Para guru mungkin sudah tahu apa itu metode pembelajaran sosial emosional.
Metode ini adalah sebuah teknik ajar yang akan membantu peserta didik dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, sikap perilaku, kemampuan dalam mengelola emosi, menetapkan tujuan dan mengambil keputusan dalam hidup.
Metode pembelajaran ini adalah suatu pembelajaran penting yang guru ajarkan pada peserta didik karena dapat memberikan pengaruh akan hasil belajar mereka di sekolah dan kehidupan sehari-hari. Maka dari itu pembelajaran ini guru ajarkan sejak dini pada mereka.
Dengan menggunakan pembelajaran metode ini, guru akan dapat membantu perkembangan mental dan emosi peserta didik dengan lebih terarah.
Peserta didik akan diarahkan sehingga bisa memberikan respon dan tindakan yang sesuai ketika menghadapi sesuatu.
Pembelajaran ini tidak hanya berguna untuk meningkatkan akademik saja, tetapi juga meningkatkan kemampuan emosional mereka dalam menghadapi situasi tertentu.
Maka dari itu, para guru harus dapat memahami dan mempraktekkan metode ini dengan baik.
Pengertian Metode Pembelajaran Sosial Emosional
Ada banyak hal yang dapat memberikan pengaruh pada perilaku atau sikap peserta didik terhadap diri mereka sendiri, orang lain, hingga orang-orang di sekitarnya.
Beberapa aspek ini termasuk juga kemampuan intelegensi dan juga kognitif. Namun, ada juga beberapa aspek lain yang turut memberikan pengaruh besar.
Fokus hanya pada perkembangan intelegensi dan kognitif peserta didik tentu akan meningkatkan kemampuan berpikir dalam suatu situasi.
Namun, kalau tidak dibarengi dengan kemampuan sosial emosional yang baik, peserta didik akan kesulitan dalam berinteraksi dengan orang lain di sekitarnya.
Aspek yang juga memiliki peran penting dalam perilaku peserta didik yaitu sosial emosional.
Di indonesia, aspek ini seringkali terabaikan karena pendidikan umumnya fokus pada intelegensi dan kognitif saja.
Padahal, aspek sosial emosional ini sudah banyak diterapkan di luar negeri bahkan sejak dini.
Aspek perkembangan sosial emosional ini terlaksana dalam SEL atau Social Emotional Learning.
Pembelajaran sosial emosional ini adalah metode ajar yang akan membantu peserta didik dalam mengembangkan kesadaran diri, melakukan pengendalian diri dan mengembangkan kemampuan interpersonal mereka.
Dengan pembelajaran ini, peserta didik akan dapat meraih ilmu tentang cara mengelola emosi mereka dengan baik, menunjukkan sikap empati pada orang lain, menumbuhkan hubungan sosial yang sehat, menetapkan tujuan untuk diri sendiri, serta mengambil keputusan yang tepat dalam kehidupan mereka.
Pembelajaran sosial emosional ini adalah faktor besar yang akan mempengaruhi kesuksesan peserta didik di sekolah, pekerjaan, hingga kehidupan sehari-hari mereka.
Dengan kegiatan belajar yang memperhatikan aspek ini, peserta didik akan dapat membangun karakter peserta didik secara optimal.
Kemampuan sosial emosional peserta didik yang berkembang dengan baik akan membantu mereka mengatasi tantangan yang harus mereka hadapi di sekolah, atau dalam kehidupan sosial.
Kemampuan ini tentunya akan memberikan pengaruh pada kehidupan sosial mereka secara signifikan.
Tujuan Metode Pembelajaran Sosial Emosional
Penggunaan metode sosial emosional dalam pembelajaran bermanfaat untuk pertumbuhan akademik dan juga karakter peserta didik.
Selain itu, ada juga beberapa tujuan lain dalam pelaksanaan metode ini di kelas.
- Memberikan pemahaman yang lebih baik tentang diri peserta didik sendiri dan orang-orang di sekitar mereka sehingga peserta didik bisa bersosialisasi dengan baik dan menjalin hubungan sosial dengan lancar.
- Membantu peserta didik dalam mendapatkan kemampuan dan pengetahuan dalam memahami emosi yang mereka rasakan, mengembangkan identitas diri mereka dan menetapkan tujuan dalam hidup.
- Membantu peserta didik dalam mengurangi stres dan tekanan yang mereka alami dalam proses belajar sehingga bisa memaksimalkan pembelajaran di kelas.
- Membantu peserta didik dalam mencapai kebahagiaan dan kesuksesan di dalam hidup mereka secara seimbang tanpa menghilangkan aspek sosial emosional.
Manfaat Metode Pembelajaran Sosial Emosional
Apa saja manfaat dari metode sosial emosional ini dalam pendidikan?
Dengan menggunakan metode ini di kelas, peserta didik akan lebih terarah dalam pembelajaran dan bisa menghasilkan hasil belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ada.
1. Meningkatkan prestasi peserta didik
Dengan mengadakan pembelajaran sosial emosional, para guru bisa membantu meningkatkan prestasi akademik peserta didik.
Ini karena ketika peserta didik merasa dipahami dan didengar di kelas, mereka akan lebih mudah fokus pada pembelajaran dan dapat lebih percaya diri akan kemampuan mereka.
Selain itu, metode ini juga bisa membantu peserta didik dalam berperilaku lebih baik, memotivasi mereka belajar dan meningkatkan tingkat kehadiran di kelas.
2. Meningkatkan kesadaran diri dan kepercayaan diri
Metode pembelajaran ini juga akan dapat meningkatkan kesadaran diri mereka dan juga kepercayaan pada diri sendiri.
Ini karena metode ini akan mendorong perkembangan peserta didik sehingga mereka bisa memutuskan sendiri dalam bersikap dan bertindak.
Hal ini akan membantu mereka lebih percaya diri dalam menentukan keputusan dalam situasi tertentu.
Pembelajaran ini juga akan meningkatkan kesadaran diri karena mereka bisa memperhatikan bagaimana efek keputusan yang mereka pilih terhadap diri sendiri dan orang lain.
3. Meningkatkan empati
Manfaat selanjutnya yaitu bisa membantu peserta didik dalam menumbuhkan empati pada orang lain.
Empati adalah kemampuan dalam memahami perasaan dan sudut pandang orang lain.
Empati adalah suatu keterampilan sosial yang penting dalam kehidupan. Ini karena kemampuan ini akan membantu mereka dalam menyelesaikan suatu masalah, berkomunikasi dan membangun hubungan sosial dengan orang lain.
Teknik Penerapan Metode Pembelajaran Sosial Emosional
Pelaksanaan metode sosial emosional dalam bidang pembelajaran akan menggunakan teknik yang penting untuk guru ikuti.
Dengan menggunakan teknik ini, peserta didik dan guru akan lebih mudah mencapai tujuan belajar yang telah menjadi ketentuan.
Teknik sosial emosional yang bisa guru terapkan pada peserta didik yaitu teknik STOP. Teknik ini adalah kependekan dari Stop, Take a deep breath, Observe, dan Proceed.
Teknik STOP dalam proses pembelajaran akan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam konsentrasi, bersikap positif, dan membantu dalam penentuan keputusan secara reflektif.
Apalagi melihat fakta bahwa mengembangkan emosional diri bukanlah hal yang mudah untuk peserta didik, teknik ini akan cocok untuk membantu mereka mengelola emosi dengan cara yang lebih positif dan proaktif.
Teknik ini juga akan membantu peserta didik dalam mengurangi resiko stres dan tekanan dalam proses pembelajaran. Berikut ini adalah detail langkah penerapannya:
- Stop
Langkah pertama yaitu stop atau berhenti. Guru akan memberikan instruksi pada peserta didik untuk berhenti sejenak dari semua kegiatan. Peserta didik akan duduk dengan posisi nyaman dan rileks.
- Take a deep breath
Di tahap ini peserta didik akan diarahkan untuk menarik napas secara mendalam dan perlahan. Peserta didik bisa melakukan kegiatan ini secara berulang yaitu 2 hingga 3 kali.
- Observe
Langkah selanjutnya yaitu observe atau amati. Peserta didik akan mendapatkan instruksi untuk mengamati apa yang mereka rasakan pada bagian tubuh mereka setelah menarik napas secara dalam.
- Proceed
Tahap selanjutnya, guru dapat melanjutkan proses pembelajaran seperti sebelumnya. Dengan cara ini peserta didik bisa mengelola emosi dan mengikuti pembelajaran dengan pikiran yang lebih damai.
Itulah dia informasi tentang metode pembelajaran sosial emosional yang bisa guru terapkan pada peserta didik. Dengan menerapkan metode belajar ini, guru akan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bidang sosial dan emosional dengan lebih efektif dan mudah.