Esai Guru Penggerak: Pengertian dan Cara Mengisi

Esai Guru Penggerak

Guru penggerak adalah program hasil dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemendikbudristek. Program ini berusaha melatih guru selama beberapa bulan agar dapat memiliki kompetensi yang tepat sebagai guru penggerak. Untuk mendaftar pada program ini, para guru harus dapat memenuhi syarat-syaratnya, contohnya yaitu mengisi esai guru penggerak. 

Dalam seleksi program guru penggerak, para guru harus mendaftarkan diri melalui website yang sudah ada. Di dalam website tersebut, para guru harus mengisi data secara lengkap, mengisi dokumen pribadi dan juga mengisi esai dengan ketentuan yang ada. Pengisian esai akan menjadi patokan akan tujuan para guru yang mendaftar dan menyeleksi calon guru penggerak nantinya. 

Jika proses seleksi dokumen sudah selesai, maka para calon guru akan menghadapi beberapa tes seperti tes penilaian yang telah ditentukan. Proses ini akan menghasilkan calon guru penggerak yang akan mengikuti kegiatan seperti lokakarya, pelatihan daring, konferensi dan juga pendampingan selama 6 bulan lamanya. Penting bagi Anda yang ingin mengikuti program ini untuk memenuhi semua persyaratan yang ada. 

Apa Itu Esai Guru Penggerak?

Pertama-tama, calon guru penggerak harus dapat mengetahui apa itu esai untuk program guru penggerak. Esai ini adalah salah satu syarat yang harus Anda penuhi ketika mendaftar program dari Kemendikbud. Persyaratan ini harus terpenuhi setelah mengisi data diri. 

Esai tersebut berisi tentang penjelasan diri sendiri, pengalaman diri selama mengajar, teknik mengajar dan juga cara para calon guru ketika menghadapi peserta didik. Esai ini penting untuk menjadi penilaian tentang para calon guru penggerak nantinya. Hal ini juga bisa menjadi gambaran besar tentang pribadi dan cara kerja para calon guru penggerak. 

Pengisian esai dengan tepat bisa membantu agar proses penyeleksian bisa berjalan lancar. Maka dari itu, penting bagi para pendaftar untuk mempersiapkan esai dengan isi dan jawaban yang tepat agar bisa memberikan gambaran yang tepat. 

Cara Mengisi Esai Guru Penggerak 

Jika Anda sudah mengetahui isi dari esai yang akan dikumpulkan, Anda bisa mengikuti cara berikut untuk mengisi esai ke website dengan benar. Cara ini akan lebih mudah dan dapat membantu proses pengisian dengan lebih cepat. Berikut ini adalah beberapa langkahnya. 

  1. Pertama-tama, Anda harus masuk ke website guru penggerak terlebih dahulu. Website resminya yaitu di https://sekolahpenggerak.simpkb.id/
  2. Setelah itu akan ada informasi dan ketentuan dari pengisian essai. Jika sudah paham, Anda bisa mencentang dua kotak kecil yang muncul. 
  3. Jika sudah mencentang informasi dan ketentuan, Anda akan dapat mengeklik tombol Mulai Pengerjaan Essai. 
  4. Jika sudah siap, Anda bisa klik Mulai. Jika belum, Anda masih bisa klik Batal dan mengulang di waktu lain. 
  5. Lalu Anda akan terarah ke halaman pengisian esai dengan ketentuan waktu yang ada. 
  6. Akan ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab dengan cara deskriptif. 
  7. Isi semua pertanyaan dengan baik dan sesuai ketentuan. Jika sudah terjawab semua, klik Finish Attempt. Anda lalu akan menuju ke halaman cek ulang dan konfirmasi. 
  8. Cek semua pertanyaan apakah sudah terjawab dengan benar atau belum. 
  9. Jika waktu masih ada dan Anda ingin mengubah jawaban, klik Return Attempt. 
  10. Jika sudah yakin dengan jawaban tersebut, klik Selesaikan lalu Kirim. 
  11. Jika sudah, Anda akan diarahkan ke halaman survey. Isi dengan baik untuk menyelesaikan. 
  12. Setelah itu, Anda akan melanjutkan ke tahap selanjutnya. 

Syarat Penulisan Esai Guru Penggerak

Ketika mengisi esai untuk program guru penggerak, Anda harus memperhatikan ketentuan yang ada. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan syarat lainnya untuk lolos di program ini. 

Untuk syarat penulisan esai, Anda harus melihat ketentuan dari jumlah kata atau karakter di tiap pertanyaan. Usahakan untuk menulis sesuai dengan ketentuan, jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak. 

Selain itu, jangan mencoba untuk meminta orang lain untuk mengisi esai tersebut. Isilah sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman Anda selama mengajar. Tuliskan isi dengan lengkap dengan bahasa yang baik agar bisa dinilai dengan mudah. 

10 Tips Menulis Esai Guru Penggerak

Untuk penulisan esai program ini, Anda mungkin kebingungan tentang apa saja yang harus dituliskan ke esai. Jangan khawatir, Anda bisa mengikuti beberapa tips menulis di bawah ini. Tips berikut khusus untuk para guru yang ingin menulis esai dengan baik dan benar, simak informasi selengkapnya. 

1. Penuhi Syarat Pengisian Esai

Tips yang pertama yaitu dengan mengisi jawaban pertanyaan esai dengan deskriptif dan dengan jumlah kata atau karakter yang sesuai. Jika terdapat syarat ketentuan lain ketika mengerjakan, usahakan untuk mengikutinya dengan baik. 

Mengikuti syarat pengisian dengan tepat akan membantu agar bisa lolos ke tahap selanjutnya. Maka dari itu Anda harus memperhatikan keterangan sebelum mengerjakan soal. 

2. Perhatikan Waktu Pengerjaan

Jika dalam proses mengisi esai, umumnya akan ada waktu pengerjaan sebagai ketentuan. Usahakan untuk memperhatikan waktu pengerjaan ini sembari mengisi jawaban esai. 

Jadi Anda tidak kekurangan waktu karena tidak mengatur waktu penulisan esai dengan benar. Bagi waktu dengan baik agar tiap jawaban esai bisa terjawab dengan sempurna. 

3. Jangan Fokus Pada Pembuatan Paragraf Saja

Menuliskan jawaban secara deskriptif bisa membuat Anda terjebak dalam keinginan untuk menuliskan dengan baik dalam suatu paragraf. Namun, hal ini bisa menyebabkan kerugian untuk Anda. 

Ketika mengisi esai, tidak perlu mementingkan bentuk paragrafnya. Usahakan untuk lebih memperhatikan isi yang runtut serta mudah dipahami agar jawaban sesuai dengan soal yang ada. 

4. Isi Esai dengan Empat Unsur Utama

Dalam mengisi esai, Anda perlu memperhatikan isinya. Ketika menulis, cobalah untuk memuat empat unsur yaktu bentuk kegiatan atau inovasi, dampak dari kegiatan atau inovasi yang telah atau ingin dilakukan, waktu secara spesifik dan juga peran Anda dalam kegiatan atau inovasi tersebut. 

Dengan mengisi esai sesuai dengan unsur tersebut, Anda bisa memberikan jawaban yang lebih memuaskan serta berisi. Jadi esai Anda bisa tertata rapi dan mudah dibaca. 

5. Tulis Esai Sesuai dengan Kenyataan

Untuk menulis esai guru penggerak, Anda harus menyesuaikan dengan pengalaman yang ada. Jika ditanya tentang pengalaman mengajar, jawablah dengan sejujurnya dan sebenar-benarnya. 

Menuliskan isi yang tidak benar mungkin akan lebih menarik, namun hal ini tidak sesuai dengan kodrat guru yang sebaiknya. Usahakan untuk menulis sesuatu sesuai dengan pengalaman Anda sendiri. Jika masih belum banyak pengalaman yang sesuai dengan soal, cobalah untuk tidak mengarang. 

6. Jelaskan dengan Rinci

Ketika menulis esai guru penggerak, Anda harus bisa menulis dengan rinci dan jelas. Hal ini akan membantu agar esai jadi lebih kuat dan memberikan inti atau jawaban yang sesuai. 

Ketika menyampaikan inovasi atau kegiatan, jelaskan dengan baik kegiatan atau inovasi tersebut. Berikan keterangan juga tentang dampak yang diberikan oleh kegiatan atau inovasi yang telah Anda lakukan. Hal ini akan memperkuat esai sehingga bisa membantu seleksi guru penggerak. 

7. Berikan Data atau Bukti

Jika masih ada waktu, Anda bisa juga menambahkan data atau bukti dari kegiatan atau inovasi yang telah terjadi. Hal ini akan memperkuat esai sehingga bisa memberikan bukti nyata yang sesuai dengan keterangan. 

Data statistik atau data peningkatan kegiatan bisa membantu menggarisbawahi hasil kerja Anda selama mengajar. Tentu hal ini bisa membantu dalam proses seleksi. 

8. Kaitkan dengan Peran Guru Penggerak

Ketika menuliskan esai tentang kegiatan atay inovasi, cobalah untuk mengaitkannya dengan peran dari guru penggerak. Jelaskan bagaimana inovasi bisa memberikan dampak positif dalam pendidikan yang terkait dengan peran guru penggerak di masyarakat. 

Hal ini akan membantu memperkuat esai Anda. Selain itu, Anda juga akan dapat menunjukkan kesesuaian diri dengan posisi guru penggerak karena telah memiliki pengalaman serupa. 

9. Gunakan Gaya Bahasa Formal

Untuk penulisan esai, sebaiknya menggunakan bahasa yang cukup formal. Hindari penggunaan singkatan atau gaya bahasa anak muda. 

Hal ini akan membantu meningkatkan integritas Anda sebagai guru. Jadi bisa membantu proses seleksi juga. 

10. Sampaikan dengan Kronologi

Tips selanjutnya yaitu dengan menulis kegiatan atau inovasi dengan gaya penulisan kronologis. Gaya penyampaian kronologis ini yaitu cara memaparkan sesuatu secara runtut dari awal hingga akhir. Cara ini akan membantu agar esai jadi lebi rapi dan mudah dipahami. 

Cobalah untuk menjelaskan semua kegiatan atau inovasi dari awal hingga akhir. Sertakan juga hasil yang ada sehingga jadi lebih kuat.

Mudahnya Menulis Esai Guru Penggerak

Nah itu dia beberapa informasi terkait pengertian, cara pengisian, syarat penulisan esai dan juga tips menarik dari pembuatan esai guru penggerak. Penting untuk para guru agar dapat mengikuti ketentuan yang telah ada agar bisa masuk kualifikasi guru penggerak. Pengisian esai yang baik akan membantu agar Anda bisa mendapatkan tempat di program ini. 

Share the Post:

Related Posts