Cara Daftar Guru Penggerak: Simak Detail Tutorialnya

cara daftar guru penggerak

Untuk memajukan pendidikan Indonesia, pemerintah telah memberikan banyak sumber daya bagi peserta didik maupun guru. Salah satu program peningkatan kompetensi yang pemerintah buat yaitu program guru penggerak. Program ini adalah pelatihan selama bebe bulan yang akan diikuti oleh para guru yang sudah mendaftar. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara daftar guru pengger dengan benar. 

Program guru penggerak ini adalah suatu pelatihan yang Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia mulai di tahun 2020. Pelatihan ini akan membantu kompetensi guru agar dapat meningkatkan dan menggerakkan komunitas belajar di sekolahnya. 

Guru yang sudah mendaftar dan mengikuti pelatihan akan mendapatkan materi pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berbeda. Guru akan mengikuti kegiatan seperti daring, konferensi, lokakarya, dan juga pembimbingan. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah serta membantu meningkatkan kegiatan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. 

Cara Daftar Guru Penggerak

Untuk mengakses halaman untuk pendaftaran dan login program penggerak tidaklah terlalu sulit. Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini untuk masuk ke akun guru penggerak Anda. 

1. Siapkan Akun SIMPKB

Untuk mendaftar dan juga melakukan registrasi untuk program Pendidikan Guru Penggerak ini, Anda harus terlebih dahulu memiliki akses pada SIMPKB atau Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian dan Berkelanjutan. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa mencermati halaman berikut ini https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/

cara daftar guru penggerak

2. Masuk ke Website Resmi

Jika Anda sudah memiliki akun SIMPKB, maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan masuk ke website resmi program guru penggerak dan melakukan login di website tersebut. Website resmi dari program ini yaitu https://sekolahpenggerak.simpkb.id/. Jika sudah masuk dan mendaftar, Anda kemudian bisa memilih opsi Pendidikan Guru Penggerak. 

pendaftaran guru penggerak

3. Masukkan Akun SIMPKB ke Portal Khusus Guru Penggerak 

Selanjutnya, Anda akan masuk ke portal khusus guru penggerak. 

Di dalam portal khusus ini, Anda bisa langsung memasukkan akun SIMPKB yang ada. Jika sudah, tekan tombol Masuk untuk melakukan login. Anda akan terarah ke Beranda. 

memasukkan akun SIMPKB

Di langkah ini, Anda sudah terdaftar pada akun website guru penggerak. Namun, Anda harus mengisi beberapa data yang penting untuk penilaian. Data tersebut sebaiknya Anda siapkan dengan baik dan jauh-jauh hari. 

Pengisian Data Calon Guru Penggerak 

Setelah melakukan login ke halaman pendidikan guru penggerak, Anda terlebih dulu harus mengisi beberapa data. Data-data ini akan membantu untuk mengetahui kelengkapan diri dan personal untuk keberlanjutan program tersebut. Ini dia beberapa data yang perlu Anda masukkan ke website dan juga beberapa penjelasan langkahnya. 

1. Pengisian Curriculum Vitae

Setelah melakukan proses masuk ke website dengan menggunakan akun, Anda harus memulai tahapan dengan mengisi curriculum vitae. Pengisian ini harus Anda selesaikan maksimal 24 jam setelah pendaftar mengeklik tombol mulai. 

Data yang perlu Anda isi di pengisian curriculum vitae ini yaitu informasi umum tentang diri sendiri, informasi tentang pengalaman pelatihan yang sudah Anda ikuti, informasi pengalaman dalam berorganisasi, informasi pengalaman menjadi sukarelawan, pengalaman pengembangan, dan juga pengunggahan dokumen penting. 

Beberapa informasi ini ada yang bersifat wajib dan juga opsional. Perhatikan keterangan di website sebelum memulai pengisian. Pastikan Anda sudah mengisi secara lengkap sebelum batas waktu 24 jam selesai. 

2. Pengisian Esai dan Input Survey

Proses selanjutnya yaitu pengisian essai dan input survei. Langkah ini penting untuk proses daftar guru penggerak. Anda bisa melengkapi curriculum vitae terlebih dahulu sebelum mengisi data ini. 

Anda bisa mengeklik pada modul Essai di website. Kalau tidak, klik pada tombol Mulai Kerjakan di modul tersebut. Setelah itu Anda bisa memulai melakukan pengerjaan essai. 

Essai ini harus Anda kerjakan dengan penjelasan deskriptif. Jika sudah selesai, maka website akan mengarahkan ke survei berupa kuesioner yang bisa Anda jawab. Isikan hingga selesai dan dengan sejelas-jelasnya. 

3. Tes Bakat Skolastik

Jika Anda sudah melengkapi curriculum vitae dan juga mengisi essai dan survei, admin pusat akan memutuskan apakah Anda sudah lolos atau belum. Jika sudah lolos, Anda bisa melanjutkan ke tahap tes bakat skolastik. 

Tes ini terdiri dari tiga tes yaitu, subtes verbal, subtes kuantitatif dan juga subtes penalaran. Pengerjaan tes tersebut harus Anda lakukan maksimal dalam 85 menit lamanya. 

Untuk memulai, Anda bisa mengeklik tombol Tes bakat skolastik yang ada di website. Cermati petunjuk yang ada dan kerjakan hingga selesai. Masing-masing tes hanya bisa Anda kerjakan sekali saja. Maka dari itu, kerjakan dengan cermat. 

4. Konfirmasi Simulasi Mengajar

Setelah itu, Anda akan diberikan jadwal simulasi mengajar yang harus terselesaikan. Simulasi mengajar ini akan terlaksana dalam waktu 30 menit dan maksimal waktu praktik mengajar selama 8 menit. Untuk kandidat yang sudah mendapatkan jadwal, sebaiknya hadir lima belas menit sebelum tes mulai. 

Simulasi mengajar ini akan menggunakan perangkat elektronik seperti komputer atau laptop dan dilakukan dengan koneksi internet. 

Sebelum itu, Anda harus melakukan konfirmasi jadwal simulasi mengajar di laman website guru penggerak. Perhatikan waktu dan jadwayanh tertera agar tidak terjadi kesalahan di waktu simulasi. 

Ketika waktu simulasi mulai, sebaiknya Anda menyiapkan alat dan jaringan yang stabil untuk menghindari kesalahan teknis. Umumnya simulasi ini akan dilakukan menggunakan website konferensi dari Google. 

Jika Anda menggunakan perangkat smartphone atau tablet, pastikan untuk mendownload aplikasi tersebut terlebih dahulu. Lakukan simulasi dengan baik dan rileks. 

5. Ikuti Tahapan Selanjutnya

Jika sudah lulus tahapan sebelumnya, maka Anda harus melakukan tahapan selanjutnya yaitu mengunggah karya terbaik di layanan program Ayo Guru Berbagi. CGP nantinya harus mengunggah artikel bertemakan Catatan Guru Penggerak yang ada di dasbor akun peserta. 

Selain itu, peserta juga perlu mengirimkan RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP adalah suatu rencana yang berguna sebagai pegangan guru ketika mengajar di kelas sehingga bisa mengajar sesuai dengan kurikulum yang ada. 

Anda bisa mengunggah file ini ke website guru penggerak melalui akun masing-masing. Proses unggah file RPP ini adalah hal yang wajib bagi guru yang mendaftar program guru penggerak tersebut. 

Sudah Siap Daftar Menjadi Guru Penggerak?

Itulah dia beberapa informasi penting terkait cara daftar guru penggerak dan juga cara loginnya. Pastikan Anda sudah login dan memasukkan data yang benar agar tidak terjadi kesalahan ketika program sudah mulai. Jadi Anda bisa fokus pada pelatihan dan dapat meningkatkan kompetensi diri agar jadi lebih baik lagi.

Dimana daftar guru penggerak?

Anda dapat mendaftar program dari Kemendikbud ini dengan mengakses laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak. Cek secara berkala agar dapat mengetahui pengumuman seleksinya.

Kapan pendaftaran guru penggerak dibuka?

Pendaftaran guru penggerak dilakukan beberapa periode. Untuk pengumumannya bisa Anda dapatkan di laman website resmi https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak berikut ini.

Share the Post:

Related Posts