Peran dan Tugas Guru untuk Murid di Instansi Pendidikan

Peran dan tugas guru pada murid yang utama yaitu menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Namun, jika melihat lebih dekat lagi, peran dan tugas seorang guru tidak sebatas itu saja. 

Guru adalah penyelenggara kegiatan belajar mengajar di kelas yang memiliki intensitas pertemuan tinggi bersama para murid. Dengan intensitas pertemuan tersebut, guru mau tidak mau menjadi seorang dewasa yang terus memberikan pengaruh pada para murid. 

Guru yang melaksanakan tugasnya sebagai pengajar tanpa menerapkan perannya di kelas tidak akan dapat mendampingi murid dalam tumbuh kembang mereka di sekolah. Padahal, sekolah adalah tempat di mana para murid menghabiskan sebagian besar waktunya. 

Guru harus dapat menjalankan peran dan tugas mereka dengan baik karena menjadi contoh bagi para murid ketika bersosialisasi di sekolah. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang peran dan tugas seorang guru, simak penjelasannya di sini. 

Peran Guru Pada Murid

Tugas guru yang utama di sekolah yaitu untuk mendidik siswa dan mengajar mata pelajaran yang telah ditugaskan. Namun, ada beberapa hal lain yang perlu guru ketahui yaitu peran mereka dalam kegiatan pendidikan di sekolah. 

Proses perpindahan ilmu bisa saja dilakukan secara mandiri dengan buku. Namun, hal ini berbeda jika ada seorang guru yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan perkembangan pendidikan generasi muda. 

Dengan adanya guru, proses pembelajaran ilmu baru akan jadi lebih baik dan efektif. Berikut ini adalah beberapa peran guru pada murid di kelas.

1. Motivator

Seorang guru memiliki peran penting yaitu sebagai motivator bagi murid yang mereka ajar. Guru harus dapat meningkatkan semangat belajar para murid agar bisa menyerap ilmu pengetahuan dengan lebih baik. 

Peran guru sebagai motivator juga akan mendorong murid agar bisa jadi lebih berinisiatif lagi dalam berkegiatan sekolah. Hal ini penting untuk perkembangan murid di masa depan. 

2. Fasilitator

Peran guru selanjutnya yaitu sebagai fasilitator. Fasilitator ini maksudnya adalah guru berperan sebagai jembatan yang dapat memberikan fasilitas atau kemudahan dalam belajar bagi murid. 

Guru harus mengetahui karakter dan cara belajar yang tepat agar murid dapat menyerap pembelajaran dengan lebih baik. Dengan guru sebagai fasilitator, maka murid akan dapat belajar dengan lebih baik lagi. 

3. Mediator

Peran guru yang selanjutnya yaitu sebagai mediator. Guru memiliki pengalaman yang lebih banyak daripada murid dalam bidang sosial hingga ilmu pengetahuan. 

Untuk itulah guru bisa menjadi mediator para murid dalam melakukan suatu tugas di sekolah. Guru bisa membimbing dan menjadi media yang tepat dalam perkembangan belajar para murid. 

4. Demonstrator

Guru sebagai seorang demonstrator harus dapat menguasai materi pelajaran yang mereka ampu. Upaya ini demi dapat mengembangkan kemampuan murid yang lebih baik dan bisa bersaing dengan masyarakat. 

Guru harus dapat mengajar dengan cara yang efektif dan juga efisien agar siswa bisa benar-benar memahami materi. Pemahaman materi yang baik akan menjadi alasan perkembangan murid yang pesat. 

5. Inspirator

Guru juga memiliki peran sebagai inspirator. Inspirator di sini yaitu memberikan inspirasi kepada para murid agar bisa meningkatkan kemajuan belajar peserta didik dengan lebih lagi. 

Hal ini bisa turu lakukan dengan memberikan petuah dan petunjuk yang benar tentang pembelajaran yang semestinya. Guru juga bisa menjadi inspirator dalam akhlak dan perilaku dengan mencontohkan kepribadian yang baik dan mulia. 

Tugas Guru Pada Murid

Pada Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 mengenai Guru dan Dosen, sudah jelas bahwa pengertian guru sebagai tenaga pendidik profesional yang mempunyai tugas utama yaitu untuk mendidik, membimbing, mengajar, mengarahkan, melatih, menilai dan juga mengevaluasi murid dari pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan juga pendidikan menengah. 

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam proses penciptaan generasi muda yang lebih berkualitas dalam segi intelektual maupun emosional. Hal ini demi meneruskan kepemimpinan bangsa Indonesia menjadi lebih baik lagi. 

Tugas guru yang utama memang mengajar, namun ada beberapa hal yang menjadi peran seorang guru di sekolah yang tidak dapat tergantikan. Inilah yang menjadikan guru tidak bisa tergantikan oleh alat atau buku-buku semata. 

Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa tugas utama guru di kelas:

1. Mengajar

Salah satu peran dan tugas guru pada murid yaitu mengajar. Guru adalah seorang yang mengajarkan ilmu pengetahuan pada murid. 

Ini adalah suatu tujuan utama guru pada kelas. Guru harus dapat mengajarkan ilmu yang mereka ampu pada murid sehingga pengetahuan tersebut bisa terserap dengan baik sehingga bisa mencapai tingkatan kompetensi yang lebih baik lagi. 

Guru yang baik akan dapat memberikan pengajaran secara efektif sehingga ilmu bisa murid pahami dengan baik. Tanpa adanya guru, proses ini akan terhambat dan murid bisa mengalami kemunduran dalam hal pengetahuan. 

Guru juga harus dapat memperbarui diri dengan kemajuan teknologi sehingga bisa melakukan pengajaran secara efektif dan sesuai dengan materi. 

2. Mendidik

Tugas utama guru yang selanjutnya yaitu mendidik murid. Mendidik dan mengajar adalah sesuatu yang berbeda. 

Mendidik adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengubah tingkah laku murid agar memiliki karakter baik dan berakhlak mulia. Hal ini karena selain di sekolah, murid nantinya akan bersosialisasi juga di dunia nyata. 

Dengan didikan yang baik, murid akan dapat bersosialisasi dengan masyarakat sehingga bisa menjadi anggota sosial suatu lingkungan yang baik dan bermanfaat. Dengan begitu, murid akan dapat bertahan di dunia nyata dan dapat menerapkan ilmunya dengan baik. 

Dalam upaya mendidik muridnya, guru harus dapat memberikan contoh baik dalam bertingkah laku di depan murid-murid. Berperilaku sebagai contoh yang baik, tentunya akan menjadi suatu inspirasi bagi murid di sekolah. 

3. Melatih Keterampilan Hidup Murid

Tugas guru yang selanjutnya yaitu untuk melatih keterampilan hidup murid. Murid nantinya akan meninggalkan bangku sekolah dan melanjutkan hidup di tengah masyarakat. 

Maka dari itu mereka harus memiliki keterampilan hidup yang tepat agar bisa bertahan dan berkembang di tengah masyarakat. Guru memiliki peran besar untuk membantu murid agar dapat membantu mereka beradaptasi dengan keterampilan hidup yang semestinya akan berguna di dunia nyata nantinya. 

Hal ini demi mewujudkan murid yang bisa menjawab segala tantangan hidup dan bisa beradaptasi di masa depan sehingga generasi muda bisa menjadi pilar kepemimpinan bangsa Indonesia. 

4. Memberi Bimbingan dan Arahan

Selain mengajar, guru juga memiliki tugas yaitu memberi bimbingan dan arahan pada murid. Bimbingan dan arahan ini bertujuan agar murid bisa tetap pada jalur yang benar terutama pada bidang ilmu pengetahuan dan juga akhlak. 

Murid adalah remaja yang masih belum mengalami banyak pengalaman hidup. Tidak jarang remaja mengalami kebingungan akan suatu hal yang hanya dapat terjawab oleh pengalaman yang belum mereka miliki. 

Dalam hal inilah peran dan tugas guru pada murid. Guru dan murid bisa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah dan menjawab kebingungan dengan bimbingan dan arahan yang tepat. 

5. Memberi Motivasi

Guru juga memiliki tugas yaitu memberi motivasi pada murid. Motivasi akan bertindak sebagai suatu dorongan pada murid-murid sehingga mereka bisa berkembang dengan lebih baik ke depannya. 

Guru bisa memberikan motivasi berupa apresiasi atau hal lainnya yang bisa menaikkan semangat murid dalam mencari ilmu dan bersosialisasi di sekolah. Guru harus bisa menjaga agar motivasi tersebut tetap stabil sehingga murid mau belajar di kelas dengan lebih baik. 

Ada Berbagai Peran dan Tugas Guru untuk Murid yang Harus Dijalankan

Itulah dia beberapa peran dan tugas guru pada murid. Guru adalah seorang yang memiliki tanggung jawab besar bagi para murid sehingga seorang guru harus bisa memposisikan diri agar bisa mencerminkan tanggung jawab dan kepribadian yang mulia.

Perbedaan Pendidik dan Pengajar, Memangnya Beda?

10 Alasan Penting Kenapa Guru Harus Menulis

Peran dan Tugas Guru di Kelas, Ketahui Selengkapnya!

Share the Post:

Related Posts