Peran dan Tugas Guru di Kelas, Ketahui Selengkapnya!

Peran dan tugas guru di kelas adalah hal yang tidak remeh. Guru adalah seorang yang memiliki tanggung jawab besar bagi pendidikan dan masa depan generasi muda di Indonesia. 

Dengan peran yang besar ini, sudah seharusnya para calon guru untuk mengerti apa saja peran dan tugas mereka di dunia pendidikan. Namun, masih banyak yang meremehkan bahkan tidak tahu apa saja peran dan tugas guru. 

Peran serta tugas dari seorang guru memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Keduanya adalah suatu aspek penting dalam kehidupan guru. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang peran serta tugas para guru, Anda bisa mempelajari artikel di bawah ini. Simak secara lengkap. 

Peran Guru di Kelas

Peran dan tugas guru di kelas memiliki beberapa perbedaan. Walaupun cukup mirip, peran dan tugas guru adalah sesuatu yang berbeda sama sekali. Berikut ini adalah peran guru di dalam kelas yang bisa Anda pelajari. 

1. Sebagai Motivator

Guru adalah seorang yang bekerja dalam hal mengampu murid dalam pembelajaran di kelas. Guru harus dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa yang mereka ajar agar dapat terus berkembang dan maju. 

Hal ini demi mengimbangi perkembangan teknologi dan zaman yang tidak terbendung. Itulah peran guru sebagai motivator. 

Guru berperan untuk mendorong siswa yang mereka ajar agar bisa lebih aktif serta berkembang dengan lebih baik. Guru harus dapat memupuk motivasi siswa sehingga mereka dapat terus maju ke depan dan mencetak prestasi. 

2. Sebagai Demonstrator

Peran guru yang selanjutnya yaitu sebagai demonstrator. Guru harus dapat memahami dan menguasai materi pembelajaran yang mereka ajar. 

Selain itu, guru juga harus dapat melakukan aktivitas pengajaran dengan tepat di depan siswa lainnya agar materi bisa tersampaikan dengan baik. Penguasaan materi belajar serta pengajaran yang tepat akan dapat membantu perkembangan prestasi siswa di kelas. 

Hal ini akan memperbesar kemungkinan bahwa materi pembelajaran sudah tersampaikan dengan baik sehingga pengetahuan bisa terserap secara maksimal. 

3. Sebagai Inspirator

Peran guru yang selanjutnya sangatlah penting, yaitu sebagai inspirasi bagi siswanya. Guru berperan menjadi sosok inspiratif yang dapat menjadi contoh bagi para siswa yang mereka ajar. 

Para siswa adalah generasi muda yang memiliki pemahaman yang sedikit di dunia nyata. Untuk itulah, guru bisa menjadi sosok inspirasi yang dapat menjadi contoh dalam kehidupan. 

Maka dari itu, guru harus memiliki karakter dan juga kemampuan yang baik. Selain itu, guru harus dapat menjaga perlakuan mereka agar tidak memberikan contoh tidak baik bagi generasi muda.

4. Sebagai Mentor

Guru adalah sosok dewasa yang terus berkomunikasi dan berinteraksi dengan para siswa. Hal ini menjadikan guru sebagai salah satu mentor di dalam kehidupan siswanya. 

Guru harus bisa memberikan arahan yang tepat untuk membantu pendidikan para siswa. Guru juga harus bisa membimbing para siswa yang memiliki kebingungan dalam bersikap. 

Para guru seharusnya menghindari sikap otoriter dan juga sewenang-wenang pada siswa yang melakukan kesalahan. Sebaliknya, guru harus bisa membimbing dan menemukan solusi bagi permasalahan siswa di sekolah. 

5. Pemicu Kreativitas Siswa

Peran guru di sekolah yang cukup penting yaitu sebagai pemicu kreativitas siswa di sekolah. Guru tidak hanya harus mengajar tetapi juga memancing para siswanya agar bisa bertindak lebih kreatif ketika melakukan kegiatan dan tugas di sekolah. 

Guru harus bisa jadi lebih fleksibel ketika mengajar sehingga bisa memberikan pengajaran yang efektif dan kreatif. Pengajaran yang kaku justru bisa mematikan imajinasi dan kreativitas siswa sehingga harus dihindari. 

6. Sebagai Fasilitator

Peran guru yang selanjutnya yaitu sebagai fasilitator. Guru harus dapat memberikan fasilitas belajar yang tepat untuk perkembangan siswa yang mereka ajar. 

Untuk itu, guru harus mengenal siswanya dan memperhatikan perkembangan mereka. Perkembangan dan potensi siswa yang terus terfasilitasi akan dapat memajukan mutu dan kualitas pendidikan. 

Guru harus dapat memutuskan apa saja yang siswa perlukan agar dapat berkembang di sekolah. Hal ini demi mencetak siswa yang berprestasi dan berkualitas. 

Tugas Guru di Kelas

Setelah mengetahui apa saja peran guru di kelas, selanjutnya Anda bisa mempelajari tugas sosok guru ketika di dalam kelas. Berikut ini informasi selengkapnya. 

1. Mengajar Siswa

Tugas guru yang utama yaitu mengajar di kelas. Guru sebagai seorang pengajar harus bisa melakukan kegiatan pengajaran dengan baik dan maksimal.

Guru harus dapat menggunakan fasilitas yang ada untuk memberikan pembelajaran pada siswanya. Guru juga harus dapat merancang program belajar yang sesuai dengan siswa sehingga bisa memberikan hasil yang maksimal. 

Selain itu, guru juga harus bisa melakukan evaluasi serta koreksi terhadap proses mengajarnya sehingga bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya. 

2. Mendidik Siswa

Tugas guru yang selanjutnya yaitu sebagai pendidik. Berbeda dengan mengajar, mendidik berarti juga bahwa guru memiliki tugas untuk melakukan pengarahan pada siswa sehingga bisa mencapai sosok pribadi yang lebih baik. 

Guru harus dapat mendidik serta mengarahkan siswa agar memiliki prestasi yang baik namun tetap memiliki kepribadian yang matang. Hal ini adalah tugas guru yang penting untuk dilakukan. 

3. Memberikan Bimbingan

Tugas guru yang lain yaitu memberikan bimbingan pada siswa yang mereka ajar. Bimbingan yang guru lakukan bertujuan untuk membantu para siswa ketika terjun di dunia nyata. 

Guru harus bisa mengarahkan dan memberikan skill yang tepat sehingga dapat berguna di masa depan. Hal ini akan sangat penting untuk mencetak siswa yang memiliki prestasi yang berguna di dunia nyata. 

Perbedaan Peran dan Tugas Guru Kelas dengan Guru Mata Pelajaran

Selain mengetahui peran dan tugas guru di kelas, Anda juga harus tahu perbedaan keduanya dengan peran dan tugas guru mata pelajaran. Walaupun memiliki tanggung jawab yang sama, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. 

Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan baca informasi tentang perbedaan keduanya di sini:

1. Dalam Lingkup Tanggung Jawab

Perbedaan antara guru kelas dan guru mata pelajaran yaitu dalam lingkup tanggung jawab mereka. Kedua guru ini memang berperan mengajar dalam satu kelas, namun keduanya memiliki lingkup tanggung jawab yang berbeda. 

Guru kelas harus bertanggung jawab pada semua aspek pembelajaran siswa di kelas yang ia ajar. Guru kelas akan mengajar berbagai mata pelajaran serta bertindak sebagai pengelola kelas secara menyeluruh. 

Guru kelas memiliki lingkup tanggung jawab yang lebih luas yaitu untuk memastikan perkembangan dan kemajuan siswa di bidang akademik, emosional dan juga sosial. Hal ini berbeda dengan guru mata pelajaran. 

Guru mata pelajaran memiliki tanggung jawab untuk memberikan materi pelajaran pada siswanya dengan baik. Guru mata pelajaran umumnya akan mengajar pada berbagai kelas dan bertanggung jawab pada kemajuan dan perkembangan akademik. 

2. Dalam Bidang Pengajaran

Perbedaan lainnya ada pada pengajaran. Guru kelas akan mengajar khusus untuk satu kelas saja selama sepanjang tahun ajaran. Guru kelas akan membimbing kelas ini dalam berbagai mata pelajaran dan juga memantau perkembangan mereka secara menyeluruh. 

Guru mata pelajaran umumnya aman bertanggung jawab mengajar suatu mata pelajaran pada beberapa kelas. Guru ini akan memiliki spesialisasi khusus pada pelajaran tertentu. 

Guru mata pelajaran akan fokus pada pengajaran mata pelajaran ini dan melakukan evaluasi pada bidang tersebut.

3. Dalam Bidang Evaluasi Siswa 

Perbedaan peran dan tugas guru di kelas dan guru mata pelajaran yang selanjutnya yaitu pada bidang evaluasi siswa. Guru kelas akan memiliki pemahaman khusus lada satu kelas dalam berbagai aspek seperti akademik hingga emosional. 

Guru kelas akan bertanggung jawab untuk melakukan evaluasi kemajuan siswa secara menyeluruh. Sedangkan untuk guru mata pelajaran, mereka akan memberikan evaluasi pada siswa pada satu bidang mata pelajaran saja.

Evaluasi ini umumnya berupa evaluasi akademik berdasarkan hasil pembelajaran mereka di kelas pada materi pembelajaran tertentu. 

Peran dan Tugas Guru Penting untuk Siswa

Itulah dia informasi tentang peran dan tugas guru di kelas yang bisa Anda pelajari. Dengan mengetahui perbedaan di antara keduanya, maka guru bisa melakukan tugasnya dengan lebih baik lagi.

Perbedaan Pendidik dan Pengajar, Memangnya Beda?

Guru Penggerak: Ketahui Manfaat dan Syarat Daftarnya

Jabatan Fungsional Guru: Pengertian dan Syarat Kenaikan Pangkat

Share the Post:

Related Posts