Penelitian Tindakan Kelas, Apa Saja Manfaatnya?

Kelancaran proses pembelajaran akan membawa peserta didik ke tingkat akademik yang lebih baik. Untuk melakukan hal itu, para guru harus bisa meminimalisir masalah dan tantangan yang ada di kelas. Dalam hal ini, guru bisa melaksanakan penelitian tindakan kelas. 

Penelitian ini adalah kegiatan yang guru lakukan ketika menemukan suatu permasalahan di pembelajaran kelas. Dengan menerapkan penelitian ini, guru bisa meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas sehingga tidak terus menerus berhadapan dengan masalah yang sama. 

Dengan begitu, guru akan dapat meningkatkan kinerja serta menghasilkan peserta didik yang berprestasi dengan lebih efisien. Berikut ini adalah beberapa informasi tentang kegiatan penelitian tindakan dalam kelas yang berguna untuk pembelajaran. 

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas 

Penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang terlaksana di dalam kelas menggunakan tindakan tertentu untuk bisa meningkatkan kualitas proses pembelajaran sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya. 

Penelitian ini umumnya akan memakan waktu yang tidak sebentar. Ini karena para guru harus bisa mengimplementasikan tindakan dan juga variabel yang sudah mereka rancang untuk bisa mencapai hasil sesuai gol. 

Karena penelitian dilakukan untuk waktu yang tidak sebentar, maka penelitian ini umumnya tidak bisa selesai hanya dalam beberapa hari saja. 

Hasil penelitian kelas ini akan dapat para guru publikasikan dalam jurnal ilmiah untuk kepentingan pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru. 

Dalam pelaksanaan penelitian ini, berawal dari kesadaran tentang adanya permasalahan yang mengganggu jalannya pembelajaran di kelas. 

Selain itu, permasalahan tersebut juga bisa berdampak pada pencapaian tujuan pendidikan sehingga bisa menghambat proses pembelajaran serta mempengaruhi hasil belajar peserta didik. 

Dengan menyadari hal ini, guru kemudian menetapkan fokus permasalahan tersebut. Guru juga bisa mengumpulkan tambahan data dan melakukan kajian pustaka. Hal ini demi mencapai tujuan yang ada.

Tujuan dan Fungsi Penelitian Tindakan Kelas 

Setelah mengetahui apa itu penelitian tindakan kelas, sekarang lanjutkan membaca artikel dengan memahami apa itu tujuan dan fungsi kegiatan ini. 

Berikut ini informasi selengkapnya tentang tujuan dan fungsinya. 

1. Memecahkan Masalah Pembelajaran di Kelas

Penelitian tindakan ini memiliki tujuan yaitu untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Permasalahan di dalam kelas bisa menjadi penghambat jalannya pembelajaran. 

Hal ini bisa menurunkan kualitas belajar serta membuat peserta didik jadi kesulitan dalam meningkatkan kompetensi mata pelajaran. 

Jika hal ini terus berlanjut, peserta didik akan kesulitan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ada. Maka dari itu penelitian tindakan ini terlaksana. 

2. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran 

Penelitian ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Seringkali kualitas pembelajaran di kelas terhambat karena adanya suatu permasalahan khusus. 

Permasalahan ini bisa terselesaikan dengan melaksanakan penelitian kelas. Hal ini akan menjadi suatu perbantuan yang penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kelas. 

3. Meningkatkan Profesionalisme Guru 

Tujuan selanjutnya dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas guru. Guru yang bisa memahami permasalahan dan dapat menyelesaikan permasalahan dalam kelas itu dengan baik bisa menjadi suatu penentu profesionalitas yang mereka miliki. 

Seorang guru yang profesional akan dapat memahami adanya tantangan lalu mencari solusi dengan baik. Adanya penelitian ini bisa menjadi cara bagi guru untuk menunjukkan dan meningkatkan profesionalitas mereka. 

4. Meningkatkan Efisiensi Pengelolaan Pendidikan 

Tujuan diadakannya penelitian ini juga karena untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan pendidikan. Dengan adanya penelitian ini, guru bisa meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mencari solusi permasalahan yang ada. 

Hal ini bisa meningkatkan pengelolaan pendidikan secara efisien. Dengan begitu, kemajuan di bidang akademik bisa terjadi secara baik dan lancar. 

Manfaat Penelitian Tindakan Kelas 

Pelaksanaan kegiatan ini memiliki beberapa manfaat penting dalam pelaksanaan pengajaran di kelas. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa para guru dapatkan ketika melaksanakan kegiatan ini. 

1. Untuk Peserta Didik 

Kegiatan ini akan memberikan kemudahan dalam proses analisis dan diagnosis pada kesalahan atau kesulitan dalam proses pengajaran di kelas. Hal ini memiliki kaitan dengan strategi, teknik, konsep dan lain sebagainya. 

Ketika kesalahan atau kesulitan itu bisa terpecahkan, proses pembelajaran akan menjadi lebih mudah pelaksanaannya. Dengan begitu, hasil belajar peserta didik bisa meningkat. 

Hal ini akan menjadi kunci peningkatan kompetensi peserta didik secara nyata sehingga bisa mencapai tujuan pembelajaran yang ada. Peserta didik bisa memberikan hasil belajar yang lebih baik dari sebelumnya. 

2. Untuk Guru

Manfaat tindakan penelitian ini pada guru yaitu dapat melatihnya guru sehingga bisa memiliki kemampuan dalam memperbaiki proses pembelajaran dengan kajian mendalam di dalam kelas. 

Keberhasilan dalam memecahkan masalah ini tentunya bisa memberikan rasa bangga dan puas bagi guru. 

Selain itu, guru juga bisa meningkatkan profesionalitas mereka sehingga bisa menunjukkan hasil kinerja yang positif. Guru bisa lebih berkembang dan mampu mengelola kelas yang mereka ajar dengan baik. 

Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan diri para guru sehingga bisa menunjukkan kinerja yang lebih bagus ke depannya. Dengan adanya penelitian ini, guru juga bisa mengembangkan ilmu yang mereka miliki dengan lebih baik. 

3. Untuk Sekolah 

Manfaat penelitian tindakan ini untuk sekolah yaitu bisa memberikan peningkatan mutu pendidikan di sekolah tersebut. Ketika guru melakukan penelitian ini, perkembangan juga akan terjadi pada sekolah secara sistematis. 

Guru yang memiliki keterampilan untuk melaksanakan penelitian tindakan dalam kelas akan dapat memajukan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. 

Peningkatan mutu ini akan berpengaruh besar pada sekolah karena bisa menunjukkan profesionalitas tenaga pendidiknya dan peserta didik di sekolah tersebut. 

Selain itu, dengan adanya penelitian ini, sekolah juga bisa mencapai hasil pembelajaran yang sesuai tujuan.

Tahap-tahap Menjalankan Penelitian Tindakan Kelas 

Selain memperhatikan tujuan, fungsi dan manfaat, sebaiknya para guru tidak melupakan tahapan pelaksanaan kegiatan penelitian ini. 

Dengan begitu, pelaksanaannya bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan hasil akhir yang guru inginkan. 

Perhatikan tahapannya dengan membaca informasi berikut ini. 

1. Tahap Perencanaan 

Pada tahap ini, guru harus bisa melaksanakan persiapan dengan matang. Persiapan ini menyangkut pada konsep penelitian yang akan terlaksana, contohnya seperti rencana pembelajaran dan instrumen yang guru pakai. 

2. Tahap Pelaksanaan 

Di tahap selanjutnya yaitu tahap pelaksanaan. Tahap ini adalah tahap yang penting dalam menentukan keberhasilan penelitian. 

Pada tahap ini, para guru melaksanakan kegiatan dari rencana yang telah tersusun sebelumnya. Tahap pelaksanaan ini para guru harus bisa mengajar dengan baik sehingga bisa memberikan hasil yang bermanfaat. 

3. Tahap Pengamatan 

Selanjutnya yaitu tahap pengamatan, di tahap ini ada beberapa hal yang para guru bisa amati. Contohnya yaitu kegiatan belajar peserta didik dan kegiatan mengajar yang guru lakukan. 

Kegiatan belajar peserta didik bisa para guru pantau selama proses pembelajaran berlangsung. Untuk kegiatan mengajar guru sendiri bisa dipantau oleh rekan guru sebagai kolaborator. 

4. Tahap Refleksi 

Di tahap ini, guru bisa melakukan refleksi dengan berdiskusi dengan kolaborator. Diskusi ini memiliki tujuan untuk bisa membagikan hasil pengamatan yang kolaborator dapatkan. 

Itulah dia informasi lengkap tentang penelitian tindakan kelas mulai dari pengertian, manfaat, hingga tahap pelaksanaannya. Semoga dengan informasi pelaksanaan pembelajaran di kelas jadi lebih lancar dan bisa menumbuhkan prestasi peserta didik.

Pembelajaran Berbasis Proyek, Apa Saja Langkah Pelaksanannya?

Para Guru, Simak Cara Menerbitkan Karya Tulis Ilmiah di Berbagai Publikasi

Strategi Pembelajaran di Kelas: Bagaimana Cara Menentukannya?

Artikel ini ditulis oleh:

Share the Post: