Mengenal Serdik Guru dan Fungsinya, Simak di Sini!

Seorang guru harus memenuhi kompetensi yang tepat agar bisa mengajar dengan profesional. Untuk itulah guru dapat mendapatkan pengakuan akan kompetensi ini melalui serdik guru atau sertifikat pendidik untuk guru. 

Sertifikat ini berguna sebagai suatu pengakuan akan kompetensi guru di bidang pendidikan formal. Sertifikat ini bisa membantu mengetahui apakah guru memiliki kualitas dan kompetensi yang akan dibutuhkan oleh pendidikan di Indonesia. 

Untuk mendapatkan sertifikat ini, guru harus memenuhi beberapa syarat dan juga mengikuti program yang telah pemerintah tetapkan. 

Sebelum itu, kenali dulu pengertian serdik untuk guru ini dan juga fungsi serta cara mendapatkannya. Simak informasi berikut untuk tahu pengertian serdik dan fungsinya. 

Apa Itu Serdik Guru

Serdik guru atau sertifikat pendidik adalah suatu bukti dalam bentuk formal sebagai suatu pengakuan yang pemerintah berikan untuk guru sebagai tenaga ahli profesional. 

Sertifikat ini diberikan sebagai pengakuan kepada guru yang telah memenuhi kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan juga kompetensi profesional. Hal ini sesuai dengan ketentuan dari peraturan undang-undang. 

Sertifikat pendidik ini dapat guru ikuti untuk guru yang mengajar pendidikan usia dini, pendidikan dasar, dan menengah pada jalur pendidikan formal. Untuk mengikutinya, guru harus memenuhi syarat yang sudah ditetapkan. 

Program ini adalah suatu usaha pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi guru di Indonesia. Pelaksanaan sertifikasi ini telah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atur. 

Guru yang telah memiliki sertifikat ini akan memiliki bukti pengakuan formal sebagai tenaga profesional pendidik. Pelaksanaan sertifikasi terselenggara di perguruan tinggi dengan program pengadaan tenaga pendidik yang memenuhi syarat dari pemerintah.

Guru yang telah memiliki serdik akan menerima keuntungan lainnya. Guru akan mendapatkan uang tunjangan sertifikasi dalam bentuk tunjangan profesi atau TPG. Tunjangan ini akan guru dapatkan jika data sudah benar. 

Namun, jika guru ketahuan memiliki dua sertifikat pendidik, guru tersebut kemungkinan tidak akan mendapatkan tunjangan sertifikasi. Maka dari itu, lakukan pengecekan dan validasi data dengan benar. 

Fungsi Serdik Guru

Setelah mengetahui apa itu sertifikat pendidik untuk guru, sekarang Anda bisa mempelajari tentang fungsi dari sertifikat ini. Dengan begitu, Anda jadi tahu apa saja yang menjadi manfaat dari sertifikat ini. Ini dia informasi tentang fungsinya:

1. Melindungi Mutu dan Kualitas Guru

Sertifikat pendidik ini memiliki fungsi yang penting demi menjaga mutu dan kualitas guru. Guru di Indonesia akan memiliki standar kompetensi dan kualitas yang merata sehingga pendidikan Indonesia bisa terlaksana dengan baik. 

Dengan adanya sertifikasi ini, guru akan dapat meningkatkan mutu dan kualitas diri sehingga sesuai dengan syarat yang ada. Hal ini akan membantu pendidikan di Indonesia nantinya. 

2. Melindungi Pendidikan Indonesia dari Praktek Tidak Kompeten

Pendidikan Indonesia terus bertumbuh dan berkembang. Dalam proses tersebut, kualitas tenaga pendidikan harus terjaga dan memiliki mutu yang tepat. 

Dengan adanya sertifikasi ini, pendidikan di negara ini akan terbebas dari praktek tidak kompeten dari guru-guru yang tidak memenuhi standar. Dengan begitu, kualitas pendidikan akan jadi lebih merata di seluruh wilayah Indonesia. 

3. Membantu Menyejahterakan Guru

Guru yang memiliki sertifikat pendidik akan memiliki hak akan tunjangan sertifikasi. Dengan tunjangan ini, guru akan dapat meningkatkan kesejahteraan diri setelah memenuhi tanggung jawab sebagai pengajar. 

Tunjangan ini akan membantu agar guru bisa lebih sejahtera dan lebih makmur. Dengan kondisi yang meningkat, guru akan dapat menunjukkan performa yang lebih baik lagi. 

4. Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia 

Kualitas pendidikan di Indonesia sudah tertinggal dari beberapa negara lain.  Apalagi dengan adanya pandemi, kualitas hasil belajar murid jadi lebih menurun dari sebelumnya. Ini adalah suatu masalah besar bagi generasi di masa depan nantinya. 

Untuk itulah, guru harus turut mengembangkan diri agar tidak tertinggal dari perkembangan di lingkungan. Dengan guru yang memiliki kompetensi tinggi, maka pendidikan Indonesia akan jadi jauh lebih maju nantinya. 

5. Menentukan Kelayakan Guru

Fungsi serdik untuk guru yang lainnya yaitu sebagai penentu kelayakan seorang guru. Ketika memiliki sertifikat pendidik, guru tentunya sudah memenuhi syarat dan kualitas yang sesuai dengan standar kelayakan dari pemerintah. 

Dengan begitu, kualitas guru tidak perlu dipertanyakan lagi. Guru pun bisa mengajar dengan lebih profesional. 

6. Mengimbangi Perkembangan Zaman 

Perkembangan zaman dan teknologi di masa sekarang sudah sangat pesat. Hal ini bisa berpengaruh pada pendidikan di Indonesia. 

Pendidikan yang tidak bisa mengimbangi perkembangan teknologi dan zaman akan tertinggi yang jauh. Untuk itulah pengembangan kompetensi dengan adanya sertifikasi akan sangat membantu. 

Dengan begitu, tenaga pendidik Indonesia akan memiliki kredibilitas yang telat dan kompetensi yang tepat untuk mengajar sesuai dengan adanya perkembangan zaman tersebut. 

7. Membantu Mengembangkan Generasi Muda

Guru adalah tonggak pendidikan di manapun mereka berada. Peran guru sangat penting dalam perkembangan dan pertumbuhan pendidikan pada generasi muda. 

Untuk itulah guru harus memiliki kompetensi dan kualitas yang sesuai dengan standar yang ada sehingga bisa menjadi perantara yang tepat untuk menjembatani materi pendidikan pada generasi muda di sekolah. 

Untuk itulah, guru bisa mendapatkan pengakuan formal berupa sertifikat pendidik untuk menjamin bahwa guru memiliki kompetensi tepat dan sesuai. Itulah dia fungsi dari sertifikat pendidik untuk guru. 

Cara Mendapatkan Serdik untuk Guru

Untuk mendapatkan sertifikat pendidik ini, Anda harus melakukan beberapa langkah dan juga mempersiapkan beberapa berkas terkait. Ketahui informasi ini agar tidak salah informasi ketika waktu pembuatan sertifikat datang. 

Untuk mengikuti sertifikasi, guru harus memenuhi beberapa syarat berikut ini: 

  • Untuk guru pendidikan usia dini, kualifikasi akademik minimum yaitu D4 atau S1 dengan latar pendidikan tinggi di bidang PAUD, Sarjana Kependidikan atau Sarjana Psikologi.
  • Untuk guru SD atau MI, kualifikasi pendidikan yaitu D4 atau S1 dengan latar pendidikan di bidang kependidikan sekolah dasar atau kependidikan lainnya. 
  • Untuk guru SMP, MTs, SMA, MA, SMK, kualifikasi pendidikannya yaitu D4 atau S1 dengan program pendidikan sesuai dengan bidang mata pelajaran. 
  • Usia guru yaitu maksimal 56 tahun pada saat mengikuti ujian sertifikasi. 
  • Prioritas guru yang mengikuti ujian akan berdasarkan pada jabatan fungsional, masa kerja, dan pangkat atau golongan. 
  • Guru yang memiliki prestasi non akademik dapat mengikuti ujian sertifikasi dengan rekomendasi. 
  • Guru yang sudah memiliki waktu menjabat di suatu instansi pendidikan dengan pengalaman minimal sekitar 5 tahun dalam satu sekolah atau sekolah yang berbeda namun tetap dalam lingkup yayasan yang serupa. 

Setelah memenuhi syarat tersebut, guru dapat memulai dalam proses sertifikasi. Guru bisa mengikuti ujian tertulis, wawancara hingga tes lainnya agar bisa lolos dalam tahap pendaftaran. Setelah itu, guru akan dapat mengikuti pelaksanaan sertifikasi hingga mendapatkan sertifikat pendidik untuk guru. 

Serdik Guru Berdampak Besar untuk Tenaga Pengajar

Itulah dia informasi penting mengenai serdik guru yang bisa Anda galu di artikel ini. Dengan mengetahui fungsi dan cara mendapatkan sertifikat ini, Anda akan dapat mempersiapkan beberapa berkas yang membantu pembuatan serdik. 

Serba-serbi Sertifikasi Guru, Cara Pendaftaran dan Jadwal Sertifikasi

Jumlah Angka Kredit Karya Bersama untuk Kenaikan Jabatan

Sumber Angka Kredit Guru: Penting untuk Kenaikan Jabatan

Share the Post:

Related Posts