Pentingnya Mengikuti Pelatihan Menulis Buku untuk Guru

Menulis buku adalah hal yang sulit bagi yang belum terbiasa. Untuk itu, banyak orang mengikuti pelatihan menulis buku agar bisa memiliki ilmu dan wawasan dalam penulisan karya tulis. 

Mengikuti pelatihan penulisan ini memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan dan juga karir. Apalagi untuk seorang guru, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika dapat menulis buku dengan baik. 

Kemampuan menulis yang baik akan mengantarkan sebuah karya menjadi suatu sumber ilmu pengetahuan yang tidak hanya berbobot tapi juga bermanfaat bagi khalayak ramai. Kalau Anda ingin tahu apa saja informasi tentang pentingnya pelatihan menulis dan juga tips lainnya, silakan simak penjelasannya di sini. 

Pentingnya Mengikuti Pelatihan Menulis Buku untuk Guru

Mengikuti pelatihan menulis bagi Anda yang masih belum memiliki pengalaman adalah hal yang sangat bermanfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa guru dapatkan ketika mengikuti pelatihan menulis. 

1. Membantu Mendapatkan Ilmu Baru

Mengikuti pelatihan penulisan akan dapat memberikan Anda ilmu yang baru. Ilmu tentang penulisan tentunya berbeda dengan ilmu di bidang lainnya. Ada teknik dan metode yang umumnya banyak orang gunakan dalam membuat sebuah karya. 

Kalau ingin mengetahui teknik ini, diskusi dengan ahlinya tentu adalah pilihan terbaik. Maka dari itu orang-orang banyak memilih mengikuti pelatihan tersebut. 

2. Membantu Meningkatkan Kemampuan Menulis

Manfaat selanjutnya yaitu dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis. Selain mendapatkan wawasan dalam menulis, umumnya pelatihan juga akan menambahkan praktek menulis di tempat. 

Dengan sesi praktek ini, Anda akan dapat menggunakan ilmu yang baru secara langsung. Dengan begini, kemampuan menulis pun bisa meningkat dari sebelumnya. 

3. Memicu Motivasi Menulis dalam Diri

Ketika melakukan latihan menulis sendiri, Anda mungkin tidak terlalu bersemangat. Hal ini berbeda ketika melakukan pelatihan bersama orang-orang lain. 

Akan muncul motivasi di dalam diri karena bersama-sama belajar dengan rekan lainnya. Hal ini bisa meningkatkan ketertarikan dalam menulis buku. 

4. Meningkatkan Kesempatan dalam Kenaikan Jabatan

Keuntungan dalam menulis buku untuk guru yaitu dapat menentukan kenaikan jabatan. Dalam kenaikan jabatan, guru membutuhkan angka kredit yang didapat dengan menulis karya tulis seperti buku atau jurnal. 

Dengan mengikuti pelatihan, Anda akan dapat meningkatkan kemampuan menulis yang akan membantu kenaikan jabatan. Apalagi jika Anda memiliki kemampuan menulis yang tidak terlalu bagus, pelatihan ini adalah sesuatu yang sangat berguna. 

5. Menambah Koneksi

Manfaat dari mengikuti pelatihan menulis yang lainnya yaitu dapat menambah koneksi. Anda dapat menambah relasi dengan rekan peserta pelatihan lainnya atau bahkan bertukar ilmu dengan pembimbing pelatihan sehingga bisa menambah koneksi yang akan berguna bagi karir di masa depan. 

Tips Memilih Pelatihan untuk Menulis Buku

Kalau Anda bingung dalam memilih pelatihan menulis, sebaiknya gunakan beberapa tips berikut ini. Jadi Anda bisa mendapatkan ilmu yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak membuang waktu atau tenaga. Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

1. Cari Tahu Mentor Pelatihan

Tips pertama yaitu dengan mencari informasi tentang pembimbing pelatihan. Cari tahu kredibilitas dari pembimbing tersebut. Umumnya mentor pelatihan adalah orang yang sudah berpengalaman di bidang penulisan.

Dengan mengetahui siapa mentornya Anda akan dapat menentukan apakah pelatihan sejalan dengan bidang yang Anda geluti.

2. Cari Tahu Materi Pelatihan

Setelah itu cobalah untuk mencari tahu materi dari pelatihan tersebut. Ketahui apakah materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Lihat informasi dari testimoni dan deskripsi pelatihan yang ada. Hindari mengikuti pelatihan yang telah membahas pengetahuan yang sudah Anda ketahui.

3. Lihat Portofolio Mentor Pelatihan

Tips berikutnya yaitu dengan mencari tahu portofolio dari mentor pelatihan tersebut. Anda bisa mencari tahu dari profil mentor dan juga karya mereka di penerbit.

Dengan mengetahui portofolio mentor, Anda akan dapat memastikan kredibilitas dari pelatihan dan mentor tersebut sehingga tidak akan sia-sia mengikuti pelatihan penulisan.

4. Bandingkan dengan Pelatihan Lainnya 

Tips selanjutnya yaitu cobalah bandingkan dengan pelatihan serupa di tempat lain. Coba bandingkan mulai dari materi, harga, keuntungan, hingga mentornya. Dengan begitu Anda tidak akan rugi waktu dan materi ketika mengikuti pelatihan tersebut.

Tips Menulis Buku untuk Pemula

Kalau Anda ingin mencoba menulis buku sendiri, Anda bisa menggunakan beberapa tips berikut ini. Dengan tips ini, Anda akan dapat mengembangkan ide menjadi sebuah karya yang bermanfaat bagi banyak orang. Ikuti tipsnya di bawah ini:

1. Latihan Menulis Pendek

Langkah awal untuk menulis buku yaitu dengan terus melatih diri. Caranya yaitu dengan menulis teks pendek. Cobalah menulis karya yang lebih pendek seperti jurnal, makalah, atau artikel. 

Dengan melatih diri dalam menulis, Anda akan dapat mengasah kemampuan menulis dengan penggunaan bahasa dan juga rangkaian kalimat yang tepat sehingga tidak kaget ketika menulis karya yang lebih panjang.

2. Baca Buku yang Sudah Ada

Tips yang selanjutnya yaitu dengan membaca buku yang ada. Carilah jenis buku yang serupa dengan buku yang ingin Anda buat. Setelah itu baca buku tersebut dengan seksama.

Dengan membaca buku tersebut, Anda akan dapat melatih penggunaan bahasa yang tepat dan sesuai. Anda juga bisa memperhatikan cara penulis lain dalam menjelaskan sesuatu di dalam buku mereka.

3. Amati dan Praktikan

Selanjutnya setelah Anda melatih diri dan membaca buku karya orang lain, cobalah untuk membuat karya latihan sendiri. Gunakan pengetahuan yang Anda ketahui dari pelatihan atau dari membaca karya orang lain pada latihan Anda.

Gunakan pendapat orang lain sebagai bahan pertimbangan agar karya yang sesungguhnya nanti bisa jadi lebih baik. 

4. Tentukan Tema, Target, dan Tujuan Buku

Ketika menulis buku, cobalah untuk menentukan terlebih dahulu tema, target, dan juga tujuan pembuatan buku. Hal ini berguna agar buku tidak melenceng dari tujuan penulisannya.

Dengan menentukannya dari awal, Anda akan dapat mengetahui garis besar dari penulisan buku tersebut. 

5. Lakukan Riset

Selanjutnya yaitu lakukan riset dengan benar. Cari tahu buku apa yang menjadi kebutuhan dari target penulisan. Cari tahu juga materi dengan lebih mendalam sehingga bisa memberikan penjelasan dengan lebih baik di buku Anda.

6. Buat Kerangka

Langkah selanjutnya yaitu buatlah kerangka buku. Buat kerangka yang sesuai dengan alur. Jika buku tersebut adalah buku pelajaran maka sebaiknya menggunakan sistem yang tepat agar pembaca tidak kebingungan dengan isi buku.

7. Penulisan

Langkah selanjutnya yaitu tahap penulisan. Di tahap ini Anda bisa memulai menulis berdasarkan kerangka penulisan yang ada. Ikuti tahap penulisan secara sistematis agar isi tidak melenceng.

8. Penyuntingan

Tahap selanjutnya yaitu penyuntingan. Amati hasil buku dari awal hingga akhir untuk mengetahui apakah ada kesalahan tulis atau materi di dalam buku. Perhatikan makna di dalam buku apakah ada yang tidak jelas atau ambigu. 

Guru Sebaiknya Mengikuti Pelatihan Menulis Buku

Itulah dia informasi tentang pentingnya pelatihan menulis buku untuk guru dan beberapa informasi berguna lain. Semoga dengan artikel ini, Anda bisa mengembangkan keterampilan menulis dengan lebih baik lagi sehingga bisa menjadi penulis yang bermanfaat.

Manfaat Menulis Buku Pelajaran untuk Karir Guru, Apa Saja?

Tahapan Sebelum Menulis Publikasi Ilmiah, Ini Informasinya

Menulis Buku Pelajaran bagi Guru, Apa Saja Tahapannya?

Share the Post:

Related Posts