PTK Guru, Apa Saja Tujuan dan Manfaatnya?

Apakah Anda tahu apa itu PTK guru? PTK adalah singkatan dari Penelitian Tindakan Kelas. Istilah ini adalah versi Indonesia dari Classroom Action Research

Penelitian satu ini memiliki arti penelitian dengan melakukan tindakan oleh pihak tenaga pendidik atau guru di dalam kelasnya sendiri. Kegiatan penelitian dalam kelas ini guru lakukan melalui refleksi diri yang memiliki tujuan agar dapat memperbaiki kualitas kinerja guru di kelas. 

PTK ini berusaha mendapatkan hasil dari berbagai kegiatan penelitian yang ada di kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini nantinya akan memiliki fungsi dan manfaat yang baik bagi guru, murid, hingga sekolah. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Penelitian Tindakan Kelas ini, silahkan simak informasi selengkapnya di bawah. Dengan begitu Anda akan dapat meningkatkan kualitas diri sebagai guru di masa depan. 

Pengertian PTK Guru

Sebelum mengetahui apa itu tujuan, fungsi hingga manfaat guru, ada baiknya Anda mempelajari pengertian dari PTK ini dulu. PTK atau Penelitian Tindakan Kelas adalah suatu cara yang guru lakukan untuk mengaplikasikan suatu pembelajaran dengan melihat pengalaman sendiri maupun dengan perbandingan dari pengalaman guru lain. 

Penelitian ini pertama kali orang-orang ketahui dari tokoh Kurt Lewin pada tahun 1946. Setelah itu, metode ini berkembang melalui beberapa tokoh lain seperti Stephen Kemmis, Robin McTaggart, dan lain sebagainya. 

Tindakan tersebut akan berdasarkan arahan guru atau diberikan oleh guru sehingga siswa dapat melakukannya. Ketika hal ini terjadi, ruang kelas tidak menjadi spesifik hanya ruang kelas saja, melainkan sebagai suatu kelompok siswa yang dalam waktu bersamaan menerima pembelajaran yang sama dari guru yang sama juga. 

Melihat pengertian secara lebih luas, Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang berdasarkan pada penerapan tindakan. Ini karena PTK dapat memberikan pendekatan dan metode yang memiliki dampak langsung pada guru sehingga mereka dapat memperbaiki diri dan juga meningkatkan mutu kinerja ketika di kelas. 

Tujuan PTK

Dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas, guru akan mengawali dengan suatu kesadaran bahwa terdapat permasalahan di dalam kelas yang mengganggu kondusifitas kelas. Permasalahan itu juga memiliki dampak menghalangi pencapaian tujuan pendidikan di kelas sehingga memberikan efek kurang baik pada proses atau hasil belajar siswa di kelas. 

Dengan memahami kesadaran akan permasalahan tersebut, guru nantinya akan menetapkan suatu fokus permasalahan dengan lebih tepat dan tajam. Guru juga bisa mengumpulkan data tambahan dari lapangan secara terstruktur dan sistematis dengan menggunakan kajian pustaka yang relevan. 

Dengan memahami hal ini, Anda akan mengetahui bahwa penelitian ini memiliki tujuan yang berfokus dan memiliki manfaat besar. Tujuan dari penelitian tersebut yaitu:

  • Memecahkan permasalahan yang nyata dan terjadi di dalam kelas yang telah guru sadari dalam interaksi kegiatan pembelajaran di kelas. 
  • Meningkatkan tingkat profesionalisme guru serta menumbuhkan budaya akademik tinggi pada kalangan guru-guru. 
  • Membantu meningkatkan kualitas praktek pengajaran di kelas secara terus-menerus dengan pertimbangan bahwa masyarakat juga berkembang dengan cepat. 
  • Meningkatkan relevansi pendidikan dengan kebutuhan di dunia nyata dengan meningkatkan proses pembelajaran di kelas. 
  • Menjadi alat pelatihan secara langsung dengan tujuan untuk membantu melengkapi guru dengan kemampuan dan metode terbaru sehingga dapat mempertajam kemampuan analisis guru dan meningkatkan kesadaran diri. 
  • Menjadi alat untuk mencapai tingkatan inovasi lebih baik pada pembelajaran. 
  • Meningkatkan kualitas hasil pendidikan dengan memperbaiki praktek pengajaran di kelas, mengembangkan beberapa jenis keterampilan, dan juga meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. 
  • Meningkatkan aspek profesionalitas untuk para pendidik dan tenaga kependidikan. 
  • Membantu menumbuhkan budaya akademik yang baik di dalam lingkungan sekolah. 
  • Membantu meningkatkan pengelolaan pendidikan dengan lebih efisien dan juga memperbaiki proses pengajaran di kelas.

Manfaat PTK

Pada pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, ada 3 komponen dalam pendidikan yang menjadi sasaran utama yaitu siswa, guru dan juga sekolah. Komponen tersebut nantinya akan mendapatkan manfaat dari berlakunya PTK ini. 

Inilah beberapa informasi tentang manfaat PTK untuk guru, siswa dan juga sekolah:

1. Manfaat PTK untuk Siswa

PTK atau Penelitian Tindakan Kelas akan memberikan kemudahan dalam melakukan proses analisa dan diagnosa pada kesalahan ataupun kesulitan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Hal ini akan erat kaitannya dengan strategi, metode, teknik, konsep dan beberapa aspek lainnya. 

Ketika ada kesalahan yang dapat segera diperbaiki, maka proses pengajaran akan menjadi lebih mudah. Hasil belajar pun nantinya akan lebih meningkat daripada sebelumnya. 

Hal ini menunjukkan adanya hubungan baik antara pembelajaran dan perbaikan dalam hasil belajar murid di kelas.

Guru yang memiliki keterampilan dan kemauan dalam melakukan PTK akan dapat mewujudkan kedua hal tersebut.

2. Manfaat PTK untuk Guru

Untuk guru sendiri, akan ada beberapa manfaat yang dapat membantu dalam peningkatan diri dan kualitas pengajaran.

Berikut ini beberapa manfaat untuk guru:

  • Guru akan memiliki kemampuan dalam memperbaiki proses pengajaran dengan menggunakan kajian mendalam pada proses pembelajaran di kelas. Ketika proses perbaikan pengajaran ini berhasil, guru tentunya akan merasakan kepuasan tersendiri karena dapat melakukan hal yang berguna bagi siswa dan diri. 
  • Guru akan dapat lebih berkembang dalam meningkatkan kinerjanya di kelas. Hal ini karena ketika guru melakukan PTK, guru akan akan dapat menilai, merefleksikan diri, dan memperbaiki pembelajaran yang ia kelola sehingga bisa menjadi suatu standar yang baik. 
  • Guru yang melaksanakan PTK akan mendapatkan kesempatan dalam melakukan peran aktif untuk mengembangkan wawasan dan kemampuan dirinya sendiri. Guru memiliki peran penting sebagai agen perancang dan agen perbaikan, dengan begitu adanya PTK ini akan membantu guru agar bisa menghasilkan teori dan praktek pengajaran yang lebih baik. 
  • Guru yang melaksanakan PTK akan memiliki kepercayaan diri yang lebih baik karena dapat melakukan refleksi diri dan juga melakukan evaluasi pada hasil kinerja dalam pengajaran di kelas. Hal ini akan membantu guru dalam menemukan kekuatan dan kelemahan dalam diri sehingga bisa menghadapi tantangan pembelajaran dan mengembangkan solusi yang tepat untuk pembelajaran. 

3. Manfaat PTK untuk Sekolah

Sekolah adalah tempat di mana guru dapat memberikan kemampuannya dalam melakukan perubahan atau perbaikan kinerja agar jadi lebih profesional dan berkualitas. Ketika guru memiliki kemampuan dan keterampilan yang tepat dalam melaksanakan PTK, maka guru tersebut akan memberikan manfaat besar bagi sekolah. 

Hal ini terjadi karena guru dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di sekolah agar dapat mencerminkan kualitas yang baik di mata masyarakat. Apalagi karena tujuan daripada adanya PTK yaitu memperbaiki kualitas dan layanan pendidikan pada pembelajaran di kelas yang nantinya akan memberikan peningkatan pada kualitas program sekolah secara keseluruhan. 

PTK guru secara keseluruhan akan memberikan manfaat tidak hanya pada guru tapi pada rekan-rekan guru lain dan secara lebih besar pada keseluruhan anggota sekolah. Hal ini akan memberikan peningkatan dalam hal kualitas dan profesionalitas yang lebih lagi pada banyak pihak di sekolah. 

PTK Guru Jadi Salah Satu Cara Guru Melakukan Penelitian Kelas

Itulah dia informasi penting tentang apa itu PTK, tujuan, manfaat hingga fungsinya. Dengan mengetahui informasi ini, Anda akan dapat menggunakan instrumen ini sebagai upaya meningkatkan pembelajaran dengan lebih baik.

Administrasi Guru Kurikulum Merdeka: Ketahui Tujuan dan Apa Saja Perangkatnya

Administrasi Wali Kelas, Apa Saja Kelengkapannya?

Administrasi Kepala Sekolah: Tugas, Fungsi, dan Instrumennya

Share the Post:

Related Posts