Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the ad-inserter domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/duniaguru/htdocs/duniaguru.id/wp-includes/functions.php on line 6121
Teknik Belajar Feynman, Ketahui Pengertian dan Manfaatnya! – Dunia Guru

Teknik Belajar Feynman, Ketahui Pengertian dan Manfaatnya!

Para guru bisa mempraktekkan teknik belajar feynman untuk membantu memahami materi dengan lebih mudah. 

Dengan teknik ini, peserta didik juga akan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara signifikan dibanding sebelumnya.

Dalam pembelajaran terdapat banyak tantangan yang mungkin muncul dan harus peserta didik hadapi. 

Tantangan-tantangan tersebut di antaranya yaitu pemahaman yang kurang mendalam, kesulitan dalam mengingat pembahasan atau rumus, penjelasan yang kurang dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi hal ini, peserta didik bisa saja menggunakan tambahan belajar di luar kelas atau menggunakan media pembelajaran lain. 

Selain itu, peserta didik juga bisa menggunakan teknik feynman untuk mengatasi masalah belajar ini.

Metode belajar feynman dipelopori oleh Richard Feynman yang pernah meraih penghargaan nobel di tahun 1965 lalu. 

Konon, dengan menggunakan teknik belajar yang ia pelopori, proses belajar akan jadi lebih mudah dan pemahaman bisa lebih terserap dengan baik.

Para guru bisa mencoba mempelajari teknik ini sehingga bisa menerapkannya pada peserta didik di kelas. 

Berikut ini adalah teknik pembelajaran dari Richard Feynman yang bisa guru pelajari dan jadi referensi ke depannya.

Pengertian Teknik Belajar Feynman

Teknik pembelajaran feynman adalah suatu teknik belajar yang memiliki banyak keuntungan untuk para peserta didik yang menggunakannya. 

Teknik ini fokus dalam proses belajar dengan cara mengajarkannya pada orang lain. 

Ketika seseorang sudah memahami suatu materi, ada kalanya materi tersebut bisa terlupakan seiring dengan berjalannya waktu. 

Namun, dengan teknik feynman materi pelajaran yang sudah dipahami akan lebih lama terukir di dalam pikiran.

Ini karena dengan teknik belajar ini, peserta didik akan mencoba merumuskan atau membentuk materi dengan pemahaman mereka pada orang lain. 

Hal ini terjadi karena peserta didik yang ikut merumuskan suatu kesimpulan materi akan memiliki pengetahuan yang mendalam pada materi tersebut karena telah mencoba merumuskannya dalam bentuk lebih sederhana pada orang lain. 

Peserta didik yang mengajarkan materi tersebut juga akan lebih banyak belajar demi mempersiapkan diri dalam memberikan catatan materi pada orang lain. 

Hal ini akan membantu mereka dalam mengingat suatu ilmu pengetahuan dalam jangka waktu yang lama serta membangun fondasi ilmu yang kokoh. 

Peserta didik akan mendapatkan banyak manfaat dalam pelaksanaannya.

Cara paling mudah yaitu dengan menulis catatan dengan pemikiran bahwa catatan tersebut akan dibaca oleh orang lain. 

Dengan pemikiran ini, proses penulisan catatan akan bisa tersusun dengan sederhana dan lebih mudah dipahami.

Metode ini tercipta oleh fisikawan Richard Feynman dari buku biografi Genius: The Life Sciences of Richard Feynman oleh James Gleick. 

Inti dalam teknik ini yaitu melibatkan pemikiran secara sederhana untuk membantu memahami suatu konsep atau permasalahan rumit.

Teknik feynman ini akan memberikan banyak kontribusi pada pembelajaran peserta didik. Ini karena peserta didik akan memahami materi dalam pemahaman mereka sendiri dan mereka akan mengingat pemahaman ini dengan lebih lama.

Sejarah Teknik Belajar Feynman

Sebelum memahami penerapan dan manfaat dari pembelajaran ini, ketahui dulu fakta dari teknik belajar ini. 

Teknik pembelajaran feynman dibentuk oleh fisikawan terkemuka bernama Richard Feynman.

Richard Feynman adalah seorang fisikawan yang telah meraih penghargaan nobel pada tahun 1965. 

Penghargaan ini ia dapatkan karena kontribusinya pada penyederhanaan teori elektrodinamika kuantum menjadi diagram.

Richard Feynman memiliki kebiasaan dalam meneliti perkakas yang ada di dalam rumah. 

Hal ini menjadi suatu kebiasaan yang membuat ia jadi pribadi yang memiliki rasa penasaran tinggi dan terus mencari jawaban atas suatu pertanyaan.

Ketika Richard Feynman berkuliah di Universitas Princeton, ia terus terbiasa untuk mencatat dan merekam materi. 

Materi tersebut selanjutnya akan ia tuliskan kembali dalam kalimat yang lebih sederhana dan mudah dimengerti. 

Dengan kebiasaan ini ia jadi lebih mudah memahami suatu topik tanpa perlu membaca penjelasan yang rumit. 

Selain itu, sosok Feynman juga dikenal dengan sebutan The Great Explainer karena telah mengajarkan rumus fisika pada orang yang awam hingga mereka memahami rumus tersebut.

Penerapan Teknik Belajar Feynman

Teknik pembelajaran feynman akan membantu peserta didik dalam meningkatkan kualitas akademik dengan lebih baik. 

Namun, untuk pelaksanaannya, sebaiknya gunakan penerapan yang tepat sehingga bisa menghasilkan hasil yang maksimal.

  • Pilih topik yang menjadi pembahasan

Langkah penerapan dari teknik belajar ini yang pertama yaitu pilih topik yang akan menjadi pembahasan. 

Cobalah ambil selembar kertas dan tulis materi yang berkaitan dengan topik tersebut.

Setelah itu, cobalah untuk membaca dan menjelaskan materi tersebut dengan pemahaman milik sendiri. 

Dalam memberikan penjelasan ini, sangat penting untuk membayangkan diri sebagai seorang yang sedang presentasi. 

Pastikan untuk memberikan pemahaman secara mudah dan sederhana. Lakukan proses perekaman untuk lebih jelasnya.

  • Pelajari bagian yang masih sulit

Langkah selanjutnya yaitu pelajari lagi bagian yang masih sulit. Gunakan sumber informasi yang ada untuk mendapatkan pemahaman akan materi yang masih sulit. Bisa menggunakan buku, internet, atau sumber belajar lain yang relevan.

Hal ini bisa membantu agar bagian yang sulit tersebut bisa lebih dipahami dengan baik. Dengan begitu, materi akan lebih mudah terserap. Lakukan hingga topik telah dikuasai dengan baik.

  • Tuliskan dalam catatan

Setelah dapat menguasai topik, langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan perumusan atau organisir catatan dengan lebih baik. 

Tulis catatan dengan lebih sederhana hingga orang awam pun bisa memahami catatan tersebut.

Tidak perlu mirip dengan buku namun isi catatan harus bisa memberikan penjelasan yang lengkap dan tepat tentang materi tersebut. Bisa menggunakan gambar, diagram atau media lain yang tepat dalam menjelaskan.

  • Baca ulang dan sederhanakan

Langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan proses baca ulang pada catatan tersebut. Baca catatan sekali lagi lalu amati inti pembahasan. Cobalah cek untuk memahami apakah ada bagian yang terlalu rumit.

Kalau ada, sederhanakan bagian tersebut sehingga lebih mudah untuk dipahami. Gunakan bahasa sederhana sehingga bisa memberikan penjelasan yang tepat.

  • Ajarkan pada orang lain

Setelah selesai merumuskan catatan tersebut, cobalah untuk mengajarkan materi tersebut pada orang lain. Ajari orang tersebut tentang topik pembahasan terkait hingga mereka paham.

Adakan sesi tanya jawab sehingga bisa membantu pemahaman dengan lebih baik. Tahap ini akan membantu agar topik pembahasan bisa lebih terukir dengan baik di pikiran.

Manfaat Teknik Belajar Feynman

Teknik belajar ini memiliki banyak manfaat untuk pembelajaran oleh peserta didik. Ada beberapa manfaat lain yang tentunya akan membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran di pendidikan Indonesia.

1. Membantu pemahaman secara mendalam

Manfaat pertama dari menggunakan teknik belajar ini yaitu bisa membantu peserta didik dalam mempelajari suatu topik pembahasan secara lebih mendalam. 

Dengan teknik ini, peserta didik akan mencoba mengajarkan suatu materi pada orang lain.

Untuk berhasil dalam kegiatan ini, peserta didik harus dapat memahami materi dengan lebih mendalam. 

Dengan begitu, mereka akan dapat memahami suatu materi dengan lebih lengkap sehingga bisa menjadi dasar dalam pembelajaran.

2. Membantu mengingat materi dengan lebih tepat

Dengan membantu membuat catatan atau membantu orang lain belajar, hal ini akan memberikan banyak manfaat untuk peserta didik. 

Peserta didik tersebut akan dapat mengingat materi dengan lebih baik dari sebelumnya.

Ini karena mereka telah mempelajari materi tersebut dan telah mencoba mengajarkannya pada orang lain dalam perumusan catatan. 

Kegiatan inilah yang akan membuat pengetahuan jadi terukir dengan lebih kuat dalam ingatan mereka.

3. Meningkatkan kemampuan menjelaskan di depan orang

Peserta didik yang menggunakan teknik ini dengan mengajarkannya pada orang lain akan dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam berbicara dan menjelaskan pada orang lain. 

Ini karena mereka harus bisa mengemukakan suatu materi dengan baik dan sederhana pada orang lain.

Kemampuan ini akan membantu mereka dalam berbicara di depan orang banyak dan menyampaikan ide secara sederhana pada orang lain. 

Hal ini bisa membantu mereka dalam karir di masa depan dan kehidupan sehari-hari.

4. Meningkatkan kemampuan bahasa

Manfaat selanjutnya yaitu bisa membantu peserta didik agar meningkatkan kemampuan bahasa mereka secara signifikan. 

Dalam membuat catatan untuk membantu pemahaman orang lain, perumusan catatan harus menggunakan bahasa sendiri yang lebih sederhana dan mudah dipahami.

Dengan begitu, peserta didik akan terlatih dalam menyusun kalimat secara efektif sehingga mudah pembaca pahami. 

Hal ini akan meningkatkan kemampuan mereka dalam merumuskan suatu hal secara lebih baik dan menggunakan pemahaman mereka.

Itulah dia informasi terkait dengan teknik belajar feynman. Dengan menggunakan teknik ini, para guru akan dapat memberikan hasil kinerja yang positif dan lebih dari sebelumnya sehingga bisa memaksimalkan kemampuan peserta didik secara signifikan.

Artikel ini ditulis oleh:

Share the Post: