Menulis untuk Pengembangan Profesi Guru, Ketahui Manfaatnya!

Memiliki karir yang cemerlang adalah impian banyak orang. Dalam bidang keguruan, hal ini bisa tercapai dengan banyak cara, salah satunya yaitu menulis. Menulis untuk pengembangan profesi guru adalah cara yang tepat dan banyak menjadi pilihan bagi guru.

Hal ini karena kegiatan menulis adalah kegiatan yang membutuhkan kemampuan dan pengalaman tinggi. Ketika menulis, Anda tidak hanya membutuhkan kemampuan merangkai kata saja. Ada beberapa kemampuan lain yang harus Anda gunakan.

Salah satu kemampuan tersebut yaitu kemampuan dalam riset, kemampuan dalam memahami materi, kemampuan dalam pengelolaan, kemampuan bahasa, serta konsistensi yang tinggi.

Tanpa adanya kemampuan tersebut, maka akan sulit untuk menciptakan sebuah karya. Apalagi, guru dituntut untuk terus membuahkan karya agar bisa mengikuti kenaikan pangkat.

Maka dari itu, menulis sangat penting untuk mengembangkan profesi guru. Berikut ini beberapa penjelasan rinci tentang alasan guru harus menulis, manfaat menulis dan jenis tulisan yang bisa guru hasilkan.

Alasan Penting Guru Harus Menulis

Ada berbagai manfaat menulis untuk pengembangan profesi guru. Selain itu, juga ada beberapa alasan penting guru harus menulis. Menurut Graves (1988) ada beberapa alasan penting kenapa guru harus menulis. Berikut ini penjelasannya:

1. Untuk Mengasah Kecerdasan

Alasan pertama yaitu untuk mengasah kecerdasan. Kecerdasan adalah suatu yang bisa saja tumpul jika tidak dilatih terus menerus. Kecerdasan guru adalah hal yang penting bagi keberlangsungan pendidikan di Indonesia. 

Guru yang memiliki kecerdasan tinggi akan mampu mewujudkan tujuan pendidikan yang menjadi cita-cita bangsa ini. Untuk itu guru harus bisa mengasah kecerdasan mereka terus menerus. 

Apalagi dengan adanya perubahan zaman, guru seharusnya bisa beradaptasi dan menggunakan perubahan tersebut sebagai senjata untuk memperkaya ilmu sehingga bisa berguna untuk generasi masa depan. 

2. Untuk Mengembangkan Daya Inisiatif dan Kreativitas

Alasan lainnya kenapa guru harus menulis yaitu demi mengembangkan daya inisiatif dan juga kreativitas diri.  

Inisiatif seorang guru memiliki pengaruh pada kreativitas dan kedisiplinan siswa yang mereka ajar. Hal ini telah terbukti pada penelitian dari Citra Sufiani Alamsyah (2016).

Kemampuan berpikir secara kreatif adalah sumber kekuatan yang penting bagi seseorang. Guru yang dapat memiliki inisiatif tinggi dan kreatifitas yang terlatih akan mampu mencetak murid yang memiliki prestasi tinggi juga. 

3. Menumbuhkan Keberanian

Alasan agar guru bisa menulis yaitu dapat menumbuhkan keberanian. Ketika menulis, buku atau karya tersebut akan menjadi konsumsi khalayak ramai. Untuk itu, perlu keberanian tinggi untuk melakukan kegiatan ini. 

Keberanian menjadi sesuatu yang penting dalam melakukan berbagai kegiatan dan juga menjawab tantangan. Guru yang terlatih dan memiliki keberanian akan dapat beradaptasi dan mampu mengatasi tantangan yang mereka hadapi dengan baik. 

4. Mendorong Kemauan dan Kemampuan dalam Mengumpulkan Informasi

Alasan lainnya yaitu mendorong kemauan dan kemampuan guru dalam mengumpulkan informasi. Guru adalah jembatan pengetahuan dengan para murid. 

Untuk itulah guru harus bisa mencari informasi atau ilmu yang berguna bagi siswa. Dengan menulis guru akan dapat mengumpulkan informasi yang tepat sehingga bisa berguna dalam karya dan juga proses pembelajaran. 

Manfaat Menulis untuk Pengembangan Profesi Guru

Menulis dalam rangka pengembangan profesi guru memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat menulis untuk guru.

1. Mendapatkan Pengalaman Baru

Manfaat menulis untuk pengembangan profesi guru yang pertama yaitu bisa memberikan pengalaman baru. Buku adalah salah satu karya tulis yang bisa guru buat untuk pengembangan karir. 

Menulis sebuah karya buku bisa sangat berbeda dengan penulisan artikel biasa. Guru membutuhkan ketelitian dan berbagai kemampuan lain untuk menciptakan tulisan dalam bentuk buku. Ketika memulai menulis buku, guru akan mendapatkan pengalaman baru sama sekali.

Pengalaman ini akan menjadi suatu hal yang berguna di masa depan ketika tugas serupa muncul. Dengan begitu, guru akan dapat melakukan pekerjaan tersebut dengan lebih baik karena sudah memiliki pengalaman sebelumnya.

Pengalaman ini adalah hal yang berharga dalam karir dan dalam kehidupan. Maka dari itu, menulis adalah hal yang penting dalam pengembangan karir guru.

2. Melatih Kemampuan Menulis

Manfaat menulis untuk pengembangan karir yang kedua yaitu untuk melatih kemampuan menulis. Tidak semua orang memiliki kemampuan menulis yang baik. Untuk mendapatkan kemampuan ini, butuh bakat dan juga latihan.

Sebagai guru, menulis adalah hal yang penting dan tidak bisa guru hindari. Dengan menulis sebuah karya, guru akan dapat melatih kemampuan diri sehingga bisa melakukan tugas menulis dengan lebih baik lagi.

Sering berlatih akan membuat kemampuan semakin meningkat. Dengan begitu, kemampuan ini bisa membantu pengembangan profesi guru di masa depan. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi profesi ini.

3. Memiliki Ilmu Baru

Ketika menulis sebuah karya, guru akan menggunakan ilmu yang mereka miliki. Namun, tidak jarang guru akan menemukan materi yang tidak dimengerti. Di saat inilah guru harus bisa mempelajari ilmu baru.

Ilmu baru ini harus dapat guru resapi dengan baik agar dapat menuangkannya dalam karya tulis. Karena tidak mungkin bisa menjelaskan dengan baik ke orang lain ketika diri sendiri masih belum mengerti. 

Ketika mendapatkan ilmu baru ini, guru akan mendapatkan manfaat dari menulis lainnya. Ilmu tersebut tentunya akan berguna dalam profesi keguruan sehingga bisa guru gunakan ketika melakukan proses pembelajaran di kelas.

4. Mendapatkan Poin Kredit

Manfaat dari menulis lainnya yaitu dapat memberikan poin kredit bagi guru. Guru yang rajin menulis karya tulis ilmiah dan mempublikasikannya akan mendapatkan manfaat lain yaitu poin kredit.

Setiap guru wajib mengumpulkan poin kredit tertentu agar dapat naik jabatan. Dengan menulis karya tulis, guru akan mendapatkan sejumlah angka kredit yang dapat membantu kenaikan jabatan. 

Kenaikan jabatan ini akan membantu guru agar dapat mengajar dengan lebih baik dan lebih termotivasi lagi. Itulah manfaat lain dari menulis untuk seorang guru.

5. Membantu Ekonomi

Manfaat lainnya yaitu dapat membantu ekonomi guru. Ketika menulis sebuah buku yang terbit di wilayah kota maupun provinsi, buku tersebut akan menjadi salah satu sumber penghasilan.

Hasil penjualan buku akan dapat membantu ekonomi guru sehingga bisa menyejahterakan diri. Sumber penghasilan ini bisa menjadi cara untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan diri.

Kalau kesejahteraan diri meningkat, maka motivasi dan semangat untuk mengajar tentu akan naik juga. Itulah manfaatnya untuk pengembangan profesi guru.

6. Membantu Menyebarkan Ilmu

Manfaat lainnya dari menulis yaitu dapat membantu menyebarkan ilmu yang guru punya. Ilmu tidak seharusnya terpendam begitu saja. Sebagai seorang guru yang baik, ada baiknya untuk menyebarkan ilmu yang ada dalam diri agar berguna bagi masyarakat banyak.

Hal ini sejalan dengan peran dan tugas guru dalam membantu generasi muda agar dapat terus maju dan terus berprestasi. Guru yang menulis sebuah karya akan menyebarkan ilmu yang ia miliki ke khalayak luas sehingga bisa berguna dengan lebih baik.

Jenis-jenis Tulisan yang Bisa Guru Hasilkan

Untuk mengembangkan kemampuan dalam profesi, guru bisa mencoba untuk membuat beberapa jenis tulisan yang linear dengan profesi ini. Dengan begitu, hasil tulisan akan berguna untuk profesi dan bidang ilmu pengetahuan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini jenis tulisan yang bisa guru buat.

1. Laporan Hasil Penelitian

Jenis karya tulisan ini adalah hasil laporan dari suatu penelitian. Laporan ini berdasarkan dari penelitian yang guru lakukan yang dapat berguna bagi khalayak banyak. 

2. Makalah Tinjauan Ilmiah

Selanjutnya yaitu makalah tinjauan ilmiah. Makalah ini berisi karya guru yang berisi ide dan gagasan guru yang berfungsi sebagai usaha guru untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran di instansi pendidikan. 

3. Buku Pelajaran 

Buku ajar adalah buku yang menjadi pedoman bagi guru dan murid dalam melakukan aktivitas pengajaran di kelas. Guru dan murid akan menggunakan buku ajar ini sebagai pedoman dan latihan pembelajaran. 

4. Buku Bidang Pendidikan

Buku bidang pendidikan adalah buku yang berisi ilmu mengenai bidang pendidikan yang linier dengan karir guru. Isi dari buku ini membahas metode atau strategi dalam pembelajaran yang dapat membantu pendidikan. 

5. Buku Pedoman Guru

Buku pedoman guru adalah buku yang berisi rancangan kegiatan guru dalam satu tahun. Buku ini bisa menjadi pegangan guru dalam melaksanakan kegiatan di sekolah dengan lebih baik. 

6. Karya Terjemahan

Karya terjemahan adalah karya tulis yang berasal dari terjemahan buku asing ke Bahasa Indonesia. Buku ini umumnya adalah buku pendidikan yang bisa membantu proses pembelajaran. 

7. Modul Pembelajaran 

Modul atau diktat adalah buku yang menjadi sumber pengajaran guru dalam suatu jenjang pendidikan. Jenis tulisan ini bisa guru gunakan dalam pembelajaran dalam satu sekolah. Penggunaan modul ini akan membantu penguasaan materi sehingga bisa terserap lebih baik. 

Pentingnya Pengajar Mulai Menulis untuk Pengembangan Profesi Guru

Itulah dia informasi penting terkait manfaat dan informasi lain mengenai menulis untuk pengembangan profesi guru. Guru yang senantiasa mengembangkan kemampuannya akan mendapatkan banyak manfaat di karir mereka.

Tidak Sulit, Begini Cara Memulai Menulis Buku Pelajaran oleh Guru

Kolaborasi Guru Menulis Buku Pelajaran, Simak Cara dan Manfaatnya

Penting! Begini Cara Meningkatkan Kualitas Guru untuk Karir

Share the Post:

Related Posts