Pembelajaran Berdiferensiasi: Pengertian dan Langkah-langkahnya

Pembelajaran Berdiferensiasi

Metode pembelajaran saat ini sudah banyak berkembang. Sekarang sudah banyak metode belajar yang menerapkan keaktifan siswa dan menyesuaikan dengan karakteristik mereka. Salah satunya yaitu pembelajaran dengan metode berdiferensiasi. Apakah Anda tahu apa itu pembelajaran berdiferensiasi? 

Metode pembelajaran satu ini sudah banyak orang gunakan di beberapa instansi pendidikan. Metode ini dianggap dapat memenuhi dan membantu kebutuhan tiap siswa. Model belajar ini juga cocok menjadi salah satu model belajar terapan di abad ini. 

Dengan menggunakan metode yang pas, siswa bisa berkembang sesuai dengan target belajar dan juga membentuk pribadi yang mumpuni. Metode pembelajaran berdiferensiasi akan membantu tidak hanya siswa namun juga guru dalam mencapai tujuan akhir belajar. 

Apakah Anda penasaran dengan pengertian detail dan juga langkah-langkah yang bisa Anda ambil? Kalau iya, Anda bisa menyimak informasi berikut ini tentang model belajar berdiferensiasi. 

Apa itu Pembelajaran Berdiferensiasi ?

Pembelajaran metode berdiferensiasi adalah aspek penting dalam Kurikulum Merdeka. Pembelajaran satu ini adalah suatu pendekatan yang memahami bahwa tiap peserta didik memiliki kebutuhan dan juga kemampuan yang berbeda adanya. Dengan menggunakan metode berdiferensiasi, siswa akan mendapatkan pilihan-pilihan yang bervariasi dalam bidang materi pembelajaran, metode pengajaran dan juga metode penilaian.

Pembelajaran satu ini memiliki tujuan untuk memastikan bahwa setiap siswa akan dapat memaksimalkan potensi mereka dan dapat meningkatkan motivasi dalam belajar. Dalam metode ini, siswa akan mendapatkan kebebasan memilih topik belajar yang mereka minati dan ingin mereka dalami. Hal ini akan membantu agar siswa bisa fokus dalam suatu materi yang mereka senangi dan mau termotivasi untuk belajar. 

Metode belajar ini juga menerapkan metode pengajaran yang variatif. Hal ini akan guru sesuaikan dengan gaya belajar siswa. Guru dapat menggunakan metode belajar dengan tepat agar hasil belajar bisa terlihat. Dengan begitu, proses belajar akan jadi lebih efektif dan efisien. 

Metode penilaian untuk proses pembelajaran juga cukup berbeda. Setiap siswa pasti memiliki kekuatan dns kekurangan yang berbeda. Maka dari itu penilaian akan guru lakukan dengan menyesuaikan kemampuan dan prestasi serta kebutuhan siswa. Hal ini akan membantu siswa agar mendapatkan apresiasi terhadap kemampuan masing-masing. 

Pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian metode belajar berdiferensiasi secara umum, Anda mungkin ingin mengetahui pendapat para ahli mengenai model belajar ini. Dengan mengetahui pendapat ahli, Anda bisa mempelajari metode satu ini di mata orang yang berbeda. Ini dia beberapa pendapat ahli tentang metode belajar berdiferensiasi. 

  • Berdasarkan Tomlinson dan McTighe, pembelajaran berdiferensiasi adalah metode yang memfokuskan diri pada siapa yang akan mengajar, di mana mereka akan mengajar dan juga bagaimana cara mengajarnya. 
  • Berdasarkan Theroux, metode pembelajaran ini adalah proses pembelajaran yang dapat menciptakan berbagai alur. Hal ini membuat perbedaan kemampuan, minat dan juga pengalaman siswa dapat diserap, digunakan, dikembangkan dan juga diserap sebagai pembelajaran sehari-hari.

Karakteristik Pembelajaran Berdiferensiasi 

Metode pembelajaran tentunya akan memiliki karakteristik yang berbeda. Perbedaan inilah yang menyebabkan hasil model pembelajaran bisa berbeda satu dari yang lain. Berikut ini adalah beberapa karakteristik yang dapat Anda temukan di metode belajar berdiferensiasi. 

  • Lingkungan belajar yang dapat menarik minat siswa untuk belajar. 
  • Kurikulum dengan tujuan pembelajaran yang memiliki definisi jelas. 
  • Adanya kegiatan penilaian yang terus berkelanjutan. 
  • Adanya manajemen kelas yang efektif. 
  • Guru dapat menanggapi atau memberikan respon yang tepat terhadap kebutuhan masing-masing siswa. 
  • Metode pembelajaran yang fleksibel.

Keunggulan Pembelajaran Berdiferensiasi 

Ada beberapa keunggulan yang akan guru dan siswa dapatkan ketika menggunakan metode pembelajaran satu ini. Hal ini tentu saja dapat terjadi jika kolaborasi antara tiap sisi berjalan dengan baik. Inilah beberapa keunggulan metode pembelajaran satu ini. 

1. Meningkatkan Keaktifan Siswa

Dalam pembelajaran berdiferensiasi ini siswa akan merasa mendapat apresiasi dan merasa terdengar aspirasinya karena materi dan aktivitas belajar yang sudah sesuai dengan tingkat pemahaman mereka. Hal ini akan membantu agar siswa bisa lebih aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar. 

2. Mempercepat Perkembangan Belajar Siswa

Ketika guru menyediakan materi belajar yang sudah sesuai dengan tingkat pemahaman masing-masing siswa, proses pembelajaran akan jadi lebih cepat sehingga siswa jadi lebih cepat berkembang. 

3. Meningkatkan Pemahaman Konsep

Masing-masing siswa pasti memiliki gaya belajar dan kecepatan belajar yang berbeda. Guru dapat menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang bervariasi untuk membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik. 

4. Menciptakan Lingkungan Inklusif

Dalam metode pembelajaran ini, perbedaan masing-masing siswa akan dapat diterima dan dihargai. Hal ini akan membantu menciptakan lingkungan yang inklusif di mana siswa akan menerima perlakuan yang tepat dan mendapatkan apresiasi sehingga menghindari adanya stigma tentang ketidakmampuan siswa. 

5. Menjadi Fasilitas Pengembangan Keterampilan Sosial

Dalam metode pembelajaran ini, siswa akan sering mendapati kerja kelompok dengan lingkungan yang kecil atau besar. Hal ini akan membantu siswa agar dapat meningkatkan keterampilan sosial mereka dengan orang lain yang nantinya pasti akan berguna di masa depan. 

6. Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa

Ketika siswa mendapatkan apresiasi dan mendapatkan penghargaan sesuai dengan kemajuan mereka, siswa akan merasa lebih percaya diri dengan kemampuannya. Hal ini akan membantu agar membentuk karakter yang kuat dan dapat membantu perkembangan mereka di masa depan.

Langkah-Langkah Pembelajaran Berdiferensiasi 

Pembelajaran dengan metode berdiferensiasi akan memerlukan langkah-langkah yang tepat dalam penerapannya. Sebagai guru, Anda harus dapat mempraktekkan langkah tersebut demi mendapatkan hasil yang maksimal. Inilah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti. 

1. Menentukan Tujuan Pembelajaran

Guru harus menentukan tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur. Tujuan ini harus melibatkan kebutuhan dan kemampuan siswa agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

2. Memetakan Kebutuhan Belajar Murid

Selanjutnya guru harus dapat menilai kemampuan siswanya. Guru dapat melakukan observasi sehingga bisa menetapkan tingkat pemahaman siswa.

3. Menentukan Strategi dan Alat Penilaian

Selanjutnya guru harus dapat menentukan strategi berupa modifikasi tugas, adaptasi materi, atau penggunaan alat bantu yang sesuai. Hal ini guru lakukan agar dapat meningkatkan pembelajaran siswa sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

4. Menentukan Kegiatan Pembelajaran

Guru harus dapat memastikan bahwa tiap siswa memiliki alternatif belajar yang sesuai dengan kemampuan. Hal ini bisa guru lakukan dengan membuat pilihan tugas, pembelajaran kelompok atau aktivitas lainnya. Guru bisa memberikan pilihan pada siswa untuk memilih metode belajar yang sesuai dengan mereka. 

5. Memberikan Umpan Balik

Guru harus dapat memberikan umpan balik yang berkualitas dan dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. Hal ini penting karena dapat membantu siswa dalam memahami materi dengan lebih baik.

6. Melibatkan Orang Tua

Guru harus mampu melibatkan orang tua dalam proses belajar. Hal ini dapat membantu meningkatkan keterampilan siswa dan mengetahui lebih dalam mengenai karakteristik masing-masing siswa. 

7. Evaluasi dan Adaptasi 

Guru harus terus melakukan evaluasi terhadap kemampuan siswa. Guru bisa menggunakan cara ini untuk mengembangkan rencana pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa ke depannya.

Tantangan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi 

Menggunakan metode pembelajaran ini akan dapat menghasilkan tujuan yang guru dan siswa inginkan. Namun, menggunakan metode yang masih baru tentunya akan menimbulkan banyak tantangan ke depannya. Inilah beberapa tantangan dalam mengimplementasikan metode pembelajaran satu ini. 

  • Kesulitan dalam penyesuaian kebutuhan belajar siswa, hal ini cukup sulit karena tiap siswa pasti memiliki gaya belajar dan tingkat pemahaman yang berbeda. Tantangan ini menjadi hambatan yang cukup besar untuk metode pembelajaran satu ini. 
  • Sumber daya terbatas, sumber daya seperti waktu atau bahan ajar yang terbatas bisa memberikan tantangan tersendiri bagi pembelajaran. Ini karena sulit untuk mengelola beragam metode yang berbeda untuk siswa-siswi. 
  • Kurikulum yang terbatas, kurikulum bisa menjadi pengikat dan dapat memberi batasan dalam proses belajar. Pembelajaran Berdiferensiasi butuh fleksibilitas yang lebih agar siswa bisa belajar dengan maksimal. 
  • Pengujian atau evaluasi yang sulit, akan sulit untuk menilai kemajuan siswa yang memiliki tingkat pemahaman berbeda dan gaya belajar berbeda dengan. Guru harus dapat mengembangkan metode yang pas agar tidak terjadi ketimpangan dalam evaluasi. 
  • Keterampilan dalam manajemen kelas, guru harus dapat menyeimbangkan perhatian terhadap tiap siswa dan terus menjaga ketertiban kelas. Hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam metode pembelajaran ini. 
  • Tantangan dalam hal psikologis, perbedaan perkembangan dapat menjadi suatu hak yang berat untuk siswa terima. Guru dan sekolah harus dapat menciptakan lingkungan yang inklusif sehingga tidak terjadi konflik dan dapat memberi apresiasi dan penghargaan kepada tiap siswa. 

Saatnya Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi 

Itulah dia beberapa informasi penting mengenai metode pembelajaran berdiferensiasi. Metode belajar yang tepat akan dapat membantu perkembangan kompetensi siswa di sekolah. Untuk itu Anda bisa mencoba metode yang pas untuk mengembangkan kemampuan siswa dengan menyesuaikan karakter masing-masing. 

Share the Post:

Related Posts