Administrasi Guru Kurikulum Merdeka: Ketahui Tujuan dan Apa Saja Perangkatnya

Apa saja administrasi guru kurikulum merdeka? Administrasi untuk kurikulum satu ini memang berbeda dengan jenis administrasi sebelumnya. 

Hal ini karena pada kurikulum tersebut, terdapat perbedaan dalam pendekatan dan metode pembelajaran di kelas. Mengetahui apa saja administrasi yang akan guru butuhkan sangat penting demi keberlangsungan pembelajaran di kelas. 

Hal ini karena administrasi guru umumnya akan membantu dalam mencapai tujuan dan sasaran pada pendidikan terkait. Jika administrasi tidak lengkap atau tidak terpenuhi, proses pengajaran akan jadi lebih sulit karena tidak tersedianya perangkat mengajar yang tepat. 

Hal ini harus dihindari oleh para guru. Untuk itu, Anda harus mempelajari apa saja perangkat administrasi guru yang akan membantu pembelajaran di kelas pada kurikulum merdeka. 

Tujuan Administrasi Guru

Sebelum mengetahui apa saja administrasi guru kurikulum merdeka, sebaiknya ketahui dulu apa itu administrasi guru secara umum. Administrasi guru ini adalah suatu petunjuk kerja yang guru gunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. 

Dengan menggunakan administrasi ini pembelajaran akan jadi lebih efektif dan efisien. Guru akan dapat melakukan proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan kurikulum yang berlaku. 

Administrasi guru ini harus guru gunakan mulai dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Kelengkapan administrasi guru akan menjadi penentu apakah proses belajar mengajar jadi lebih lancar dan berjalan maksimal atau tidak. 

Untuk administrasi guru secara umum yaitu ada sekitar 20 jenis. Administrasi ini berupa kalender akademik, silabus, program semester, penelitian tindakan kelas dan lain sebagainya. Namun, administrasi guru ini terus berubah sesuai dengan perkembangan kurikulum yang berlaku di sekolah. 

Secara umum, ada beberapa jenis administrasi yang berlaku di sekolah. Yaitu seperti:

  • Silabus, yaitu suatu rencana pembelajaran pada tiap mata pelajaran. Silabus terdiri dari kompetensi inti, kompetensi dasar, materi, alokasi waktu, dan juga media pembelajaran di kelas. 
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP, yaitu rencana kegiatan guru dan siswa untuk beberapa pertemuan. RPP akan sesuai dengan silabus dan digunakan untuk membimbing kegiatan pembelajaran siswa. 
  • Kalender akademik, yaitu jadwal kegiatan akademik yang akan guru dan murid lakukan selama satu tahun. Kalender ini terbagi menjadi dua sesuai semester. 
  • Program tahunan atau Prota, yaitu susunan alokasi waktu selama satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai ketentuan. 
  • Program semester atau Promes, yaitu suatu susunan program dalam satu semester. Umumnya merupakan penjabaran dari Prota. 

Setelah mengetahui pengertian administrasi guru, sekarang ketahuilah apa saja tujuan dari administrasi tersebut. Berikut ini beberapa tujuannya:

1. Pedoman Pembelajaran

Tujuan dari administrasi guru yang utama yaitu sebagai pedoman pembelajaran di kelas. Dengan menggunakan administrasi inj, guru akan memiliki suatu arahan mengenai kegiatan pembelajaran yang akan mereka ajarkan. 

Hal ini tentunya akan membantu dalam pengaturan kelas dan juga perencanaan pembelajaran. Guru akan dapat mengatur pembelajaran yang tepat bagi tiap kelas. 

Hal ini akan berguna bagi guru yang mengajar beberapa kelas di sekolah. Jadi mereka akan dapat mencatat perkembangan tiap anak dengan lebih baik. 

Guru juga bisa mengatur pembelajaran sesuai dengan kemampuan anak tersebut. Hal ini bisa membantu agar pertumbuhan dan perkembangan wawasan jadi lebih meningkat dan tercatat perkembangannya. 

2. Standar Minimal Guru

Tujuan lain dari administrasi guru yaitu sebagai suatu standar minimal dalam kinerja guru. Hal ini terjadi karena guru yang memiliki profesionalisme tinggi akan dapat melakukan perencanaan kegiatan pembelajaran yang sistematis dan terstruktur secara rapi. 

Pembelajaran yang sistematis dan terstruktur ini akan membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ada. Dengan menggunakan administrasi ini guru akan dapat mengukur kinerja mereka sebagai guru sehingga bisa melakukan evaluasi diri dan perbaikan diri. 

Hal ini akan berguna dalam karir keguruan dalam jangka panjang. Guru akan dapat berkembang sebagaimana murid mereka sehingga bisa mencetak murid dengan prestasi tinggi yang sesuai dengan tujuan pendidikan Indonesia. 

3. Membantu Pencapaian Tujuan Pembelajaran

Tujuan lain dari administrasi guru yaitu sebagai alat untuk membantu tujuan pembe di kelas. Administrasi guru akan menjadi pedoman dalam tiap pembelajaran yang guru lakukan di dalam kelas.

Dengan menggunakan administrasi ini, guru akan dapat menyelesaikan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Murid akan dapat berkembang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ada. 

Hal ini akan membantu membangun pendidikan Indonesia agar menjadi lebih baik dan maju. Dengan tercapainya tujuan pembelajaran, maka murid akan dapat bertumbuh dan berkembang sehingga bisa mencetak prestasi yang membanggakan. 

Perangkat Administrasi Guru Kurikulum Merdeka

Setelah mengetahui apa itu administrasi guru dan tujuan dari administrasi guru ini, sudah saatnya Anda belajar mengenai jenis perangkat administrasi dalam kurikulum merdeka. Dengan mengetahui informasi ini, Anda akan dapat mengatur pembelajaran di kelas dengan lebih baik. 

Perangkat administrasi dalam kurikulum merdeka sendiri berbeda dengan kurikulum lainnya sehingga guru harus dapat menyesuaikan diri dengan baik. Berikut ini adalah beberapa informasinya:

1. Modul Ajar

Modul ajar adalah suatu dokumen administrasi guru yang harus ada dalam kurikulum baru ini. Modul ajar dalam Kurikulum Merdeka sudah terancang secara lengkap dan juga sistematis. 

Hal ini karena modul ajar tersebut merupakan salah satu perangkat administrasi guru yang memiliki peran sebagai panduan dan pedoman guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Di dalam modul ini ada empat komponen penting. 

Komponen tersebut yaitu informasi umum, capaian dan juga tujuan pembelajaran, detail mengenai rancangan penggunaan, dan juga detail pertemuan. Komponen ini penting untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar di sekolah. 

2. Modul Proyek

Selain modul ajar, ada juga administrasi guru kurikulum merdeka lainnya yang bernama modul proyek. Modul proyek adalah salah satu dokumen yang penting dalam kurikulum ini. 

Hal ini karena adanya modul proyek ini akan membantu memudahkan guru dan juga siswa dalam melakukan P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah yang krusial dalam Kurikulum Merdeka. 

Di dalam modul ini terdapat gambaran mengenai rencana pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran dengan basis proyek atau project based learning. 

Proyek ini tersusun sesuai dengan tahapan perkembangan murid. Penyusunan proyek juga harus menyesuaikan dengan tema yang ada. 

3. Buku Teks Pelajaran

Selanjutnya yaitu buku teks pelajaran. Buku teks pelajaran adalah buku yang berisikan materi pelajaran sesuai dengan bidang ilmu pengetahuan. 

Buku ini tersedia oleh pemerintah sehingga tidak perlu biaya apapun. Dalam pembelajaran, buku ini terdiri dari dua jenis yaitu buku teks siswa untuk murid dan juga buku panduan guru untuk para tenaga pendidik. 

Buku teks siswa adalah buku yang akan menjadi pegangan siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Buku panduan guru adalah buku pegangan yang akan guru gunakan sebagai acuan dalam melakukan kegiatan pembelajaran di kelas sesuai dengan buku teks siswa. 

Administrasi Guru Kurikulum Merdeka Penting Bagi Guru dan Murid

Itulah dia beberapa informasi penting terkait administrasi guru kurikulum merdeka mulai dari tujuan hingga jenis administrasinya. Simpan informasi ini untuk membantu kelengkapan administrasi pada sekolah Anda.

Administrasi Wali Kelas, Apa Saja Kelengkapannya?

Administrasi Kepala Sekolah: Tugas, Fungsi, dan Instrumennya

Administrasi Guru di Sekolah Inklusi dan Perbedaannya dengan Sekolah Umum

Share the Post:

Related Posts