademik ini bertujuan sebagai acuan untuk pengelolaan pendidikan ketika merancang kegiatan pembelajaran selama satu tahun. Kalender akademik juga bisa menjadi suatu informasi untuk orang tua siswa mengenai kegiatan yang akan siswa ikuti di tahun ajaran tersebut. 

4. Program Tahunan (Prota)

Prota atau Program Tahunan adalah suatu rencana penetapan waktu dalam satu tahun ajaran untuk mencapai standar kompetensi dan juga kompetensi dasar yang ditetapkan. Prota harus dapat Anda susun dengan memperhatikan kurikulum dan juga perhitungan pekan efektif. 

Guru juga harus memperhatikan komponen lain dalam Prota. Contohnya yaitu identifikasi satuan pendidikan, mata pelajaran, tahun pelajaran, alokasi waktu, kompetensi dasar dan inti.

5. Program Semester (Promes)

Selanjutnya yaitu ada Promes yang menjadi salah satu perangkat pembelajaran k13. Promes adalah bentuk penjabaran dari Prota. Di dalam Promes ada beberapa hal yang menjadi tujuan pembelajaran selama satu semester secara garis besar. 

Hal-hal tersebut juga harus memperhatikan alokasi waktu di tiap minggu. Promes akan membantu guru dalam menyelesaikan mata pelajaran yang tersusun. 

6. Rincian Pekan Efektif

Selanjutnya yaitu RPE. Rincian Pekan Efektif adalah suatu hitungan jumlah keseluruhan dari oekan atau kegiatan pertemuan yang efektif dari kegiatan belajar mengajar di sekolah selama satu tahun ajaran. RPE ini harus berdasarkan kalender akademik yang sudah tersusun sebelumnya. RPE akan membantu agar menjadi evaluasi pembelajaran pada kelas. 

7. Buku Absen

Hal yang tak kalah penting yaitu adanya buku absen. Buku absen adalah buku yang memuat nama lengkap siswa dalam suatu kelas beserta keterangan waktu dalam suatu masa ajaran. 

Buku absen ini berfungsi untuk membantu memantau kehadiran siswa di kelas. Siswa yang absen atau hadir akan terpantau dengan adanya buku tersebut.

8. Buku Jurnal

Perangkat pembelajaran k13 yang selanjutnya yaitu buku jurnal. Buku jurnal adalah buku yang memuat catatan sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran. Buku ini akan membantu menjadi evaluasi guru dan siswa dalam suatu kelas.

9. Buku Penilaian

Selanjutnya ada yang bernama buku penilaian. Buku ini cukup berbeda dengan buku jurnal. Buku penilaian akan guru gunakan untuk mencatat informasi dari hasil evaluasi belajar siswa.

10. Bundel Portofolio

Selanjutnya ada bundel portofolio. Bundel portofolio ini adalah kumpulan tugas-tugas yang siswa kerjakan. Bundel ini memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan hasil pembelajaran siswa di kelas. 

Bundel portofolio ini juga dapat guru gunakan untuk menilik kembali pada perkembangan kompetensi siswa di kelas. Jadi guru bisa merancang strategi belajar yang lebih baik lagi. 

11. Bank Soal

Bank soal adalah suatu buku yang memuat kumpulan soal yang akan guru berikan pada siswa. Bank soal ini akan membantu mengembangkan kemampuan siswa dalam berpikir dan juga dalam menyelesaikan permasalahan dalam aktivitas belajar. 

12. Media Pembelajaran

Selanjutnya yaitu ada media pembelajaran. Media pembelajaran adalah suatu alat bantu yang guru gunakan untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar di kelas agar penyampaian materi bisa lebih mudah. Media pembelajaran ini bisa dalam bentuk papan tulis, peta, grafik, dan lain sebagainya.

Manfaat Perangkat Pembelajaran

Menggunakan perangkat pembelajaran k13 di kelas adalah suatu yang menguntungkan. Tidak hanya bagi guru tetapi juga untuk kegiatan belajar mengajar di kelas. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya di sini. 

1. Menjadi Pedoman atau Panduan

Perangkat pembelajaran memiliki manfaat yang penting dalam kegiatan di sekolah. Perangkat pembelajaran akan menjadi suatu panduan atau pedoman bagi guru ketika melakukan kegiatan mengajar di sekolah. 

Kegiatan mengajar akan jadi efektif jika dilakukan dengan sistematis dan terstruktur. Hal ini bisa terbantu dengan adanya kegiatan pembelajaran yang menggunakan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran juga dapat membantu guru untuk merancang teknik mengajar yang lebih baik ke depannya. 

2. Mempermudah Guru dalam Evaluasi Hasil Belajar

Manfaat lainnya yaitu dapat membantu guru dalam kegiatan evaluasi hasil belajar. Dengan adanya perangkat pembelajaran, guru dapat mengetahui seberapa jauh perkembangan peserta didik dalam kegiatan belajar. 

Hal ini dapat membantu agar guru dapat merancang sistem belajar yang tepat bagi murid tersebut. Jadi tujuan pembelajaran bisa terlaksana dengan tepat sasaran pada semua peserta didik. 

3. Menunjukkan Profesionalitas Guru

Perangkat pembelajaran adalah komponen penting yang harus guru susun sebelum awal tahun ajaran dimulai. Penyusunan dan persiapan perangkat ajar ini bisa menjadi tanda profesionalitas guru tersebut. 

Guru yang profesional akan dapat mempersiapkan dan juga menggunakan perangkat ajar dengan baik. Kesiapan guru ini akan terlihat ketika menghadapi kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Cukup Banyak Perangkat Pembelajaran K13

Itulah dia beberapa perangkat pembelajaran k13 yang penting untuk para guru persiapkan sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Persiapan mengenai perangkat pembelajaran ini akan membantu guru agar bisa bekerja dengan profesional dan mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Siapkan sedini mungkin untuk kegiatan sekolah yang efektif. 

Share the Post:

Related Posts