Jadwal Seleksi PPPK Guru 2024, Cek Sekarang Juga

Kapan jadwal seleksi PPPK guru 2024? Untuk para guru honorer atau lulusan PPG, informasi ini sungguh sangat penting bagi karir keguruan. 

Dengan mengetahui informasi tersebut, Anda akan dapat mempersiapkan diri mulai dari persiapan berkas hingga belajar tes. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini. 

Informasi Baru di Seleksi CPNS dan PPPK 2024

Perekrutan kali ini bisa dibilang menjadi perekrutan yang cukup menarik. Hal ini karena PPPK 2024 mengalami beberapa perubahan. Perubahan signifikan dapat Anda temukan pada sistem perekrutan dan penggajian. 

Pada sistem yang baru, gaji akan ditanggung oleh pusat. Hal ini merupakan solusi dari masalah lulusan PPPK yang telah lalu. 

Di masa lalu, lulusan PPPK dikembalikan ke daerah sehingga pihak Pemda masih belum siap dalam hal penggajian. Sistem yang terpusat ini sangat mirip dengan CPNS. 

Pegawai dengan status PPPK memiliki hak atas gaji sebesar UMR lengkap dengan tunjangan lainnya. Perbedaan antara PPPK dan juga CPNS umumnya ada pada masa kontrak dan juga jaminan pensiun. 

Jumlah Formasi Seleksi CPNS dan PPPK 2024

Pada Jumat, 5 Januari 2024, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan total formasi pada seleksi CPNS dan PPPK di tahun ini. Jumlah totalnya yaitu sebanyak 2,3 juta. 

Untuk pembagian formasi itu sendiri yaitu untuk instansi pusat sebesar 429.183, total 207.247 untuk CPNS dan total 221.936 untuk PPPK. Jumlah formasi tersebut adalah gabungan dari tenaga guru, dosen, tenaga kesehatan, dan juga tenaga teknis. 

Untuk instansi daerah sendiri ada sebanyak 1.867.333 dengan pembagian total 483.575 untuk CPNS dan 1.383.758 untuk PPPK. 

Untuk formasi PPPK sendiri ada sebanyak 419.146 untuk tenaga guru, untuk tenaga kesehatan sebesar 417.196, dan total 547.416 untuk tenaga teknis. Sedangkan untuk sekolah kedinasan ada 6.027 formasi. 

Jadwal Seleksi PPPK dan CPNS 2024

Jadwal seleksi PPPK guru 2024 sendiri akan menunggu mekanisme seperti pada tahun 2023. Di seleksi kali ini ada Permenpan baru yang menjadi rujukan ASN PPPK. 

Mekanisme seleksi ini dianggarkan lebih baik daripada sebelumnya. Untuk PPPK guru, selalu ada penyempurnaan sejak pertama kali di tahun 2021. 

Untuk jadwal seleksi sendiri akan menunggu informasi dari Kemenpan. Namun satu hal yang pasti bahwa seleksi kali ini akan ada lebih dari satu kali bahkan hingga tiga kali. 

Alur Rekrutmen CPNS dan PPPK 2024

Berikut ini adalah beberapa informasi tentang alur pendaftaran CPNS dan PPPK. Alur ini bisa Anda ikuti setelah jadwal seleksi PPPK guru 2024 sudah terbit. 

1. Daftar Akun

Langkah awal yaitu untuk mendaftarkan diri pada website resmi seleksi CPNS dan PPPK. Di alur ini isi NIK, KK, nama lengkap, tempat tanggal lahir, nomor telepon dan email. Buat password akun dan pertanyaan keamanan. 

Selanjutnya, Anda bisa mengunggah foto KTP lalu mencetak kartu informasi akun. Jika websites tidak bisa Anda akses, tunggu beberapa menit karena kemungkinan terdapat kesalahan sistem karena banyaknya pendaftar. 

Untuk formasi PPPK, Anda harus menentukan prioritas berdasarkan sistem P1, P2, P3, P4. Seperti berikut ini:

  • Untuk P1 wajib mendaftar diri hingga tahap resume. 
  • Untuk P2 dan P3 tidak dapat turun status kalau tidak terdapat formasi yang terbuka. 
  • Untuk P4 bisa mendaftar ketika formasi untuk Pr masih ada. 
  • Untuk P3 dan P4 dapat naik status menjadi P2 kalau termasuk dalam THK II.

2. Daftar Formasi

Pengumuman formasi umumnya tidak akan langsung diberikan, maka dari itu sebaiknya Anda mendaftar terlebih dahulu agar tidak mengalami kesulitan karena kesalahan sistem. 

Setelah formasi tersedia di website, Anda bisa mengisi biodata lalu memilih jenis seleksi. Selanjutnya pilih formasi lalu upload dokumen-dokumen penting sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa cetak kartu pendaftaran jika sudah selesai. 

3. Seleksi Administrasi

Jika sudah mendaftar formasi, data peserta akan mengalami pemrosesan dan juga verifikasi data. Panitia akan memproses data peserta yang kemungkinan bisa melaju ke tahap selanjutnya. 

Jika data dan dokumen sudah benar dan lengkap, Anda akan dapat melanjutkan ke tahap berikutnya lalu melakukan pencetakan kartu ujian. 

4. Seleksi Tes

Selanjutnya Anda harus mengikuti seleksi tes terlebih dahulu. Seleksi ini akan menggunakan sistem CAT dan terselenggara di beberapa daerah di Indonesia. Anda harus melewati ambang batas nilai jika ingin lolos ke tahap selanjutnya. 

5. Pengumuman

Setelah beberapa tes, peserta yang lolos akan mendapatkan pengumuman kelulusan di website. Setelah lolos, peserta dapat melakukan pemberkasan. 

Tips Mendaftar CPNS dan PPPK 

Sebelum adanya pengumuman jadwal seleksi PPPK guru 2024, sebaiknya Anda mempersiapkan diri dahulu. Lakukan beberapa tips di bawah ini agar siap menghadapi seleksi:

1. Siapkan Berkas

Tips yang pertama yaitu dengan mempersiapkan berkas. Umumnya, berkas yang akan Anda butuhkan untuk seleksi bisa berbeda untuk tiap formasi. Namun, Anda tetap bisa mempersiapkan beberapa dokumen umum untuk seleksi. 

Dokumen ini yaitu ijazah, foto, ktp, dan lain sebagainya. Siapkan juga dokumen yang sudah terlegalisir untuk jaga-jaga. Dokumen tambahan seperti Surat Keputusan juga bisa Anda siapkan jauh-jauh hari. 

2. Periksa Pengumuman dari Pemerintah

Tips selanjutnya yaitu untuk terus memeriksa pengumuman dari pemerintah tentang jadwal seleksi. Jadwal seleksi bisa diumumkan sewaktu-waktu, maka dari itu sebaiknya selalu cek berita terbaru mengenai seleksi PPPK ini. 

Terkadang setelah seleksi, masih ada jarak waktu antara pendaftaran dan pengumuman formasi. Coba atur waktu agar bisa memeriksa formasi dengan seksama. 

3. Belajar Jauh-jauh Hari

Tips selanjutnya yaitu dengan belajar jauh-jauh hari. Pengumuman pendaftaran dan formasi bisa cukup lama. Anda bisa memanfaatkan waktu ini untuk belajar. 

Anda bisa belajar secara mandiri atau mengikuti kelas khusus untuk seleksi. Manfaatkan waktu luang untuk menghafal materi dan mempersiapkan keperluan untuk ujian. Jangan sampai Anda tidak lolos sampai akhir ya. 

4. Berdoa dan Persiapkan Mental

Tips selanjutnya yaitu dengan terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Minta kepada Yang Kuasa untuk mempermudah pendaftaran hingga akhir sehingga Anda bisa lolos dan membanggakan diri. 

Selain itu, cobalah untuk mempersiapkan mental dengan baik. Persiapkan untuk yang baik jika tidak Anda imbangi dengan mental yang siap maka bisa saja menjadi penghalang kesuksesan Anda di seleksi PPPK kali ini. 

5. Persiapkan Fisik

Selanjutnya Anda juga bisa menjaga fisik menjadi lebih sehat. Dengan fisik yang sehat, Anda akan dapat menghadapi ujian seleksi dengan baik. 

Apalagi ujian seleksi akan menguras tenaga dan mental. Fisik yang kuat akan menjadi keuntungan di masa nanti. 

Jangan Lewatkan Jadwal Seleksi PPPK Guru Tahun 2024

Itulah dia informasi tentang jadwal seleksi PPPK guru 2024 yang bisa Anda catat. Jangan sampai ketinggalan waktu pendaftaran dan siapkan berkas secara lengkap agar bisa lolos ke tahap selanjutnya.

Siap-siap Pendaftaran PPPK Guru akan Dibuka, Berikut Cara Daftar dan Syarat-syaratnya

Ketahui Perbedaan PPG dan Sertifikasi yang Penting untuk Karir Guru

Apa Saja Perbedaan PPG Prajabatan dan PPG dalam Jabatan? Simak Infonya!

Share the Post:

Related Posts