Nomor Pokok Surat Sekolah dan Cara Mendapatkannya

Nomor pokok surat sekolah adalah instrumen penting bagi sekolah. NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional adalah suatu identitas bagi sekolah yang bekerja untuk membantu proses pengolahan data dan juga pemantauan sekolah oleh pemerintah. 

Nomor unik ini adalah kode unik yang pemerintah gunakan pada sekolah di Indonesia secara nasional. Dengan adanya nomor ini, sekolah akan dapat teridentifikasi dengan mudah di sistem pemerintahan. 

Nomor ini diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud pada sekolah. Untuk mengetahui informasi tentang NPSN ini dengan lebih lanjut, silahkan membaca informasi berikut.

Pengertian Nomor Pokok Surat Sekolah

Sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu tentang NPSN ini. NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional adalah kode pengenalan untuk instansi pendidikan yang memiliki keunikan sehingga dapat membantu membedakan satu sekolah dengan yang lainnya. 

Nomor pokok surat sekolah ini terdiri dari delapan digit angka dan huruf. Kombinasi dari huruf dan angka ini akan berbeda untuk satu sekolah dan yang lainnya. Nomor tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia. 

NPSN akan berguna bagi sekolah di Indonesia sebagai suatu kode referensi untuk keperluan pendataan di pemerintahan. 

Pusdatin atau Pusat Data dan Informasi akan menetapkan NPSN ini berdasarkan pengajuan dari lembaga seperti dinas pendidikan. Pengajuan NPSN ini akan melalui mekanisme pengajuan yang telah pemerintah tetapkan. 

Ketika nomor pokok sekolah ini terbit, maka lembaga pembina satuan pendidikan akan dapat mencetak sertifikat NPSN tersebut. Sertifikat ini nantinya akan lembaga serahkan pada instansi pendidikan yang bersangkutan. 

Sertifikat ini penting untuk instansi pendidikan karena untuk identifikasi dan juga pendataan di Indonesia. Hal ini juga akan memudahkan dalam sistem pemerintahan. 

Fungsi Nomor Pokok Surat Sekolah

NPSN ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi instansi pendidikan seperti sekolah. Berikut ini adalah beberapa informasi tentang fungsi dari NPSN:

1. Membantu Dalam Melaksanakan Kebijakan Pendidikan

Fungsi dari NPSN yang pertama yaitu untuk membantu dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan di Indonesia. Sekolah wajib memiliki NPSN karena dapat memudahkan dalam penyebaran kebijakan. 

Dengan nomor pokok sekolah ini, pemerintah akan dapat mengumpulkan data tentang sekolah terkait. Data tersebut yaitu seperti jumlah siswa, jumlah pendidik, fasilitas pendidikan, dan lain sebagainya. 

Data-data ini adalah sesuatu yang penting demi merancang suatu kebijakan dan juga pengaplikasiannya di lapangan. Jika tidak ada data tersebut, maka akan ada banyak sekali sekolah yang tidak mengikuti kebijakan pemerintah. 

2. Memudahkan dalam Proses Administrasi Sekolah

Fungsi yang lainnya dari nomor pokok sekolah ini yaitu memudahkan dalam administrasi sekolah di pemerintahan. Tiap sekolah di Indonesia harus memiliki identitas yang tercatat di NPSN. 

Hal ini akan memudahkan dalam proses pencatatan administrasi seperti pengisian formulir, laporan kegiatan dan juga arsip data sekolah. Dengan adanya NPSN, data sekolah akan dapat terakses dengan mudah secara online sehingga dapat mempercepat proses akses dan pembaruan di masa depan. 

3. Menjadi Acuan Penerimaan Siswa Baru

Fungsi yang lainnya yaitu penggunaan NPSN sebagai suatu acuan dalam penerimaan siswa baru. Proses penerimaan siswa baru umumnya akan terselenggara secara serentak di seluruh Indonesia. 

Tanpa adanya sistem dan data yang tepat, sekolah bisa saja mengalami masalah dalam proses penerimaan siswa ini. Dengan menggunakan NPSN pemerintah akan dapat melakukan kontrol jumlah siswa yang sekolah terima di tiap tahun sehingga tidak ada sekolah yang melebihi kapasitas. 

4. Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Fungsi nomor pokok sekolah yang lainnya yaitu berguna untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Sekolah yang memberikan pemahaman NPSN akan dapat memberikan data mereka pada pemerintah. 

Data tersebut akan pemerintah gunakan untuk evaluasi terhadap lembaga pendidikan setempat dan juga sekolah tersebut. Proses evaluasi ini sangat penting karena dapat menjadi kunci dalam pemenuhan standar pendidikan yang pemerintah tetapkan. 

Dengan begitu kualitas pendidikan bisa terdata dengan baik sehingga proses peningkatannya bisa berjalan lebih lancar di masa depan. 

Cara Mendapatkan Sertifikat Nomor Pokok Surat Sekolah

Mendaftarkan sekolah pada sistem NPSN adalah suatu keharusan bagi sekolah di Indonesia. Hal ini demi berlangsungnya proses identifikasi secara benar dan tepat. 

Adanya NPSN ini juga akan membantu sekolah dalam sistem pendataan yang akan berguna di kemudian hari. Oleh karena itu, sekolah-sekolah di Indonesia harus memiliki nomor pokok surat sekolah ini. 

Untuk sekolah yang ingin mendapatkan NPSN, ada cara yang bisa dilakukan. Untuk mendapatkan nomor ini, sekolah harus menyiapkan beberapa data. Seperti di bawah ini:

  • Formulir pendaftaran yang sudah terisi secara lengkap. 
  • Dokumen asli dan juga fotokopi dari Surat Keputusan Izin Pendirian Sekolah
  • Fotokopi Surat Keputusan Panitia Pembangunan Gedung Sekolah untuk sekolah negeri. 
  • Fotokopi Surat Keputusan Notaris Pendirian Yayasan untuk sekolah swasta
  • Fotokopi kartu identitas pemohon (KTP atau SIM)
  • Surat permohonan NPSN yang berisi alamat sekolah lengkap, luas ukuran tanah, titik koordinat sekolah terkait, foto papan nama sekolah secara jelas, dan juga foto gedung sekolah untuk tampak depan saja. 

Langkah Pendaftaran NPSN

Jika persyaratan sudah lengkap, maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah ini untuk mendapatkan nomor pokok surat sekolah. Ini dia informasinya:

  • Bawa semua dokumen yang menjadi syarat pada Bidang Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Kalau berkas sudah lengkap dan sesuai dengan persyaratan, data akan segera terverifikasi oleh Kasi Sarpras dan disetujui Kabid Dikdas. 
  • Selanjutnya yaitu proses pengajuan NPSN untuk sekolah yaitu melalui website https://vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Proses ini akan dilakukan oleh Admin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. 
  • Jika sudah, NPSN baru akan muncul pada situs http://referensi.data.kemdikbud.go.id. 
  • Lalu petugas layanan akan memberikan informasi pada pemohon NPSN ketika nomor sudah mendapat persetujuan dari PDSPK (Pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan).
  • Setelah itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan mencetak dan mengeluarkan sertifikat NPSN baru. 
  • Dinas Pendidikan terkait akan membubuhkan tanda tangan dan stempel pada sertifikat tersebut sehingga sah dan legal. 
  • Dinas Pendidikan akan menyerahkan sertifikat ini pada instansi pendidikan terkait. 

Cara Cek Nomor Pokok Surat Sekolah

Jika Anda ingin mengecek apakah nomor sekolah sudah terdaftar atau belum, Anda bisa menggunakan cara berikut ini. 

  • Buka website resmi Pusat Data dan Statistik Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Website ini bisa Anda temukan di https://dapo.kemdikbud.go.id/pencarian. 
  • Cari kata kunci pencarian di halaman tersebut lalu masukkan nama sekolah yang ingin Anda cek. 
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem memunculkan informasi dari sekolah yang Anda maksud. 
  • Jika tidak ada informasi mengenai sekolah tersebut, bisa jadi sekolah tersebut belum mendaftarkan diri atau sedang dalam proses pendaftaran.

Persiapkan Persyaratan Membuat Nomor Pokok Surat Sekolah

Itulah dia beberapa informasi tentang NPSN atau nomor pokok surat sekolah yang bisa Anda pelajari. Dengan mengetahui informasi ini, Anda akan dapat mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan untuk mengecek atau membuat surat ini.

Administrasi Guru: Penjelasan Tentang Tujuan Serta Jenisnya

Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka, Apa Saja?

10 Alasan Penting Kenapa Guru Harus Menulis

Share the Post:

Related Posts