Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka, Apa Saja?

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Kesiapan seorang guru dalam mengajar bisa menjadi patokan profesionalitas mereka di sekolah. Guru harus bisa mempersiapkan dan memperhatikan apa saja yang wajib ada di setiap tahun ajaran. Salah satunya yaitu perangkat pembelajaran kurikulum merdeka. 

Perangkat pembelajaran adalah suatu hal yang wajib untuk guru persiapkan sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Perangkat pembelajaran di kurikulum merdeka memiliki perbedaan yang cukup besar dengan kurikulum sebelumnya. Maka dari itu, guru harus bisa memenuhi kebutuhan perangkat pembelajaran yang tepat agar siswa bisa belajar dan mencapai materi pelajaran yang sesuai. 

Untuk mengetahui apa saja yang guru butuhkan dalam perangkat pembelajaran kurikulum tersebut, silahkan membaca artikel ini. Di artikel ini Anda akan mendapatkan informasi mengenai pengertian perangkat pembelajaran, jenis-jenis perangkat pembelajaran, hingga perbedaannya dengan kurikulum sebelumnya. 

Apa itu Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka?

Pengertian umum dari perangkat pembelajaran atau perangkat ajar sendiri yaitu berbagai materi ajar yang dapat guru pakai untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di kelas. Perangkat pembelajaran ini umumnya juga termasuk dengan mekanisme dan juga tujuan pembelajaran yang sesuai dengan fase tertentu. Perangkat pembelajaran ini akan membantu guru menjadi pedoman dalam kegiatan di kelas agar tujuan bisa tercapai. 

Kurikulum merdeka adalah bentuk kurikulum yang memiliki model belajar intrakurikuler beragam. Hal ini akan membantu agar implementasi konten jadi lebih optimal. Kurikulum ini membantu agar siswa punya waktu yang cukup untuk memahami konsep belajar. Guru akan dapat memilih perangkat pembelajaran yang lebih leluasa dalam kurikulum ini. Hal ini akan membantu agar proses belajar siswa bisa sesuai dengan minat mereka.

Perangkat pembelajaran kurikulum merdeka sendiri berisi berbagai perangkat ajar yang dapat guru pakai dalam mencari referensi materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Perangkat ajar kurikulum ini akan memiliki model perangkat ajar yang lengkap dengan alur dan capaian belajar. Keduanya akan membantu agar guru bisa semakin mudah dalam menentukan proses belajar yang sesuai dengan kurikulum merdeka. 

Perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka inu memiliki alur penulisan yang sesuai dengan Panduan Belajar dan Asesmen. 

Apa Perbedaan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka dengan K13?

Kurikulum merdeka adalah suatu program pengembangan kurikulum pendidikan yang telah muncul sejak tahun 2021 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kurikulum ini tersusun dengan maksud agar dapat memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia dengan pendekatan yang lebih kontekstual, inklusif dan juga berpusat pada siswa. 

Kurikulum ini member pendekatan baru dalam pengembangan kurikulum di Indonesia yang dulunya masih kurang fleksibel. Di kurikulum merdeka ini, tenaga pendidik akan menemukan beberapa poin yang menjadi acuan. Contohnya yaitu seperti kurikulum pendidikan yang lebih inklusif dan kreatif, memusatkan kebutuhan siswa, partisipatif, menjawab tantangan zaman, dan juga pembelajaran yang berdasarkan kompetensi. 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kurikulum merdeka ini memiliki beberapa perkembangan yang cukup besar dari kurikulum sebelumnya. Kurikulum merdeka dianggap lebih fleksibel dan mampu menjawab tantangan zaman. Lalu apa saja perbedaan kurikulum ini dengan kurikulum K13 sebelumnya? 

1. Tujuan

Perbedaan kurikulum merdeka dan kurikulum k13 bisa Anda ketahui dari tujuannya. Tujuan dari kurikulum merdeka adalah agar dapat memperkuat karakter dan juga moral peserta didik. Hal ini berbeda dengan kurikulum k13 yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan juga kemampuan siswa dalam banyak bidang. 

2. Pendekatan

Perbedaan selanjutnya bisa Anda lihat dari pendekatan yang diterapkan. Pendekatan dalam kurikulum merdeka yaitu menggunakan pendekatan karakter dan juga keterampilan. Sedangkan kurikulum k13 menggunakan pendekatan kompetensi. 

3. Mata Pelajaran

Pada kurikulum merdeka, mata pembelajaran menekankan pada pembelajaran karakter dan moral. Hal ini berbeda dengan kurikulum k13 yang memiliki mata pelajaran yang lebih lengkap dan sistematis. 

4. Penilaian

Kurikulum merdeka menggunakan penilaian non-akademik. Untuk kurikulum k13 penilaian menggunakan sistem yang terstruktur dan sistematis. 

Jenis-Jenis Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka 

Sedikit berbeda dengan perangkat pembelajaran di kurikulum k13, kurikulum merdeka memiliki beberapa jenis perangkat pembelajaran yang dapat Anda bagi menjadi tiga. Jenis-jenis perangkat pembelajaran ini akan membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Ini dia beberapa informasinya. 

1. Modul Ajar

Modul ajar adalah sejenis perangkat pembelajaran yang guru pakai dalam kegiatan belajar mengajar agar dapat mencapai profil pelajar yang berdasarkan pada Capaian Pembelajaran atau CP. Modul ajar akan menjadi gambaran dari Alur Tujuan Pembelajaran atau ATP yang telah tersusun sesuai dengan tahapan tumbuh kembang pendidikan siswa. 

Dalam modul ajar ini, guru memiliki kewenangan untuk:

  • Menentukan dan juga mengembangkan modul ajar yang tersedia dari pemerintah agar sesuai dengan perangkat pembelajaran dan kebutuhan siswa. 
  • Membuat perangkat pembelajaran sendiri yang sesuai dengan karakter peserta didik. 
  • Guru dan satuan pendidikan dapat menerapkan strategi pembelajaran selama perangkat pembelajaran yang telah ada bisa memenuhi kriteria yang sudah ditentukan sehingga aktivitas belajar sesuai dengan asesmen dan konsep belajar. 

2. Modul Projek

Perangkat pembelajaran kurikulum merdeka yang ketiga yaitu modul proyek. Modul proyek adalah perangkat pembelajaran yang menjadi panduan dari pihak sekolah dalam pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila. Perangkat ajar ini menjelaskan rencana belajar dengan konsep proyek atau bisa juga disebut dengan project based. 

Modul proyek harus dapat tersusun sesuai dengan tahap perkembangan pendidikan siswa. Yaitu dengan mempertimbangkan dan memperhatikan topik dan juga tema proyek. Perangkat ajar ini juga harus memperhatikan aspek elemen, dimensi, dan sub-elemen Profil Pelajar Pancasila. 

Tenaga didik dan sekolah memiliki kewenangan terkait modul proyek ini, yaitu:

  • Memilih atau mengubah modul proyek yang tersedia dari pemerintah agar sesuai dengan karakter siswa. 
  • Membuat modul sendiri yang sesuai dengan kebutuhan siswa. 
  • Sekolah dan guru dapat memakai berbagai macam strategi pada modul proyek asalkan sesuai dengan kriteria dan sesuai dengan prinsip belajar dan asesmen. 

3. Buku Teks

Perangkat pembelajaran kurikulum merdeka yang selanjutnya yaitu buku teks. Perangkat ajar ini adalah suatu buku pelajaran di tiap mata pelajaran tertentu. Buku ini memuat informasi dalam mata pelajaran yang tersusun dengan sistematis. Buku teks dalam kurikulum ini akan terbagi lagi menjadi buku teks pendamping dan buku teks utama. 

Buku teks utama yaitu buku yang guru gunakan dalam kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan kurikulum yang ada dan sudah pemerintah sediakan. Penggunaan buku ini tidak ada pungutan biaya. Sedangkan buku teks pendamping yaitu buku yang menjadi pelengkap buku utama yang umumnya membutuhkan biaya tambahan. 

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Lebih Simpel

Itulah dia informasi tentang perangkat pembelajaran kurikulum merdeka yang wajib Anda ketahui. Mempersiapkan perangkat ajar ini dengan baik sebelum tahun ajaran akan membantu agar kegiatan belajar mengajar jadi lebih efektif dan efisien ke depannya. Sebagai guru Anda harus dapat memenuhi persiapan yang dibutuhkan untuk kegiatan belajar mengajar yang maksimal. 

Share the Post:

Related Posts