Bongkar Cara Membuat Akun SIMPKB, Guru Wajib Tahu!

Pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah salah satu program yang penting bagi karir guru di bidang pendidikan formal. Dengan program ini guru akan dapat mengikuti kenaikan pangkat dan juga program lainnya. Untuk mengikuti program ini, guru harus tahu cara membuat akun SIMPKB yang benar. 

SIMPKB adalah sistem yang pemerintah buat untuk memfasilitasi program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru dengan lebih baik. Melalui sistem ini, guru akan dapat meningkatkan mutu dan kualitas diri akan sesuai dengan standar. 

Dengan begitu, guru di Indonesia akan mengalami peningkatan standar yang sesuai dengan kebutuhan di masyarakat. Adanya SIMPKB juga membuat guru dapat melakukan pengembangan diri dengan program yang tersedia. 

Maka dari itu, penting bagi guru untuk mengetahui cara daftar dan buat akun SIMPKB ini. Kalau tidak, guru tersebut akan mengalami ketertinggalan dengan rekan guru lainnya. Berikut ini informasi tentang pembuatan akun SIMPKB yang tepat. 

Apa Itu SIMPKB?

Pertama-tama, marilah mempelajari latar belakang dari adanya Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru sebelum mempelajari cara membuat akun SIMPKB. 

Program ini berusaha untuk membantu para guru agar dapat meningkatkan mutu diri dan keterampilan yang nantinya akan berguna bagi pendidikan di Indonesia. 

Program ini berusaha menjawab kebutuhan pendidikan yang seimbang dengan kemajuan teknologi dan perubahan zaman. Hal ini sangat penting karena bisa menentukan apakah Indonesia bisa maju atau justru mengalami kemunduran. 

Apalagi guru adalah sosok penting yang memiliki pengaruh besar pada pendidikan di Indonesia. Ketika guru tidak mencermati kualitas dan profesionalitas yang sesuai dengan perubahan zaman, maka hal ini bisa menjadi suatu bencana di masa depan.

Hal ini karena guru yang memiliki kompetensi dan keterampilan yang baik akan dapat menciptakan peserta didik dengan prestasi yang cemerlang. Maka dari itu, kualitas seorang guru harus selalu menjadi perhatian. 

Untuk itulah, pemerintah telah membuat program pengembangan dengan menyertakan sistem SIMPKB yang akan membantu terlaksananya tujuan pendidikan di Indonesia ini. 

Istilah SIMPKB, merupakan singkatan dari Sistem Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian yang Berkelanjutan, sebuah sistem untuk membantu program pemerintah. Sistem ini tersedia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk para guru di Indonesia. 

Mulai pada tahun 2017, Ditjen GTK membuat peraturan bahwa tenaga pendidik wajib memiliki SIMPKB ini. Hal ini demi lancarnya program pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk guru yang lebih profesional. 

Melalui sistem ini, para guru dapat menempuh pendidikan profesi dan kegiatan PPG lain sehingga bisa mendapatkan keuntungan berupa tunjangan dan ilmu pengetahuan baru, sehingga sistem ini wajib bagi guru di Indonesia.  

Fungsi Akun SIMPKB

Memiliki akun SIMPKB adalah hal yang penting bagi guru. Hal ini karena dengan memiliki akun tersebut, guru akan dapat melaksanakan program Pengembangan Keprofesian yang Berkelanjutan dengan lebih baik.

Selain itu, ada beberapa fungsi lain dari pembuatan akun ini. 

1. Menghimpun Guru yang Terdaftar di GTK

Guru yang sudah terdaftar di SIMPKB akan dapat terkumpul datanya sehingga proses pelaksanaan pengembangan keprofesian bisa berlanjut dengan lebih lancar. 

Dengan data yang sudah terkumpul guru akan dapat melaksanakan program dengan lebih baik dan tanpa hambatan. Apalagi sistem ini adalah pusat dari informasi dan layanan sehingga akan terus guru gunakan selama program masih berlanjut.

2. Pusat Pengelolaan Data Layanan PKB

Fungsi lain dari SIMPKB yaitu sebagai pusat pengelolaan data dan layanan Program Pengembangan Keprofesian yang Berkelanjutan. Dengan terdaftar dari sistem ini, maka guru akan dapat mengikuti program tersebut dengan baik.

Apalagi karena sistem ini menampung semua data yang guru perlukan untuk mengikuti program pengembangan tersebut. Tidak memiliki akun di sistem ini sama saja tidak ingin mengikuti program pemerintah tersebut sehingga bisa merugikan karir guru di masa depan nantinya.

3. Membantu Penyebaran Informasi Terkait PKB

Fungsi dari pembuatan akun SIMPKB yang lainnya yaitu dapat membantu penyebaran informasi terkait dengan Program Pengembangan Keprofesian. Dengan begitu, informasi akan kegiatan atau peraturan terkait kegiatan akan jadi lebih efisien.

Guru bisa mendapatkan informasi secara akurat dan tepat waktu sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti ketertinggalan informasi. Guru bisa memanfaatkan akun ini dengan baik agar program pengembangan diri bisa terlaksana dengan lancar.

4. Membantu Terlaksananya Program PKB Guru 

Dengan memiliki akun di SIMPKB ini, guru akan dapat membantu terlaksananya program Pengembangan Keprofesian yang Berkelanjutan untuk guru. Guru akan dapat mengikuti kegiatan dan juga materi yang tersedia di sistem ini.

Hal ini akan membantu guru agar dapat meningkatkan mutu dan profesionalitas diri sehingga bisa terus berkembang dalam melakukan proses pengajaran di sekolah. Guru akan dapat menjadi versi terbaik dari dirinya sehingga bisa mencapai tujuan pembelajaran yang ada. 

5. Membantu Meningkatkan Mutu Guru dan Mencapai Tujuan Pendidikan

Dengan memiliki akun di SIMPKB, guru akan dapat meningkatkan mutu diri. Kalau mutu diri sudah meningkat, maka guru tersebut akan dapat meningkatkan kinerjanya sehingga bisa mencapai tujuan pembelajaran di kelas.

Tujuan pembelajaran yang sudah tercapai akan membantu guru sehingga bisa mencapai tujuan pendidikan Indonesia sehingga generasi muda di negara ini tidak tertinggal dengan negara lainnya.

Cara Membuat Akun SIMPKB

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membuat akun SIMPKB. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti. 

1. Cek UKG Guru

SIMPKB juga bisa menjadi syarat guru untuk mendapatkan tunjangan. Namun, guru harus memenuhi kriteria tertentu untuk dapat mendapatkan keuntungan tersebut. 

Salah satunya yaitu guru harus memiliki Ujian Kompetensi Guru (UKG). Guru tidak bisa mengikuti SIMPKB tanpa memiliki hasil nilai UKG. 

Berikut ini adalah cara mengecek nomor hasil UKG guru:

  • Cek data di Data Pokok Pendidikan atau Dapodik, pastikan bahwa data Anda sudah tepat dan sinkron serta terintegrasi dengan Dapodik pusat. 
  • Kalau belum terdaftar, Anda bisa melakukan pelaporan di Dapodik pusat agar mendapatkan tindak lanjut. 
  • Masuk ke website https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ untuk mencari data GTK atau Guru dan Tenaga Kependidikan. 
  • Pilih ‘Pencarian Data GTK’ lalu isikan nama, provinsi dan kota. 
  • Perhatikan data UKG di halaman tersebut. 

2. Cara Daftar SIMPKB 

  • Kalau sudah punya nilai UKG, Anda bisa melanjutkan membuat SIMPKB. 
  • Masuk ke website https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/registrasi. 
  • Setelah itu, isi data formulir seperti identitas diri, nomor UKG dan data pendukung lainnya. 
  • Setelah itu, isi kode verifikasi dan tekan tombol Register. 
  • Setelah itu, lakukan cetak dokumen pemberitahuan akses layanan. Caranya yaitu dengan klik simpan. 
  • Kalau ada notifikasi pendaftaran gagal, silahkan hubungi admin Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di Dinas Pendidikan pada daerah domisili. 

3. Cara Masuk ke Akun SIMPKB

  • Setelah berhasil dalam proses pendaftaran, silahkan akses website https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/.
  • Di dalamnya terdapat banyak menu program SIMPKB. 
  • Pilih menu Masuk, lalu masukkan email dan kata sandi. 
  • Sistem ini bisa guru akses dengan menggunakan website maupun aplikasi di handphone. Untuk penggunaan di handphone Anda perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu. 

Guru Wajib Tahu Cara Membuat Akun SIMPKB

Itulah dia informasi penting terkait dengan cara membuat akun SIMPKB dan fungsi dari akun tersebut. Sebagai guru, informasi ini akan dapat membantu Anda dalam melaksanakan tugas keguruan dengan lebih baik dan maksimal. 

PTK Guru, Apa Saja Tujuan dan Manfaatnya?

Pendidikan Profesi Guru: Syarat dan Jenis-Jenisnya

Cara Daftar Guru Penggerak: Simak Detail Tutorialnya

Share the Post:

Related Posts