Dalam melaksanakan pembelajaran, guru dituntut untuk bisa terus berinovasi dan menyalurkan sisi kreatif mereka sehingga bisa memberikan pengalaman belajar yang maksimal untuk peserta didik.
Salah satu metode yang kreatif dan inovatif yaitu metode pembelajaran kunjung karya.
Metode satu ini merupakan jenis pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar secara langsung pada peserta didik.
Metode ini secara umum merupakan proses belajar dengan cara mengunjungi suatu lingkungan atau tempat tertentu untuk mendapatkan pengalaman atau pemahaman baru.
Namun, dalam pelaksanaannya guru bisa memodifikasi metode ini sehingga bisa terlaksana dengan maksimal di kelas.
Metode ini akan memberikan banyak manfaat untuk peserta didik sehingga banyak menjadi pilihan metode belajar yang inovatif.
Berikut ini merupakan informasi tentang pengertian metode kunjung karya, contoh pelaksanaan metode ini, serta manfaat yang akan guru dan peserta didik dapat ketika menggunakan metode inovatif ini.
Apa itu Metode Pembelajaran Kunjung Karya?
Marilah memahami apa itu metode kunjung karya terlebih dahulu.
Metode pembelajaran kunjung karya adalah suatu metode belajar yang memanfaatkan lingkungan atau karya orang lain sebagai sumber belajar sehingga bisa meraih pemahaman atau pengetahuan.
Metode ini terlaksana dengan mengunjungi karya orang lain sehingga peserta didik bisa memahami karya tersebut, saling memberikan saran, memberikan kritik yang dapat membangun karya tersebut.
Metode ini adalah pendekatan yang fokus pada kelompok-kelompok belajar peserta didik dalam pembuatan suatu karya berbasis kompetensi yang telah menjadi ketentuan. Umumnya metode ini akan terlaksana setelah peserta didik menyelesaikan metode belajar proyek.
Metode ini akan membantu peserta didik dalam menumbuhkan karakter percaya diri.
Karakter ini dibutuhkan peserta didik utamanya pada saat melakukan presentasi hasil karya mereka di depan rekan lainnya.
Selain itu, metode ini juga akan membantu kemampuan peserta didik dalam menjelaskan di depan orang tentang ilmu yang mereka miliki sehingga bisa menggambarkan pemahaman mereka pada orang lain.
Peserta didik juga akan berlatih untuk berpikir kritis mengenai karya orang lain dan belajar menyampaikan kritik dengan benar.
Hal ini bisa membantu perkembangan peserta didik sehingga bisa bertumbuh dengan lebih lagi.
Contoh Metode Pembelajaran Kunjung Karya
Bagaimana contoh pelaksanaan metode kunjung karya ini ketika guru terapkan di kelas?
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa guru gunakan untuk melaksanakan metode kunjung karya dengan benar:
- Guru akan membuka kelas dengan apersepsi sesuai dengan tema pelajaran.
- Setelah itu, guru akan memberikan informasi tentang tujuan pembelajaran, yaitu membuat teks eksplanasi dan melakukan presentasi.
- Guru membuat kelompok yang terdiri dari 5 hingga 6 orang. Masing-masing dari kelompok akan membuat nama kelompok dengan menarik namun tetap berhubungan dengan teks eksplanasi.
- Setiap kelompok akan menulis teks eksplanasi dengan pilihan topik berbeda. Penulisan teks dilaksanakan di kertas bebas dengan menggunakan dekorasi atau ilustrasi.
- Kelompok yang telah selesai membuat teks eksplanasi akan melakukan penilaian silang dengan kelompok lain.
- Dalam satu kelompok akan terbagi menjadi dua kelompok kecil, sebagian akan menjadi presentator dan yang lainnya akan berkeliling untuk menilai hasil pengerjaan teks kelompok lain.
- Hasil dari kelompok akan diputar dengan searah jarum jam yang akan mendapatkan penilaian oleh anggota kelompok lain.
- Setiap kelompok harus mengunjungi hasil karya kelompok lain.
- Setelah selesai, peserta didik dan guru akan melakukan proses penilaian dan evaluasi pada hasil karya tiap kelompok secara menyeluruh.
- Peserta didik dan guru akan melakukan refleksi pembelajaran tentang proses belajar yang baru saja terlaksana.
Manfaat Metode Pembelajaran Kunjung Karya
Melakukan metode kunjung karya di kelas bisa memberikan banyak keuntungan untuk peserta didik.
Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan metode kunjung karya ini pada pembelajaran di kelas.
1. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam presentasi
Manfaat pertama dari melakukan metode kunjung karya yaitu dapat membantu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melakukan presentasi.
Presentasi adalah suatu kemampuan dalam menjelaskan suatu konsep atau ide di depan orang banyak.
Melakukan presentasi adalah hal yang akan terus dilakukan peserta didik bahkan di jenjang selanjutnya.
Kemampuan melakukan presentasi yang bagus akan membantu dalam menjelaskan suatu paham dengan baik.
Di dalam metode ini, peserta didik akan melakukan presentasi secara langsung di depan teman satu kelas lainnya.
Dengan praktek ini, peserta didik akan bisa melatih diri sehingga bisa memberikan penjelasan tentang karya mereka secara jelas.
Dengan melakukan presentasi beberapa kali, peserta didik akan terlatih dan bisa terbiasa melakukan presentasi dengan baik.
Kemampuan presentasi mereka akan lebih meningkat dibandingkan sebelumnya.
2. Membantu meningkatkan rasa percaya diri
Manfaat yang lain dari pelaksanaan metode kunjung karya yaitu dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri peserta didik.
Dalam kegiatan ini, peserta didik harus dapat melakukan presentasi, menilai hasil karya, serta berhadapan dengan kritik yang orang lain berikan.
Hal ini akan membantu membangun rasa percaya diri peserta didik dengan lebih baik.
Memiliki rasa percaya diri adalah suatu hal yang penting untuk manusia. Memiliki percaya diri akan membantu dalam berbagai aspek kehidupan.
Apalagi di dalam keseharian atau perjalanan karir, seorang yang percaya diri umumnya akan dapat menyelesaikan masalah dengan lebih baik daripada orang yang kurang percaya diri.
Ketika percaya diri tumbuh, melakukan suatu hal bisa jadi lebih mudah. Rasa percaya diri ini akan menjadi senjata yang baik untuk peserta didik di masa depan.
3. Melatih peserta didik dalam menjelaskan suatu konsep
Manfaat selanjutnya dari penggunaan metode belajar ini yaitu bisa membantu peserta didik dalam menjelaskan suatu konsep dengan baik.
Seringkali pemahaman yang ada di otak kita tidak bisa tersampaikan dengan baik.
Hal ini bisa menjadi hambatan bahkan di kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan metode ini, peserta didik akan terlatih untuk menjelaskan suatu konsep dengan lebih baik sehingga bisa memberikan pemahaman yang tepat.
Ini karena dalam metode ini, peserta didik harus menjelaskan konsep karya pada orang lain sehingga mereka bisa memahami karya tersebut.
Peserta didik juga harus menjawab pertanyaan dari orang lain untuk memberikan pemahaman yang pasti akan membantu kemampuan mereka dalam menjelaskan.
4. Membantu peserta didik untuk lebih kreatif dan mandiri
Manfaat lain dari penggunaan metode ini yaitu bisa membantu peserta didik agar bisa lebih kreatif dan mandiri ketika melakukan kegiatan di kelas.
Peserta didik akan lebih kreatif dalam membuat karya dan membuat teks penjelasan sehingga orang lain bisa mengerti.
Mereka juga akan lebih mandiri karena akan mengandalkan diri mereka dan teman satu kelompok untuk bisa memberikan hasil kerja terbaik pada metode kunjung karya ini.
Kemampuan kreativitas dan kemandirian ini akan menjadi suatu kemampuan yang berguna untuk peserta didik.
Apalagi jika kemampuan ini dikembangkan terus menerus, peserta didik akan menjadi pribadi yang sukses di masa depan.
Itulah dia informasi tentang metode pembelajaran kunjung karya yang bisa menjadi referensi pada guru untuk melaksanakan proses belajar mengajar dengan lebih kreatif dan inovatif di kelas. Hal ini demi bisa membantu peserta didik dalam mencetak prestasi yang cemerlang.
Mengenal Metode Pembelajaran Sosial Emosional, Bagaimana Penerapannya?