Perencanaan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang penting agar kegiatan di kelas bisa berjalan dengan lancar.
Namun, guru tentunya akan menemui beberapa hambatan perencanaan pembelajaran yang bisa menyebabkan kebingungan.
Perencanaan pembelajaran yang tepat akan dapat meningkatkan kemampuan akademik peserta didik menjadi lebih baik.
Tanpa perencanaan pembelajaran, para guru tidak akan bisa melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang berlaku.
Guru akan kehilangan arah dan kesulitan dalam pengelolaan pembelajaran di kelas. Dengan adanya perencanaan ini, pelaksanaan pembelajaran di kelas akan jadi lebih lancar dan efektif.
Dengan perencanaan yang matang ini, peserta didik juga akan mendapatkan banyak manfaat, seperti pemahaman yang maksimal, pengaturan waktu yang efektif dan lain sebagainya.
Berikut ini adalah beberapa informasi tentang perencanaan pembelajaran dan juga hambatan yang mungkin guru lalui dalam pembuatannya.
Pentingnya Guru Membuat Perencanaan Pembelajaran
Hambatan perencanaan pembelajaran tentu akan dirasakan oleh guru. Inilah sebabnya, penting bagi guru untuk membuat perencanaan pembelajaran.
Untuk masa pembelajaran yang baru, guru akan membuat perencanaan pembelajaran yang akan menjadi garis besar kegiatan belajar di satu tahun ke depan.
Penyusunan rencana pembelajaran ini harus guru lakukan dengan sistematis dan lengkap.
Namun, kenapa perencanaan pembelajaran ini penting?
1. Membantu Pembelajaran Jadi Lebih Sistematis
Manfaat dari penyusunan perencanaan pembelajaran yang pertama yaitu bisa membantu proses pembelajaran jadi lebih sistematis.
Adanya perencanaan ini bisa membantu guru dalam mengarahkan dan merancang metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.
Dengan penggunaan metode pembelajaran yang tepat, guru akan dapat memberikan pemahaman secara mendalam tentang suatu materi sesuai dengan pendekatan yang ada.
Dengan begitu, peserta didik bisa memahami materi dengan lebih baik karena pembelajaran terlaksana secara sistematis sesuai dengan perencanaan.
2. Memudahkan Analisis Kebutuhan Peserta Didik
Manfaat yang pertama dari adanya perencanaan pembelajaran yaitu bisa memudahkan guru dalam melakukan analisis kebutuhan peserta didik.
Perencanaan pembelajaran yang guru lakukan akan memiliki penilaian yang akan mereka berikan pada peserta didik.
Dengan melihat penilaian ini, guru akan dapat mengetahui apa saja yang peserta didik butuhkan dalam pembelajaran serta memahami kemampuan mereka di materi tersebut.
Hal ini bisa berguna untuk memberikan pengalaman belajar yang terbaik untuk peserta didik.
3. Memudahkan Pemberian Materi Pembelajaran
Manfaat yang lainnya yaitu bisa membantu guru dalam menyampaikan materi pada peserta didik.
Dalam perencanaan pembelajaran umumnya akan ada estimasi tatap muka dan alokasi waktu untuk penyampaian suatu materi.
Dengan estimasi ini, guru akan bisa menyesuaikan pembelajaran sehingga bisa memberikan pengalaman belajar yang terbaik dan tidak mengakibatkan peserta didik kehilangan waktu belajar yang berharga.
Guru juga bisa menggunakan perencanaan ini untuk memberikan materi secara efektif berdasarkan hasil analisis yang guru lakukan sebelumnya.
4. Mengarahkan Pembelajaran
Manfaat lain dari adanya perencanaan pembelajaran ini yaitu bisa membantu mengarahkan pembelajaran sehingga bisa mencapai tujuan pembelajaran dengan baik.
Dengan perencanaan pembelajaran ini, guru bisa mengira-ngira waktu yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan materi.
Hal ini bisa membantu guru mengatur materi pelajaran yang akan guru berikan. Misalnya di awal-awal, peserta didik akan mendapatkan materi pengenalan terlebih dahulu sebelum adanya kegiatan lain.
5. Lebih Efektif Waktu
Manfaat lain dari perencanaan pembelajaran yang guru lakukan yaitu bisa membantu efektivitas waktu dan pemberian materi.
Dengan perencanaan pembelajaran ini, guru tidak perlu lagi mencari-cari metode pembelajaran atau media pembelajaran yang tepat untuk suatu materi.
Guru tersebut tinggal mengikuti perencanaan pembelajaran dengan tepat. Hal ini bisa membantu pelaksanaan pembelajaran agar jadi lebih efektif serta menghindari penggunaan waktu yang tidak tepat.
Berbagai Hambatan Perencanaan Pembelajaran
Dalam membuat perencanaan pembelajaran, guru akan menghadapi beberapa kesulitan, yang dapat menjadi hambatan perencanaan pembelajaran.
Hambatan ini mungkin bisa menyulitkan kegiatan perencanaan pembelajaran. Berikut ini berbagai hambatan perencanaan pembelajaran yang mungkin dialami oleh para guru:
1. Mencari Sumber Belajar
Hambatan yang mungkin guru hadapi dalam membuat perencanaan pembelajaran yaitu mencari sumber belajar yang tepat.
Pencarian sumber referensi belajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik memang tidak mudah.
Beberapa guru mungkin kesulitan mencari sumber belajar yang sesuai dengan materi yang bisa meningkatkan minat belajar peserta didik.
2. Menentukan Indikator Belajar
Salah satu hambatan yang mungkin guru hadapi yaitu menentukan indikator belajar dalam suatu materi.
Hal ini bisa saja menyebabkan proses perencanaan pembelajaran jadi lebih lama.
3. Menyusun Model dan Metode Pembelajaran
Hambatan lainnya yang bisa saja guru hadapi yaitu menyusun model pembelajaran yang tepat untuk suatu materi.
Hal ini cukup membuat kesulitan karena guru harus memahami bagaimana cara agar suatu materi bisa terserap dengan baik oleh peserta didik dengan metode yang tepat.
4. Menentukan Penilaian
Salah satu hambatan yang bisa saja membuat para guru merasa buntu yaitu ketika harus menentukan evaluasi untuk peserta didik.
Hal ini bisa membuat kebingungan ketika beberapa peserta didik mungkin saja lebih cocok menggunakan evaluasi yang berbeda.
5. Tidak Adanya Waktu
Hal yang umumnya menjadi hambatan untuk para guru yaitu tidak adanya waktu untuk membuat perencanaan pembelajaran.
Apalagi guru juga harus membagi waktu untuk urusan rumah dan sekolah.
6. Pemahaman Akan Kurikulum yang Berlaku
Beberapa guru juga bisa saja mengalami buntu karena kurang memahami kurikulum yang berlaku.
Hal ini bisa menjadi suatu masalah apalagi jika kurikulum baru saja terimplementasi.
Cara Mengatasi Hambatan Perencanaan Pembelajaran
Setelah mengetahui apa saja hambatan perencanaan pembelajaran yang akan guru hadapi saatnya mengetahui apa saja cara yang bisa guru lakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut.
Beberapa solusi yang bisa guru lakukan yaitu:
1. Pahami Kebutuhan Peserta Didik
Tips yang pertama yaitu dengan memahami kebutuhan peserta didik yang guru ajar.
Dengan memahami kebutuhan peserta didik, guru akan dapat menentukan metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang tepat untuk peserta didik sehingga bisa mendapatkan pembelajaran yang maksimal.
2. Pahami Materi Pembelajaran
Tips lainnya yaitu dengan memahami materi pembelajaran untuk peserta didik secara spesifik.
Ketahui materi pelajaran tersebut sehingga bisa membagi dan merancang pembelajaran yang tepat alurnya untuk peserta didik.
3. Cari Referensi Lain
Untuk membuat perencanaan pembelajaran yang tepat, guru bisa mencoba mencari referensi atau contoh dari perencanaan pembelajaran sebelumnya.
Hal ini bisa membantu guru mengatasi kebuntuan dalam perencanaan pembelajaran untuk peserta didik.
4. Atur Waktu dengan Baik
Untuk membuat perencanaan pembelajaran memang tidak mudah. Untuk itu, atur waktu secara efisien sehingga bisa membuat perencanaan pembelajaran yang tepat.
Atur waktu luang khusus untuk kegiatan ini sehingga tidak mengganggu kegiatan mengajar atau kegiatan lainnya.
5. Dapatkan Nasihat dari Guru Lain
Kalau masih belum memahami dan mengalami kebuntuan, sebaiknya cari nasihat atau informasi dari rekan guru lain.
Mintalah nasihat atau pencerahan dari guru yang sudah berpengalaman.
Dengan begitu, perencanaan pembelajaran untuk peserta didik bisa terbentuk dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan mereka.
Itulah dia informasi tentang apa saja hambatan perencanaan pembelajaran yang akan guru hadapi dan beberapa informasi lainnya yang tentunya akan berguna. Dengan informasi ini, semoga guru bisa mengatasi hambatan-hambatan tersebut dan melaksanakan pembelajaran dengan baik.
Pendekatan Deduktif dalam Pembelajaran dan Karakteristiknya
Pendekatan Induktif dalam Pembelajaran: Langkah dan Karakteristik