Kompetensi Pedagogik, dari Pengertian Sampai Aspek Kompetensinya

Proses pembelajaran yang sukses dalam mencapai tujuan tentu tidak lepas dari peran seorang pengajar atau guru. Guru harus dapat membuat bahan ajar sekaligus memenuhi kompetensi pedagogik. 

Kompetensi ini adalah satu dari salah satu kompetensi yang harus guru penuhi. Untuk gambaran umumnya, kompetensi ini adalah suatu kemampuan pengajar dalam mendidik serta mengajar di kelas. 

Untuk lebih tepatnya, kompetensi ini mengacu pada cara seorang guru ketika mengajar serta penguasaan materi dari guru tersebut. Walaupun merupakan hal yang dasar, namun banyak guru yang masih belum memenuhi syarat dari kompetensi ini. 

Hal ini bisa terjadi karena pengalaman guru yang kurang atau karena latar belakang pendidikan guru yang dari jurusan non-pendidikan. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi kinerja guru di sekolah. 

Apalagi guru memiliki tugas mulia yang dapat mempengaruhi pendidikan di Indonesia. Untuk itu, ketahui beberapa informasi dari kompetensi ini agar dapat membantu dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. 

Pengertian Pedagogik

Pedagogik adalah suatu keterampilan dalam mengajar yang harus para guru miliki. Menurut UU nomor 14 tahun 2005 pasal 10, pedagogik adalah suatu kemampuan dalam mengelola pembelajaran dan juga peserta didik di kelas. 

Pengelolaan pembelajaran ini tidak hanya dalam lingkup ruang kelas saja, namun juga pada lingkup pendalaman karakter siswa di kelas untuk membantu pembelajaran. Tentunya hal ini bukan sesuatu yang remeh. 

Untuk memahami kompetensi pedagogik ini dengan lebih baik, Anda bisa membaca lebih lanjut tentang pengertiannya dari para ahli berikut ini:

1. Menurut Suprihatiningrum

Kompetensi ini adalah suatu kemampuan yang terkait dengan pemahaman siswa dan juga cara mengelola pembelajaran yang dialogis dan mendidik. 

Kompetensi ini di dalamnya yaitu ada kemampuan pemahaman siswa, kemampuan perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi untuk hasil belajar, dan juga pengembangan anak untuk mengaktualisasikan potensi di dalam diri. 

2. Menurut Ramayulis

Kompetensi pedagogik ini adalah suatu kemampuan secara mendalam dalam pemahaman peserta didik dan juga penyelenggaraan pembelajaran. Kompetensi ini umumnya termasuk kemampuan dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar yang bermutu dengan sikap sebagai teladan. 

3. Menurut Syaiful Sagala

Kompetensi ini adalah suatu prioritas bagi guru dalam meningkatkan kemampuan diri yang terkait dalam meningkatkan kemampuan pelaksanaan tugas sebagai guru. Contohnya yaitu dalam proses belajar mengajar yang baik. 

4. Menurut Mukhid dan Mosleh Habibullah

Kompetensi ini adalah suatu kemampuan yang guru miliki untuk mengelola kegiatan belajar yang terkait dengan siswa. 

Kemampuan ini meliputi pemahaman peserta didik, pemahaman wawasan, pengembangan kurikulum, perancangan dalam pembelajaran dan juga pelaksanaannya, serta pengembangan siswa untuk dapat mengaktualisasikan potensi di dalam diri mereka.

Tujuan Kompetensi Pedagogik

Setiap ilmu dan wawasan tentunya akan memiliki tujuan yang jelas. Tujuan ini akan membantu dalam menentukan hasil yang ingin dicapai. Berikut ini adalah tujuan dari kompetensi pedagogik. 

1. Pengembangan Kepribadian

Kompetensi ini akan membantu guru dalam mengembangkan kepribadian siswa. Hal ini akan membantu agar siswa bisa memiliki sifat yang baik serta berkompeten di masa depan nanti. 

2. Memanusiakan Manusia

Guru yang memiliki kompetensi ini akan mampu menjadi rekan dalam proses belajar mengajar yang baik sehingga dapat membantu agar siswa bisa belajar dengan lebih mudah. Guru bisa menjadi sumber ilmu untuk siswa namun dengan memanusiakan siswa tersebut sehingga bisa membantu proses pembelajaran. 

3. Pemahaman Jati Diri

Memahami jati diri adalah hal yang penting agar siswa dapat menentukan langkah dan cara belajar yang tepat bagi mereka. Hal ini juga akan membantu agar siswa dapat lebih berkompetensi karena memiliki pemahaman diri yang baik tentang apa yang mereka butuhkan dan perlu lakukan. 

4. Melatih Inisiatif

Tujuan selanjutnya yaitu dapat melatih inisiatif dan keberanian. Guru dengan kompetensi ini akan dapat berdiskusi dan berdialog dengan siswanya. Guru juga akan dapat menumbuhkan rasa keberanian dan inisiatif siswanya. 

Fungsi Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagogik ini juga memiliki beberapa fungsi dalam dunia pendidikan. Terutama untuk peserta didik di sekolah. Berikut ini adalah beberapa fungsinya:

1. Membantu Memahami Situasi Pendidikan

Adanya kompetensi ini akan membantu guru dalam mengetahui dan memahami situasi pendidikan di lingkungan mereka. Hal ini akan membantu agar proses belajar mengajar jadi lebih terarah dan tepat sasaran. 

2. Membantu dalam Penentuan Keputusan

Fungsi selanjutnya yaitu untuk membantu dalam penentuan keputusan atau tindakan dalam proses belajar mengajar. Hal ini akan membantu agar tidak ada kesalahan yang mungkin mempengaruhi siswa dan sekolah. 

3. Menghindari Kesalahan Praktik Belajar Mengajar

Dengan adanya kompetensi ini, diharapkan agar tidak ada suatu kesalahan dalam praktik mengajar di sekolah. Dengan begitu, kegiatan belajar mengajar di kelas akan jadi lebih tepat dan terarah. 

4. Membantu Pengembangan Diri

Kompetensi ini juga akan membantu dalam pengembangan diri siswa sehingga bisa menentukan langkah belajar selanjutnya. Hal ini juga akan membantu dalam proses belajar mengajar ke depannya. 

5. Membantu Pengembangan Guru

Guru yang memiliki kompetensi yang tepat tentunya akan membantu dalam karirnya. Guru dengan kompetensi pendidikan ini akan memiliki keahlian dan kemampuan yang mumpuni sehingga bisa memberikan kualitas dalam mengajar. 

Aspek dalam Kompetensi Pedagogik

Dalam kompetensi ini, ada beberapa aspek yang perlu guru pertimbangkan. Aspek-aspek ini akan sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Berikut ini adalah beberapa aspek-aspek tersebut: 

1. Pemahaman Terhadap Karakteristik Siswa

Pedagogi adalah suatu kompetensi yang menitikberatkan pemahaman karakter serta kegiatan pembelajaran yang dianggap menarik bagi siswa. Proses ini memiliki tujuan untuk memberikan ilmu dan metode pembelajaran yang tepat pada peserta didik. 

Guru atau pengajar yang memahami karakteristik peserta didik tentunya akan dapat terbantu dalam proses belajar mengajar. Guru akan dapat meningkatkan prestasi akademik dan memberi strategi belajar yang tepat untuk siswa. 

2. Penguasaan Teori yang Baik

Guru sebagai pengajar harus dapat memahami teori dalam belajar dengan baik. Teori atau ilmu itu harus tersampaikan dengan metode pembelajaran yang sesuai juga. 

Penguasaan materi di kelas akan membantu agar kondisi kelas jadi lebih kondusif. Hal ini akan membantu penyampaian materi jadi lebih fokus dan tepat sasaran. 

3. Pengembangan Kurikulum

Agar kompetensi ini bisa berjalan sesuai harapan, guru harus dapat mengembangkan kurikulum yang ada. Guru harus bisa menyusun silabus atau rencana pembelajaran yang tepat. 

Guru bisa melakukan metode pembelajaran yang tepat agar siswa bisa memahami materi dengan lebih baik. Penggunaan metode atau peraga yang baik tentunya akan lebih membantu.

4. Pengembangan Potensi Siswa

Guru yang memahami karakteristik siswa akan dapat membantu dalam pengembangan potensi siswa. Dengan begitu siswa akan dapat mengembangkan kemampuan diri dengan lebih baik lagi.

Selain itu, potensi dalam diri siswa tidak akan terbuang sia-sia karena akan terus terasah. Hal ini akan menjadi keuntungan bagi masa depan pendidikan di Indonesia. 

5. Komunikasi dengan Siswa

Komunikasi yang baik dengan siswa juga menjadi aspek penting dalam kompetensi ini. Komunikasi yang baik antara pengajar dan peserta didik tentunya akan membantu dalam kegiatan belajar mengajar. 

Dengan begitu siswa akan lebih mudah berkomunikasi dengan guru dan juga sebaliknya. Hal ini akan memudahkan pertukaran ilmu dan juga pengembangan siswa. 

6. Evaluasi

Guru harus dapat melakukan evaluasi terhadap perkembangan siswa. Hal ini bisa membantu dalam penilaian efektivitas dari metode belajar siswa. 

Guru juga bisa mencari alternatif metode pembelajaran yang sesuai dengan melihat evaluasi yang ada. Maka dari itu, proses evaluasi ini sangatlah penting. 

Kompetensi Pedagogik Membantu Pengembangan Guru

Itulah dia beberapa informasi menarik tentang kompetensi pedagogik yang guru harus ketahui. Tidak adanya pemenuhan kompetensi ini bagi guru bisa menyebabkan kurangnya kinerja guru ketika di sekolah. Untuk itu, guru harus dapat memenuhi kompetensi ini.

Jenis Kompetensi Guru di Sekolah dan Standarnya

Perbedaan Pendidik dan Pengajar, Memangnya Beda?

Pendidikan Profesi Guru: Syarat dan Jenis-Jenisnya

Share the Post:

Related Posts