Administrasi Wali Kelas, Apa Saja Kelengkapannya?

Wali kelas memiliki tanggung jawab lebih pada kelas yang mereka ampu. Dalam tanggung jawab ini mereka akan membutuhkan administrasi wali kelas yang akan membantu menjalankan tugas mereka. 

Pada umumnya, wali kelas memiliki peran yang sama dengan guru mata pelajaran lainnya. Guru wali kelas harus mengajar mata pelajaran yang sesuai dengan bidangnya dengan tanggung jawab dan tujuan pembelajaran yang sama. 

Namun yang membedakan yaitu bahwa wali kelas tidak hanya memiliki tugas pengajaran saja. Mereka juga memiliki tugas tambahan dalam melakukan pengelolaan suatu kelas. 

Mengelola suatu kelas yaitu melakukan pembimbingan dan juga melakukan monitoring pada seluruh anggota di kelas tersebut dan juga menjalin komunikasi yang baik dengan wali murid. Dalam hal ini, wali kelas membutuhkan administrasi yang berbeda dengan guru biasa. 

Administrasi untuk guru ini akan membantu agar terjadi pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan juga efisien. Hal ini agar kelas bisa mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai. 

Untuk mengetahui apa saja tujuan dan kelengkapan administrasi untuk wali kelas, perhatikan informasi di bawah ini. 

Tujuan Administrasi Wali Kelas

Administrasi guru secara umum adalah suatu kelengkapan mengajar yang akan membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas agar mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Administrasi guru akan menjadi pedoman guru dalam melaksanakan pembelajaran. 

Jenis administrasi ini berbeda dengan administrasi untuk wali kelas. Administrasi untuk wali kelas umumnya akan digunakan untuk membantu dalam pengelolaan suatu kelas yang guru ampu. 

Setiap wali kelas akan membutuhkan perangkat administrasi ini agar dapat melakukan monitoring dan melakukan pengelolaan kelas dengan lebih baik. Selain itu, wali kelas juga akan menggunakan perangkat administrasi ini untuk melaporkan hasil evaluasi kepada wali murid nantinya. 

Maka dari itu, administrasi ini sangat penting bagi keberlangsungan kelas dan perkembangan murid. Ada beberapa tujuan penting dari administrasi wali kelas ini yaitu sebagai berikut: 

1. Pedoman dalam Kegiatan Pembelajaran

Seperti administrasi guru lainnya, tujuan dari administrasi untuk wali kelas ini juga untuk membantu dalam pedoman kegiatan pembelajaran di kelas. Pedoman ini akan membantu wali kelas dalam program-program tertentu yang ada pada kelas. 

Dengan adanya administrasi ini, maka wali kelas akan dapat mengetahui apa saja rangkaian kegiatan yang akan murid lakukan, bentuk kegiatannya, hingga waktu dan tempat. Hal ini akan memudahkan dalam mengorganisir dan mengelola kelas tersebut. 

Dengan begitu, wali kelas dapat mempersiapkan diri dengan baik agar bisa mencapai tujuan kegiatan dan pembelajaran yang ada. Wali kelas bisa menggunakan administrasi ini sebagai pedoman dalam melakukan kegiatan sebagai seorang wali kelas. 

2. Sebagai Standar Minimal Kinerja Wali Kelas

Tujuan selanjutnya yaitu sebagai suatu standar minimal untuk kinerja wali kelas. Wali kelas harus dapat melakukan proses pembelajaran dan pengelolaan kelas dengan sistematis dan terstruktur. 

Dengan adanya administrasi, maka wali kelas akan dapat melakukan tugas mereka sebagai guru mata pelajaran dan juga guru kelas dengan lebih baik. Administrasi ini akan menjadi kelengkapan yang akan membantu kinerja mereka sehingga bisa mempertanggungjawabkannya kepada pihak murid, kepala sekolah, dan juga wali murid. 

Administrasi ini juga akan menjadi suatu tolak ukur kinerja guru kelas. Dengan begitu, administrasi ini tidak boleh wali kelas lewatkan karena sangat penting untuk keberlangsungan kelas yang mereka ampu. 

3. Sebagai Bahan Evaluasi

Tujuan dari adanya administrasi untuk wali kelas yang lain yaitu sebagai bahan evaluasi di masa depan. Administrasi bisa guru jadikan sebagai suatu data yang akan membantu menentukan masa depan suatu kelas. 

Administrasi bisa menjadi bahan suatu evaluasi kinerja guru dan juga kemajuan suatu kelas. Evaluasi ini akan membantu memutuskan apakah kelas tersebut sudah mencapai tujuan pembelajaran atau tidak. 

Selain itu, evaluasi ini juga akan membantu mengetahui apakah wali kelas sudah melakukan tugas dengan baik atau belum. Evaluasi ini akan membantu menentukan langkah selanjutnya sehingga sangat penting untuk keberlangsungan kelas. 

4. Membantu Peningkatan Perkembangan Murid

Dalam administrasi untuk wali kelas, segala kegiatan kelas mulai dari absen hingga jurnal akan menjadi suatu data yang menentukan apakah kelas tersebut mengalami perkembangan atau tidak. Data ini juga akan membantu dalam monitoring murid secara individu. Dengan begitu, murid akan dapat mengetahui kemajuan mereka dalam belajar dan performa mereka ketika di kelas. 

Wali kelas akan dapat memberikan data yang tepat kepada wali murid ketika saatnya tiba. Hal ini akan membantu dalam kemajuan belajar dan bersosialisasi mereka di masa depan. 

Kelengkapan Administrasi Wali Kelas

Setelah mengetahui apa saja tujuan dari administrasi untuk wali kelas, Anda bisa belajar mengenal apa saja kelengkapan yang wali kelas butuhkan dalam mengampu suatu kelas. Berikut ini beberapa dokumen yang Anda butuhkan:

1. Data Wali Kelas

Data wali kelas adalah data untuk keperluan pengisian absensi, input nilai, dan juga evaluasi masing-masing materi pembelajaran. Data wali kelas juga dilengkapi dengan struktur kelas, piket, peraturan kelas dan lain sebagainya. 

Data ini akan menjadi bahan evaluasi kelas pada masa depan. Selain itu juga bisa menjadi data yang menunjukkan perkembangan murid di kelas. 

2. Daftar Hadir Murid

Dokumen ini akan menunjukkan kehadiran tiap murid di kelas. Daftar hadir ini berisi absensi pada tiap mata pelajaran. 

Daftar hadir ini akan diisi oleh ketua kelas atau sekretaris kelas. Wali kelas nantinya akan memasukkan data ini ke jurnal.

3. Inventaris Kelas

Buku ini berisi catatan mengenai barang apa saja yang ada di kelas. Di dalam buku ini akan tercatat data tentang fasilitas yang ada secara lengkap dan detail. 

Buku ini berguna untuk melakukan pemantauan agar fasilitas terjaga kelengkapannya dan keutuhannya. Buku ini memuat jumlah barang, sisa barang, dan juga dana sumber barang tersebut.

4. Catatan Wali Kelas

Buku ini memuat catatan kondisi siswa selama masa pengajaran dengan wali kelas tersebut. Hal ini akan membantu pemantauan murid selama masa belajar. 

Dengan begitu, perkembangan murid akan tercatat dengan baik sehingga bisa menjadi bahan evaluasi di masa depan. 

5. Analisis Hasil Penelitian

Buku ini adalah hasil belajar siswa seperti ulangan harian dan lain sebagainya. Buku ini akan mencatat kemampuan tiap murid di masing-masing mata pelajaran. 

Buku ini adalah informasi kemampuan murid pada tiap mata pelajaran yang akan menjadi sumber rapor yang akan wali kelas berikan pada wali murid. 

6. Jurnal Sikap Peserta Didik

Jurnal ini berisi sikap perilaku peserta didik di tiap harinya. Buku ini adalah rekaman perilaku siswa selama pembelajaran berlangsung. 

Kumpulan catatan dalam jurnal ini bisa menjadi bahan evaluasi jika terdapat masalah mengenai sikap peserta didik. Dengan begitu, akan ada solusi pada masalah tersebut. 

Memenuhi Administrasi Menjadi Salah Satu Tugas Wali Kelas

Itulah dia informasi penting tentang kelengkapan administrasi wali kelas dan juga tujuan dari administrasi jenis ini. Dengan mengetahui informasi ini Anda akan dapat meningkatkan kualitas diri sebagai guru dan tenaga pendidik di sekolah.

Administrasi Kepala Sekolah: Tugas, Fungsi, dan Instrumennya

Peran dan Tugas Guru di Kelas, Ketahui Selengkapnya!

Administrasi Guru di Sekolah Inklusi dan Perbedaannya dengan Sekolah Umum

Share the Post:

Related Posts