Guru Penggerak: Ketahui Manfaat dan Syarat Daftarnya

Guru Penggerak

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia menulai program guru penggerak di awal 2020 sebelumnya. Program ini pun terus berkembang dan masih tetap berlanjut hingga kini. Program ini memiliki tujuan untuk membantu menjadi fasilitator dan praktitisi di dunia pendidikan Indonesia. 

Melalui program guru penggerak ini, murid-murid yang memiliki kesulitan belajar dalam metode daring atau online akan mendapatkan solusi terbaik. Selain itu, murid-murid juga akan difokuskan untuk berkembang sesuai dengan tujuan pendidikan Indonesia. 

Apa itu Guru Penggerak 

Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu guru penggerak. Guru penggerak sendiri adalah suatu program yang bertujuan untuk memberikan peningkatan pada kompetensi guru di Indonesia. Program ini memiliki harapan tinggi agar dapat menggerakkan komunitas belajar. Program dari Kemendikbud ini memiliki prinsip serupa dengan Kurikulum Merdeka di sekolah, yaitu dengan menggunakan cara yang fleksibel. 

Guru dalam program ini akan membantu mendorong kualitas pendidikan di sekolah ataupun di luar sekolah agar jadi lebih baik. Guru yang sudah terpilih untuk program ini wajib menjalankan proses pembelajaran yang berdasarkan pada realita di lingkungan dan membantu menggabungkan proses belajar tatap muka serta online. 

Tujuan Guru Penggerak

Dalam menjalankan program ini, tentu ada beberapa tujuan yang dibebankan pada guru tersebut pada sekolah dan anak muridnya. Program guru ini terbentuk untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan lebih baik dan lebih fleksibel. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari program milik Kemendikbud tersebut. 

  1. Membantu pengembangan peserta didik atau murid dengan memberikan pembelajaran secara mandiri atau kelompok. 
  2. Membantu menggerakkan ekosistem bidang pendidikan Indonesia dengan melakukan berbagai kolaborasi. 
  3. Membantu mendorong rasa kepemimpinan pada murid agar dapat menjadi lebih aktif dan percaya diri. 
  4. Membantu menciptakan program pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. 
  5. Mendukung pembelajaran yang implementif terhadap murid. 

Dengan adanya tujuan-tujuan tersebut, guru akan dapat melatih dan mengembangkan peserta didik sehingga memiliki pribadi dan semangat belajar yang sesuai. Hal ini akan membantu agar pendidikan di Indonesia semakin meningkat dan berkualitas tinggi. 

Manfaat Guru Penggerak

Program satu ini tentunya memiliki keuntungan atau manfaat tersendiri. Manfaat tersebut akan dapat terwujud dengan kolaborasi yang apik antara guru dan juga rekan serta peserta didik. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya. 

1. Dapat Membantu Mengembangkan Kompetensi Bersama

Program ini akan berlangsung selama 9 bulan. Adanya program ini termasuk dengan pelatihan secara daring, lokakarya, pendampingan selama 9 bulan dan juga konferensi. Dalam hal ini guru akan terus dipantau agar terus melakukan tugas mengajar sesuai dengan kebutuhan. 

Guru juga akan mendapatkan evaluasi hingga tahap pelatihan selesai. Hal ini akan membantu kompetensi guru agar terus meningkat dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. 

2. Membantu Meningkatkan Kepemimpinan Pada Peserta Didik

Guru dalam program ini akan berfokus pada pengembangan peserta didik dan juga lingkungan. Peserta didik akan mendapatkan pembelajaran yang efektif sehingga dapat meningkatkan kepemimpinan mereka. 

3. Proses Pembelajaran Mandiri

Tenaga pendidik atau guru skan mendapatkan pengalaman belajar mandiri yang terstruktur dan sistematis. Dengan begini tenaga pendidik skan mendapatkan ilmu terbaik dengan penyampaian yang apik. 

Tenaga pendidik juga dapat mendapatkan pengalaman berharga dengan rekan guru lain yang akan menjadi suatu kelebihan dalam mengembangkan kemampuan diri di sekolah. 

Peran Guru Penggerak

Peran guru penggerak tidak hanya sebatas mengajar saja. Ada tujuan dan peran penting lainnya yang perlu guru tersebut perhatikan. Berikut ini adalah beberapa peran tersebut. 

  • Membantu menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan juga wilayah. 
  • Memimpin pembelajaran di lingkungan sekolah. 
  • Membantu membuka ruang diskusi dan kolaborasi positif antara guru dan jajaran penting di sekolah. 
  • Membantu meningkatkan rasa kepemimpinan murid di sekolah. 
  • Mengajar praktik untuk rekan-rekan guru lain untuk pengembangan pembelajaran di sekolah.

Syarat Guru Penggerak 

Untuk menjadi guru penggerak ini, Anda harus memenuhi beberapa syarat. Syarat tersebut berdasarkan pada kriteria umum dan juga kriteria seleksi yang sudah ada. Berikut inj adalah beberapa informasinya. 

1. Kriteria Umum

  • Merupakan guru di jenjang TK, SD, SMP dan juga SMA. 
  • Merupakan guru PNS atau Non PNS, dari sekolah negeri atau swasta. 
  • Memiliki akun guru resmi di Dapodik atay Data Pokok Pendidikan. 
  • Guru dengan kualifikasi pendidikan minimal S1 atau D4. 
  • Guru dengan pengalaman mengajar minimal 5 tahun. 
  • Guru yang memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun. 
  • Guru dengan keinginan kuat untuk posisi tersebut. 

2. Kriteria Seleksi

  • Melaksanakan penerapan pembelajaran yang berfokus pada peserta didik. 
  • Guru memiliki kemampuan untuk memfokuskan diri pada tujuan program. 
  • Guru memiliki kompetensi untuk bisa menggerakkan orang lain dan juga kelompok. 
  • Guru yang memiliki daya juang tinggi. 
  • Guru yang memiliki kompetensi kepemimpinan dan kemandirian. 
  • Guru memiliki kemampuan untuk belajar hal baru, terbuka dan dapat terus memperbaiki diri. 
  • Punya kemampuan komunikasi gang efektif. 

Selain memperhatikan kriteria umum dan seleksi, Anda juga bisa memperhatikan beberapa kompetensi yang dibutuhkan pada guru penggerak ini. Ada 6 kompetensi yang umumnya harus ada di guru yang ingin mendaftar program tersebut. Ini dia beberapa informasinya. 

  • Guru yang mempunyai dedikasi tinggi ketika mengajar. 
  • Guru yang mampu mengembangkan sekolah dan juga melakukan menajemen di sekolah. 
  • Guru dengan kesabaran yang baik. 
  • Guru yang memiliki rasa kepercayaan dirj yang baik. 
  • Guru dengan komunikasi yang baik serta memiliki kreativitas tinggi sehingga bisa membantu proses pembelajaran agar tidak monoton dan terus menyenangkan. 

Cara Daftar Guru Penggerak

Kalau Anda merasa mampu dan ingin menjadi guru penggerak, Anda bisa melakukan pendaftaran dengan cara berikut. Namun, Anda harus bisa memperhatikan kriteria umum dan kriteria seleksi yang ada. Jika kriteria tersebut sudah cocok, maka Anda bisa meneruskan proses pendaftaran. 

Jika ada salah satu kriteria yah mungkin kurang tepat, maka sebaiknya Anda berpikir ulang ketika ingin melakukan pendaftaran. Berikut ini adalah cara daftar program guru penggerak. 

  1. Daftarkan diri melalui https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/
  2. Atau bisa juga melalui laman akunbelajar.id
  3. Pilih menu pendaftaran 
  4. Pilih Guru Penggerak Angkatan
  5. Isi Data di website dengan benar
  6. Lalu ikuti seleksi dengan baik dan sesuai aturan

Tertarik daftar Guru Penggerak? 

Itulah dia beberapa informasi penting tentang guru penggerak yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda memiliki keinginan untuk mewujudkan generasi yang berfokus pada kepemimpinan ini, Anda bisa mencoba mendaftar menjadi dengan cara di atas. Jadilah guru yang memiliki tujuan dan makna kehidupan yang berguna bagi masyarakat. 

Apakah yang dimaksud guru penggerak?

Guru penggerak adalah seorang guru yang membantu tumbuh kembang murid dalam bidang pembelajaran sekaligus menjadi teladan dan juga penggerak perubahan lingkungan pendidikan agar murid bisa terwujud menjadi Pelajar Pancasila.

Guru penggerak apa tugasnya?

Guru penggerak memiliki beberapa tugas penting, salah satunya yaitu menggerakkan komunitas belajar di sekolah dan wilayahnya, menjadi pengajar praktik di sekolah, membantu mendorong peningkatan kualitas kepemimpinan murid, menjadi pemimpin pembelajaran di sekolah dan lain sebagainya. Tugas ini harus mereka emban dengan baik demi mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Apakah guru penggerak akan diangkat jadi PNS?

Guru penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan yang terselenggara dari tahun 2020 oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia. Guru penggerak bisa memiliki status PNS, PPPK dan juga honorer.

Berapa insentif guru penggerak?

Untuk CGP atau Calon Guru Penggerak, mereka akan mendapatkan insentif sebesar Rp 125 ribu di tiap bulan ketika mengikuti masa pelatihan. Hal ini demi membantu keberlangsungan hidup guru tersebut di waktu pelatihan sehingga mereka bisa fokus terhadap ilmu yang akan diterima nantinya

Apa itu CGP dan CPP?

CGP adalah singkatan dari Calon Guru Penggerak. Sedangkan CPP yaitu singkatan dari Calon Pengajar Praktik.

Share the Post:

Related Posts